Mengenal Yoga, Trend Gaya Hidup Modern Bagi Masyarakat Perkotaan

gaya hidup modern

Trend gaya hidup modern kini sedang digeluti oleh sebagian masyarakat di daerah perkotaan. Salah satu trend gaya hidup yang paling banyak diminati adalah yoga. Yoga sudah masuk ke dalam jenis olahraga yang bisa dilakukan kapan saja bahkan dari rumah. Hari Yoga Internasional sudah disepakati oleh PBB dan jatuh setiap tanggal 21 Juni. Sebenarnya yoga ini termasuk dalam tradisi kuno pada zaman dahulu. Sekarang ini, praktik yoga sangat erat sekali kaitannya dengan praktik spiritual. 

Sejarah Yoga

Yoga merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata Sanskerta dengan kata ‘’Yuj’’ yang mengandung makna berarti bergabung atau pun untuk bisa menyatukan. Sekitar 5000 tahun yang lalu, praktik yoga ini dipercaya sudah mulai digunakan.  Pertama kali praktik yoga dilakukan agar bisa menyatukan antara kesadaran pribadi dengan kesadaran menyeluruh atau universal. Tujuan akhir dari yoga ini adalah penyatuan dari kedua unsur agar membuat keselarasan terjadi antara pikiran dengan tubuh manusia. 

Bagi seseorang yang sudah mampu mencapai kebebasan di dalam latihan yoga ini dulunya dikenal dengan sebutan mukti, moksha atau disebut sebagai yoga. Sedangkan seluruh lapisan masyarakat modern yang beranggapan bila yoga menjadi salah satu gaya hidup modern.  Yang lebih mampu menyehatkan fisik dan juga pikiran manusia. Untuk itulah, kami akan memberikan informasi seputar yoga dari perkembangannya dahulu hingga zaman sekarang. 

Istilah Praktik Spiritual Dalam Tradisi Zaman Dahulu 

gaya hidup modern - yoga

Mengenai hitungan pastinya kapan praktik yoga pertama kali muncul ini hingga sekarang menjadi gaya hidup modern masih belum diketahui secara pasti oleh para ilmuwan dan juga sejarawan. Untuk istilah kata yoga sendiri sebenarnya ditemukan dalam sebuah naskah kuno tertua dari India dengan nama Veda. Veda ini ditemukan pada tahun sekitar 1500 SM. 

Veda hadir di dalam bahasa Sanskerta yang mana memiliki makan dalam tulisan tertua dari agama Hindu serta sastra Sanskerta. Pada masa Veda tersebut, seluruh pemimpin Veda ini begitu disiplin serta dapat menghindari segala macam dan bentuk kesenangan duniawi. Para pemimpin juga ikut serta melakukan berbagai macam pengorbanan. Sementara itu juga, beberapa dari pose yang sudah dipraktikkan oleh pemimpin Veda dipercaya merupakan asal mula dari pose yoga yang sekarang kita kenal sebagai gaya hidup modern bagi seluruh masyarakat. 

(Baca Juga: Memaksimalkan Manfaat Olahraga Di Pagi Hari Yuk!)

Di abad ke 3 SM, istilah kata yoga ini seringkali ditemukan dalam beberapa tulisan Hindu, Budha dan juga Jain. Di dalam Buddhisme Mahayana, yoga ini dianggap sebagai sebuah gagasan praktik spiritual atau sekarang dikenal dengan istilah meditasi atau yoga chara. Sementara pada abad ke 5, istilah kata yoga ini semakin sulit untuk dijabarkan secara rinci. Pada saat itu, yoga ini merupakan sebuah istilah yang dapat mewakilkan gagasan dari meditasi serta praktisi keagamaan dibandingkan dengan yoga yang sekarang sudah dikenal.

Perjalanan Panjang Praktik Yoga Hingga Sekarang 

gaya hidup modern - perjalanan yoga

Pada abad pertengahan mulailah muncul berbagai macam sekolah yoga. Di masa tersebut muncul pula beberapa jenis yoga yang sudah dipraktikkan. Salah satu dari jenis yoga yang cukup populer dilakukan oleh sebagian masyarakat adalah Tantra. 

Para ahli juga mencatat makna Tantra ialah sebuah tulisan suci di abad pertengahan yang mana fokus pembahasan pada ideology yoga baru, mampu menguraikan berbagai tujuan baru bagi orang yang sedang berlatih yoga. Setelah ribuan tahun lamanya, istilah yoga ini bisa mencakup berbagai macam hal, terlebih lagi fokus pada kaitannya dengan praktik religious dan juga spiritual. 

Namun, pada abad pertengahan atau sekitar abad 19 masehi, praktik yoga mulailah menjadi pusat perhatian pada kalangan masyarakat Eropa dan juga Amerika Serikat. Perkembangan yoga di benua Eropa dan Amerika Serikat ini dipercayai berkat seorang rahib Hindu yang sedang melakukan perjalanan ke berbagai daerah tersebut. Tepat di tahun 1890 an, Swami Vivekananda menyebarkan seluruh pengetahuannya mengenai Hinduisme di berbagai daerah yang ia kunjungi.

Praktik yoga mencapai puncak popularitasnya sekitar tahun 1960 an, pada saat itu spiritual Hindu yang sedang populer di kalangan anak muda di Amerika Serikat. Guru – guru yoga dari India ini fokus mengajar di Amerika Serikat. Di tahun 1980 an, untuk kali pertama, praktik yoga ini dianggap sebagai metode atau latihan yang memiliki manfaat fisik begitu bagus. Beberapa dari laporan kesehatan juga menunjukkan bukti bahwa kesehatan dapat meningkat serta kinerja jantung tetap bugar. 

Kepopuleran yoga sebagai gaya hidup modern kian mengalami peningkatan selama beberapa waktu terakhir. Di Amerika Serikat sendiri, kalangan masyarakat yang berlatih yoga ini meningkat dari total 4 juta di tahun 2001, menjadi sekitar 20 juta pada tahun 2011. 

Sementara itu pula, banyak berbagai penelitian ilmiah menyebutkan bahwa yoga ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan, mampu untuk mengurangi depresi, mencegah berbagai penyakit kronis hingga kecemasan, mampu meningkatkan kemampuan dan fungsi jantung, kekuatan otot serta sirkulasi darah dalam tubuh manusia. 

Gaya Hidup Modern dengan Latihan Yoga Bagi Masyarakat Perkotaan

gaya hidup modern - gaya hidup modern

Beberapa bentuk dari teknik yoga ini terus mengalami perkembangan zaman hingga sekarang ini. Para pelatih yoga atau yogi ini berlatih dengan berbagai jenis elemen alam, seperti halnya air, udara, matahari dan juga bumi. Sementara itu untuk teknik yoga modern supaya bisa diterapkan dengan gaya hidup modern masyarakat, para pelatih yoga sudah membentuk yoga seperti halnya aqua yoga yoga aerial sampai dengan yoga paddleboard. 

Semua teknik modern ini diciptakan oleh para pelatih dengan dasar dari tradisi kuno terdahulu. Ada banyak pula gaya dari praktik yoga ini yang sudah mengalami perubahan dengan bermacam – macam teknik peragaannya. Di beberapa kota besar, yoga sudah dijadikan sebagai alternatif pilihan olahraga. Anda juga bisa mengambil kelas yoga yang sudah tersedia di gym. 

Sebagian dari masyarakat juga kurang begitu mempersoalkan dari sisi spiritual yoga, melainkan lebih kepada kepentingan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sementara itu juga, masih banyak orang – orang yang melakukan praktik yoga ini sebagai upaya meningkatkan sisi spiritual. Berbagai macam tradisi kuno berumur ribuan tahun pun masih tetap relevan dan dipraktikan hingga sekarang ini bagi masyarakat perkotaan. 

(Baca Juga: Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Pandemi Bersama Keluarga)

Gaya Hidup Modern dengan Pemilihan Jenis Yoga yang Sesuai 

Yoga bukan hanya sebagai olahraga bagi berbagai kalangan. Olah tubuh satu ini lebih mengutamakan pada gerakan tubuh serta meditasi sudah berubah menjadi suatu gaya hidup yang sehat di zaman modern seperti sekarang ini. 

Gambaran umum dari yoga ini mampu untuk melatih kekuatan otot serta mampu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru – paru Anda. Selain baik untuk kesehatan fisik, manfaat dari yoga ini pun penting bagi kesehatan mental bila dilakukan secara teratur. 

Tidak mengherankan jika praktik satu ini selalu mengikuti perkembangan zaman. Bagi Anda yang ingin menerapkan gaya hidup modern dengan praktik yoga, ada beberapa jenis yoga yang cocok untuk pemula, di antaranya adalah : 

  • Vinyasa Yoga 

Latihan yoga dengan gaya vinyasa ini menggabungkan beberapa rangkaian dari gerakan yang mengalir dengan pernapasan penuh irama. Hal ini bertujuan untuk melatih tubuh serta pikiran lebih terfokus. 

Gerakan di dalam gaya yoga satu ini terbilang cukup atletis dan membutuhkan beberapa latihan fisik yang begitu keras. Setiap gerakan di sini selalu dihubungkan dengan satu kali tarikan nafas. Latihan yoga dengan gaya ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membentuk tubuh lebih ideal. 

  • Nidra Yoga 

Jenis gerakan satu ini cocok bagi Anda yang sedang capek atau memiliki banyak pikiran dengan gaya hidup modern. Gerakan yoga nidra ini mampu melemaskan sistem saraf, mampu meningkatkan relaksasi serta bisa juga melepaskan stress. 

  • Wheel Yoga 

Gerakan atau jenis yoga satu ini berpusat pada gerakan yang lebih unik untuk bisa mengembalikan postur tubuh Anda, terutama pada bagian tulang punggung. Gerakan wheel yoga ini sangat disarankan bagi Anda yang terlalu banyak duduk dan membungkuk di depan komputer atau meja kerja. 

  • Kundalini Yoga 

Penggabungan dari gerakan lengan atau tangan yang cukup mudah diterapkan dengan teknik pernapasan, meditasi serta memberikan kata – kata positif untuk membangun tubuh lebih bugar. Kundalini kerap kali disamakan dengan sebuah metode detoksifikasi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental serta bisa juga memperkuat sistem saraf di dalam tubuh.

Latihan yoga sekarang sudah dikenal oleh banyak kalangan di Indonesia. Gaya hidup modern dengan menerapkan latihan yoga ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts