Makna Rukun Iman dan Rukun Islam yang Harus Diketahui

Makna Rukun Iman dan Rukun Islam yang Harus Diketahui
Makna Rukun Iman dan Rukun Islam yang Harus Diketahui

Sebagai umat muslim, makna rukun iman dan rukun Islam harus diketahui. Kedua rukun tersebut merupakan salah satu pondasi dalam beragama Islam. Bab mengenai rukun iman dan Islam sebenarnya sudah dipelajari sejak bangku sekolah dasar.

Baca juga : Cara Menautkan SIMPKB ke Akun Belajar.Id yang Mudah dan Cepat

Walau saat kecil sudah mempelajari perkara rukun iman dan Islam, memperdalam pemahamannya tidaklah salah. Tujuannya agar kalian semakin paham dan mengenali perihal rukun iman dan Islam secara baik.

Rukun iman sendiri terdiri atas enam macam rukun, sedangkan rukun Islam ada lima macam. Untuk lebih memahami tentang makna rukun iman dan Islam, penjelasan berikut menarik untuk disimak. 

Definisi Rukun dalam Makna Rukun Iman dan Rukun Islam 

Definisi Rukun dalam Makna Rukun Iman dan Rukun Islam 
Definisi Rukun dalam Makna Rukun Iman dan Rukun Islam

Sebelum lebih lanjut membahas tentang makna rukun iman dan Islam, pahami terlebih dahulu mengenai kata rukun. Rukun yang dimaksud disini bukanlah dalam perspektif Bahasa Indonesia.

Akan tetapi, rukun dalam perspektif Islam. Istilah rukun dalam Islam berasal dari Bahasa Arab yang dituliskan Al-Ruknu, dengan jamaknya Al-Arkaanu. Arti rukun dalam bahasa tersebut berarti tiang sandaran penyangga utama. 

Bisa juga diartikan sebagai tiang penopang untuk mengartikan rukun dalam perspektif Islam. Secara menyeluruh, rukun berarti bagian dari tata cara suatu amalan, yang tidak diperkenankan ditinggalkan.

Penerapan kata Rukun dalam Islam bisa dalam contoh misalnya saat kalian sedang mengerjakan shalat, akan tetapi terlewatkan membaca Al-Fatihah. Bisa dikatakan salat yang kalian lakukan tidak sah karena tidak melakukan salah satu rukunnya.

Mempelajari makna rukun iman dan rukun Islam harus mengerti definisi rukun itu sendiri. Islam menerapkan tata cara atau rukun di setiap amalannya. Seperti misalnya shalat yang telah dicontohkan sebelumnya.

Ternyata keimanan kita juga ada rukunnya, yang dibedakan menjadi rukun iman dan Islam. Makna tentang rukun iman dan Islam selengkapnya, akan diulas di dua poin berikutnya di bawah ini.

Tentang Makna Rukun Iman yang Harus Diketahui

Tentang Makna Rukun Iman yang Harus Diketahui
Tentang Makna Rukun Iman yang Harus Diketahui

Rukun iman secara bahasa berarti pilar-pilar yang menjadi penyangga keimanan seorang pemeluk Islam. Meyakini rukun tersebut berarti tegaklah iman yang dimiliki seorang muslim. Berdasarkan HR Muslim, disimpulkan bahwa rukun iman terdiri atas enam macam.

  • Iman Kepada Allah Azza Wa Jalla

Iman kepada Allah Subhanahu Wata’ala merupakan hal pertama yang akan dibahas pada penjelasan makna rukun iman dan rukun Islam. Rukun iman pertama ini merupakan paling utama.

Penjelasan iman kepada Allah Subhanahu Wata’ala berarti mengimani bahwa tiada Tuhan kecuali Allah saja. Mengimani Allah bisa diwujudkan dalam empat perkara di antaranya adalah seperti berikut ini.

  • Iman akan wujud Allah Subhanahu Wata’ala

  • Iman bahwa Allah merupakan Tuhan satu-satunya, tiada sekutu

  • Iman terhadap Uluhiyyah Allah Subhanahu Wata’ala

  • Iman tentang sifat-sifat Allah 

  • Iman Terhadap Malaikat

Iman terhadap malaikat berarti mempercayai bahwa Allah Subhanahu Wata’ala menciptakan malaikat. Meyakini bahwa malaikat itu ada merupakan hal wajib untuk umat Islam. Malaikat sendiri diciptakan tidak terhitung jumlahnya.

Akan tetapi, ada 10 macam malaikat yang bisa diketahui muslim dengan tugasnya masing-masing. Iman kepada malaikat bisa dilakukan dengan meyakini bahwa:

  • Malaikat tidak termasuk golongan laki-laki atau perempuan

  • Malaikat tidaklah tidur, makan, minum layaknya manusia

  • Malaikat tidaklah menikah seperti manusia

  • Malaikat merupakan makhluk mulia yang taat kepada Allah Subhanu Wata’ala

  • Iman Terhadap Kitabullah

Pembahasan makna rukun iman dan rukun Islam berlanjut ke mengimani kitabullah. Kitabullah berarti kitab-kitab yang diturunkan Allah Azza Wa Jalla. Beriman di sini berarti percaya bahwa Allah menurunkan wahyuNya melalui malaikat ke para Rasul.

Ini untuk disampaikan ke umat-umat mereka. Kitab atau wahyu yang diturunkan melalui perantara malaikat Jibril ini merupakan petunjuk serta pedoman bagi hambaNya. Jumlah kitab yang telah Allah Azza Wa Jalla turunkan ada empat yang harus diimani. 

Setiap kitab yang diturunkan berlaku untuk umat-umat nabi terdahulu, di antaranya:

  • Zabur diturunkan kepada Nabi Daud Alaihissalam

  • Taurat diturunkan kepada Nabi Musa Alaihissalam

  • Injil diturunkan kepada Nabi Isa Alaihissalam

  • Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad Sallahu’alaihi wa sallam (khusus Al Qur’an merupakan penyempurna kitab terdahulu, dan wajib menjadi pedoman umat muslim sekarang hingga akhir zaman)

  • Iman Terhadap Rasul-rasul Allah

Makna rukun iman dan rukun Islam berlanjut ke pembahasan iman kepada Nabi dan RasulNya. Bab satu ini masuk ke rukun iman dan pastinya harus kita imani sebaik mungkin. Rukun iman satu ini berarti yakin bahwa nabi dan rasul merupakan utusan Allah.

Nabi dan rasul yang diutus Allah bertugas menyampaikan risalah dan menegakkan diinullah ke seluruh umat manusia. Untuk jumlah nabi sebenarnya sangat banyak. Akan tetapi, berdasarkan Al Quran, terdaftar 25 nabi dan rasul yang harus kita imani. 

  • Iman Terhadap Hari Akhir

Membahas tentang iman terhadap hari akhir juga masuk ke bagian pembahasan makna rukun iman dan rukun Islam. Hari akhir bisa juga diartikan sebagai hari kiamat yang wajib kita semua imani. 

Sebagai penopang pilar keimanan, umat Islam harus yakin bahwa suatu saat nanti alam semesta akan hancur. Selanjutnya alam yang kita huni ini akan berganti dengan kehidupan kekal atau akhirat.

Umat Islam wajib mengimani bahwa hari akhir pasti ada. Kiamat dimaksud ada dua macam yakni sugra yakni kiamat kecil. Contohnya bencana alam, kematian, dan sejenisnya. Selain itu, ada kiamat kubro, yakni kiamat sesungguhnya di mana seluruh manusia akan diadili. 

Kiamat sendiri sudah tertuang dalam beberapa surat Al Quran di antaranya:

  • QS. Al-Zalzalah ayat 1-5

  • QS Al-Infithar ayat 1-3

  • QS AL-Haqqah ayat 14

  • QS Luqman Ayat 33

  • Iman Terhadap Qada serta Qadar

Qadha dalam pembahasan makna rukun iman dan rukun Islam berarti segala hal yang telah ditetapkan Allah Azza Wa Jalla. Contohnya seperti perubahan dari muda ke tua, kematian, kelahiran, dan sebagainya.

Sementara qadar berarti segala sesuatu yang sudah Allah Azza Wa Jalla tetapkan jauh sebelum manusia ada. Bisa disimpulkan bahwa qadar sudah lebih dahulu ada, baru kemudian qadha yang menyusul diciptakan. 

Tentang Makna Rukun Islam yang Harus Diketahui

Tentang Makna Rukun Islam yang Harus Diketahui
Tentang Makna Rukun Islam yang Harus Diketahui

Sebagai seorang muslim juga wajib memahami dan menjalankan rukun Islam. Jika rukun iman adalah tentang keimanan, untuk rukun Islam berarti perihal ibadah. Rukun Islam merupakan pilar yang membangun Islam secara kuat, dengan lima macam hal diantaranya:

  • Syahadat

Makna rukun iman dan rukun Islam berlanjut ke pembahasan rukun Islam. Untuk rukun Islam yang pertama adalah syahadat atau persaksian. Isi kalimat syahadat merupakan persaksian di mana bersaksi tiada Tuhan selain Allah Subhanahu Wata’ala.

Selain itu, syahadat juga dilanjutkan dengan bersaksi bahwa Nabi Muhammad Shallalu Alaihi Wa’sallam adalah utusan Allah. Melafalkan syahadat juga wajib dilakukan jika ada seseorang yang hendak masuk agama Islam.

  • Shalat

Shalat merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembahasan makna rukun iman dan rukun Islam. Shalat sendiri ada yang hukumnya sunnah dan wajib. Khusus shalat wajib berarti harus dilakukan umat Islam, tidak boleh ditinggalkan apa saja alasannya.

Bahkan ketika ada kondisi tidak memungkinkan untuk shalat seperti dalam perjalanan, wajib menjamaknya. Shalat wajib ini terdiri atas 5 waktu dengan jumlah rakaat yang berbeda. Selain shalat wajib, sebenarnya ada banyak shalat sunnah yang juga sebaiknya dilakukan orang Islam. 

  • Zakat

Zakat merupakan kewajiban berupa memberikan sebagian harta kepada masyarakat yang memerlukan. Zakat dan sedekah merupakan dua hal berbeda, dimana aturannya yang membedakannya.

Zakat sudah ditentukan secara jumlah, jenis, serta penerimanya secara gamblang. Sementara sedekah tidak ada aturan jumlah, jenis, dan penerimanya. Umat Islam wajib untuk melakukan zakat karena menjadi pilar agama.

Makna rukun iman dan rukun Islam yang dibahas pasti tidak akan lepas juga tentang zakat. Zakat sifatnya wajib bagi orang yang sudah mencapai nisabnya dan otomatis akan berdosa jika tidak ditunaikan. 

  • Puasa Ramadhan

Puasa dalam ajaran Islam ada dua macam jenisnya berdasarkan hukum. Ada puasa sunnah yang tidak wajib dilakukan. Untuk yang termasuk ke dalam rukun Islam adalah puasa wajib di bulan Ramadhan.

Puasa di bulan tersebut harus dilakukan oleh semua muslim yang sudah dewasa, serta dengan syarat tertentu. Misalnya tidak sedang nifas, haid, berakal, dan badan sehat. Khusus untuk kondisi demikian memiliki keringanan tidak puasa, tetapi wajib mengganti di lain hari. 

  • Haji

Pembahasan tentang makna rukun iman dan rukun Islam sudah masuk ke tahap akhir. Untuk tahapan satu ini adalah rukun Islam berupa haji. Haji merupakan rangkaian ibadah yang dilakukan di Makkah setiap bulan Dzulhijjah. 

Khusus rukun Islam satu ini hukumnya wajib bagi yang mampu. Perlu kita ketahui bahwa mampu disini takarannya tidak harus dari segi harta. Mampu secara fisik, mental, dan hal lain juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan.

Banyak orang kaya raya akan tetapi belum ada keinginan untuk haji. Sementara, banyak juga yang ekonominya pas-pasan akan tetapi bisa pergi haji, sehingga takaran mampu tidak sebatas dari finansial. 

Baca juga : Begini Cara Download YouTube Convert ke Mp3 Lagu

Sebagai umat muslim wajib sekali menjalankan perkara rukun iman dan Islam secara kaffah. Tidak boleh dipilih-pilih, karena semuanya wajib dijalankan. Makna rukun iman dan rukun Islam juga wajib dipahami agar dalam menjalankannya lebih khusyu. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts