Simak Yuk, Berbagai Gaya Renang Beserta Manfaatnya

Terdapat berbagai gaya renang yang sering digunakan oleh atlet profesional untuk memperoleh kejuaraan baik di tingkat nasional maupun internasional. Berprestasi dalam kejuaraan olahraga ini tentu merupakan sebuah kebanggaan. 

Namun, berenang tidak hanya digunakan untuk ajang olahraga antar kota, provinsi, kota, atau negara, melainkan juga bisa sebagai aktivitas refreshing dari pekerjaan yang padat. 

Aktivitas ini bahkan sudah menjadi hobi dari sebagian besar orang di belahan dunia, bukan hanya seorang atlet profesional, mulai dari anak kecil hingga dewasa juga menyukainya. 

Hal tersebut dikarenakan, berenang tidak hanya membuat pikiran dan hati Anda terasa segar, tetapi juga membawa manfaat cukup baik bagi kesehatan, khususnya pada bagian pernapasan. 

Berbagai Gaya Renang yang Harus Diketahui

Berenang memiliki empat variasi gerakan, masing-masing disesuaikan dengan kemampuan atau ketertarikan Anda. Keempat gerakan tersebut memiliki manfaat dan teknik yang berbeda-beda. 

Anda juga tidak diharuskan untuk menguasai semua tekniknya. Berikut empat variasi gerakan renang yang harus Anda ketahui :

  • Gaya Dada

berbagai gaya renang - gaya dada

Memiliki nama lain, yaitu gerakan katak, banyak orang yang suka berenang menggunakan gerakan ini. Disebut sebagai gerakan istirahat, karena geraknya simetris, yaitu adanya pergantian dari gerak kaki kanan dengan lengan. 

Gerakan ini juga disertai dengan fase meluncur dengan posisi badan streamline atau horizontal. Lengan dan tungkai berfungsi memberikan dorongan agar tubuh Anda bisa melaju di dalam air. 

(Baca Juga: Mengenal Yoga, Trend Gaya Hidup Modern Bagi Masyarakat Perkotaan)

  • Gaya Bebas

berbagai gaya renang - gaya bebas

Disebut sebagai salah satu teknik yang mudah dilakukan, gerakan bebas juga memiliki banyak manfaat. Namun, sebelum membahas lebih dalam apa saja manfaatnya, Anda perlu tahu pengertian teknik ini. 

Berbeda dengan teknik gerakan dada, gerakan bebas ini dilakukan dengan cara menelungkupkan badan dengan menggunakan tangan dan kaki untuk melakukan tendangan di dalam air, sedangkan pandangan mata fokus ke depan. 

  • Gaya Punggung

berbagai gaya renang - gaya punggung

Sama seperti namanya, teknik renang ini menggunakan posisi tubuh terlentang, artinya punggung menghadap ke air. Anda bisa lebih mudah bernafas dan membuka mata ketimbang ketika berenang dengan teknik lain. 

Namun, seorang perenang akan merasa kesulitan untuk menentukan dan mengganti arah gerak, karena Anda kesulitan untuk melihat ke depan. Pandangan ketika berenang menggunakan gaya punggung ini hanya menghadap ke langit. 

  • Gaya Kupu-kupu

berbagai gaya renang - gaya kupu kupu

Gerakan ini muncul karena dikembangkan dari gaya dada. Seperti gerakan sayap kupu-kupu, Anda dapat membentangkan kedua tangan, lalu mengepaknya untuk lebih mudah mengayuh ke depan. 

  • Manfaat Olah Raga Renang Gaya Dada

Meski terdapat berbagai gaya renang¸salah satu teknik berenang ini membawa manfaat yang cukup baik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gaya dada cukup mudah untuk diterapkan. 

Kemudahan tersebut membuat setiap orang yang ingin meluangkan waktu untuk refreshing dengan berolahraga air, sering menggunakan gaya dada saat berenang. Selain mudah, gaya dada juga membawa berbagai manfaat. 

Manfaat pertama dari gaya dada atau katak ini, yaitu dapat menghilangkan stress. Mengapa bisa? Karena pada penerapannya, gerakan ini cenderung lebih lambat dibandingkan teknik olahraga air lainnya. 

Selain itu, saat posisi berada di dalam air, membantu membuat pikiran Anda lebih segar. Gerakan tangan dan kaki yang lurus juga bisa membuat otot-otot tubuh lebih rileks. 

Kedua, gerakan ini bisa membantu Anda untuk mengontrol kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Jika dilakukan secara rutin, kadar kolesterol akan stabil, sehingga tidak berdampak buruk pada kesehatan jantung. 

Ketiga, olahraga renang juga cocok dilakukan bagi perenang yang ingin menurunkan berat badan. Dibandingkan lompat tali, renang disebut lebih efektif untuk membakar sebanyak 60 kalori dalam 10 menit. 

Keempat, berbagai gaya renang dada juga dapat meningkatkan kualitas hidup. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian, karena teknik ini dinilai cukup berpengaruh baik bagi kesehatan jika dilakukan secara rutin.

Bukan hanya bermanfaat bagi orang-orang dewasa dengan usia produktif, tetapi juga membawa dampak pada rasa nyeri ketika sedang radang sendi yang dialami oleh lansia (orang lanjut usia). 

Berapa lamakah sebaiknya melakukan olahraga gaya dada? Disarankan Anda rutin berenang dengan gaya dada satu minggu sekali selama 2,5 jam agar bisa merasakan manfaatnya.

(Baca Juga: Penting untuk Disimak! 8 Manfaat Olahraga Lompat Tali Bagi Wanita)

  • Suka Berenang dengan Gaya Bebas? Ini Manfaatnya!

Beralih ke gerakan bebas sebagai bagian dari berbagai gaya renang yang membawa manfaat baik bagi kelangsungan hidup Anda. Gaya Bebas tidak sulit dilakukan bagi Anda yang baru belajar berenang.

Berdasarkan sebuah penelitian, berenang bisa membuat tinggi badan Anda menjadi bertambah, khususnya ketika sedang dalam tahap pertumbuhan. Manfaat menambah tinggi badan bisa diperoleh dengan menerapkan gerakan ini.

Hal tersebut dikarenakan gerakan pada teknik renang ini memiliki sifat dinamis, sehingga tubuh Anda akan tertarik ke belakang dan ke depan. Dengan begitu, akan membantu pertumbuhan tubuh perenang.

Tidak hanya menambah tinggi badan, gerakan yang dinamis bisa membuat otot-otot dalam tubuh perenang menjadi lebih terlatih. Anda bisa terhindar dari nyeri otot, mulai dari perut, bahu, punggung, dan kaki. 

Gaya Bebas sangat bagus dilakukan untuk membuat pernapasan Anda menjadi lebih kuat. Ketika berenang, Anda akan menahan nafas beberapa detik, kemudian mengambil oksigen dengan mengangkat kepala ke permukaan.

Apabila ketika menahan napas Anda tidak tersedak air, maka kualitas pernapasan di tubuh perenang dinilai cukup kuat. Disarankan agar perenang mengambil oksigen di saat yang tepat dan tidak terburu-buru. 

Dari gaya renang yang sudah Anda ketahui, gaya bebas cukup mudah dilakukan dan mendatangkan tiga manfaat cukup baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, gunakan teknik ini secara rutin. 

  • Penggunaan Gaya Punggung dan Kupu-kupu Bagi Tubuh

Tidak hanya gaya dada dan bebas yang membawa manfaat dari berbagai gaya renang. Masih ada gaya punggung dan kupu-kupu yang juga mendatangkan manfaat lain untuk tubuh perenang. 

Bagi Anda yang sering menggunakan gaya punggung, biasanya cenderung memiliki tubuh lentur. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan penelitian, bahwa gaya punggung dapat meregangkan tulang punggung, kepala, sampai ujung kaki. 

Seluruh bagian tubuh mulai dari tulang belakang sampai kaki akan bergerak aktif ketika perenang berolahraga di dalam air. Sehingga, membuat sendi dan ligamen tetap lentur. 

Sedangkan manfaat teknik kupu-kupu mirip dengan gaya dada, yaitu dapat melangsingkan tubuh. Gaya kupu-kupu lebih ampuh bagi Anda yang ingin diet karena dapat membakar 150 kalori selama 10 menit.

Tidak hanya itu, jika Anda ingin melatih kekuatan otot lengan, gaya kupu-kupu adalah teknik paling tepat. Koordinasi antara lengan dan kaki ketika berenang membuat lengan Anda memiliki otot terlatih. 

Berbagai gaya renang bisa dipilih sesuai dengan manfaat yang ingin didapat, namun tetap lakukan pemanasan sebelum berenang. Pemanasan sangat penting agar tidak terjadi cedera berbahaya saat perenang berada di air. 

  • Pelajari Teknik Dasar Berenang Bagi Pemula yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Ada gaya renang yang bisa dipelajari, namun sebelum Anda menguasai teknik-teknik tersebut, perlu untuk belajar teknik dasar agar lebih mudah menguasai gerakan-gerakan renang, seperti dada, bebas, punggung, dan kupu-kupu. 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membiasakan diri untuk terbiasa di dalam air. Tidak sedikit orang memiliki trauma tentang air karena pernah mengalami kejadian buruk, seperti tenggelam. 

Masuk ke dalam kolam bisa dimulai dari kolam yang dangkal  dengan posisi kaki masih menjejak. Setelah itu, Anda bisa memasukkan kepala ke dalam air dan menahan nafas sampai beberapa detik. 

Berbagai gaya renang yang kedua, mulailah untuk berlatih mengambang di air. Latihan ini sangat penting, mengingat renang bukan hanya sekedar olahraga, melainkan juga salah satu cara untuk menyelamatkan diri ketika Anda dalam bahaya. 

Ketiga, bagian ini adalah yang paling penting. Supaya otot-otot tidak tegang dan cedera ketika berenang, perenang pemula harus rileks. Tujuan lainnya, juga bisa membuat Anda memiliki cukup energi.

Dengan tetap rileks, Anda bisa membuat posisi tubuh ketika berada di dalam air tetap terkontrol, yaitu sejajar dari kepala hingga kaki. Rileks juga mencegah perenang pemula mengalami panik. 

Keempat, mempelajari teknik pernapasan dengan baik dan benar. Berenang sangat berkaitan erat dengan kontrol pernapasan, karena perenang harus menahan nafas selama beberapa detik ketika wajah berada di dalam air. 

Terakhir, apabila perenang pemula merasa kesulitan untuk belajar berenang, maka perlu menggunakan alat bantu. Kini, telah disediakan berbagai alat bantu untuk membuat Anda lebih mudah belajar berenang. 

Setelah mengetahui berbagai gaya renang, Anda perlu mempelajari apa saja manfaat yang di dapat dari masing-masing gerakan tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menentukan ingin menguasai teknik yang mana.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts