10 Stadion Terbesar di Dunia dengan Kapasitas Menakjubkan

stadion terbesar di dunia

Stadion saat ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan olahraga. Beberapa stadion terbesar di dunia bahkan dijadikan sebagai ikon kota tersebut. Tidak heran jika hal tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi banyak orang.

Sebenarnya di stadion terdapat banyak sarana olahraga, hanya saja sepak bola yang paling melekat dengan stadion tersebut. Umumnya klub sepak bola yang sudah besar memiliki stadion mereka sendiri. 

Di tempat tersebut, tim berlatih dan melangsungkan pertandingan ketika ada lawan yang datang bertamu. Jika dulu stadion hanya terdiri dari lapangan dan sedikit area penonton, maka stadion saat ini dibuat lebih modern.

Stadion saat ini dibuat dengan standar khusus, serta harus disertai fasilitas lengkap dan canggih. Tujuannya agar pertandingan olahraga bisa dilaksanakan dengan lancar, dan para penonton juga bisa nyaman menyaksikan pertandingan olahraga tersebut.

Daftar Stadion Terbesar di Dunia dengan Kapasitas Memukau

Beberapa klub besar di Eropa rutin merenovasi stadion mereka, sehingga kapasitasnya semakin besar dan penampilannya semakin menawan. Stadion juga bisa memberikan pemasukan dana bagi klub, yakni dari tiket penonton tersebut.

Stadion yang berkapasitas besar kerap dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan turnamen olahraga, seperti Piala Dunia, Olimpiade, dan yang lainnya. Berikut ini kami rangkum 10 stadion dengan kapasitas terbesar di dunia beserta fasilitasnya.

Stadion Rungrado May Day – Korea Utara

stadion terbesar di dunia - Stadion Rungrado May Day – Korea Utara -

Ternyata yang memiliki stadion dengan kapasitas terbesar di dunia bukan dari negara Eropa atau Amerika, melainkan dari Asia. Korea Utaralah yang memiliki stadion dengan kapasitas paling besar di antara gelanggang olahraga lainnya.

Stadion yang bernama Rungrado May Day ini terletak di Pyongyang dan kapasitasnya bisa menampung hingga 150. 000 penonton. Hanya saja, saat ini kapasitas yang diklaim banyak orang hanya sampai 114.000 kursi penonton.

Meskipun demikian, Rungrado May Day tersebut tetap menjadi yang terbesar di antara yang lainnya. Bentuknya sendiri dibuat seperti parasut dan sering digunakan oleh tim Nasional Korea Utara untuk berbagai event olahraga.

Rungrado May Day ini pernah mencatatkan rekor, di mana sebanyak 190.000 orang hadir ke stadion untuk menyaksikan event gulat. Kejadian tersebut terlaksana pada tahun 1995. Hingga saat ini belum ada yang menyaingi kapasitas Rungrado May Day tersebut. 

(Baca Juga: 8 Pemain Bola dengan Gaji Termahal di Tahun 2020)

Stadion Sardar Patel – India

stadion terbesar di dunia - Stadion Sardar Patel – India -

Stadion terbesar di dunia masih berasal dari negara Asia, tepatnya dari India. Namanya adalah Stadion Sardar Patel yang terletak di Ahmedabad, India. Kapasitasnya sendiri bisa menampung penonton hingga 110.000 .

Dulunya stadion ini bernama Motera dan kapasitasnya hanya 49.000. Setelah dilakukan renovasi kapasitasnya sangat jauh bertambah. Stadion ini lebih sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan olahraga kriket. 

Bahkan Sarder Patel ini merupakan stadion kriket terbesar di dunia. Sarder Patel baru diresmikan pada tahun 2020 oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi beserta Donald Trump selaku presiden Amerika.

Stadion Michigan – Amerika Serikat

stadion terbesar di dunia - Stadion Michigan – Amerika Serikat -

Di Urutan ke tiga, Stadion Michigan di Amerika Serikat menjadi salah satu stadion terbesar di dunia. Gelanggang olahraga ini berada di kota Ann, Michigan, tepatnya di Universitas Michigan. Michigan Stadium ini merupakan yang paling besar di Amerika. 

Kapasitasnya sendiri mencapai 107.601 orang. Event olahraga yang paling rutin dimainkan di sini adalah NFL atau sepak bola Amerika. Selain rugby, di tempat ini juga kerap diselenggarakan event NHL atau kejuaraan hoki. 

Bahkan pada tahun 2014, Stadion Michigan ini mencatatkan rekor, karena penonton yang hadir mencapai 105. 491. Saat itu tuan rumah Detroit Red Wings sedang menjamu tamu mereka Toronto Maple Leafs, dan penonton sangat antusias. 

Stadion Beaver – Amerika Serikat

stadion terbesar di dunia - Stadion Beaver – Amerika Serikat -

Masih dari Amerika, tepatnya di University Park, Stadion Beaver juga menjadi urutan keempat dalam stadion terbesar di dunia. Kapasitas dari Beaver ini mencapai 106. 572, dan sudah dibuka sejak tahun 1960 lalu.

Beaver ini juga lebih sering menyelenggarakan event NFL. Bahkan Stadion Beaver ini menjadi kandang Penn State Nittany Lion, salah satu tim NFL Amerika. Stadion ini juga diakui sebagai tempat paling penting untuk penyelenggaraan event NFL perguruan tinggi.

Beaver ini sebenarnya sudah mendapatkan perluasan sebanyak 6 kali, hingga yang kita kenal saat ini. Sebelumnya kapasitas dari Beaver mencapai 107. 282, hanya saja dilakukan pengurangan kapasitas pada 2011 karena undang undang disabilitas di Amerika.

Stadion AT&T – Amerika Serikat

stadion terbesar di dunia - Stadion AT & T – Amerika Serikat -

Posisi selanjutnya dari stadion terbesar di dunia adalah stadion AT & T yang terletak di Amerika Serikat. Stadion ini merupakan kandang dari tim Football Amerika, yakni Dallas Cowboys. Kapasitasnya sendiri mampu menampung 105.000 penonton.

Bentuknya sendiri lonjong seperti telur, serta ada kubah di atasnya. Atap tersebut dapat dibuka dan ditutup, sehingga pertandingan olahraga tetap bisa diselenggarakan saat cuaca kurang mendukung.

Selain itu tepat di bagian tengah atap stadion terdapat layar besar, sehingga para penonton bisa menyaksikan jalannya pertandingan dari atap tersebut. Stadion yang berlokasi di Arlington Texas ini merupakan stadion berkubah paling besar. 

Stadion Ohio – Amerika Serikat

stadion terbesar di dunia - Stadion Ohio – Amerika Serikat -

Ohio juga menjadi salah satu stadion terbesar di dunia karena kapasitasnya sebesar 102. 780. Ohio ini sering juga dijuluki sebagai The Horseshoe atau terjemahan bebasnya sepatu kuda, karena jika dilihat dari atas, bentuknya mirip dengan sepatu kuda.

Ohio sendiri sudah berdiri sejak tahun 1992, hanya saja pada tahun 2001 dilakukan renovasi untuk menambah fasilitas dan memperbesar kapasitasnya. Ohio sendiri lebih sering menyelenggarakan event NFL, dan lebih banyak dipakai untuk pertandingan universitas.

Ohio sendiri juga sering digunakan sebagai tempat konser band papan atas, seperti Rolling Stones, Pink Floyd, dan yang lainnya. Ohio juga pernah mencatatkan rekor karena dihadiri oleh 110.045 penonton, ketika Ohio State Buckeyes bertanding melawan Michigan. 

Stadion Melbourne Cricket Ground – Australia

stadion terbesar di dunia - Stadion Melbourne Cricket Ground - Australia -

Dari Australia juga ada yang termasuk stadion terbesar di dunia yakni, stadion Melbourne Cricket Ground. Stadion ini awalnya dibangun untuk event kriket dunia pada tahun 1853, hanya saat ini event olahraga lain juga kerap diadakan di sini. 

Melbourne Cricket Ground ini memiliki kapasitas mencapai 100.024 penonton. FIFA baru mengakui stadion ini sebagai tempat pertandingan olahraga pada tahun 1997. Saat itu kualifikasi Piala Dunia dilakukan di sini, dan yang bertanding merupakan Australia melawan Iran.

Walaupun namanya Cricket Ground, tidak jarang pertandingan sepak bola bersejarah di lakukan di sini. Klub top Eropa seperti Juventus dan MU pernah merumput di Melbourne Cricket Ground tersebut. 

(Baca Juga: Intip 8 Pemain Bola dengan Penghargaan Terbanyak)

Stadion Camp Nou – Spanyol

stadion terbesar di dunia - Stadion Camp Nou – Spanyol -

Klub raksasa Eropa, FC Barcelona juga memiliki stadion yang masuk ke deretan stadion terbesar di dunia. Stadion yang terletak di negeri Catalan ini diberi nama Camp Nou, dan kapasitasnya sendiri mencapai 99. 354.

Di antara stadion sepak bola di negara – negara Eropa, Camp Nou merupakan yang terbesar. Camp Nou sendiri dibangun pada tahun 1957, dan sudah beberapa kali melakukan renovasi. Bahkan rencananya tahun 2022 nanti, Camp Nou akan melakukan perombakan lagi.

Bagi masyarakat Catalan Camp Nou sendiri memiliki ikatan erat dengan mereka. Sehingga rencana renovasi pada tahun 2022 tersebut, harus terlebih dahulu disetujui lewat referendum penggemar FC Barcelona. 

Stadion FNB – Afrika Selatan

stadion terbesar di dunia - Stadion FNB – Afrika Selatan -

Benua Afrika juga memiliki stadion yang masuk ke jajaran stadion terbesar di dunia, namanya adalah FNB yang terletak di Johannesburg, Afrika Selatan. FNB sendiri lebih sering menyelenggarakan pertandingan sepak bola.

FNB sendiri selesai direkonstruksi pada tahun 2009, untuk menyambut Piala Dunia 2010 yang diadakan di negara tersebut. Stadion ini sudah berdiri sejak tahun 1989, dan memiliki kapasitas mencapai 94. 736. FNB merupakan yang terbesar di benua Afrika.

Stadion Rose Bowl – Amerika Serikat

stadion terbesar di dunia - Stadion Rose Bowl – Amerika Serikat

Rose Bowl sendiri merupakan sebuah stadion yang terletak di Pasadena, California. Rose Bowl sendiri dibangun pada tahun 1922 dan kerap dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan NFL Amerika dan juga sepak bola. 

Bahkan Rose Bowl juga beberapa kali dijadikan tempat penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia FIFA, seperti tahun 1994, dan 1999. Stadion ini merupakan markas dari klub Football Amerika Rose Bowl. Sejak tahun 1982, stadion ini juga menjadi kandang bagi UCLA Bruins. 

Untuk kapasitasnya sendiri mencapai 92. 542 penonton. Rose Bowl juga sering dijadikan tempat menyelenggarakan event CONCACAF (pertandingan federasi Amerika Latin). 

Kedepannya mungkin saja ada stadion lain yang kapasitasnya lebih besar, mengingat event olahraga semakin diminati oleh masyarakat. Hingga tahun 2021 ini, stadion terbesar di dunia yang disebutkan di atas merupakan yang terbesar.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts