Top 10 Gaji Atlet Tertinggi di Dunia yang Populer

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia

Olahraga tertentu mampu menarik banyak perhatian sehingga perputaran uang sangat besar. Contohnya adalah sepakbola, tenis, basket, football, dan racing. Para atlet yang berhasil menjadi juara dan terbaik akan menerima gaji dengan nilai besar. Selain itu, mereka juga mendapat kontrak khusus sehingga uang yang diperoleh terus bertambah. Untuk mengetahui siapa saja yang masuk daftar gaji atlet tertinggi di dunia, simak penjelasan berikut ini.

Berikut Adalah Ulasan Lengkap Tentang Gaji Atlet Tertinggi Di Dunia

Roger Federer ($106.3M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia  - Roger Federer

Nama Roger Federer sudah tidak asing lagi di dunia tenis apalagi olahraga dunia. Petenis ini sering masuk dalam daftar gaji atlet tertinggi di dunia. Selain prestasi, image Roger sebagai pemain tenis yang elegan membuat banyak brand ingin memberikan kontrak iklan dan sponsor. Tahun 2020, Roger berhasil mendapatkan penghasilan sebesar $106.3M dari berbagai event, bisnis, sponsor, dan kegiatan lainnya. Yang menarik, uang tersebut diperoleh bukan dari turnamen besar seperti Grand Slam atau ATP. Tahun 2020, Roger memutuskan hiatus atau istirahat dan kembali lagi di Qatar Master 2021.

 

Cristiano Ronaldo ($105M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia - Cristiano Ronaldo

Jika berbicara mengenai gaji atlet tertinggi di dunia,  satu nama yang sering masuk 3 besar adalah Cristiano Ronaldo. Bintang sepakbola dengan penghargaan terbanyak ini  mendapatkan $105M di tahun 2020. Angka tersebut berasal dari gajinya di Juventus dan beberapa pendapatan lain dari sponsor. Seperti yang diketahui bersama, Ronaldo sering memperoleh kontrak eksklusif suatu brand. Contohnya adalah kerjasama sebagai partner dengan pemerintahan United Arab Emirates untuk menarik para investor ke negara tersebut. Sepertinya, Ronaldo masih berjaya beberapa tahun kedepan karena performa di lapangan masih sangat baik.

(Baca Juga: Intip 8 Pemain Bola dengan Penghargaan Terbanyak)

Lionel Messi ($104M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia - Lionel Messi

Setelah Ronaldo, nama besar lain di dunia sepakbola adalah Lionel Messi. Keduanya mendominasi sepakbola bahkan tidak memberikan kesempatan pemain muda lain untuk bersinar. Di tahun 2020, prahara menimpa Barcelona dan beberapa pemain memutuskan pergi meninggal klub tersebut di tahun 2021. Rumor kepergian Messi juga sempat beredar dengan alasan tidak nyaman lagi dengan kondisi di Barcelona di bawah pimpinan Presiden klub. Namun, Messi masih menjadi tumpuan klub ini dengan kontrak terbaru. Di tahun 2020, pemain tersebut memperoleh penghasilan sekitar $104M. Selain gaji, uang tersebut berasal dari beberapa sponsor dan iklan serta kontrak terbaru dari klub. Seperti Ronaldo, Messi masih belum pudar dan akan terus memberikan performa terbaik sebab umurnya masih masuk kategori produktif.

LeBron James ($99.2M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia - LeBron James

Gaji atlet tertinggi di dunia selanjutnya adalah LeBron James di bidang basket. Bagi yang tidak mengikuti olahraga ini, nama atlet tersebut justru sangat populer karena menjadi ikon. Pemain James berhasil mendapatkan trofi NBA bersama LA Lakers yang keempat. Jumlah penghasilan di tahun 2020 sekitar $99.2M dari berbagai kontrak dan sponsor. Selain itu, pemain basket tersebut juga memiliki bisnis lain seperti Springhill Entertainment dan Uninterrupted. 

Neymar ($95.5M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia - Neymar

Selanjutnya, daftar gaji atlet tertinggi di dunia juga memasukkan Neymar dengan penghasilan $95M di tahun 2020. Pemain sepak bola ini memiliki kontrak lima tahun dengan klub Paris Saint Germain. Jumlahnya mencapai $350 dan beberapa klausul lain yang melebihi nilai tersebut. Selain itu, neymar juga mendapatkan kerjasama dari beberapa produk olahraga seperti Puma. Setelah pindah dari Barcelona ke PSG, Neymar berusaha menjadi atlet sepak bola yang mendobrak dominasi Messi dan Ronaldo.

Stephen Curry ($84.4M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia - Stephen Curry

Stephen Curry merupakan salah satu gaji atlet tertinggi di dunia dari bidang basket. Pendapatan di tahun 2020 sekitar $84.4M yang berasal dari kontrak klub, gaji, dan beberapa sponsor. Di tahun 201 hingga 2020, pemain ini tidak banyak aktif karena terkendala kesehatan tangan. Cedera tersebut membuatnya hanya bermain sebentar dan menjaga agar kondisi pulih di musim berikutnya. Gaji di tahun 2021 diperkirakan sekitar $40M dan menjadi yang tertinggi di Amerika. Selain itu, pemain ini memperoleh kontrak eksklusif dari Under Armour yaitu produsen sepatu olahraga ternama. 

Kevin Durant ($73.1M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia - Kevin Durant

Masih di bidang basket, pemain selanjutnya yang masuk daftar ini adalah Kevin Durant. Penghasilan di tahun 2020 sekitar $74.5M. Sebagai atlet basket profesional, Durant saat ini menjadi bagian dari Brooklyn Nets dan menerima gaji sekitar $38M. Selain itu, kontraknya masih berlanjut hingga dua tahun kedepan sehingga kemungkinan uang yang diterima semakin besar. Pemain ini juga mempunyai kontrak sponsor lain dengan beberapa brand besar seperti Nike. Selanjutnya, ia juga berbisnis di bidang media dengan nama perusahaan Thirtyfive. 

Lewis Hamilton ($72M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia - Lewis Hamilton

Hamilton berhasil memenangkan titel juara Formula 1 yang keempat. Sepertinya, dominasi atlet ini masih berlanjut hingga beberapa tahun lagi karena belum ada pesaing kuat. Titel juara tersebut termasuk sedikit dibandingkan legenda F1 yang lain. Disisi lain, Lewis Hamilton menjadi ikon F1 yang digunakan sebagai promosi. Di tahun 2020, pembalap ini berhasil mendapatkan penghasilan sebesar $72M. Kontraknya di tim bernilai $40m untuk satu tahun. Selain itu, ia juga mendapat sponsor dan endorsement dari beberapa brand global seperti Puma, Sony, Vodafone, Bose, dan Monster Energy. Sejak juara pertama kali, Hamilton pernah mengalami masa buruk. Akan tetapi, kemampuannya mengendarai mobil F1 tidak diragukan dan dia berhasil menunjukkannya sebagai yang terbaik.

Kirk Cousins ($71M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia - Kirk Cousins

Gaji atlet tertinggi di dunia berikutnya adalah Kirk Cousins yang memperoleh $71M di tahun 2020. Bidang olahraganya adalah football dan menjadi bagian dari klub Minnesota Vikings. Football termasuk olahraga populer di Amerika dan pemain terbaik dipastikan memiliki gaji besar. Pemain ini memperoleh bonus sekitar $30M karena berhasil menunjukkan performa terbaik. Selain itu, pendapatan juga berasal dari kontrak dengan brand seperti Bose, Nike, dan Panini.

 (Baca Juga: Daftar Pemain Bola Terbaik di Indonesia yang Membanggakan)

Russell Westbrook ($64.1M)

Gaji Atlet Tertinggi di Dunia - Russell Westbrook

Selanjutnya, atlet dengan gaji tertinggi adalah Russel Westbrook di bidang basket. Penghasilan yang diperoleh sekitar $64M. Uang tersebut berasal dari gaji di klub Houston Rockets sekitar $38.5M dan beberapa bonus sesuai performa. Selanjutnya, pemain basket ini juga ikut menerima endorse dan sponsor dari beberapa perusahaan global. Selanjutnya, ia juga aktif di bidang bisnis dengan mendirikan fashion brand  Why Not. 

 

Sumber Penghasilan Atlet Olahraga

Dari daftar diatas, anda mengerti bahwa gaji sepertinya masih menjadi tumpuan utama seorang atlet untuk memperoleh penghasilan. Kontrak dari klub diberikan sesuai dengan kapabilitas dan performa. Selain itu, mereka juga memperoleh bonus apabila berhasil juara atau mencapai target tertentu. Meskipun sponsor dan endorse berdatangan, gaji masih tidak bisa dilepaskan dari sumber penghasilan utama para atlet yang masih aktif.

Daftar gaji atlet tertinggi di dunia sebenarnya masih panjang hingga ratusan. Yang menarik, beberapa nama besar tidak lagi masuk top 10. Contohnya adalah Tiger Woods yang tetap menjadi ikon golf tetapi belum mampu menyaingi para atlet muda yang masih berjaya. Selain itu, anda mungkin heran mengapa hanya satu nama di bidang tenis. Novak Djokovic dan Rafael Nadal sepertinya harus belajar banyak dari Federer jika ingin memperoleh endorsement. Tunggu beberapa tahun lagi maka nama mereka akan muncul. Hal yang sama juga berlaku di sepak bola karena dominasi Ronaldo dan Messi membutuhkan saingan dekat selain Neymar.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts