Harga Bitcoin Mahal? Namun Mengapa Banyak yang Membelinya?

Harga Bitcoin

Harga bitcoin sangat tinggi. Ini jelas menjadi fenomena yang unik. Satu bitcoin saja berharga lebih dari 500 juta rupiah. Tentu ini menjadi sangat menarik karena peningkatan harga tersebut terus terjadi. 

Oleh sebab itu, menjadikan bitcoin sebagai media investasi bisa dijadikan pilihan tepat. Ini bisa dijadikan media investasi yang sangat menguntungkan. Dalam beberapa waktu ke belakang, nilai bitcoin memang terus menurun.

Ini terjadi karena masa pandemi yang belum berakhir. Sebenarnya sebelumnya angka ini mencapai 800 juta rupiah per bitcoin. Itu bahkan pernah lebih tinggi lagi. Oleh sebab itu, harga ini bisa saja semakin meningkat ketika nanti pandemi telah berakhir.

Alasan Mengapa Harga Bitcoin Mahal

Peningkatan nilai bitcoin tidak terjadi dengan sendirinya. Tentu terdapat alasan jelas yang menyebabkan hal tersebut. Bagi beberapa dari Anda, peningkatan ini jelas tidak masuk akal. 

Ini wajar karena alasan dari peningkatan tersebut tidak diketahui. Jika Anda sedang penasaran, ini adalah lokasi terbaik. di kesempatan kali ini akan diulas mengenai alasan peningkatan tersebut.

  • Adopsi Kelembagaan

harga bitcoin - adobsi kelembagaan

Alasan pertama mengapa harga bitcoin meningkat adalah karena adanya adopsi kelembagaan. Jika melihat pada banyak perusahaan besar, tren yang terjadi seperti mengalami perubahan.

Sekarang hanya sedikit perusahaan yang menyimpan uang dalam bentuk rupiah atau dollar. Itu karena, kedua nilai tersebut rentan dengan inflasi.

Jika inflasi terjadi, penurunan nilai akan dialami dan menyebabkan kebangkrutan terjadi. Pada kondisi tersebut, penyimpanan aset dengan cryptocurrency dirasa lebih baik.

Itu karena, cryptocurrency seperti aman dari inflasi semacam itu. Tentu lembaga dan perusahaan tidak menyimpan aset dalam jumlah sedikit.

Sebagai contoh, mari ambil perusahaan bernama Microstrategy yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan tersebut merubah uang 420 juta USD menjadi bitcoin. 

Dengan banyaknya peminat terhadap bitcoin, peningkatan harga terus terjadi. Tentu belum terlihat ciri-ciri akan terjadinya penurunan harga.

(Baca Juga: Apa Itu Cryptocurrency dan Bagaimana Perkembangannya?)

  • Paypal dan Cryptocurrency

harga bitcoin - Paypal dan cryptocurrency

Tidak dapat dipungkiri jika Paypal adalah salah satu perusahaan terbesar yang ada di internet. Jumlah penggunanya mencapai 300 juta orang.

Selain itu, ada juga 30 juta pedagang yang menjadikan paypal sebagai media mendapat penghasilan. Pada tahun 2020, paypal meluncurkan fitur jual beli cryptocurrency.

Ketika itu, ada empat jenis cyptocurrency yang dikeluarkan. Ke empat jenis tersebut antara lain bitcoin, bitcoin cash, ethereum, dan litecoin. 

Selain itu, paypal juga telah mengeluarkan izin transaksi. Dengan adanya izin transaksi tersebut, semua penggunanya bisa bertransaksi menggunakan bitcoin.

Ini jelas merupakan hal yang memberi dampak sangat besar. Karena diperbolehkan oleh paypal, transaksi menggunakan bitcoin menjadi semakin mudah.

Sangat wajar jika ini berefek pada peningkatan harga bitcoin. Bahkan efek domino terjadi dan membuat beberapa negara besar seperti AS dan Jerman memberi perhatian lebih besar terhadap bitcoin.

  • Keterbatasan

harga bitcoin - keterbatasan

Bitcoin tidak bisa didapat secara bebas. Keberadaannya sangat terbatas. Keterbatasan tersebut jelas membuat harga bitcoin terus meningkat.

Di dalam dunia bitcoin, terdapat suatu momen terbesar yang sering disebut Halving Bitcoin. Momen ini terjadi 4 tahun sekali.

Ketika itu, terdapat 21 juta bitcoin yang diperjualbelikan. Walaupun terdengar banyak, 21 juta bitcoin ini akan diperebutkan oleh orang dari seluruh penjuru dunia.

Jika tidak berhasil mendapatkan, pembelian hanya bisa dilakukan 4 tahun ke depan. Inilah alasan utama mengapa peningkatan harga terus terjadi.

Jika saja jumlahnya lebih banyak, harganya tidak akan setinggi ini. Kondisi itu sangat terlihat pada mata uang lain seperti Ethereum dan Litecoin.

  • Aksesibilitas

harga bitcoin - aksesibilitas

Aksesibilitas bitcoin sangat tinggi. Bitcoin bisa digunakan sebagai media penyimpan uang yang bebas dari inflasi. Selain itu, ini juga bisa dijadikan sebagai alat tukar. Dengan itu, menggunakan bitcoin membuat uang jauh lebih aman.

Sebenarnya, adanya kegunaan bitcoin sebagai nilai tukar membuat keberadaannya terasa semakin sempurna. Itu karena, tanpa adanya fungsi sebagai nilai tukar saja, peminat mata uang ini sudah banyak.

Pernah terjadi satu kasus unik di India. Sebelumnya, India memberlakukan sebuah larangan terkait bitcoin ini. Dengan itu, transaksi menggunakan bitcoin ini tidak bisa dilakukan di India. 

Namun dengan kemajuan bitcoin dan tekanan dari berbagai pihak, India akhirnya memperbolehkan bitcoin di negaranya. Ketika pencabutan larangan dilakukan, investor yang masuk ke India bertambah dalam jumlah sangat pesat. 

Ini juga terjadi pada berbagai platform. Ketika fitur transaksi menggunakan bitcoin ditambahkan, jumlah penggunanya sering mengalami lonjakan pesat. Inilah salah satu penyebab mengapa harga bitcoin sangat tinggi

  • Peminat

harga bitcoin - peminat

Bitcoin bisa dikatakan sangat mahal. Namun jumlah peminatnya terus bertambah. Inilah penyebab utama mengapa harga dari bitcoin sangat tinggi.

Ketika berbicara tentang bitcoin, beberapa orang memang merasa sudah terlambat. Itu karena, harga bitcoin sangat tinggi dan seseorang akan sulit untuk mendapatkannya.

Namun kebanyakan ahli dalam bitcoin berpikir berbeda. Terdapat statement yang mengatakan tidak ada kata terlambat untuk bergelut di dunia bitcoin.

Mungkin sekarang, harga 1 bitcoin adalah 500 juta rupiah. Pada kondisi sekarang, kebanyakan orang pasti menyesal karena tidak berinvestasi pada beberapa tahun ke belakang ketika harganya masih di angka 250 juta rupiah.

Namun ingat, peningkatan harga terus terjadi. Dalam beberapa tahun ke depan, harganya bisa saja meningkat ke angka 750 juta dan bahkan 1 milliar.

Ketika angkanya sudah sebesar itu, rasa menyesal pasti dimiliki mengapa tidak membeli dari sejak harganya 500 juta rupiah. Orang yang menyadari ini sudah banyak dan menjadi salah satu alasan mengapa harganya begitu mahal.

Alasan Mengapa Banyak yang Membeli Bitcoin

Ketika mengatakan mengapa banyak orang membeli bitcoin, beberapa orang sering bingung. Itu karena, harga bitcoin sangat mahal.

Jika mengatakan tentang ini, hal pertama yang bisa ditonjolkan jelas adalah fungsinya sebagai media investasi. Ketika seseorang menggeluti bitcoin, kemungkinan terjadinya kebangkrutan menjadi lebih kecil.

Namun ingat bahwa masih banyak alasan lain mengapa jumlah pengguna bitcoin sangat banyak. Berikut beberapa alasan lainnya.

  • Identitas

Mark Cuban adalah salah satu orang terkaya di dunia. Pernah terdapat suatu wawancara yang dilakukan oleh Forbes kepada tokoh ini.

Ketika itu, Cuban ditanya mengenai alasan mengapa berinvestasi di bidang bitcoin. Ia mengatakan, ini adalah dirinya dan ia sudah menganggap bahwa bitcoin layaknya sebuah agama yang menjadi solusi dari masalah apapun.

Walaupun tidak semua orang memiliki pemikiran se ekstrim Mark Cuban, ini menjadi salah satu patokan. Beberapa orang mungkin menganggap bahwa bitcoin sudah seperti identitas dirinya.

(Baca Juga: Mengenal Beberapa Uang Crypto yang Paling Populer)

  • Media Sosial

Setiap orang pasti mengetahui bahwa harga bitcoin sangat mahal. Namun di media sosial, banyak juga dijelaskan kalau bitcoin ini adalah investasi yang sangat menguntungkan. 

Tentu banyak orang dibuat tergiur oleh hal ini. Selalu ingat bahwa media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Jumlah pengguna facebook, instagram, dan twitter sendiri mencapai milliaran orang. 

Dengan adanya kondisi ini, jumlah orang yang mengetahui tentang pentingnya bitcoin terus membanyak. Itu jelas merupakan hal yang sangat berpengaruh. Dengan itu, bitcoin sukses meraih orang dengan jumlah lebih banyak.

  • Menarik

Bitcoin merupakan hal yang sangat menarik. Ini sudah seperti permainan judi. Beberapa orang bahkan menyebut membeli bitcoin layaknya liburan.

Bitcoin berbeda dengan investasi secara umum. Peningkatan dan penurunan harga terjadi dengan sangat cepat. Ini jelas sangat cocok dengan kondisi anak muda jaman sekarang.

Anak muda menyukai hal semacam ini karena terdengar mengasyikkan. Dengan itu, seseorang tidak akan merasa bosan ketika berinvestasi menggunakan bitcoin. 

  • FOMO

FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out. Ini adalah fenomena yang terjadi di masyarakat dimana banyak orang membeli bitcoin padahal tidak mengetahui sebenarnya bitcoin itu apa dan mengapa harga bitcoin sangat tinggi.

Yang diketahui hanya bitcoin adalah hal yang sangat menguntungkan dan bisa membuat seseorang cepat kaya. Dengan adanya fenomena ini, jumlah orang yang merasa bahwa perilaku ini benar terus membanyak. Itu jelas menjadi fenomena yang sulit untuk dihentikan.

  • Harapan

Ketika seseorang membeli bitcoin, terdapat harapan dalam diri supaya nilai tersebut meningkat. Ini jelas merupakan hal yang sangat berefek.

Ketika seseorang memiliki harapan, investasi akan dilakukan secara terus menerus. Terlebih lagi, investasi menggunakan bitcoin terdengar sebagai hal yang sangat menguntungkan.

Sudah banyak orang yang berhasil ketika menggunakannya sebagai media investasi. Harapan ini bahkan menular ke orang lain sehingga jumlah orang yang memiliki harapan tersebut terus meningkat.

Jumlah pengguna bitcoin banyak. Jika menggunakan bitcoin, pastikan untuk mempelajarinya dulu. Jangan sampai kecewa pada akhirnya karena tidak mempelajari dengan baik. Pembahasan di atas mengenai harga bitcoin adalah poin awal yang sangat pokok.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts