Jenis Ikan Cupang Termahal Seharga Puluhan Juta

ikan cupang termahal

Saat ini ikan cupang termahal bisa mencapai puluhan juta, hal tersebut juga dipengaruhi beberapa faktor. Baik dari warna, bentuknya hingga penampakan ikan apakah sehat atau tidak. 

Hal tersebut menjadi poin plus untuk harga satu ekornya. Apalagi pada zaat ini, banyak sekali kegemaran masyarakat dalam mengoleksi sesuatu. Misalnya saja, ada yang mengoleksi bunga atau ikan.

Kebiasaan tersebut menjadi trending dan membuat harga dipasaran menjadi semakin naik. Karena tidak hanya diburu, tetapi juga dibuat ajang lomba. Untuk ikan cupang biasanya memamerkan kecantikan warna maupun bentuknya. 

Walaupun banyak jenis ikan, namun ketenaran cupang tidak bisa tergantikan. Cupang sendiri bisa ditemukan di beberapa sungai maupun diperairan yang tenang. Selain tenang juga masih bersih dan terhindar dari limbah.

Cupang sendiri hidup di habitat perairan tropis seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Makanannya tidak cukup sulit, biasanya ia memakan jentik-jentik atau cacing yang ukurannya kecil.

Namun, apabila Anda ingin ternak hewan satu ini maka bisa diberi makan pelet ikan yang dijual dipasaran. Kualitas air juga harus dijaga, karena cupang bisa stress. 

Hal tersebut juga akan menambah kesehatan ikannya. Apabila ikan sehat maka gerakannya juga lebih gesit dan rentan terkena penyakit, warnanya juga semakin menarik. Sehingga bisa dijual menjadi cupang termahal.

Alasan Ikan Cupang Termahal Menjadi Incaran

Setiap orang memiliki hobinya masing-masing, termasuk mengoleksi atau memelihara cupang. Ada yang rela membeli dengan harga ratusan ribu hingga jutaan untuk satu ekornya. Baik untuk sekedar dipelihara atau untuk kontes.

Tentunya membuat keuntungan bagi siapa saja. Apalagi sekarang sudah ada yang memanfaatkan untuk memulai usaha budidaya ikan viral ini. Untuk menghasilkan warna cantik dan menarik juga perlu budidaya khusus.

Selain dibudidaya secara khusus, bentuk atau kecantikan tersebut juga berdasarkan jenisnya. Sirip dan ekornya memiliki ciri khasnya masing-masing. Bahkan semakin unik maka ikan tersebut harga jualnya semakin tinggi.

Nama lain cupang sendiri yaitu betta fish. Keistimewaan betta fish ini semakin terus diburu untuk memenuhi ataupun ikut trend. Walaupun harganya relative mahal, hal itu tidak menjadi masalah.

Ikan cupang termahal bisa mencapai puluhan juta. Harga akan terus naik, apabila ia menjadi pemenang kontes ataupun kejuaraan lainnya. Sehingga banyak orang yang akhirnya merebutkan betta fish tersebut.

Semakin menjadi trend dan banyak diburu oleh banyak orang, harganya juga akan terus naik. Namun, apabila sudah tidak terlalu diminati tentunya harga akan kembali menurun.

Kecuali, bagi pecinta ikan naik atau turun tidak terlalu penting. Karena mereka mengoleksi karena hobi, sehingga harga tidak berpengaruh untuk penggemarnya. Bahkan semakin menarik maka akan terus diburu oleh mereka.

Selain menjadi hiasan, ternyata memelihara hewan dapat menjadi hiburan tersendiri. Anda juga bisa memilih cupang dengan harga standar atau bisa membuka lowongan usaha melalui budidaya betta fish.

(Baca Juga: Jangan Salah! Ini Cara Ternak Cupang yang Benar)

Beberapa Jenis Ikan Cupang Termahal

Di Indonesia sendiri memiliki beberapa jenis ikan. Hal tersebut juga didukung dengan banyaknya perairan dibandingkan daratan. Oleh sebab itu, jenis beberapa ikannya sangat beragam dari berbagai ukuran.

1. Kachen Worachai

ikan cupang termahal - Kachen Worachai

Untuk jenis pertama yaitu berjenis kachen worachai. Ciri khas ikannya ini yaitu memiliki warna biru, putih dan merah. Harga yang ditawarkan cukup tinggi yaitu sekitar 22 juta, untuk satu ekornya.

Ikan cupang termahal tidak hanya menjadi trend di Indonesia, namun beberapa negara terutama Asia. Seperti di Thailand, yang memenangkan lelang cupang jenis kachen worachai dengan harga 22 juta.

2. Fancy

ikan cupang termahal - Fancy

Jenis kedua yaitu bernama fancy, berasal dari negara Thailand. Harga ikan ini tidak sampai puluhan juta, masih berkisar 2 jutaan. Jenis fancy disebut menjadi cupang termahal kedua setelah kachen worachai.

Untuk anakannya dihargai 100 ribu sedangkan untuk yang dewasa mencapai 400 ribuan. Hal itu bisa berubah-ubah dan bervariasi. Sehingga tidak bisa menjadi patokan, karena harganya bisa naik atau turun.

3. Plakat

ikan cupang termahal - plakat

Kemudian ada jenis cupang bernama plakat. Sama dengan ikan sebelumnya, ia juga berasal dari Thailand. Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yaitu petarung, karena bentuknya besar serta gagah.

Harganya memang tidak semahal fancy ataupun kachen worachai, namun beberapa jenis ini masih bisa mencapai harga 2 juta. Kelebihan dari plakat yaitu pada ekor dan siripnya.

4. Double Tail

ikan cupang termahal - Double Tail

Jenis berikutnya adalah double tail. Masih menjadi ikan cupang termahal walaupun tidak sampai puluhan juta. Kelebihan yaitu memiliki gradasi warna yang cantik, sehingga banyak diburu banyak orang.

(Baca Juga: Beberapa Makanan Ikan Cupang yang Banyak Manfaatnya)

Cara Terbaik Merawat Cupang di Rumah

Walaupun memiliki daya tahan lebih tinggi dibandingkan ikan lain, cupang juga bisa mengalami stress. Hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan ikannya. Ikan juga menjadi rentan terserang berbagai penyakit. Berikut ini cara merawat cupang di rumah agar tidak stress.

1. Memilih wadah yang tepat

Tentu saja wadah akan berpengaruh tinggi, semaki luas tempatnya maka pergerakan tidak terbatas. Walaupun begitu, Anda juga masih bisa menaruh ikan di akuarium kecil.

Akan tetapi, kelebihan penggunaan akuarium kecil yaitu mudah untuk dibersihkan. Ukuran minimal aquariumnya yaitu sekitar 20x15x15. Atau Anda juga menggunakan yang ukuran 30 x 15 x 20.

2. Memperhatikan jenis airnya

Ikan cupang termahal ataupun biasa, cara merawatnya tidak jauh berbeda. menggunakan air yang tidak bersih tentunya membuat umur ikan tidak bertahan lama. Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan jenis airnya.

Apabila Anda menggunakan air PAM, maka sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selama kurang lebih semalam. Hal itu dimaksudkan agar, zat kimia atau lainnya bisa mengendap terlebih dahulu.

Rajin membersihkan akuarium, dengan cara yang benar. Untuk itu minimal penggantian air yaitu 2-3 hari. Jangan lupa untuk mengecek airnya terlebih dahulu agar tidak ada zat kimia yang masih tertinggal.

3. Hiasan akuarium

Ikan cupang termahal atau bukan tentu habitatnya sama yaitu di perairan tenang. Sehingga hiasan akuarium tentu sangat bermanfaat, apalagi diatur sesuai habitatnya. Misalnya ditambah tanaman air seperti paku-pakuan.

Daun ketapang juga diperlukan sebagai antibiotic. Apabila ikan terluka maka daun ini bisa mempercepat penyembuhan luka tersebut. Selain digunakan untuk antibiotic, bisa juga digunakan untuk menetralkan Ph air.

4. Pentingnya Sinar Matahari dan Makanan Bergizi

Ikan cupang termahal tentu memiliki kualitas baik, agar memiliki warna menarik. Warna-warna tersebut bisa muncul karena mempunyai makanan yang bergizi. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda coba.

Salmon merupakan jenis makanan dengan protein tinggi. Beberapa cupang dengan harga tinggi ada yang diberi makan salmon. karena nutrisi didalamnya lumayan tinggi, maka dari itu sebaiknya diberikan 2-3 kali seminggu.

Kemudian adalah udang laut, nutrisinya juga lumayan tinggi dan baik untuk pakan ikannya. Warna dari cupang akan lebih bagus menggunakan jenis makanan ini. Udang jenis ini juga sangat menarik ikan.

Selain mempunyai makanan yang bergizi, cupang juga memerlukan sinar matahari. Sinar matahari sangat berguna dalam membunuh bakteri atau jamur yang ada pada ikan. Adanya sinar matahari membuatnya lebih segar.

Waktu yang baik untuk menjemur yaitu sekitar pukul delapan hingga sepuluh pagi. Jemurlah sekitar 30 menit saja. Namun, jika betta fish/cupang panic maka sebaiknya untuk dipindahkan ke daerah lebih teduh.

Cara penjemuran itu bisa Anda lakukan setiap 2 kali seminggu. Jangan dilakukan terlalu sering, maksimal 2 kali. Bila ikan terkena jamur, maka bisa dilakukan lebih dari 2 kali.

Ikan Cupang Termahal Asli Indonesia yang Banyak Diburu

Selain mengerti cara merawat betta fish, agar memiliki warna yang cantik. Anda juga harus tahu beberapa cupang asli Indonesia yang sangat laku dipasaran. Harganya lumayan terbilang mahal.

Yaitu sekitar 500 hingga 1 juta rupiah. Nama jenis ikannya yaitu Giant, karena bentuknya besar berkisar 10 sampai 15 cm. Oleh sebab itu, nama tersebut cocok dengan ukurannya.

Selain memiliki ukuran besar, betta fish ini juga memiliki warna yang indah. Walaupun begitu, ada beberapa yang harga lebih rendah karena coraknya kurang menarik. Kemungkinan tidak sampai 500 ribu.

Seperti daftar jenis cupang termahal, slayer juga menjadi incaran banyak orang di Indonesia. Bahkan harganya bisa mencapai 5 juta rupiah. Untuk harga terendah dari jenis ini yaitu 300 ribu.

Jenis ini juga sangat banyak dipelihara atau dikoleksi oleh masyarakat. Ciri khasnya yaitu pada daerah sirip maupun ekornya. Sehingga slayer ini menjadi salah satu jenis ikan cupang termahal di Indonesia.

Total
9
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts