Investasi Emas, Pengertian, Jenis, Cara dan Tips Suksesnya

Investasi Emas, Pengertian, Jenis, Cara dan Tips Suksesnya
Investasi Emas, Pengertian, Jenis, Cara dan Tips Suksesnya

Beberapa waktu belakangan ini investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi bagi kalangan milenial dan generasi Z. Tidak bisa disangkal saat ini ada banyak sekali investasi yang berpotensi memberikan profit dalam tempo cepat.

Baca juga: Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet

Namun berinvestasi emas tetap menjadi salah satu primadona yang tidak lekang oleh waktu. Bahkan jenis investasi satu ini tidak hanya dilakukan oleh anak muda saja, tapi juga orang-orang di masa lalu. Investasi perhiasan emas masih dianggap sebagai salah satu investasi yang paling aman. 

Mengenal Investasi Emas Lebih Jauh

Investasi Emas, Pengertian, Jenis, Cara dan Tips Suksesnya_Mengenal Investasi Emas Lebih Jauh
Investasi Emas, Pengertian, Jenis, Cara dan Tips Suksesnya_Mengenal Investasi Emas Lebih Jauh

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut penting sekali bagi Anda untuk memahami investasi dari emas itu sendiri terlebih dahulu. Berinvestasi emas bukan hanya sekedar membeli emas lalu menjualnya. Ada beberapa aspek tambahan yang harus Anda pahami sejak awal.

Bagi beberapa kalangan, berinvestasi emas ini terasa sangat mudah. Hal ini dikarenakan harga emas sendiri memang terus mengalami peningkatan Seiring dengan berjalannya waktu. Tapi memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan profit atau return dari jenis investasi satu ini. 

Hal ini tidak akan Anda temukan pada jenis investasi lain. Contohnya seperti investasi di bidang saham. Investasi satu ini memang menyajikan topik yang tinggi namun ketika Anda mengalami kerugian potensi kerugian juga sangat tinggi. Kenaikan dan penurunan saham terasa sangat fluktuatif.

Namun hal ini sama sekali tidak Anda temukan jika melakukan investasi emas. Harga emas sendiri terbilang sangat stabil di pasaran. Hal ini membuat mereka yang berinvestasi di logam mulia tersebut berpeluang besar untuk mendapatkan profit cepat atau lambat. 

Untuk investasi sendiri Anda harus menggunakan layanan dari PT Aneka Tambang (ANTAM) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Ini merupakan buah provider emas yang paling kredibel dan dikelola secara langsung oleh pemerintah. 

Jika Anda berinvestasi emas Antam harganya memang sedikit lebih tinggi dibanding UBS. Hal ini dikarenakan emas Antam sendiri sudah memiliki sertifikasi internasional. Bahkan kualitas setiap produk emas dari ANTAM sudah diakui oleh London Bullion Market Association. 

Hal ini berbeda dengan emas UBS yang baru mendapatkan sertifikasi kelas nasional saja. Sertifikat tersebut juga ditulis oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Meskipun begitu, Anda tidak perlu meragukan kualitas keduanya. Ada banyak jenis pilihan produk yang cocok untuk investasi di dalamnya. 

Jenis Investasi Emas yang Bisa Anda Coba

Tanpa banyak orang ketahui sebenarnya berinvestasi emas itu terbagi menjadi beberapa jenis. Tentu saja penting sekali bagi Anda untuk memahami jenis-jenis ini agar bisa memilih investasi yang tepat. Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada tiga jenis investasi emas yang bisa Anda pilih di era modern ini. 

1. Emas Perhiasan

Jenis investasi yang pertama adalah emas perhiasan. Bisa dibilang ini merupakan jenis investasi yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jadi selain bisa berinvestasi mereka juga bisa mengenakan emasnya secara langsung. 

Hanya saja jenis investasi satu ini masih didominasi oleh kaum hawa. Model-model yang dibuat juga banyak disesuaikan dengan selera wanita. Jadi bagi para pria, mungkin kurang pas jika hendak berinvestasi di bidang ini.`

Namun ada beberapa kendala ketika Anda melakukan investasi satu ini. Salah satu diantaranya adalah nilai return yang tidak maksimal. Ada banyak hal yang sangat berpengaruh terhadap investasi emas perhiasan ini di antaranya adalah bobot yang menurun, masa pakai perhiasan, jasa pembuatan, hingga model yang Anda pilih. 

2. Emas Batangan

Jenis investasi emas lainnya adalah emas batangan. Orang-orang juga sering menyebutnya sebagai investasi logam mulia. Kita bisa menggapainya sebagai jenis investasi yang paling aman. Bagaimana tidak nilai dari komunitas satu ini terus mengalami kenaikan.

Di sisi lain emas batangan juga memiliki likuiditas yang begitu tinggi. Harganya sama sekali tidak bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal. Jenis investasi satu ini sangat untuk Anda yang ingin melakukan investasi jangka panjang. Ada potensi keuntungan besar yang menanti Anda kedepannya. 

3. Tabungan Emas

Jenis investasi emas selanjutnya adalah tabungan emas. Investasi satu ini juga tidak kalah menarik untuk dilakukan. Prosedurnya lebih mudah dan tidak memerlukan modal besar. Bahkan ada banyak fasilitas tabungan emas online yang bisa dipilih saat ini.

Ketika Anda membuka tabungan emas Anda hanya perlu membayarkan dana sesuai kemampuan masing-masing. Dana tersebut nantinya akan dikonversi menjadi bobot emas dengan kurs yang sedang berlaku. Melalui platform yang sama, Anda bisa menjual atau membeli emas lagi kedepannya. 

Salah satu bath foam investasi emas terbaik adalah Pegadaian. Saat ini Pegadaian menyediakan fasilitas untuk berinvestasi emas dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa melakukannya melalui aplikasi secara online atau dengan datang langsung ke Kantor Pegadaian terdekat. 

Beberapa Tips Investasi Emas yang Harus Anda Ketahui

Investasi Emas, Pengertian, Jenis, Cara dan Tips Suksesnya_Beberapa Tips Investasi Emas yang Harus Anda Ketahui
Investasi Emas, Pengertian, Jenis, Cara dan Tips Suksesnya_Beberapa Tips Investasi Emas yang Harus Anda Ketahui

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya ada banyak sekali keuntungan yang akan didapat ketika melakukan investasi emas. Namun tetap saja ada beberapa tips yang harus dilakukan agar potensi keuntungan dari investasi tersebut bisa semakin maksimal.

Di sisi lain tips tips ini juga berguna untuk menjaga keamanan dana investasi Anda. Ada banyak Mereka yang mengalami kerugian akibat tidak berhati-hati ketika melakukan investasi itu sendiri. Langsung saja simak poin-poinnya di bawah ini. 

1. Tentukan tujuan investasi

Tips investasi emas yang pertama adalah memiliki tujuan. Dengan memiliki tujuan Anda bisa menentukan langkah-langkah yang harus diambil secara tepat kedepannya. Contohnya dalam pemilihan emas itu sendiri. Anda bisa memilih apakah hendak berinvestasi jangka panjang ataupun jangka pendek.

Semua ini akan sangat bergantung terhadap tujuan investasi Anda. Apakah Anda hanya berencana untuk mendapatkan uang? Atau mungkin Anda berencana untuk membeli rumah? Tentukan tujuan Anda dan pertimbangkan langkah-langkahnya dengan sebaik mungkin. 

2. Memilih jenis emas yang tepat

Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah memilih jenis emas yang tepat. Ketika Anda hendak melakukan investasi emas, pertimbangkan jenis emasnya dengan baik. Kami Anda bisa memilih jenis emas batangan. 

Jenis emas satu ini memberikan potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Lihat saja para investor emas di era modern ini. Mereka lebih sering memilih emas batangan dibandingkan emas perhiasan ketika berinvestasi. 

3. Membeli emas pecahan kecil

Tips lain yang bisa Anda lakukan ketika sedang berinvestasi emas adalah membeli pecahan kecil saja. Jangan terburu ego ingin membeli dalam jumlah besar. Beli secara bertahap dari mulai 1 gram hingga bobot lain yang lebih besar. 

Investasi emas dalam jumlah kecil lebih mudah untuk diperjualbelikan. Jadi Anda bisa dengan mudah mencairkan emas menjadi uang jika sedang berada dalam kondisi terdesak. Ketika Anda mencairkan emas dalam jumlah besar, tentu saja butuh waktu yang lama untuk mencairkannya. 

4. Teknik investasi emas klasik

Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah menerapkan teknik klasik dalam investasi itu sendiri. Caranya sederhana saja Anda hanya perlu membeli emas ketika harga emas sedang turun. Dan menjualnya secara langsung ketika harga naik atau memiliki selisih. 

Tidak perlu risau dengan keuntungan yang kecil. Meskipun keuntungan tersebut kecil, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan maksimal jika dilakukan secara konsisten. Sudah banyak investor yang membuktikan kalau teknik klasik ini sangatlah ampuh. 

Cara Cek Harga Emas dengan Cepat

Setelah Anda memahami beberapa cara investasi emas di atas penting juga untuk mengenal cara pengecekan harga emas itu sendiri. Didukung oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat Anda bisa mengecek harga emas secara digital di era modern ini.

Bahkan pengecekan digital ini dianggap jauh lebih akurat dibandingkan pengecekan secara konvensional. Ada banyak portal yang menyediakan fasilitas tersebut untuk Anda. Semuanya bisa diakses secara gratis melalui smartphone atau komputer masing-masing. 

Berikut ini beberapa fasilitas pengecekan harga emas secara online maupun offline yang bisa dilakukan : 

  1. Datang langsung ke Kantor Pegadaian terdekat
  2. Mengakses Website https://sahabatpegadaian.com
  3. Menggunakan Aplikasi Pegadaian Digital
  4. Butik Emas Antam
  5. Mengikuti Marketplace
  6. Datang ke Toko emas terpercaya

Baca juga: Klitih Itu Apa? Inilah Penjelasan Teror Seram Klitih Tersebut

Beberapa situs yang sudah kami jelaskan diatas memiliki harga emas yang selalu update setiap harinya. Bahkan persentase kenaikan dan penurunan emas diperlihatkan secara real-time. Ketika Anda hendak investasi emas, tentu saja beberapa portal di atas menjadi rekomendasi terbaik. 

 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts