Titik Kepadatan Jalur Mudik di Jawa Timur

Titik Kepadatan Jalur Mudik di Jawa Timur
Titik Kepadatan Jalur Mudik di Jawa Timur

Titik kepadatan jalur mudik pada daerah Jawa Timur bisa dihindari, agar aktivitas mudik di lebaran 2023 menjadi lebih lancar. Kementrian Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sendiri sudah melakukan kolaborasi antar instansi untuk berperan penting dalam penyelenggaraan. 

Baca juga : Pentingnya Vaksin Booster untuk Mengatasi Serangan Virus Omicron

Hendro Sugiatno yang merupakan Direktur jenderal perhubungan darat mengatakan bahwa perlunya semua stakeholders mewaspadai titik yang biasa rawan kepadatan lalu lintas pada beberapa wilayah di Jawa timur, sebagai titik tujuan akhir dari mayoritas penduduk. 

Titik kepadatan jalur mudik tahun ini memang harus menjadi perhatian lebih. Mengingat, banyak orang yang sudah rindu dengan kampung halamannya, apalagi sempat terjadi pandemic COVID-19 yang membuat banyak orang tidak bisa pulang kampung.

Kombes Pol M Taslim Chairuddin yang merupakan Dirlantas Polda Jatim juga menyampaikan, bahwa terdapat 4 titik yang menjadi fokus utama yang menjadi pengawasan agar tidak terlalu macet saat mudik berlangsung. Maka dari itu, perlu penjagaan yang tepat. 

Titik kepadatan jalur mudik seringkali akan sangat membantu para pemudik dan juga polisi lalu lintas agar dapat menyesuaikan penjagaan dan melewati jalur-jalur tersebut di waktu tertentu. Tujuannya adalah agar bisa menghindari macet yang akan membuang waktu. 

Titik Kepadatan Jalur Mudik di Jawa Timur

Titik Kepadatan Jalur Mudik di Jawa Timur
Titik Kepadatan Jalur Mudik di Jawa Timur

Terdapat beberapa titik yang biasanya mengalami kepadatan. Untuk kalian yang ingin pulang kampung, ada baiknya untuk mengambil cuti lebih cepat agar tidak kena macet dan lama dijalan. Hal ini akan sangat membantu dalam kelancaran mudik kalian, berikut ini beberapa titik kepadatan jalur mudik di Jawa Timur.

  • Wilayah Mengkreng 

Titik kepadatan jalur mudik pertama yang berada di daerah Jawa Timur adalah wilayah Mengkreng. Hal tersebut disebabkan, karena wilayah tersebut merupakan pertemuan arus yang berasal dari Jombang, Nganjuk dan juga Kediri. Dapat dipastikan, bahwa di titik tersebut akan macet pada mudik tahun ini.

Permasalahan di Mengkreng sudah jelas terlihat, yaitu karena disebabkan oleh pertemuan tiga arus. Adanya Bottleneck ke arah Nganjuk. Serta banyaknya toko oleh-oleh juga menjadi salah satu penyebab, terjadinya kemacetan pada wilayah tersebut. Diharapkan untuk berhati-hati. 

  • Exit Tol Sidoarjo

Pada wilayah yang satu ini juga sering terjadi kepadatan kendaraan. Hal yang sudah kita ketahui bersama, bahwa sebelum masuk ke dalam tol, perlu adanya pembayaran terlebih dahulu, hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab paling besar untuk terjadinya kemacetan. 

Antrian dalam pembayaran tol, membuat banyak orang yang menggunakan kendaraan roda empat harus menunggu beberapa menit bahkan sampai jam, agar bisa sampai pada gilirannya. Apalagi, jika mesin tol sering error, hal tersebut juga biasa mengakibatkan perlambatan jalan pada mobil. 

  • Wilayah Pendem Arah Batu, Malang

Titik kepadatan jalur mudik yang wajib mendapatkan perhatian besar bagi para kepolisian lalu lintas berada di wilayah pendem arah Batu, kota Malang. Wilayah ini merupakan kawasan aglomerasi dimana banyak lokasi wisata, toko oleh-oleh, rekreasi dan juga lainnya berkumpul disini. 

Maka dari itu, agar bisa menghindari titik kepadatan pada wilayah pendem arah Batu, kalian dapat menggunakan kendaraan bermotor, agar lebih mudah jalannya. Selain itu, bisa pergi mudik lebih cepat agar tidak terjadi penumpukan pada wilayah tersebut. Tujuannya, agar mudik lebih lancar. 

  • Exit Tol Singosari

Permasalahan yang terjadi pada kemacetan di tol tidak jauh berbeda. Biasanya diakibatkan oleh antrian mobil yang semakin meningkat, setiap menitnya. Apalagi jika di dalam tol sudah macet, seringkali hal tersebut menjadi salah satu penghambat para mobil melaju dengan cepat. 

Jika sudah dekat hari mudik nasional, yang dimana akan dipenuhi dengan pemudik dari berbagai daerah. Maka, sebaiknya, Kalian melewati jalur biasa, yang bukan tol. Hal tersebut akan bisa menghindari kemacetan pada satu titik saja. Jadi, tidak perlu khawatir telat sampai di kampung. 

Cara Mengantisipasi Macet pada Beberapa Jalur

Cara Mengantisipasi Macet pada Beberapa Jalur
Cara Mengantisipasi Macet pada Beberapa Jalur

Agar dapat mengantisipasi macet pada titik kepadatan jalur mudik, pihak kepolisian lalu lintas akan memperbanyak anggotanya untuk turun langsung ke lapangan. Tujuannya agar dapat mengurai kepadatan serta mengatur lalu lintas pada beberapa titik. 

Jika diperlukan, maka akan dilakukan contra flow juga. Terkait dengan antrean yang biasa terjadi pada gardu keluar jalan Tol,Yongki Triono yang merupakan sekretaris badan pengatur jalan tol atau biasa dikenal dengan BPJT akan menyiapkan tambahan mobile reader

Hal tersebut bertujuan agar para masyarakat tidak lagi menunggu lama agar dapat membayar tol. Mereka akan melakukan penambahan untuk mobile reader sesuai dengan kebutuhan, agar dapat mempercepat transaksi dan mengantisipasi penumpukkan kendaraan.

Budi Karya Sumadi yang menjadi Menteri Perhubungan atau Menhub, memperkirakan, setidaknya terdapat 80 juta orang akan melakukan mudik pada lebaran tahun ini. Agar bisa mengantisipasinya, Kemenhub bersama sejumlah pihak agar bekerja sama. 

Menhub telah menjelaskan, bahwa pada mobilitas penduduk akan meningkat tajam pada musim mudik 2023. Mengingat, kebijakan PPKM sudah dicabut, dan angka kematian akibat pandemik COVID-19 sudah menurun. Maka dari itu, diperlukan pengelolaan arus mudik. 

“Bagaimana pengendalian lonjakan pada potensi mudik lebaran 2023. Yang prediksinya mencapai 80 juta orang. Lonjakan tersebut dapat diprediksi akan meningkat, seiring COVID-19 yang sudah menurun. Keadaan ekonomi juga semakin membaik.”

Upaya Menhub dalam Menangani Kemacetan

Upaya Menhub dalam Menangani Kemacetan
Upaya Menhub dalam Menangani Kemacetan

Beberapa titik kepadatan jalur mudik yang ada di wilayah Jawa Timur akan segera diatasi oleh kerja sama oleh beberapa bidang. Upaya Menhub dalam menanganinya sudah dijelaskan melalui pengelolaan angkutan lebaran yang sudah dimulai dari awal tahun ini. 

Agenda tersebut akan dilakukan, seperti menyiapkan survey potensi pada pergerakan mobilitas masyarakat. Kemudian, inspeksi keselamatan pada sarana transportasi darat, udara dan juga laut serta kereta api. Pada jalur darat sudah dilakukan pengecekan kondisi terbaiknya.

Pada penyelenggaraan arus mudik serta arus balik pada tahun 2023 saat ini, akan mengacu pada mobilitas penduduk di momen Natal dan tahun baru kemarin. Menurut Kemenhub, beberapa titik krusial mudik sudah dipetakan menjadi beberapa bagian:

  1. Jalur tol Jakarta ke arah Jawa, dimana tol tersebut menjadi titik paling krusial terjadi kepadatan pada arus mudik maupun balik oleh karena itu, koordinasi intensif perlu dilakukan oleh kapolri.
  2. Antisipasi kepadatan pada pelabuhan merak yang biasa menjadi penyeberangan. 
  3. Antisipasi lonjakan penumpang pada pesawat udara dengan meningkatkan jam operasional yang biasa terjadi di bandara pada waktu mudik.

Koordinasi sudah dilakukan dengan baik oleh para berbagai maskapai perjalanan. Untuk menghindari penumpukkan penumpang, jam terbang yang biasanya hanya 12 jam, diperluas menjadi 18 jam, sehingga rotasi pada pesawat dapat maksimal.

Setelah dilakukan pengecekan pada beberapa titik kepadatan jalur mudik, kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat serta korlantas polri juga akan melakukan evaluasi agar bisa memutuskan apakah jalur tersebut bisa digunakan sebagai jalur mudik atau tidak. 

Tips Menghindari Titik Kepadatan Jalur Mudik

Tips Menghindari Titik Kepadatan Jalur Mudik
Tips Menghindari Titik Kepadatan Jalur Mudik

Bukan hanya membahas beberapa titik yang akan mengalami kemacetan pada daerah Jawa Timur. Kami juga akan memberikan informasi mengenai beberapa tips agar bisa menghindari wilayah macet tersebut. Tujuannya agar mudik bisa berjalan lebih lancar. 

  • Menginap di Hotel untuk Transit 

Perlu menjadi perhatian, bahwa untuk berpindah dari satu kota ke kota lainnya menggunakan kendaraan bermotor atau roda 4, tentu saja akan memakan waktu berjam-jam. Maka dari itu, tidak ada salahnya, kalian menginap di hotel untuk transit, agar dapat mengurangi kemacetan di jalan. 

Kamu bisa memilih area penginapan yang dekat dengan jalur mudik yang akan dilewati. Hotel biasa menjadi tempat transit untuk para pemudik. Hotel menjadi tempat yang menyuguhkan suasana tenang dan nyaman yang bagus untuk pikiran. Hal ini akan menghindari kalian dari titik kepadatan jalur mudik.

  • Andalkan Rest Area

Rest area menjadi pilihan kedua yang bisa kalian manfaatkan, jika tidak ingin memilih hotel. Biasanya, rest area terdapat di SPBU atau beberapa lokasi. Berbagai rest area tersebut menyiapkan fasilitas yang lumayan lengkap. Jadi, kalian bisa meregangkan otot agar tidak cape dalam perjalanan. 

Baca juga : Umat Islam Rayakan 2 Kali Idul Fitri di Tahun 2030 Nanti

Tips, serta cara mengantisipasinya diharapkan bisa berjalan dengan lancar. Mengingat, orang-orang yang akan mudik juga menjadi lebih banyak. Beberapa titik kepadatan jalur mudik di wilayah Jawa Timur, dapat menjadi bahan pertimbangan untuk kalian yang akan mudik lebaran pada 2023 tahun ini.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts