Kenaikan BBM, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Menanganinya

Kenaikan BBM, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Menanganinya
Kenaikan BBM, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Menanganinya

Kenaikan BBM senantiasa menjadi polemik bagi masyarakat. Bagaimanapun juga BBM merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat di era modern ini. Ada banyak sektor yang membutuhkan BBM dalam jumlah besar setiap harinya dari mulai transportasi, manufaktur, kesehatan dan lain sebagainya.

Baca juga: Update Harga Kamera Terbaru Buat Setiap Momen Semakin Seru

Kenaikan harga BBM ini sepenuhnya merupakan kewenangan dari pemerintah. Kewenangan tersebut berlaku secara mutlak untuk BBM bersubsidi. Sedangkan untuk BBM non subsidi dinaikkan oleh Pertamina. Tapi tetap saja dibutuhkan izin dari pemerintah untuk proses kenaikan tersebut.

Proses naiknya harga BBM ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi pemerintah tidak bisa begitu saja menaikkan atau menurunkan harga. Tetap ada regulasi yang harus diambil dalam prosesnya. Semua pihak akan saling berkonsolidasi untuk mengambil keputusan yang paling tepat.

Hingga saat ini telah terjadi beberapa kali kenaikan BBM di Indonesia. Setiap kali berganti kepala negara, biasanya harga BBM naik adalah sebuah kewajiban. Tentu saja ada beberapa alasan yang membuat pemerintah harus mengambil langkah tersebut.

Mengenal Jenis-Jenis BBM di Indonesia

Kenaikan BBM, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Menanganinya_Mengenal Jenis-Jenis BBM di Indonesia
Kenaikan BBM, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Menanganinya_Mengenal Jenis-Jenis BBM di Indonesia

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai kenaikan BBM, penting sekali bagi Anda untuk memahami jenis-jenis BBM yang didistribusikan di Indonesia. Jadi kita tidak mungkin bisa bicara harga BBM jika tidak mengenal jenis BBM itu sendiri terlebih dahulu.

Merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 191/2014, pemerintah sudah menetapkan kalau BBM ini terbagi menjadi tiga jenis. Wajib bagi Anda untuk mengenal ketiga jenis BBM ini agar tidak salah memahami kenaikan BBM itu sendiri.

  • Jenis BBM Tertentu (JBT)

Jenis BBM satu ini didistribusikan ke seluruh wilayah negeri dengan harga yang disubsidi oleh pemerintah. Bahan Bakar Minyak yang masuk ke dalam kategori satu ini adalah minyak solar, minyak tanah dan premium non jamali.

  • Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP)

Jenis yang kedua merupakan BBM non subsidi. Varian bahan bakar minyak satu ini hanya didistribusikan di wilayah luar Jawa, Bali dan Madura. Adapun yang termasuk ke dalam kategori BBM Khusus Penugasan ini adalah Premium.

  • Jenis BBM Umum (JBU)

Jenis yang terakhir adalah JBU atau Jenis BBM Umum. Kategori yang ketiga ini termasuk ke dalam BBM Non Subsidi. Produk yang termasuk kategori satu ini cukup banyak. Diantaranya adalah Premium Jamali, Perta Series dan Dex Series.

Yang termasuk ke dalam kategori Perta Series adalah Pertamax, Pertalite dan Pertamax Turbo. Sedangkan yang termasuk ke dalam kategori dan Dex Series adalah Pertamina Dex dan Dexlite. Varian BBM sebut juga bisa ditemukan dengan mudah di pom bensin.

Dalam proses distribusinya produk non komersil seperti solar minyak tanah dan premium dan Jamali mendapatkan subsidi dari pemerintah. Secara otomatis penurunan atau kenaikan BBM satu ini ditentukan oleh pemerintah. 

Sedangkan jenis BBM lain seperti Premium Jamali, Dek Series dan Perta Series ditentukan oleh Pertamina. Tentu saja Pertamina tetap membuat laporan pengambilan keputusan tersebut. Jadi pemerintah hanya bisa memberikan izin saja terkait kenaikan tersebut. 

Pengertian Subsidi dan Penyebab Kenaikan BBM

Kenaikan BBM, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Menanganinya_Pengertian Subsidi dan Penyebab Kenaikan BBM
Kenaikan BBM, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Menanganinya_Pengertian Subsidi dan Penyebab Kenaikan BBM

Hal selanjutnya yang wajib untuk Anda pahami adalah subsidi dan hal-hal yang menjadi penyebab kenaikan Bahan Bakar Minyak itu sendiri. Kedua aspek ini menjadi faktor terpenting jika kita bicara kenaikan harga bahan bakar minyak.

  • Pengertian Subsidi BBM

Sederhananya, subsidi bisa kita artikan sebagai potongan harga yang diberikan oleh pemerintah untuk sebuah produk. Jadi misalkan harga BBM adalah Rp15.000 per liter. Pemerintah lantas memberikan subsidi sebesar Rp5.000 sehingga masyarakat hanya perlu membayar sebesar Rp10.000. 

Namun hal ini hanya berlaku bagi BBM bersubsidi. Jenis-jenisnya sudah kami jelaskan pada poin sebelumnya. Ketika harga BBM naik sebenarnya pemerintah mengurangi subsidi yang diberikan. Jadi jika harga BBM adalah Rp15.000 per liter dan pemerintah hanya memberikan subsidi sebesar Rp2.000 per liter maka secara otomatis masyarakat harus membayar Rp13.000 per liter.

Inilah penyebab utama kenaikan BBM yang sering terjadi di negeri ini. Tapi ternyata ada juga beberapa penyebab lain yang bisa memicu terjadinya kenaikan harga bahan bakar minyak tersebut. Hal ini juga tidak kalah penting untuk Anda pahami.

  • Penyebab Harga BBM Naik

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ada 7 penyebab utama yang memicu kenaikan BBM di Indonesia. Tentunya penyebab ini tidak bersifat mutlak dan langsung. Namun tanpa disadari, hal ini bisa menjadi pemicu naiknya harga BBM. Berikut ini 7 penyebab tersebut.

  1. Harga minyak dunia sedang mengalami kenaikan sebesar
  2. Kurs rupiah melemah terhadap mata uang lainnya khususnya Dolar Amerika
  3. Pertamina sedang mengalami keuangan yang tidak stabil dan berat 
  4. Pertamina memiliki utang Dolar dalam jumlah besar 
  5. Dana subsidi yang mengambil dari APBN tidak memadai
  6. Pertamina sedang kolaps dan dan harus segera di diselamatkan 
  7. Harga BBM berada di bawah harga ekonomi normal sehingga Jika pemerintah tidak melakukan subsidi maka Pertamina yang harus memberikannya.

7 Alasan di atas menjadi pemicu utama terjadinya kenaikan BBM di Indonesia. Solusi untuk menurunkan harga BBM adalah mengatasi permasalahan di atas. Atau bisa juga dengan memberikan subsidi yang diajukan oleh pemerintah dan disetujui oleh DPR, lalu dimasukkan ke dalam APBN. 

Kenaikan BBM Berdampak Besar Terhadap Masyarakat

Kenaikan BBM, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Menanganinya_Kenaikan BBM Berdampak Besar Terhadap Masyarakat
Kenaikan BBM, Jenis, Penyebab, Dampak dan Cara Menanganinya _Kenaikan BBM Berdampak Besar Terhadap Masyarakat

Bagaimanapun juga, naiknya harga BBM memberikan dampak yang sangat besar terhadap masyarakat. Dampak ini terutama didasarkan di dalam sektor ekonomi. Bagaimana tidak, biasanya kenaikan harga BBM ini memberikan efek domino terhadap perekonomian masyarakat. Berikut ini beberapa Apa resiko kenaikan harga BBM di masyarakat

  • Harga Bahan Pokok Naik

Mayoritas penduduk sebenarnya tidak khawatir akan kenaikan BBM. Terlebih lagi untuk BBM non subsidi seperti Pertamax dan dan jenis lainnya. Tapi yang dikhawatirkan oleh masyarakat adalah kenaikan harga BBM tersebut berdampak terhadap harga bahan pokok.

Sudah menjadi fakta kalau kenaikan harga BBM selalu diikuti oleh kenaikan harga bahan pokok. Hal ini sudah terjadi semenjak beberapa dekade belakangan ini. Harga bahan pokok yang naik tentu tidak mudah untuk dilewati oleh masyarakat kecil.

  • Daya beli masyarakat menurun

Ketika harga bahan pokok mengalami kenaikan, daya beli masyarakat akan menurun secara otomatis. Hal ini dikarenakan kenaikan BBM tidak dibarengi dengan kenaikan pendapatan masyarakat. Contohnya jika kita bicara tentang kehidupan buruh yang memperjuangkan gajinya. 

Kenaikan gaji yang dialami oleh bulu sama sekali tidak akan berdampak apapun. Karena ternyata kenaikan tersebut dibarengi dengan kenaikan harga bahan pokok. Tentu saja hal ini berdampak besar terhadap kemajuan ekonomi dalam negeri. 

  • Kemiskinan Meningkat

Ketika kenaikan BBM berdampak terhadap bahan pokok, maka secara otomatis hal ini membuka peluang kemiskinan lebih besar lagi. Tentu saja hal ini tidak boleh sampai terjadi. Jika kondisi tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, pemerintah bersikap mengalami inflasi. 

  • Usaha kecil terpuruk

Kenaikan BBM berdampak besar terhadap harga bahan pokok. Jika untuk konsumsi mungkin masyarakat masih bisa bertahan. Tapi bagi mereka para pelaku usaha kecil hal ini akan berdampak sangat besar. Bukan hal yang tidak mungkin kalau usaha mereka akan terpuruk karena modal yang tidak memadai. 

  • Pengangguran meningkat

Hal yang menjadi dampak dari kenaikan BBM adalah tingkat pengangguran yang meningkat. Terlebih lagi dengan keterpurukan yang dialami oleh usaha kecil. Persaingan di dunia kerja akan semakin ketat dan hal ini akan memunculkan masalah baru bagi pemerintah. 

  • Berdampak Buruk Terhadap Banyak Sektor

Tidak hanya untuk perekonomian saja, kenaikan harga BBM ini juga berdampak terhadap sektor lainnya. Contohnya terhadap sektor transportasi, kesehatan, konstruksi dan lain sebagainya. Dampaknya pasti akan langsung terasa pada berbagai sektor. 

Solusi Menghadapi Kenaikan Harga BBM

Ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk menghadapi kenaikan BBM secara tiba-tiba. Pertama pastikan Anda hanya melakukan hal-hal yang sifatnya urgent atau penting saja. Untuk hal-hal yang tidak penting sebaiknya dihindari terlebih dahulu karena konsumsi BBM hanya akan membuat Anda lebih boros. 

Saat ini Pemerintah juga sudah mengusung minyak sawit sebagai solusi untuk membantu BBM. Jika fungsi dari minyak sawit sudah bisa dimaksimalkan maka ketergantungan terhadap BBM bisa segera  diminimalisir. 

Baca juga: Update Harga Kamera Terbaru Buat Setiap Momen Semakin Seru

Tapi tentu saja dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mewujudkan hal tersebut. Sebagai masyarakat kita harus mendukung program pemerintah dengan baik. Beberapa dekade ke depan bukan hal yang tidak mungkin kalau minyak sawit bisa menjadi solusi untuk menghindari kenaikan BBM.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts