Dampak Olahraga Berlebihan yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Berolahraga tidak selamanya menyehatkan, terutama ketika dilakukan secara berlebihan. Dampak olahraga berlebihan sebenarnya cukup berbahaya, hanya saja tidak semua orang sadar dengan hal tersebut.

Apa pun itu jika dilakukan secara berlebihan pasti menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Untuk itu, para ahli menyarankan agar segala sesuatu diatur sesuai porsinya. Hanya saja kasus olahraga berlebihan ini jarang terjadi di sekitar kita.

Kebanyakan masyarakat modern masih sangat kurang dalam hal berolahraga. Aktivitas yang padat serta tidak tersedianya layanan publik yang layak merupakan salah satu penyebabnya. Sehingga yang terjadi malahan penyakit muncul karena kurang berolahraga.

Namun Anda beberapa orang yang kecanduan berolahraga. Hal ini tidak hanya terjadi pada para atlet, tetapi juga masyarakat biasa. Biasanya orang tersebut mendapat kepuasan ketika berolahraga berat, sehingga mereka ingin melakukannya terus menerus.

Jika Anda ingin mulai berolahraga secara rutin, penting dipahami berapa waktu ideal untuk melakukannya. Jangan sampai Anda memaksa tubuh untuk berolahraga secara berlebihan. Dampak buruknya bisa membahayakan tubuh.

Dampak Olahraga Berlebihan Bagi Kesehatan

Kemampuan tubuh setiap orang dalam menanggung beban aktivitas fisik berbeda – beda. Orang yang terbiasa berolahraga umumnya memiliki kemampuan fisik yang lebih kuat. Apa lagi mereka yang rutun melatih dan mengencangkan masa otot mereka.

Hanya saja olahraga juga terkadang dapat menimbulkan candu. Hal ini terutama terjadi pada orang – orang yang terobsesi dengan bentuk fisik yang berotot. Mereka ingin menambah massa otot, sehingga tidak sadar sudah melakukannya secara berlebihan. 

  • Mengalami Sudah Tidur

Salah satu hal yang sering dialami oleh orang – orang yang melatih tubuh terlalu keras adalah mengalami gangguan tidur di malam hari. Jika waktu istirahat tidak cukup tentu hal ini dapat mempengaruhi aktivitas keseharian Anda.

Tubuh yang kerap mengantuk pasti menghambat produktivitas. dampak olahraga berlebihan ini tidak banyak disadari. Jadi jangan sampai hal ini menimpa Anda karena terlalu terobsesi dengan olahraga. Berolahraga dengan taraf normal, memang dapat mencegah timbulnya insomnia.

Hanya saja ketika dilakukan secara berlebihan, justru membuat Anda mengalami insomnia. Tubuh yang terlalu lelah akibat olahraga akan mengalami stres. Hal ini membuat tubuh memproduksi kortisol dalam jumlah banyak.

Ini lah yang menyebabkan Anda jadi tidak mengantuk meskipun sudah larut malam. Pasti sangat tidak enak rasanya jika saat tubuh lelah tetapi malah tidak bisa tidur cepat. Aktivitas keesokan harinya juga bisa terganggu karena kualitas tidur kurang baik.

(Baca Juga: Berbagai Gerakan Olahraga Ringan untuk Pekerja Kantoran)

  • Mudah Merasa Lelah

dampak olahraga berlebihan - mudah lelah

Dampak olahraga berlebihan lainnya yang juga kerap terjadi adalah tubuh mudah merasa lelah. Melakukan aktivitas fisik dengan porsi yang tepat memang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, tetapi saat melakukannya secara berlebihan justru membuat Anda lelah.

Olahraga menguras banyak energi, terutama olahraga seperti mengangkat beban. Energi ini diperoleh tubuh dari makanan sehat yang kita konsumsi. Jika Anda berolahraga berat tetapi tidak dibarengi dengan makanan berkualitas, maka justru membuat tubuh jadi tidak sehat.

Jika ingin berolahraga ekstra, pastikan juga nutrisi tubuh terpenuhi. Dengan demikian manfaat kegiatan fisik tersebut bisa dirasakan nantinya. Jika Anda memaksa tubuh untuk melakukan latihan fisik, maka akibatnya bisa mual, atau tubuh terasa lemas.

Jika Anda berolahraga di tempat gym, maka usahakan agar didampingi orang ahli. Orang yang jarang melakukan latihan fisik, umumnya belum tahu batas kemampuan mereka. Sehingga sering sekali efek negatif yang timbul pada tubuh.

  • Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

dampak olahraga berlebihan - Sistem kekebalan tubuh melemah

Saat masa pandemic seperti saat ini dokter menyarankan agar setiap masyarakat berolahraga di rumah. Tujuannya agar sistem imun dalam tubuh jadi meningkat. Tetapi tetap porsi latihan fisik tersebut dilakukan dalam taraf wajar.

Dampak olahraga berlebihan adalah sistem imun pada tubuh jadi melemah. Hal ini terjadi karena tubuh berusaha terlalu keras untuk memulihkan dirinya. Imun yang tugasnya untuk menyangkal bakteri jahat, justru malah lebih fokus memulihkan kondisi tubuh.

Akibat jangka panjangnya adalah Anda bisa terserang demam, batuk, nyeri kepala, dan penyakit berat lain. Jadi jika memang ingin menyehatkan tubuh lebih baik atur waktu sesuai dengan kemampuan tubuh Anda menanggungnya.

Jangan sampai gara – gara obsesi terlalu besar, justru membahayakan kesehatan. Berolahraga selama satu jam sehari sudah tergolong cukup untuk masyarakat biasa. Kekebalan tubuh akan meningkat jika Anda melakukannya secara benar.

  • Meningkatkan Risiko Serangan Jantung

dampak olahraga berlebihan - meningkatkan resiko serangan jantung

 

Olahraga terlalu berat juga bisa menimbulkan kematian. Hal ini terutama terjadi pada orang yang jarang berolahraga, lalu sekali melakukannya langsung dengan porsi besar. Jika Anda belum terbiasa melatih fisik, sebaiknya lakukan secara perlahan dan bertahap.

Kematian akibat olahraga umumnya terjadi pada mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung. Ketika Anda melatih fisik, maka jantung berdetak lebih cepat. Hal ini juga membuat darah tinggi jadi naik, sehingga dampak olahraga berlebihan adalah terkena serangan jantung.

Orang – orang penderita diabetes atau memiliki riwayat sakit jantung dalam keluarga tidak disarankan berolahraga ekstra. Penyakit jantung saat ini diklaim sebagai penyebab utama kematian di dunia.

Jadi buat Anda yang memiliki jantung lemah, usahakan untuk memperbanyak asupan nutrisi pada tubuh. Dengan demikian, nutrisi tersebut bisa menjaga jantung tetap sehat, energi dipulihkan, serta membuat badan jadi sehat dan bugar.

  • Gangguan Menstruasi Bagi Wanita

dampak olahraga berlebihan - gangguan menstruasi bagi wanita

Bagi wanita, ketika mengalami datang bulan, juga tidak dianjurkan melakukan latihan fisik terlalu berat. Karena dampak olahraga berlebihan yang ditimbulkan bagi wanita adalah bisa mengganggu siklus menstruasi.

Saat tidak datang bulan juga, tidak disarankan berolahraga terlalu berat. Jika gangguan menstruasi tetap terjadi akibat olahraga terlalu berat, maka bisa menimbulkan berisiko mandul mandul bagi wanita. 

Saat mengalami menstruasi, perhatikan juga jenis olahraga yang Anda lakukan. Beberapa jenis kegiatan fisik yang cocok dilakukan ketika menstruasi, seperti bersepeda, senam ringan, yoga, atau juga jalan santai.

Jenis latihan yang tepat justru akan membuat menstruasi semakin lancar. Jadi jangan jadikan alasan haid untuk tidak berolahraga. Latihan fisik dalam porsi yang cukup justru dapat membuat siklus haid semakin lancar.  

  • Gangguan Seksual Bagi Pria

dampak olahraga berlebihan - Gangguan seksual bagi pria

Umumnya kaum pria yang banyak kecanduan olahraga, terutama mereka yang terobsesi dengan tubuh kekar. Tetapi dampak olahraga berlebihan yang ditimbulkan untuk pria adalah terjadinya gangguan seksual.

Saat tubuh dipaksa terlalu ekstra mengeluarkan tenaga, maka bisa menimbulkan hipogonadisme pada pria. Hipogonadisme artinya kelenjar seksual pria jumlahnya jauh di bawah normal. Hal ini justru membuat pria sulit ereksi.

Dampak panjangnya adalah testis tidak mampu lagi memproduksi sperma dalam jumlah yang cukup. Pria juga bisa kehilangan gairah akibat latihan fisik terlalu ekstra. Hal ini tentu sangat buruk, bagi pria yang belum menikah.

Jika dilakukan dalam porsi yang cukup, olahraga justru dapat meningkatkan kejantanan pria. Bahkan beberapa jenis olahraga diklaim mampu membuat kualitas sperma semakin baik. Untuk itu usahakan jangan sampai kecanduan melakukannya. 

(Baca Juga: Jenis – Jenis Olahraga Meninggikan Badan yang Sangat Ampuh)

  • Menimbulkan Sakit Punggung

dampak olahraga berlebihan - Menimbulkan sakit punggung

Salah satu masalah lain yang ditimbulkan ketika Anda melatih tubuh terlalu keras adalah punggung jadi mudah sakit. Hal ini terutama terjadi bagi mereka yang kerap mengangkat beban berat saat olahraga.

Saat Anda mengangkat beban, maka tumpuan beban umumnya berada di punggung. Jika dilakukan secara salah atau berlebihan, maka akibat jangka panjangnya adalah punggung jadi mudah nyeri dan kerap sakit.

Hal ini terutama terjadi pada orang – orang sudah melewati usia produktif. Saat masih muda, memang dampak olahraga berlebihan ini tidak terasa. Tetapi saat tua nanti, bisa saja seluruh penyakit terjadi Anda rasakan.

Berapa Durasi Olahraga yang Tepat?

Dampak buruk olahraga berlebih mungkin belum dirasakan, sehingga orang – orang tetap melakukannya tanpa tahu akibatnya. Agar Anda tidak salah dalam melakukannya, sebaiknya pahami durasi yang tepat untuk melakukan latihan fisik.

Setiap orang memiliki ketahanan fisik yang berbeda – beda, jadi kebutuhan olahraganya juga berbeda. Para atlet karena sudah terbiasa melatih tubuh, bisa berolahraga dua kali dalam sehari. Tetapi jika tergolong jarang berolahraga, maka tidak perlu terlalu intens.

Sekali satu hari dalam durasi satu jam sebenarnya sudah cukup untuk menyehatkan tubuh. Hal ini juga tergantung pada jenis olahraga yang Anda jalani, serta usia mereka. Untuk orang tua yang sudah melewati usia produktif, berjalan kaki merupakan kegiatan yang tepat dilakukan.

Sadari kemampuan fisik Anda, jika sudah sering merasa lelah, berarti Anda melakukannya secara berlebihan. Segala sesuatu akan baik dan menyehatkan ketika dilakukan dalam porsi yang tepat. Dengan demikian dampak olahraga berlebihan bisa Anda hindari.  

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts