Berbagai Gerakan Olahraga Ringan untuk Pekerja Kantoran

gerakan olahraga ringan

Sibuk dengan pekerjaan kantor, bukan alasan Anda tidak bisa melakukan berbagai gerakan olahraga ringan supaya tubuh tetap fit. Seharian di kantor selama lima hari rasanya terlalu berat jika di hari Sabtu atau Minggu meluangkan waktu untuk menguras lebih banyak tenaga.

Namun, asumsi itu merupakan asumsi kuno karena faktanya, kini pekerja kantoran dapat melakukan gerakan ringan guna menyehatkan tubuh. Tanpa membutuhkan waktu lama atau gerakan yang rumit, siapa saja dapat memperoleh manfaat dari olahraga ringan ini.

Tidak perlu membawa alat gym ke kantor karena berbagai gerakan yang menyehatkan tubuh tersebut bisa dilakukan dengan alat-alat yang ada di dekat meja kerja Anda. Selain itu, ada banyak praktik yang tidak melibatkan alat sama sekali sehingga sangat praktis dilakukan.

Bekerja keras tentu merupakan hal yang bagus, namun perlu diingat bahwa kerja keras tersebut tidak ada artinya jika tubuh sakit-sakitan. Selain menjalankan pola hidup sehat, Anda juga harus peduli dan mulai mempraktikkan gerakan olahraga yang ringan dari meja kerja.

Gerakan Olahraga Ringan di Kantor dengan Alat

 gerakan olahraga ringan - gerakan ringan menggunakan alat

Ada banyak gerakan yang bisa Anda aplikasikan tanpa menggunakan alat tambahan. Manfaatkan saja berbagai benda di sekitar, seperti berbagai praktik berikut ini:

Push Up di Meja

Untuk melakukan push up dari meja ini bisa meletakkan kedua kepalan tangan pada meja kemudian membuat jarak cukup jauh antara kaki dengan meja. Nanti posisinya seperti sudut 45 derajat jika menunduk kemudian ketika berdiri sekitar sudut 75 derajat.

Squat dari Kursi

Untuk melakukan gerakan duduk, berdiri, duduk, dan berdiri lagi, sebelumnya harus dipastikan bahwa kursi yang digunakan tidak bergerak. Apabila penopang tubuh sudah kokoh maka selanjutnya Anda dapat melakukan gerakan squat sebanyak mungkin.

(Baca Juga: Memaksimalkan Manfaat Olahraga Di Pagi Hari Yuk!)

Chair Dips

Chair dips adalah gerakan olahraga ringan dimana Anda membelakangi kursi, kemudian meletakkan kedua tangan pada kursi. Pastikan kursi tidak bergerak, kemudian lakukan gerakan naik dan turun sebanyak mungkin. Gerakan ini dibutuhkan untuk peregangan otot kaki.

Angkat Beban

Khusus angkat beban, tidak perlu membawa barbel, namun tidak bisa juga dilakukan tanpa meninggalkan tempat duduk. Anda bisa membawa tumpukan pekerjaan, seperti laporan yang hendak diberikan kepada atasan dengan posisi sebaik mungkin.

Berbagai gerakan olahraga yang ringan di atas cukup variatif, namun tidak membutuhkan banyak alat sebagai pendukungnya. Anda hanya perlu diam pada area kerja sendiri dengan memanfaatkan meja maupun kursi tanpa mengganggu rekan kerja lainnya.

Berolahraga Ringan Tanpa Menggunakan Alat

 gerakan olahraga ringan - Gerakan olahraga tanpa menggunakan alat

Selain melakukan berbagai gerakan olahraga ringan di atas, Anda juga harus melakukan peregangan pada beberapa otot. Terutama yang frekuensi bekerjanya lebih sering menggunakan tangan, seperti bekerja di balik layar komputer maka butuh meregangkan tangan.

Sesekali satukan kedua telapak tangan kemudian tekuk sedikit jemarinya agar saraf tidak tegang dan otot bisa lebih rileks. Gerakan sederhana, seperti merentangkan tangan hingga terasa rileks juga dibutuhkan setiap 30 menit sekali untuk mengurangi ketegangan otot.

Bekerja kantoran memang kesannya tidak membuang banyak tenaga, apalagi sekilas mata terlihat hanya duduk. Namun, terlalu lama duduk juga tidak baik bagi kesehatan punggung. Hal utama yang harus dilakukan adalah membenarkan posisi duduk dalam keadaan tegak.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk merelaksasi otot-otot bagian punggung adalah dengan cara berdiri kemudian membentuk seperti gerakan rukuk, namun posisi jari tangan menyentuh ujung jari kaki. Lakukan gerakan tersebut berulang kali, minimal selama 3 kali.

Berikutnya gerakan olahraga yang ringan tidak kalah mudah ditiru adalah naik-turun tangga atau lari kecil pada tempat-tempat tertentu. Satu hal perlu diperhatikan ketika melakukan setiap pergerakan adalah jangan sampai praktik tersebut mengganggu efisiensi kerja rekan.

Akibat Duduk Terlalu yang Lama

 gerakan olahraga ringan - akibat duduk yang terlalu lama

Bekerja tanpa mengeluarkan keringat pada ruangan ber-ac bukan berarti tubuh tidak bekerja secara lebih berat. Ada alasan tersendiri kenapa berbagai gerakan olahraga ringan itu penting untuk dilakukan, Itu karena ada banyak masalah apabila duduk terlalu lama, seperti:

  • Nyeri Otot

Posisi ketika duduk dengan menitikberatkan tubuh pada otot panggul, punggung, dan bahu akan membuat ketiga bagian tersebut bekerja terlalu keras. Selain itu karena kaki jarang difungsikan maka otomatis otot kaki justru mengalami penurunan efektivitas.

  • Sakit Pinggang

Bila terasa sakit pada area pinggang, bisa jadi penyebabnya karena berbagai hal, pertama terlalu banyak duduk dan kedua kekurangan minum. Apalagi jika Anda sudah terlalu banyak duduk kemudian tidak banyak mengonsumsi air putih maka nyeri akan terasa lebih sakit.

  • Osteoporosis

Osteoporosis pada umumnya terjadi pada orang tua, namun potensi osteoporosis dini sangat besar kemungkinannya apabila sedari muda, Anda tidak sering bergerak. Meskipun pekerjaan di kantor menyita banyak waktu, jangan sampai abai terhadap kesehatan tulang.

  • Buncit

Orang terlalu lama duduk karena lemak di dalam tubuhnya tidak diolah secara baik. Pergerakan yang minim membuat lemak yang semestinya diolah menjadi energi justru menyebabkan berat badan berlebih, terutama pada area perut sehingga terjadilah buncit.

(Baca Juga: 10 Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah)

  • Diabetes

Bukan hanya lemak yang tidak dapat diolah secara sempurna oleh tubuh menjadi tenaga. Gula darah yang seharusnya menjadi sumber energi baik juga tidak akan dikelola secara sempurna jika terlalu banyak duduk. Itu kenapa gerakan olahraga ringan sangat penting.

Tips Menjaga Kesehatan Pekerja Kantoran

Stress adalah hal yang tidak bisa dihindari ketika sudah menjadi karyawan kantor. Meskipun dihindari, sedikitnya stress pasti pernah memasuki isi kepala. Karena tidak bisa dicegah, bukan berarti Anda tidak bisa meminimalisir porsi stress yang tentunya mengganggu kesehatan.

Untuk mengurangi potensi stress yang bisa mengganggu kesehatan, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti di atas. Selain itu, buatlah lingkungan kerja senyaman mungkin, anggap setiap tugas dari atasan adalah tantangan guna mengembangkan diri lebih baik.

Luangkan waktu setiap selesai atau jeda bekerja untuk keluar bersama rekan-rekan divisi. Selain bisa mempererat hubungan, cara seperti ini juga bisa membuat kecanggungan satu sama lain memudar. Efek jangka panjangnya bisa lebih mudah berkomunikasi soal pekerjaan.

Salah satu penyebab stress selain masalah tugas adalah gaji. Sebenarnya, seberapa besarpun gaji Anda, jika dikelola secara rapi maka tetap bisa lebih teratur. Triknya, ketika gaji diterima langsung membuat pos-pos pengeluaran, mulai dari kebutuhan pokok, hiburan, hingga tabungan.

Pada saat diberikan waktu libur, sebaiknya memanfaatkannya untuk berwisata atau menjauhi berbagai urusan kantor. Selama gerakan olahraga ringan dilakukan, dukungan ketenangan batin juga akan sangat membantu supaya pikiran dan raga sama-sama segar.

Berolahraga Setelah Bangun Tidur Secara Teratur

 

Tidur larut malam dan bangun pagi buta sepertinya bukan rutinitas baru bagi para pekerja kantoran. Terlebih jika lokasi rumah atau tempat tinggal berada jauh dari lokasi kantor. Biasanya, jika waktu tidur sebentar, tubuh akan terasa kurang segar sehingga mempengaruhi mood seharian.

Selain melakukan berbagai gerakan olahraga ringan di atas, Anda dapat melakukan berbagai upaya untuk membuat tubuh lebih segar tepat setelah bangun tidur, seperti:

  • Cobra Stretch

Disebut sebagai gerakan cobra karena yang dilakukan adalah menumpukan tubuh pada kedua tangan. Buat sejajar dengan dada, kemudian angkat kepala hingga dada ke atas, kemudian tahan selama kurang lebih 20 detik dan ulangi berkali-kali.

  • Knee to Chest

Gerakan ini terbilang cukup mudah karena Anda tinggal berbaring sambil terlentang pada kasur. Kemudian angkat lutut sampai mengenai dada secara bergantian berulang kali. Ketika lutut di dada, tahan selama beberapa detik dan lakukan sampai selesai.

  • Spinal Twist

Cara ini agak rumit, untuk itu perhatikan dengan baik, caranya:

  • Terlentang di kasur
  • Tekuk lutut kanan kemudian arahkan ke kiri tanpa menggerakkan bahu.
  • Rentangkan kedua tangan.
  • Tengokkan leher ke kanan dan ke kiri secara bergantian.
  • Lakukan hal serupa menggunakan lutut kiri. Penting sekali untuk memastikan bahwa posisi bahu tetap menempel pada kasur.
  • Upper Back Stretch

Gerakan ini seperti dilakukan dengan posisi duduk pada pinggiran kasur, kemudian satukan tangan dan tarik ke depan. Lakukan beberapa detik dan berulang kali. Gerakan ini berguna untuk membuat punggung lebih rileks, terutama jika terlalu lama duduk.

Tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang karena dengan tubuh sehat, otomatis semua kegiatan bisa dilakukan secara lebih maksimal. Umur panjang juga dapat menjadi dampak jangka panjang dari sesederhana gerakan olahraga ringan yang dilakukan di kantor.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts