Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu

Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu
Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu

Perkembangan film bertemakan horor di Indonesia sangatlah pesat, bahkan ada banyak film horor terbaik dari Indonesia dengan terkenal tidak hanya di dalam negeri tapi juga keluar negeri. Hal ini menjadi pertanda baik bahwa perfilman di negara kita akan semakin maju dan berkembang.

Baca juga: Arief Muhammad Duta Nasi Padang? Begini Alasannya

Walaupun sempat mendapat citra buruk serta dianggap sebagai karya sampah karena hanya mengandalkan cewek seksi dan komedi murahan. Horror movie atau film horor tanah air perlahan mulai berubah menjadi lebih baik serta beberapa karyanya menjadi film horor yang terbaik dari Indonesia.

Tidak tanggung – tanggung film horor terbaik dari Indonesia mendapat banyak apresiasi dan penghargaan dari luar negeri. Hal ini menjadi angin segar ditengah citra buruk perfilman horor tanah air beberapa dekade lalu.

Mungkin jika Anda masih ingat perfilman horor tanah air pada tahun 2010an, hanya menjadi film yang mengandalkan adegan panas, pemeran seksi, serta komedi murahan dan bahkan jauh dari kata lucu.

Bukan hanya itu saja, judul dari horror movie pada waktu itu juga sangatlah aneh. Tidak habis pikir bagaimana ceritanya film dengan judul serta cerita aneh ini bisa diterima oleh suatu studio dan bahkan masuk ke dalam bioskop layar lebar.

Judul – judul aneh seperti Suster Keramas, Arwah Kuntilanak Duyung, Mr Bean Kesurupan Depe, dan masih banyak lagi judul aneh lainnya. Mendengar judul aneh tersebut saja tidak ada kesan seram sama sekali, yang ada hanyalah komedi receh serta murahan.

Kemudian, mulai dari tahun 2017 muncul berbagai macam horror movie dengan cerita baru serta meninggalkan kesan buruk perfilman horor pada tahun 2010an. Bahkan, beberapa karya tersebut menjadi film horor terbaik dari Indonesia.

Perkembangan Film Horor dari Masa Ke Masa

Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu_Perkembangan Film Horor dari Masa Ke Masa
Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu_Perkembangan Film Horor dari Masa Ke Masa

Di awal kemunculannya horror movie menjadi salah satu film yang ditakuti. Tepatnya pada tahun 1980an film dengan genre ini biasanya akan memiliki premis ilmu santet atau bisa juga dendam perempuan yang mati gentayangan.

Hantu – hantu pada era tersebut seringkali diangkat dari peramuan yang ceritanya meninggal karena diperkosa, kehamilan, selingkuh, bahkan karena mandul. Mereka kemudian dibunuh atau bahkan bunuh diri dan kemudian menjadi hantu gentayangan.

Untuk endingnya sendiri biasanya akan dihadirkan pemuka agama yang bisa memusnahkan hantu gentayangan tersebut. Misalnya saja Pengabdi Setan (1980) yang semua masalah mengenai gangguan setan berakhir ketika keluarga penghuni rumah bertaubat serta kembali ke jalan yang benar.

Selain itu, film horor terbaik dari Indonesia pada tahun 1980an juga menjadi salah satu masa keemasan aktris horor terkenal yaitu Suzzanna. Bahkan karakter seram tersebut melekat pada dirinya sampai dengan akhir hayatnya.

Berlanjut ke tren era tahun 2000an yang sering mengangkat tema mengenai urban legend dan juga anak muda. Karya sineas pada era ini lebih mengerucut dengan mengangkat tema anak muda dan juga tempat menyeramkan di Indonesia. Beberapa film seperti Terowongan Casablanca (2007) dan Hantu Jeruk Purut (2006) menjadi contohnya.

Kemudian muncul era tahun 2010an, pada era inilah industri perfilman horor Indonesia dianggap sebagai industri sampah. Bagaimana tidak, bukannya menghadirkan unsur menyeramkan horror movie pada era ini justru lebih berfokus adegan panas dan lelucon aneh.

Film horor terbaik dari Indonesia pada tahun ini mengandalkan unsur erotis, eksploitasi daerah sensitif wanita, dan juga sensasi. Tidak tanggung – tanggung mereka juga sempat mendatangkan mantan bintang porno seperti Sasha Grey, Tera Patrick, Miyabi dan juga tidak lupa dengan duo pedangdut sensasional Dewi Persik dan juga Julia Perez.

Kebangkitan Industri Perfilman Horor Di Indonesia

Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu_Kebangkitan Industri Perfilman Horor Di Indonesia
Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu_Kebangkitan Industri Perfilman Horor Di Indonesia

Hingga pada akhirnya pada tahun 2017 muncul angin segar yang menandakan bangkitnya industri perfilman horor di tanah air. Hal ini ditandai dengan munculnya film Danur (2017) dan remake Pengabdi Setan (2017) yang dianggap menjadi film horor terbaik dari Indonesia.

Menariknya, kedua film tersebut dirilis pada tahun yang sama dan dengan berani keluar dari format industri horor yang hanya mengandalkan adegan panas. Kedua film yang menjadi beberapa film horor terbaik Indonesia secara mengejutkan diterima oleh masyarakat.

Mungkin, mereka juga sudah merasa bosan dan muak dengan film yang hanya itu – itu saja. Bahkan, pada era 2010an sudah bisa ditebak jika tidak Dewi Persik pasti Julia Perez yang akan menjadi bintang dalam film tersebut.

Dengan munculnya era baru dari industri perfilman horor tanah air ini diharapkan bisa muncul film horor terbaik dari Indonesia lainnya yang berkualitas dan bisa membanggakan bangsa di kancah perfilman internasional.

Perkembangan horror movie pada era ini juga sangatlah pesat. Banyak karya – karya dari para sineas muda maupun yang sudah berpengalaman menghiasi layar bioskop tanah air. Film Danur dan Pengabdi Setan tersebut seakan menjadi standar baru bagi industri perfilman tanah air.

Standar tersebut, menjadi standar yang cukup tinggi jika dilihat dari kesuksesan kedua film ini. Hal itu diharapkan untuk menjadi acuan para sineas atau sutradara jika ingin berkarya agar karyanya tersebut masuk ke dalam jajaran film horor terbaik dari Indonesia.

Horror movie tanah air yang tadinya penuh dengan adegan sampah dengan lelucon yang tidak pernah lucu. Sekarang sudah berkembang sangat pesat, dan bahkan tidak kalah jika dibandingkan dengan karya sineas mancanegara seperti Hollywood dan Thailand.

Film Horor Terbaik dari Indonesia

Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu_Film Horor Terbaik dari Indonesia
Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu_Film Horor Terbaik dari Indonesia

Benar saja, kedua standar karya tersebut ternyata bisa membantu para sineas lain untuk mengembangkan karyanya agar bisa menjadi lebih baik dan lebih bisa diterima oleh masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

Berikut beberapa karya sineas yang dinobatkan sebagai film horor terbaik dari Indonesia karena laku keras dan mendapat banyak penghargaan.

  • KKN di Desa Penari (2022)

KKN di Desa Penari menjadi salah satu karya terbaru di dalam industri perfilman tanah air. Ceritanya diambil dari salah satu thread twitter yang sudah dibaca oleh jutaan pasang mata pengguna media sosial tersebut.

Melihat peluang tersebut, kemudian salah satu rumah produksi di Indonesia membuat film dengan mengadaptasi kisah tersebut. Mengambil perilisan pada lebaran tahun 2022, KKN di Desa Penari sukses menjadi film terlaris sepanjang sejarah perfilman tanah air.

  • Pengabdi Setan (2017)

Walaupun merupakan remake atau dibuat ulang, namun sang sutradara yaitu Joko Anwar berhasil membawa penonton film horor terbaik dari Indonesia untuk bernostalgia dengan teror yang dilakukan oleh hantu dengan wujud menyerupai ibu dari sebuah keluarga yang telah meninggal karena sakit.

Pengabdi setan remake berhasil memenangkan banyak penghargaan termasuk dalam Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2017 lalu. Bukan hanya itu saja, Pengabdi Setan Remake juga menjadi salah satu karya yang membangkitkan industri perfilman horor di Indonesia.

  • Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Perempuan Tanah Jahanam juga menjadi inovasi baru dalam industri horor ini, dengan menjadi film bergenre horor psikologis pertama di Indonesia. Jadi di dalam karya ini, sineas tidak membuat jumpscare yang hanya mengagetkan tetapi juga mempengaruhi psikologis para penontonnya.

Sutradara yang Berperan Penting dalam Pembuatan Film Horor Indonesia

Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu_Sutradara yang Berperan Penting dalam Pembuatan Film Horor Indonesia
Film Horor Terbaik dari Indonesia yang Wajib Anda Tahu_Sutradara yang Berperan Penting dalam Pembuatan Film Horor Indonesia

Perkembangan industri perfilman tanah air ini juga tidak semata – mata berkembang begitu saja. Melainkan, ada banyak nama sineas dan kru yang menjadi cikal bakal perkembangan industri perfilman di Indonesia.

Berkat mereka juga, horror movie yang tadinya dianggap jelek dan tidak berkualitas bisa kembali bangkit dan bahkan beberapa karyanya menjadi film horor terbaik dari Indonesia. Berikut beberapa sineas yang berperan penting dalam perkembangan industri perfilman horor tanah air.

  • Joko Anwar

Mungkin Joko Anwar menjadi sutradara horor paling terkenal diantara lainnya. Ia juga menjadi salah satu pelopor kebangkitan industri perfilman tanah air. Joko Anwar terbukti sukses menyutradarai Pengabdi Setan Remake dan juga Perempuan Tanah Jahanam.

Menariknya Joko Anwar juga menjadi sutradara film superhero asal Indonesia yaitu Gundala Putra Petir yang diperankan oleh Abimana Aryasatya bersama Tara Basro dan aktor maupun aktris terkenal lainnya.

  1. Timo Tjahjanto

Timo Tjahjanto merupakan sutradara yang cukup terkenal di dalam negeri dan juga di luar negeri. Sebab ia pernah berkontribusi menggarap salah satu project Hollywood yaitu The ABC’s of Death (2012) dan V/H/S/2 (2013).

  1. Rocky Soraya

Karya dari Rocky Soraya selalu digemari oleh para penikmat horror movie Indonesia. Sebab, ia tidak pernah absen untuk memproduksi horror movie setiap tahunnya. Karyanya tersebut ada The Doll (2016), The Doll (2017), Mata Batin (2017), Sabrina (2018), Suzanna : Bernafas Dalam Kubur (2018) dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 10 Manfaat Memelihara Kucing yang Perlu Anda Ketahui

Karya – karya tersebut muncul karena kegigihan para sineas dan juga kerja sama tim yang baik antar sesama kru. Dengan begitu terciptalah berbagai karya berkualitas dan masuk ke dalam jejeran film horor terbaik dari Indonesia.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts