Mengatasi Macet Saat Mudik Lebaran dengan Cara Sederhana

Mengatasi Macet Saat Mudik Lebaran dengan Cara Sederhana
Mengatasi Macet Saat Mudik Lebaran dengan Cara Sederhana

Saat menjelang lebaran, hal yang paling sering terjadi adalah mengatasi macet saat mudik lebaran. Karena sudah dipastikan saat menjelang lebaran akan selalu ada kemacetan.

Baca juga: Tips Mudik Bersama Keluarga Agar Aman Sampai Tujuan

Kemacetan memang terjadi setiap harinya di kota besar, akan tetapi macet disebabkan mudik akan lebih besar skalanya. Tidak hanya di Jakarta saja, namun beberapa tempat lain juga mengalaminya.

Ini terjadi karena memang ada banyak sekali orang yang ingin merayakan lebaran bersama keluarga. Selain itu momen ini juga tidak akan terjadi berkali-kali.

Terlebih untuk bisa mendapatkannya, diwajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan lamanya. Hal ini membuat semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya hari lebaran.

Alasan Mengapa Selalu Ada Kemacetan Saat Mudik Lebaran

Mengatasi Macet Saat Mudik Lebaran dengan Cara Sederhana_Alasan Mengapa Selalu Ada Kemacetan Saat Mudik Lebaran
Mengatasi Macet Saat Mudik Lebaran dengan Cara Sederhana_Alasan Mengapa Selalu Ada Kemacetan Saat Mudik Lebaran

Kemacetan ini terjadi karena padatnya jalan raya, tentunya sebagai pengguna jalan perlu melakukan sebuah cara agar bisa mengatasi macet saat mudik lebaran. Apabila kemacetan yang terjadi tersebut tidak dihindari, maka pengguna jalan akan tidak merasa nyaman. 

Terlebih waktu yang dihabiskan di jalan tidaklah sedikit, maka dari itu perlu dihindari. Namun sebelum membahas mengenai cara mengatasinya, tentunya selalu ada alasan yang membuat ini terjadi. Benar sekali, tentu ada alasan mengapa kemacetan terjadi.

Ada banyak alasan yang menyebabkan terjadi kemacetan. Salah satu yang paling kuat yakni karena banyaknya masyarakat yang berbondong-bondong ingin pulang ke kampung halaman.

Meskipun terdapat sebuah cara untuk bisa mengatasi macet saat mudik lebaran, namun kenyataannya hal ini terjadi karena banyaknya pengguna jalan yang membuat terjadi kemacetan.

Karena banyaknya orang yang merantau untuk bekerja di kota orang, sehingga membuat semakin banyak pengguna jalan yang ingin melakukan mudik. Sedangkan yang menjadikan kemacetan adalah umumnya waktu libur yang diberikan oleh perusahaan kepada para pekerja itu sanget dekat waktu lebaran.

Biasanya h-3 baru diberi waktu libur. Karena ada banyak para pekerja yang diberi waktu libur pada saat yang bersamaan. Hal itulah kemudian yang membuat terjadinya kemacetan.

Beberapa Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Mudik Lebaran

Agar dapat mengatasi macet saat mudik lebaran maka setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat menjelang mudik lebaran.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan ini sebuah cara agar dapat terhindar kemacetan. Ataupun jika harus mengalami kemacetan tidak akan membuat diri terlalu lelah harus berlama-lama dijalan.

Salah satu cara jitu yang perlu dipersiapkan yakni mempersiapkan supir tambahan. Jika Anda melakukan perjalanan darat, sebaiknya membawa supir tambahan agar tidak terlalu lelah.

Selain itu disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman karena akan memakan waktu yang lama. Agar lebih nyaman lagi bisa membawa alat tidur seperti bantal dan guling.

Dengan beberapa hal tadi, bisa dilakukan sebagai upaya untuk bisa mengatasi macet saat mudik lebaran. Jadi meskipun harus mengalami kemacetan tidak akan jenuh akan hal tersebut.

Selain beberapa hal tadi, hal lain yang perlu dipersiapkan saat menjelang mudik adalah mengambil libur lebih awal. Sebelum jalanan ramai dihiasi oleh para pemudik, Anda dapat memilih menggunakan jalan lebih dulu sebelum ramai. Ini bisa dijadikan cara jitu yang dapat mengatasinya.

Namun persoalannya, pada perusahaan atau instansi biasanya sudah membuat jadwal libur dari jauh-jauh hari. Artinya seluruh pekerja tetap harus melakukan mudik sesuai waktu libur yang diberikan.

Cara Sederhana Mengatasi Macet Saat Mudik Lebaran

Selain melakukan persiapan, Anda juga perlu memiliki beberapa alternatif cara sederhana agar bisa mengatasi macet saat mudik lebaran. Ini dilakukan agar tidak mengalami kemacetan.

Dengan melakukan persiapan dan mempersiapkan cara-cara alternatif ini setidaknya kemacetan bisa dihindari sehingga perjalanan saat mudik tidak dihias dengan kemacetan.

  • Tentukan Jalur Perjalanan Mudik

Langkah sederhana ini dapat dilakukan sendiri, sehingga tidak membutuhkan pihak lain dalam prosesnya. Salah satunya yakni dengan menentukan jalur perjalanan.

Setiap perjalanan mudik dari kota A menuju kota B, tentunya tidak hanya menggunakan satu jalur bukan? Terdapat lebih dari satu jalur yang bisa dipilih. 

Sebagai pengendara, Anda wajib mengetahui jalur terbaik yang bisa dipilih. Tentunya dengan memastikan bahwa jalur yang dipilih tersebut dapat terhindar dari kemacetan.

  • Persiapkan Alternatif Jalur Lain

Selain menentukan jalur yang hendak dipilih, cara lain untuk bisa mengatasi macet saat mudik lebaran. Yakni dengan cara mempersiapkan alternatif jalur lainnya.

Mempersiapkan alternatif jalur lain yang dapat dipilih ini sangat penting dilakukan. Karena dengan memilih jalur lain maka bisa dijadikan solusi lain jika jalan utama yang dipilih nyatanya sudah penuh dengan kemacetan.

Untuk memilih jalan yang satu ini, maka pastikan dengan benar, bahwa Anda sudah sangat hafal dan tidak akan mengalami salah jalan. Terlebih jika mengingat ada banyak sekali pilihan jalan yang bisa diambil.

Maka dari itu sebaiknya yang menentukan jalan alternatif adalah orang-orang yang memang sudah mengetahui jalan. Mulai dari jalan utama hingga jalan-jalan sempit.

  • Selalu Mengetahui Perkembangan Informasi Setiap Jalur Mudik

Selain mempersiapkan kedua jalur tersebut, untuk bisa mengatasi macet saat mudik lebaran selanjutnya adalah dengan memperhatikan perkembangan informasi mudik. Pada saat menjelang mudik, berita akan selalu dipenuhi dengan berbagai informasi mengenai perkembangan jalan, hingga beberapa titik yang pasti akan mengalami kemacetan.

Maka dari itu sebagai pengguna jalan, akan lebih baik apabila Anda selalu mengetahui bagaimana perkembangan informasi terkini. Dengan begitu akan lebih mudah mengatasi kemacetan yang ada.

Apabila tidak mengetahui informasi jalur mudik, ini akan menghambat Anda. Karena kurangnya informasi bisa membuat Anda terjebak kemacetan yang lebih lama lagi.

  • Ketahui Tempat Rest Area

Langkah terakhir agar bisa mengatasi macet saat mudik lebaran yakni dengan mengetahui beberapa tempat yang menjadi rest area. Ini sangat penting, karena perjalanan panjang tentu akan sangat melelahkan. 

Agar bisa menghindari berbagai hal yang mungkin bisa saja terjadi, akan lebih baik apabila berhenti pada rest area. Ditempat ini Anda dan keluarga bisa istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. 

Selain itu ini juga bisa dijadikan tempat untuk meluruskan kaki, karena kaki akan selalu menekuk selama perjalanan. Maka dari itu sebagai pengemudi sangat wajib memastikan jalur yang dilewatinya memiliki rest area. Dengan begitu maka bisa menikmati waktu istirahat meski sebentar sebelum perjalanan dilanjutkan.

Cara Pemerintah Atasi Macet Saat Mudik Lebaran

Mengatasi Macet Saat Mudik Lebaran dengan Cara Sederhana_Cara Pemerintah Atasi Macet Saat Mudik Lebaran
Mengatasi Macet Saat Mudik Lebaran dengan Cara Sederhana_Cara Pemerintah Atasi Macet Saat Mudik Lebaran

Sumber kemacetan utama yang pasti selalu terjadi setiap tahunnya yakni di Jakarta. Karena menjadi ibukota dan jalurnya selalu akan dilewati tidak heran jika di kota ini menjadi titik kemacetan paling tinggi.

Karena alasan tersebut maka sangat penting untuk bisa mengatasi macet saat mudik lebaran di daerah tersebut. Ini tidak hanya dilakukan oleh pengguna jalan saja, namun juga dibantu dengan pemerintah.

Agar para pengendara jalan bisa melintasi jalan dengan aman, pemerintah menerapkan beberapa hal. Kiranya hal tersebut bisa membantu kemacetan yang terjadi.

Di antara beberapa hal yang dimabil pemerintah sebagai cara menghindari kemacetan ini dilakukan sebagai upaya agar kemacetan bisa cepat pulih dan beroperasi dengan normal kembali.

  • Menerapkan Pengalihan Angkutan Barang

Langkah awal yang diambil oleh pemerintah agar mengatasi macet saat mudik lebaran yakni dengan menerapkan pengalihan angkutan barang.

Pengalihan angkutan barang ini dilakukan agar jalan untuk para pemudik bisa lebih stabil. Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa pengendara jalan akan membludak karena banyaknya pengendara.

Jika ditambah dengan beberapa pengangkut barang, maka arus jalan akan semakin padat. Maka dari itu pemerintah menerapkan pengalihan jalan bagi para pengangkut barang.

Akan tetapi beberapa angkutan barang tetap beroperasi. Bisanya ini merupakan angkutan yang berisikan barang-barang penting seperti bahan bakar minyak dan lain sebagainya.

  • Menerapkan Ganjil Genap

Selain menerapkan cara tadi, agar bisa mengatasi macet saat mudik lebaran pemerintah juga menerapkan cara lain. Salah satunya yakni dengan menerapkan ganjil-genap.

Cara ini paling sering dilakukan untuk mengatasi kemacetan. Sehingga para pengemudi juga harus memahami sistem ini sehingga tidak salah dalam memilih jalur.

Oleh sebab itu sebelum mudik ketahui angka terakhir pada plat kendaraan sehingga bisa memasuki jalur yang sesuai. Entah itu jalur ganjil maupun jalur genap.

Semua jalur yang dipilih tersebut sesuai dengan jalur masing-masing berdasarkan nomor plat kendaraan. Cara ini terbilang cukup ampuh meskipun kemacetan tetap bisa dihindari.

Baca juga: Kendaraan Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Lebih Sehat

Dengan melakukan berbagai cara tadi, entah itu persiapan yang dilakukan secara mandiri. Maupun cara yang diambil oleh pemerintah, semuanya dilakukan agar bisa mengatasi macet saat mudik lebaran.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts