Intip Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar

Intip Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar
Intip Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar

Persiapan menjelang Piala Dunia 2022 yang akan diadakan di Qatar rupanya semakin matang. Sebagai tuan rumah Qatar sudah mempersiapkan berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan atlet.

Piala Dunia ke-22 ini dijadwalkan dari hari Senin 21 November 2022 hingga Minggu 18 Desember 2022. Qatar sendiri pertama kali menjadi tuan rumah pada perhelatan akbar sepakbola di seluruh dunia.

Sebagai negara yang kaya raya, tentunya bukan hal sulit bagi Qatar melakukan berbagai pembangunan fasilitas mewah untuk Piala Dunia. Bahkan, dari berbagai aspek semuanya diperhatikan dengan baik.

Baca juga: Cara Menghitung THR Prorate dengan Mudah dan Rinci

Meski demikian pada persiapan menjelang Piala Dunia 2022 banyak mengalami kendala, terutama saat proses pembangunan. Diketahui bahwa banyak pekerja yang meregang nyawa pada saat pembangunan dilakukan.

Namun, hal tersebut tidak menghalangi Qatar untuk terus menyiapkan negaranya. Sebab selain atlet dan pihak yang bertanding dalam Piala Dunia, pastinya akan banyak turis yang berdatangan untuk menyaksikan pertandingan tersebut.

Oleh sebab itu, Qatar hendak mempersiapkan berbagai fasilitas sebaik mungkin untuk menunjang berbagai kebutuhan turis yang yang berdatangan. Tidak heran banyak fasilitas umum yang ditingkatkan kualitas dan estetikanya.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana persiapan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia, intip informasinya berikut ini. Sebab kami sudah merangkum berbagai persiapan penting yang sudah dilakukan oleh Qatar.

8 Stadion Megah untuk Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022

Intip Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar_8 Stadion Megah untuk Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022
Intip Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar_8 Stadion Megah untuk Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022

Stadion merupakan fasilitas vital yang harus disiapkan oleh penyelenggara Piala Dunia. Tidak main-main, stadion juga harus sesuai dengan standar yang diberlakukan FIFA. 

Di Qatar sendiri sudah terdapat 8 stadion yang siap digunakan pada perhelatan akbar Piala Dunia 2022 pada bulan November mendatang. Stadion tersebut diharapkan dapat menunjang 32 tim yang akan bertanding.

Sehingga, berbagai fasilitas dalam stadion tersebut juga harus diperhatikan. Berikut ini adalah 8 stadion persiapan menjelang Piala Dunia 2022:

  • Al Bayt Stadium

Al Bayt Stadium merupakan salah satu yang terbesar di antara 8 stadion lainnya. Kapasitas penonton yang mampu ditampung oleh stadion ini mencapai 60.000 orang dan lokasinya di Al Khor.

  • Khalifa International Stadium

Khalifa International Stadium menjadi yang sangat ikonik di Qatar karena sudah diresmikan sejak 1976. Kapasitasnya mencapai 45.416 penonton.

Pada tahun 2007 stadion ini menjalani renovasi dari aspek berbagai fasilitasnya, terutama fasilitas atlet dan penonton. Renovasi ini dilakukan dalam rangka persiapan menjelang Piala Dunia 2022.

  • Al Janoub Stadium

Al Janob Stadium memiliki kapasitas penonton mencapai 40.000 orang. Desain bangunannya dibuat oleh arsitek AECOM dan Zaha Architects. Bentuk stadion ini mirip seperti perahu tradisional.

  • Ahmad bin Ali Stadium

Stadion Ahmad bin Ali Stadium memiliki bentuk seperti bukit pasir khas timur tengah dan berbagai arsitektur bernuansa Islami. Stadion ini juga dibalut oleh layar multimedia yang menambah kesan estetik dan modernnya.

  • Education City Stadium

Education City Stadium memiliki keindahan yang luar biasa dan dijadikan persiapan menjelang Piala Dunia 2022. Bahkan karena keindahannya, stadion berkapasitas 40.000 orang ini berhasil mendapat berbagai penghargaan.

  • Al Thumama Stadium

Desain yang ditonjolkan pada Al Thumama Stadium adalah topi tenun tradisional khas timur tengah. Kapasitas yang disediakan untuk Piala Dunia mencapai 40.000 orang.

  • Lusail Stadium

Stadion Lusail menjadi venue terbesar untuk Piala Dunia 2022. Sebab, kapasitasnya mencapai 80.000 orang penonton. Desainnya sangat unik dengan mengangkat tema bejana khas Arab.

  • 974 Stadium

Stadion berkapasitas 40.000 orang ini memiliki keunikan tersendiri. Sebab, venue nya dapat dibongkar pasang. Sehingga, pengelola mampu menyesuaikan kapasitas dan memudahkan saat merapikannya.

Tour Khusus Piala Dunia 2022 Oleh Qatar Airways

Persiapan menjelang Piala Dunia 2022 yang disediakan Qatar berikutnya adalah penyediaan tour khusus Piala Dunia. Tour khusus ini disediakan oleh perusahaan penerbangan asal Qatar, yaitu Qatar Airways.

Paket yang disediakan ini termasuk tiket pertandingan, penerbangan pulang dan pergi, serta berbagai pilihan akomodasi penginapan. Dengan adanya paket lengkap ini, Anda tidak perlu lagi repot-perot melakukan pemesanan satu per satu.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mengikuti tour Piala Dunia 2022 ini, maka harus bergabung menjadi anggota Qatar Airways Privilege Club. Dengan demikian, Anda dapat dengan leluasa mengakses paket fleksibel ini.

Persiapan menjelang Piala Dunia 2022 dalam bidang tour ini akan memudahkan calon penonton. Selain itu, dalam paket tour ini ada beberapa ketentuan yang harus dipahami oleh calon peserta tour.

Pertama Anda akan dipersilahkan untuk memilih tim favorit yang akan ditonton pertandingannya. Data yang ditampilkan sesuai dengan kualifikasi FIFA pada saat itu.

Jika tim pilihan Anda tidak lolos, maka ada dua pilihan yang diberikan Qatar Airways. Merefund dana secara penuh atau mengganti tim favorit lainnya tergantung dari jadwal yang tersedia.

Sebagai langkah persiapan menjelang Piala Dunia 2022, Qatar Airways juga menyediakan paket 7 tingkat. Paket ini memungkinkan Anda untuk memesan 7 pertandingan dengan menggabungkan lebih dari satu paket.

Dengan paket ini, Anda juga dapat menentukan jumlah tamu dan akomodasi yang akan ditempati. Anda juga bisa dengan bebas memilih jenis kamar dari mulai yang terjangkau hingga premium.

Bagi yang ingin menjelajah Qatar, Anda juga bisa menambah berbagai layanan menarik lainnya. Misalnya antar jemput di bandara dan paket wisata keliling.

Menyediakan Rumah Sakit Berstandar FIFA

Intip Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar_Menyediakan Rumah Sakit Berstandar FIFA
Intip Persiapan Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar_Menyediakan Rumah Sakit Berstandar FIFA

 

Di Doha, Qatar terdapat rumah sakit andalan para atlet yang bernama rumah sakit Aspetar. Meski secara sekilas tampilan rumah sakit ini tidak terlalu megah seperti rumah sakit kenamaan lainnya, namun jangan tanya keunggulannya.

Bahkan, rumah sakit ini menjadi salah satu persiapan menjelang Piala Dunia 2022 utama. Sebab, Aspetar merupakan rumah sakit unggulan di dunia yang mampu menangani berbagai cedera olahraga dan rehabilitasi atlet.

Teknologi sport science yang ada di dalamnya sangat mengagumkan. Bahkan, banyak teknologi yang tidak dimiliki rumah sakit kenamaan lainnya. Misalnya saja peralatan lari statis yang pertama kali dikembangkan oleh NASA.

peralatan lari statis anti gravitasi ini mampu menopang 90% berat tubuh atlet. Alat ini sering digunakan oleh atlet yang memiliki cedera kaki untuk tetap menjaga kebugarannya.

Selain itu, Aspetar juga memiliki studio CGI yang dapat merekam 3D gerakan pasien. Alat ini menjadi persiapan menjelang Piala Dunia 2022 sangat penting. Sebab, dapat membaca potensi cedera dan sebagai data cadangan.

Kerennya lagi, rumah sakit atlet kenamaan di Qatar ini juga memiliki kamar dengan saklar tinggi. Artinya, kamar ini mampu menstimulasi posisinya di antara 500 hingga 4.500 mdpl.

Kamar ini berguna untuk meningkatkan VO2 maksimal atlet. Teknologi bedah di rumah sakit ini juga sangat memukau. Sebab, staf dan dokter bedah yang bekerja di Aspetar memiliki predikat terbaik di dunia.

Karena kecanggihan yang mereka miliki, Rumah Sakit Aspetar sempat mengadakan pelatihan bedah olahraga pertama kali di dunia. Menariknya, pelatihan tersebut menggunakan potongan tubuh manusia asli.

Bahkan, terdapat kulkas khusus berisi potongan tubuh manusia. Tidak heran pemahaman pengetahuan di Aspetar sangat mengagumkan.

Baca juga: Mari Kenali Aplikasi PeduliLindungi, Pelacak Covid-19

Jadwal dan Skema Permainan yang Disiapkan Khusus

Persiapan menjelang Piala Dunia 2022 yang tidak kalah penting lainnya tentu menyiapkan jadwal dan skema permainan. Di luar berbagai kelebihan fasilitas di Qatar, pecinta sepakbola tentu menginginkan pertandingan seru.

Seperti yang diketahui bahwa total tim yang bertanding pada Piala Dunia 2022 adalah 32. FIFA menetapkannya dengan cara membagi tim menjadi empat pot berdasarkan koefisien peringkat dunia.

Sehingga, dapat dipastikan bahwa dalam setiap pot akan terdapat delapan tim. Nantinya, 32 tim yang akan bertanding dibagi menjadi delapan grup yaitu Grup A hingga Grup H. 

Setiap grup akan berisi 4 tim yang kemudian saling bertanding merebutkan 2 besar. Dua tim yang memenangkan pertandingan dari setiap grup, maju ke babak 16 besar. 

Karena masih dalam masa persiapan menjelang Piala Dunia 2022, maka susunan lengkap pemain dan timnya belum bisa dipastikan. Susunan pemain utuh dari setiap negara akan diumumkan saat babak playoff berakhir.

Babak akhir tersebut diperkirakan selesai pada tanggal 14 juni mendatang. Pada saat drawing, Qatar berada di pot satu diikuti oleh tim dengan peringkat tertinggi di duni

Pada pot berikutnya, diikuti oleh tim lainnya yang memiliki peringkat tinggi. Pot ketiga akan diisi oleh tim dengan peringkat 20-an. Sedangkan pot keempat akan diisi oleh Kanada dan negara dari kualifikasi antarbenua.

Babak kualifikasi antar benua sendiri baru akan dimainkan pada tanggal 13 dan 14 juni 2022. Peraturan lainnya dari Piala Dunia 2022 adalah tim yang berasal dari satu benua tidak dapat masuk ke dalam satu grup.

Dari penjelasan di atas, tentunya sangat jelas jika Qatar sudah mempersiapkan segalanya. Bahkan, persiapan menjelang Piala Dunia 2022 dinilai sudah matang.

Total
10
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts