Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Lebih Sehat

Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Lebih Sehat
Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Lebih Sehat

Kendaraan ramah lingkungan sangat penting perannya untuk memerangi polusi udara yang kian memburuk. Terlebih untuk daerah ibu kota Jakarta, bahkan mendapat julukan salah satu kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Baca juga: Tips Mudik Bersama Keluarga Agar Aman Sampai Tujuan

Alasan utama kualitas udara memburuk tentu saja akibat dari asap kendaraan bermotor yang padat di ibu kota. Hal ini perlu penanganan demi mendapat udara sehat dan baik untuk lingkungan.

Sebenarnya bukan tanpa solusi, keadaan ini tentu ada solusinya tinggal bagaimana kesadaran semua pihak untuk menjalankannya. Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara di ibu kota diantaranya:

Sebagai salah satu solusinya Anda bisa menanam pohon dilingkungan rumah sebanyaknya. Lalu perbanyak menggunakan transportasi umum. Terakhir adalah menggunakan kendaraan ramah lingkungan untuk keluar rumah.

Apa Itu Kendaraan Ramah Lingkungan

Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Lebih Sehat_Apa Itu Kendaraan Ramah Lingkungan
Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Lebih Sehat_Apa Itu Kendaraan Ramah Lingkungan

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan pengetahuan sekarang ini akhirnya mesin motor ramah lingkungan mulai dikembangkan. Kini beberapa negara sudah mengembangkan mesin tersebut dengan teknologi bidang industri otomotif.

Mesin ramah lingkungan diciptakan dengan teknologi kendaraan yang canggih. Ditambah dengan alternatif penggunaan bahan bakar khusus demi menghasilkan transportasi ramah lingkungan.

Penggunaan bahan bakar memang sangat mempengaruhi dalam hal membuat kendaraan ramah lingkungan. Bahkan beberapa negara telah menerapkan bahan bakar standar untuk semua pengguna kendaraan.

Sebagai contoh California menerapkan standar kendaraan nol emisi seperti ULEV, SULEV, Zev, dan PZEV. Sedangkan Eropa menerapkan standar emisinya dengan ketat seperti Euro6.

Indonesia sendiri bisa menggunakan alternatif lain untuk mencari bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. Seperti kendaraan listrik Hybrid, kendaraan kompresi udara, kendaraan listrik baterai, atau plug-in kendaraan listrik hibrida.

Selain itu bisa juga menggunakan hidrogen dan sel bahan bakar kendaraan. Masih ada juga bahan bakar etanol, biodiesel, gas alam, dan terakhir bisa menggunakan bahan bakar etanol dan gasohol.

Penggunaan bahan bakar alternatif ini tujuannya adalah untuk mengganti bahan bakar kendaraan umumnya yang konvensional. Hal ini dapat mengurangi dampak emisi karbon pada alat transportasi.

Tidak hanya itu penggunaan kendaraan ramah lingkungan ini bisa menjadi salah satu upaya menghemat dan efisiensi energi. Dengan demikian emisi polusi udara dan gas rumah kaca akan berkurang dampaknya bagi lingkungan. 

Pentingnya Kendaraan Ramah Lingkungan Bagi Masa Depan

Sebenarnya kesadaran mengenai pentingnya mengganti kendaraan dengan bahan bakar ramah lingkungan sudah ada sejak dahulu. Bahkan di ibu kota sendiri sering diadakan pameran dan sosialisasi mengenai transportasi ramah lingkungan.

Bahkan anak bangsa sendiri sudah menghasilkan mesin kendaraan dengan konsep ramah lingkungan. Hanya membutuhkan dukungan dan kesadaran semua pihak agar bisa diterapkan untuk masa depan.

Pentingnya menggunakan kendaraan ramah lingkungan tentu untuk melindungi udara yang kian memburuk. Dampak polusi udara dan efek rumah kaca akan semakin memburuk jika tidak segera ditangani.

Terutama untuk kehidupan di ibu kota yang terkenal dengan hiruk pikuk kendaraan semakin padat. Tentu dampaknya bisa merusak lingkungan dan mengganggu kesehatan semua warga sekitar Jakarta.

Sebelum keadaan semakin memburuk sangat penting menggunakan kendaraan dengan mengedepankan ramah lingkungan. Baik menjaga pohon sekitar lingkungan atau mengurangi penggunaan kendaraan dengan bahan bakar konvensional.

Tujuan utama menggunakan kendaraan ramah lingkungan tentu demi menyelamatkan anak bangsa dari dampak udara buruk. Tidak hanya itu mengembangkan teknologi untuk kendaraan baru juga bisa bermanfaat bagi perekonomian masyarakat.

Terlebih perkembangan ekonomi turut terganggu akibat tingginya harga bahan bakar minyak. Keadaan semakin diperburuk selama adanya penyebaran virus covid-19 dengan status pandemi saat ini.

Jadi pengembangan teknologi yang mengedepankan mesin ramah lingkungan sangat penting untuk menjaga lingkungan serta meningkatkan perekonomian. Hal ini sangat penting diterapkan demi masa depan Indonesia lebih baik.

Berikut Contoh Kendaraan yang Ramah Lingkungan

Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Lebih Sehat_Berikut Contoh Kendaraan yang Ramah Lingkungan
Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Lebih Sehat_Berikut Contoh Kendaraan yang Ramah Lingkungan

Setelah mengetahui apa itu kendaraan ramah lingkungan serta manfaat pengembangannya untuk lingkungan kini saatnya membahas contoh kendaraannya. Banyak yang belum mengetahui apa saja contoh kendaraannya di Indonesia.

Indonesia sendiri lebih memilih kendaraan dengan mengembangkan listrik sebagai alternatif ramah lingkungan. Kini sudah berkembang informasi mengenai mobil ramah lingkungan yang mulai ramai diperbincangkan. 

Kabarnya pemerintah Indonesia akan mempercepat pengembangan kendaraan listrik sebagai upaya alat transportasi ramah lingkungan. Bahkan sudah banyak produsen otomotif yang menawarkan kendaraan murni listrik dan hybrid.

Terdapat 3 jenis kendaraan ramah lingkungan khususnya kendaraan listrik yang saat ini dikembangkan. Mobil ramah lingkungan terbagi menjadi tiga jenis yaitu Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid, dan plug-in Hybrid (PHEV).

Pertama ada mobil listrik baterai (BEV) dengan bahan bakar paling ideal untuk mengurangi emisi gas. Seluruh tenaga pacu mobil menggunakan baterai, berbeda dengan mobil jenis hybrid.

Bahan bakarnya tidak menggunakan pembakaran BBM sama sekali sehingga tidak mengeluarkan emisi gas buang. Sehingga kendaraan ini sudah pasti sangat aman untuk lingkungan.

Namun demikian sayangnya mobil ini masih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah kesulitan mengisi ulang daya baterai mobil. Hanya kota besar yang bisa memiliki akses untuk mengisi daya baterai mobil ini.

Kendaraan ramah lingkungan selanjutnya ada mobil jenis Hybrid, sebenarnya teknologi hybrid sudah dijual secara komersil sejak tahun 1997 silam. Mobil hibrid ini menggunakan mesin pembakar internal untuk menjadi sumber tenaga pacunya.

Hebatnya mobil ini tenaganya bisa diambil alih oleh motor listriknya pada kondisi ringan seperti jalan perkotaan. Kekurangannya mobil ini tidak bisa diisi ulang menggunakan kabel charger seperti BEV.

Pengisian daya baterainya hanya bisa dilakukan dengan tenaga dari mesin atau regenerative braking. Mobil ini sudah jelas masuk dalam jajaran kendaraan ramah lingkungan yang bisa terus dikembangkan.

Lalu ada mobil dengan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang merupakan campuran dari teknologi BEV dan Hybrid konvensional. Mobil ini memiliki sumber tenaga dari daya motor listrik dan juga baterainya.

Mobil ini menggunakan baterai seperti BEV namun juga memiliki mesin bakar internal seperti mobil hybrid. Namun mobil ini lebih condong kearah mobil listrik dengan pilihan pengisian daya yang lebih mudah.

Keuntungan Menggunakan Kendaraan yang Ramah Lingkungan

Setelah mengetahui apa saja contoh mobil yang masuk dalam jajaran kendaraan ramah lingkungan maka selanjutnya mengetahui keuntungan menggunakannya. Selain menguntungkan untuk lingkungan tentu mobil ini punya keuntungan lain.

Semua keuntungan hanya bisa dirasakan oleh penggunanya saja, bagi Anda yang ingin merasakan jangan ragu untuk beralih menggunakan mobil ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil konvensional.

Keunggulan kendaraan listrik yang pertama adalah suara mesinnya halus. Suara mesinnya ini sama sekali tidak mengganggu orang lain saat berada di lingkungan sempit sekalipun. Saat berada di gang Anda tidak perlu mematikan mesinnya.

Selain bebas dari polusi suara mesin ini tentu tercipta dengan tujuan bebas polusi udara. Anda bisa lebih percaya diri saat menggunakan kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi listrik ini.

Selanjutnya keuntungan menggunakan kendaraan listrik adalah efisiensi lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan bahan bakar minyak. Kendaraan listrik memiliki efisiensi 3 kali lipat jika dibandingkan kendaraan biasa.

Hal ini membuat alat transportasi listrik khususnya motor jauh lebih hemat dibandingkan dengan motor biasa. Motor listrik memiliki efisiensi hingga 90% sedangkan motor biasa hanya 30% saja efisiensinya.

Keuntungan lain dari kendaraan ramah lingkungan adalah memiliki akselerasi yang spontan. Dengan begitu maka akan lebih memudahkan dalam berkendara.

Mesin listriknya memiliki akselerasi yang sama kuatnya, hal ini karena ia mampu memberikan torsi penuh secara langsung. Meski konsumsi energinya lebih rendah namun mesinnya tetap bertenaga dan tetap fungsional.

Keunggulan memiliki kendaraan listrik selanjutnya adalah perawatannya lebih mudah dan murah. Hal ini karena jumlah komponen dari motor listrik lebih sedikit dibandingkan dengan komponen motor konvensional.

Artinya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan jika terjadi kendala pada kendaraan ramah lingkungan listrik tersebut. Jumlah biaya servis tentu jauh lebih sedikit dan lebih hemat.

Perawatan paling penting jika Anda menggunakan kendaraan listrik harus memeriksa baterai secara berkala. Jika perlu diganti maka gantilah baterai secara berkala demi kenyamanan saat berkendara. 

Selain itu lakukan servis regular secara rutin untuk menjaga performa mesin selalu baik seperti baru. Sebelum berkendara pastikan bahwa kendaraan berada pada kondisi terbaik agar tidak terjadi hal buruk saat diperjalanan.

Baca juga: Untung Rugi Menggunakan Vespa Matic, Simak Baik – Baik

Setelah mengenal lebih dalam mengenai kendaraan ramah lingkungan tidak perlu lagi mengambil tindakan untuk beralih pada kendaraan yang aman untuk masa depan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts