Tips dan Tata Cara Puasa Syawal yang Benar agar Diterima

Tips dan Tata Cara Puasa Syawal yang Benar agar Diterima
Tips dan Tata Cara Puasa Syawal yang Benar agar Diterima

Puasa syawal adalah puasa yang dilaksanakan pada bulan syawal. awal bulan syawal ditandai berakhirnya bulan Ramadhan. Pada umumnya puasa bulan syawal dilakukan selama 6 hari. Tetapi banyak orang mempertanyakan mengapa harus 6 hari. 

Bahkan ada juga yang mempertanyakan apakah harinya boleh lebih atau kurang. Perlu diingat, hal ini didasari oleh hadits .

Baca juga: Apa Itu Penyakit Hepatitis? Ketahui Informasinya Disini

Landasan kuatnya didasari oleh hadist Riwayat Muslim no 1164. inti dari hadist itu barang siapa yang puasa Ramadhan kemudian dilanjut puasa syawal selama 6 hari, pahalanya sama dengan puasa setahun penuh.

Dalam melakukan puasa bulan syawal kita tidak bisa sembarangan dalam melakukanya. kita harus tahu hukumnya, lalu waktu pelaksanaanya, tata cara, ketentuan-ketentuannya, dan keutaman-keutaman puasa bulan syawal tersebut.

Setelah memahami poin poin diatas dan memahami bahwa setiap ibadah harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, berikut ulasan lengkap untuk Anda yang akan menjalani ibadah puasa bulan syawal.

Hukum Puasa Syawal dalam Islam

Tips dan Tata Cara Puasa Syawal yang Benar agar Diterima_Hukum Puasa Syawal dalam Islam
Tips dan Tata Cara Puasa Syawal yang Benar agar Diterima_Hukum Puasa Syawal dalam Islam

Sebelum menjalani ibadah selayaknya kita harus tau dahulu apa hukum dari ibadah yang kita jalankan. Perlu diingat, sangat berbahaya ketika kita asal menjalankan ibadah tapi kita tidak tahu hukumnya. Ini sesuai dengan firman Allah SWT di surat Al Isra ayat 36. 

Bunyi dari Al isra ayat 36 sendiri adalah “Janganlah kamu mengikuti apa yang tidak kamu ketahui”. Intinya jika Anda bertanya apa itu hukum puasa syawal, hukumnya adalah sunnah. 

Sunnah adalah ketika Anda mengerjakan amalannya maka akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa. Namun untuk seorang muslim sunnah itu merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan

Ada ulama yang berpendapat lain bahwa sunnah jika mengerjakannya maka Anda akan mendapat keutamaan dan jika Anda tidak mengerjakan maka rugi. Rugi yang dimaksud disini karena tidak mendapat keutamaan atau pahala dari amalan tersebut

Puasa syawal hukumnya sunnah ketika Anda tidak mempunyai hutang puasa wajib seperti Ramadhan atau puasa nazar. Misalkan ketika Anda di bulan Ramadhan berhalangan puasa dikarenakan perjalanan, sakit, atau hal lain, maka dianjurkan untuk mengganti puasa wajib terlebih dahulu. 

Jika masih mempunyai hutang puasa  wajib, maka hukum puasa bulan syawal adalah makruh. Oleh karena itu, pastikan hutang puasa ini sudah dibayar sepenuhnya.

Berikut Waktu Pelaksanaan Puasa Syawal

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, puasa syawal mempunyai waktu khusus. Jika Anda bertanya kapan ibadah ini bisa dilaksanakan dengan seharusnya, tentu sesuai dengan namanya yaitu bulan syawal. Pada umumnya puasa ini dilakukan selama 6 hari berturut-turut.

Dilaksanakan pada awal bulan syawal yaitu sekitar tanggal 2-7 syawal. Namun meskipun tidak berurutan, orang yang berpuasa diluar tanggal tersebut tetap akan mendapatkan pahala puasa bulan syawal atau sama dengan puasa setahun penuh.

Untuk orang yang melakukan puasa nazar atau orang-orang yang berpuasa untuk membayar puasa Ramadhan mereka yang tidak terlaksana, dan mereka menunaikan puasa itu dibulan syawal mereka tetap akan mendapatkan keutamaan-keutamaan dari puasa syawal.

Niat Puasa Syawal yang Perlu Dilafadzkan

Tips dan Tata Cara Puasa Syawal yang Benar agar Diterima_Niat Puasa Syawal yang Perlu Dilafadzkan
Tips dan Tata Cara Puasa Syawal yang Benar agar Diterima_Niat Puasa Syawal yang Perlu Dilafadzkan

Niat adalah keinginan seseorang untuk mengerjakan pekerjaan atau sesuatu baik atas perintah Allah SWT atau lainnya. Begitulah menurut al muhasibi, ibadah dengan niat sangat erat dan berkaitan  

Perlu diingat, pahala perbuatan yang didapat seseorang bagaimana niatnya. Contoh orang yang melakukan puasa tersebut karena ingin dilihat orang maka tidak akan dinilai di mata Allah SWT. Tetapi Ketika niatnya untuk Allah semata, pahala dan keutamaan itu akan sampai 

Maka dari itu untuk Anda yang ingin melaksanakan puasa syawal, luruskan niat puasa hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Jangan lupa membaca lafadz dari niat tersebut yaitu “nawaitu shauma ghadin ‘an ada’I sunnatis syawwali lillahi ta’ala”.

Tata Cara Puasa Syawal Secara Rinci

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana hukumnya,kapan waktu pelaksanaannya,dan niatnya. Sekarang mari masuk ke tata cara dari puasa bulan syawal tersebut.

  • Dilakukan selama enam hari

Seperti yang dibahas diatas puasa dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut. Tentu 6 hari tersebut perlu dilakukan di bulan syawal. Memang, Anda harus berpuasa berturut-turut untuk mendapat keutamaan tersebut.

Tetapi walaupun tidak berturut-turut, itu diperbolehkan saja. Itu karena, perhatian utamnya adalah melakukan puasa di bulan syawal dengan ditujukan untuk mendapat keridhoan Allah SWT.

  • Niat 

Di atas kita sudah belajar tentang  niat. Bahkan Anda sudah tahu lafadz dari niat untuk puasa syawal ini. Seperti pada puasa umumnya, pembacaan lafadz niat tersebut adalah sebelum masuk waktu puasa atau sebelum imsak.

Namun ada yang berpendapat untuk puasa sunnah boleh diniatkan ketika setelah terbitnya fajar atau bahkan siang hari. Ini menurut imam an-nawawi “hadits ini merupakan jumhur dari ulama bahwa dalam puasa sunnah boleh niat Ketika terbit fajar”.

  • Dianjurkan sehari setelah Ramadhan

ketika  melakukan puasa syawal ini dianjurkan untuk memulai ini sehari setelah ramadhan atau tanggal 2 syawal. Orang yang menyegerakan puasa bulan syawal sama halnya dengan orang yang menyegerakan kebaikan

Tetapi harus diingat Ketika Anda melaksanakan Anda harus memastikan bahwa puasa Ramadhan Anda telah sempurna. Perlu diingat juga kalau puasa syawal ini tidak boleh dilakukan pada tanggal 1 karena itu adalah idul fitri dimana hukum puasa adalah haram.

  • Usahakan melaksanakan puasa qodho dahulu

Diutamakan melaksanakan puasa qodho terlebih dahulu. siapa saja yang mempunyai qodho puasa Ramadhan, hendaklah dia mengerjakan di bulan syawal karena puasa qodho lebih utama dari enam hari puasa di bulan syawal.

Dengan mendahulukan qodho maka seorang muslim telah menuntaskan atau menggugurkan kewajibanya dalam menjalankan puasa Ramadhan. 

Yang jelas terdapap pada rukun islam dimana semakin Anda menyegerakan puasa qodho maka semakin baik. Oleh karena itu, Allah SWT memberi keringanan pada orang yang ingin menunaikan puasa sunnah di bulan syawal 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak apa-apa melaksanakan terpisah pisah asalkan masih dilakukannya puasa tersebut di bulan syawal. Ingat, jangan sampai berupaya melaksanakannya dari tanggal dua sampai tidak memprioritaskan qodho.

  • Berbuka puasa saat maghrib

Seperti hal nya puasa yang lain maghrib menjadi penanda orang yang sedang berpuasa untuk menyegerakan dirinya berbuka puasa. Berbukalah sesuai sunnah dengan yang manis terlebih dahulu seperti kurma dan semacamnya. 

Dianjurkan untuk tidak memakan makanan yang berat terlebih dahulu karena akan membuat kantuk muncul. Itu akan mengganggu Ketika akan menunaikan ibadah yang lain seperti solat maghrib. 

Itulah tata cara puasa bulan syawal yang bisa dilaksanakan agar puasa pada bulan syawal itu bisa terlaksana dengan seharusnya dan sempurna

Keutamaan-Keutamaan dari Puasa Syawal

Tips dan Tata Cara Puasa Syawal yang Benar agar Diterima_Keutamaan-Keutamaan dari Puasa Syawal
Tips dan Tata Cara Puasa Syawal yang Benar agar Diterima_Keutamaan-Keutamaan dari Puasa Syawal

Perlu diingat, puasa syawal ini memiliki banyak keutamaan. Untuk Anda yang belum mengetahui, berikut beberapa keutamaan tersebut.

1. Penyempurna Puasa Ramadhan 

Jika Anda bertanya bagaimana maksud dari penyempurna puasa Ramadhan, ini seperti halnya shalat sunnah rawatib (shalat sunnah qobliyah dan sholat sunnah ba’dhiyah). ini merupakan bentuk dari penyempurna sholat wajib. 

Sama halnya dengan puasa sunnah yang dilaksanakan pada bulan syawal. ini bisa menjadi penyempurna puasa wajib Ramadhan Anda.

2. Mendapat pahala puasa satu tahun penuh

Puasa ini merupakan puasa yang dilakukan oleh rosul pada bulan syawal. Tentu terdapat banyak kebaikan. Salah satunya yang diriwayatkan oleh imam muslim.

Bahwa siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian disusul oleh puasa di bulan syawal selama 6 hari berturut-turut atau terpisah, maka pahalanya sama dengan puasa satu tahun penuh dan itu merupakan suatu keutamaan yang harus Anda raih

3. Ciri puasa Ramadhan diterima

Salah satu hal yang sulit dari ibadah yaitu konsistensi. Ketika Anda melakukan ibadah kemudian konsisten dengan ibadah lain, itu merupakan tanda ibadah Anda diterima oleh Allah SWT.

Sama halnya dengan ibadah puasa yang Anda lakukan dibulan syawal selama enam hari itu memperlihatkan konsistennya diri Anda dalam melakukan ibadah puasa yang lain. Ini juga merupakan salah satu indikator ibadah puasa Ramadhan Anda diterima.

4. Bukti Syukur

Ketika Anda menunaikan ibadah puasa syawal, itu merupakan bukti bahwa Anda hamba yang bersyukur. Bentuk mensyukuri segala rahmat dan anugerah yang telah diturunkan oleh allah sebelumnya. 

Bersyukur merupakan proses kita bertaqarrub kepada allah. Taqarrub adalah mendekatkan diri kepada allah. Puasa yang dijalankan di bulan syawal ini menjadi media taqarrub. Banyak ibadah atau kegiatan yang bisa menjadi media untuk mendekatkan diri kepada allah

Baca juga: Kumpulan Resep Nasi Goreng Sebagai Kuliner Pemersatu Bangsa

Sekarang Anda sudah tahu tips dan tata cara puasa bulan syawal yang benar dan sesuai agar diterima. Karena amalan yang paling baik itu adalah amalan puasa syawal yang tuntas dan dilakukan dengan sebagaimana harusnya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts