Perbedaan Logo Baru Google Play Store dengan Logo Lama

Perbedaan Logo Baru Google Play Store dengan Logo Lama
Perbedaan Logo Baru Google Play Store dengan Logo Lama

Bagi yang telah melakukan pembaharuan, pasti sudah mengetahui jika logo baru Google Play Store telah berubah. Meski tidak seluruhnya, namun perubahannya masih terlihat dari segi warna maupun bentuk. 

Baca juga : Begini Cara Download YouTube Convert ke Mp3 Lagu

Pembaharuan sendiri tidak hanya pada logonya saja melainkan juga pada beberapa fiturnya. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut, pastikan untuk menyimak pembahasan pada artikel ini sampai selesai.

Apa Sebenarnya Google Play Store Itu?

Apa Sebenarnya Google Play Store Itu?
Apa Sebenarnya Google Play Store Itu?

Sejak logo baru Google Play Store diluncurkan, tidak sedikit orang yang mulai mencari tahu mengenai sebenarnya apa itu Google Play Store dan fitur-fiturnya. Perlu diketahui, platform ini merupakan platform yang menghubungkan aplikasi dengan Google dan Google Maps. 

Google Play Store sendiri disertakan pada sistem operasi Android yang berisikan berbagai macam aplikasi. Bukan hanya pada ponsel, kini platform besutan Google tersebut juga disematkan pada TV dengan sistem operasi Android. 

Tujuan penyematannya yakni untuk memudahkan pengguna dalam mencari aplikasi atau mengakses beberapa layanan Google. Pengembangannya terus dilakukan hingga kini dengan tujuan untuk membuat fitur serta kemampuannya semakin maksimal. 

Perbedaan Logo Baru Google Play Store dengan Logo Lama

Perbedaan Logo Baru Google Play Store dengan Logo Lama
Perbedaan Logo Baru Google Play Store dengan Logo Lama

Saat membahas logo Google Play Store tentu akan langsung terbayang bagaimana bentuk logo yang lama. Pembaharuan pada logo ini memiliki maksud dan tujuan tertentu yang disampaikan melalui filosofi dalam setiap warna dan bentuknya. 

Aplikasi satu ini selalu ditandai dengan bangun datar segitiga berwarna-warni. Kami tidak dapat memberikan keterangan secara spesifik karena pada beberapa bagiannya dibuat menumpuk sehingga menghasilkan paduan warna baru. 

Pada awalnya, logo Google Play Store dibuat dengan tambahan bentuk tas kantor di bagian terluar segitiga. Namun pada logo baru Google Play Store bagian tersebut telah dihapus dan hanya meninggalkan segitiga warna-warni saja. 

Versi yang dimaksudkan yaitu 7.8.16 yang beberapa waktu diluncurkan dan disematkan pada berbagai perangkat Android baik ponsel pintar ataupun smart TV. 

Ada beberapa alasan mengapa Google Play Store mengganti logonya, salah satunya adalah agar pengguna dapat mengenali logo tersebut dengan lebih mudah serta lebih menampilkan ciri khasnya. 

Baik disadari maupun tidak, ada perubahan warna yang diberikan pada logo baru Google Play Store. Versi terbarunya memiliki warna jauh lebih redup dibandingkan sebelum-sebelumnya. 

Sedangkan untuk versi lama menggunakan warna yang cenderung mencolok seperti biru terang, tosca, merah, dan kuning. Digunakan juga warna biru serta hijau yang terlihat cukup mirip. 

Pada masing-masing segitiga, terdapat bayangan warna yang ditujukan untuk membedakan antara satu warna dengan warna lainnya. Sedangkan di logo terbaru, tidak lagi menggunakan shadow namun masing-masing segitiganya dibuat dengan kesan transparan. 

Perubahan warna yang dilakukan menjadikannya terlihat lebih berkaitan dengan platform besutan dari Google lainnya seperti Gmail, Gdrive, Gmeets, dan lainnya. Seluruh aplikasi tersebut memiliki warna redup di logonya. 

Apabila kalian mengamati dengan baik, logo baru Google Play Store memberikan ruang pada warna biru lebih banyak. Hal ini juga terjadi pada warna-warna lainnya sehingga ketika dilihat pembagian area pada masing-masing warna lebih adil. 

Perbedaan selanjutnya terdapat pada sudut segitiga di logo Google Play Store. Saat disejajarkan dengan logo lama, logo barunya cenderung lebih gemuk karena sudut segitiganya tidak dibuat lancip melainkan sedikit tumpul. 

Fungsi Google Play Store yang Sebaiknya Diketahui

Fungsi Google Play Store yang Sebaiknya Diketahui
Fungsi Google Play Store yang Sebaiknya Diketahui

Bagi yang sering berganti HP Android tentu akan terus menemukan logo Google Play Store terpampang di halaman awal. Sebagian mungkin bertanya-tanya mengenai sebenarnya apa fungsi dari Google Play Store sebenarnya. 

Meski sempat beberapa kali berganti logo, namun fungsi utama dari Google Play Store tetap sama. Apa saja itu? Penjelasannya secara lebih lengkap ada di bawah ini yang bisa kalian simak.

  • Mengunduh Aplikasi

Kebutuhan masyarakat modern kian kompleks sehingga perlu didukung dengan beberapa aplikasi. Google Play Store sangat berperan penting dalam memenuhi kebutuhan khalayak pada platform-platform khusus. 

Jumlah aplikasi yang ada di Google Play Store terbilang sangat banyak dengan berbagai macam fungsi. Jadi sangat wajar jika platform ini sering dijadikan rujukan sebagai tempat untuk mencari aplikasi terkini sesuai kebutuhannya. 

Meski logo baru Google Play Store telah dirilis, namun aplikasi yang tersedia bisa dibilang sangat lengkap. Menariknya sebagian besar dapat diakses secara gratis, meskipun beberapa diantaranya berbayar. 

  • Sebagai Tempat Developer Mengunggah Aplikasi Besutannya

Hampir seluruh masyarakat modern menyukai kepraktisan sehingga hadirnya berbagai aplikasi dinilai cukup membantu berbagai macam kegiatan. Sebagai toko aplikasi khusus perangkat Android, Google Play Store merupakan tempat developer mengenalkan aplikasinya. 

Aplikasi yang diunggah perlu memenuhi ketentuan-ketentuan khusus, pastinya harus sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Google Play Store. Salah satunya adalah harus resmi bukan berupa modifikasi. 

Oleh karenanya aplikasi-aplikasi modifikasi tidak ada yang diunggah di Google Play Store. Bagian ini menjadi filosofi dari logo baru Google Play Store yang ditandai dengan banyaknya segitiga warna-warni. 

  • Memberikan Rating Aplikasi

Rating merupakan fitur yang cukup membantu seseorang untuk mengetahui aplikasi yang ingin diunduhnya apakah bagus atau tidak. Di toko aplikasi khusus OS Android ini, kalian dapat menemukan fitur rating. 

Cara memberikan rating sangat mudah yaitu hanya dengan mengklik bagian bintang yang ada di bawah keterangan aplikasi. Pengguna juga dapat menambahkan komentar jika memang diperlukan. 

Logo baru Google Play Store meskipun sedikit berubah, akan tetapi tidak akan membingungkan penggunanya. User interfacenya sendiri mendapat perbaikan dengan tambahan fitur menarik. 

  •  Mengajukan Keluhan

Ada kalanya sebuah aplikasi akan mengalami masalah baik karena sinyal internet tidak mendukung atau memang berasal dari servernya yang bermasalah. Apabila ingin mengajukan keluhan, bisa melalui fitur rating. 

Selain itu kalian juga dapat mengajukan keluhan dengan mengirim pesan secara pribadi pada CS aplikasi. Pesan bisa dikirim melalui email yang tercantum, jika belum ada silahkan menunggu balasan dari keluhan. 

Biasanya pengguna akan dibantu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi secara bijaksana. Pastikan mengikuti arahan dari CS agar permasalahan yang dialami segera terselesaikan. 

  • Desain User Interfacenya Semakin Baik

Jika dulunya seluruh aplikasi disatukan, saat ini Google Play Store dibuat dengan memberikan kategori. Periksa pada bagian layar bawah, terdapat pilihan berupa buku, game, film, dan aplikasi secara general. 

Pada versi terbarunya, logo baru Google Play Store akan tampak dan tampilan aplikasinya sedikit berubah. Meskipun demikian, namun tidak cukup sulit mengoperasikannya karena desainnya tetap mudah dimengerti. 

Apabila bingung atau mengalami masalah pada aplikasinya, bisa mencari fitur bantuan. Di dalamnya berisi berbagai pertanyaan dan penyelesaian yang dapat dicoba dan dilatih lagi oleh kalian.

  • Melihat Review dari Pengguna Lain

Pada fitur rating, ada banyak review dari pengguna lain. Sebelum mengunduh salah satu aplikasi yang diinginkan, sebaiknya periksa jejak yang ditinggalkan oleh pengguna lain supaya dapat mengetahui bagaimana aplikasi tersebut. 

Sebab saat ini beberapa aplikasi menggunakan jasa untuk meningkatkan pengunduh dan reviewer, maka perlu berhati-hati. Cari review yang benar-benar dilakukan oleh penggunanya. Ada cara-cara khusus untuk mengetahuinya, yaitu:

  • Kalimat Normal

Tentu kalian sudah pernah menemukan komentar dengan banyak tanda seru atau sejenisnya. Saat menemukannya, sebaiknya lebih waspada jika akan mempercayainya karena ditakutkan review yang diberikan tidak jujur. 

  • Ditulis Sesuai dengan Pengalamannya

Pengalaman menggunakan aplikasi pada masing-masing orang tentunya berbeda. Pada fitur review, disarankan untuk lebih bijak dalam berkomentar serta memilih komentar yang dapat dipercaya. 

  • Mengetahui Informasi Aplikasi yang Ingin Diunduh

Tepat di bawah tampilan aplikasi, terdapat informasi mengenai aplikasi termasuk user interfacenya serta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Logo baru Google Play Store sendiri tidak memiliki pengaruh besar dengan perubahan bagian pengaturan aplikasi. 

Kalian tetap dapat memahami maksud aplikasi dengan mudah tanpa perlu waktu lama. Masih bingung bagaimana cara penggunaannya? bisa mencari tahu pada pusat bantuan karena disana terdapat informasi lengkapnya. 

Pada dasarnya Google Play Store merupakan toko aplikasi yang telah lama dikembangkan. Bisa disimpulkan bahwa Google Play Store dapat dipercaya serta menyediakan aplikasi lengkap. 

  • Mengefektifkan Kinerja

Jika ada satu platform yang menyediakan banyak aplikasi sekaligus tentu dapat mengefektifkan kinerja. Maksudnya adalah kalian akan lebih terbantu karena tidak perlu berpindah platform lain untuk mendapatkan aplikasi yang diinginkan. 

Berdasarkan logo baru Google Play Store yang telah dirilis, menggambarkan pengaruh besarnya pada para pengguna. Berkat hal itu, saat ini pengguna tidak lagi kesulitan menemukan aplikasi apa saja. 

Baca juga : Translate Inggris-Indonesia Buat Skill Berbahasa Meningkat

Berdasarkan data 2017, aplikasi besutan Google tersebut telah memiliki 3,5 juta aplikasi. Jenis aplikasinya beragam mulai dari game, menonton film, TV, dan masih banyak lainnya yang bisa disebutkan.

Memilih Google Play Store sebagai tempat untuk mengunduh aplikasi merupakan pilihan paling tepat. Apalagi semakin hari sistemnya lebih baik ditandai dengan logo baru Google Play Store. 

Total
15
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts