Memaksimalkan Manfaat Olahraga Di Pagi Hari Yuk!

Olahraga buat sebagian orang adalah suatu hal wajib dan tidak boleh terlupa. Untuk  sebagian orang lainnya olahraga adalah satu hal yang sangat sulit dilakukan. Alasannya bisa bermacam-macam, misalnya, tidak punya waktu, kelelahan  atau merasa tidak tahu caranya. Hal ini sebenarnya kembali lagi kepada individu masing-masing. Apakah mau olahraga atau tidak, mereka mungkin belum tahu saja mengenai manfaat olahraga di pagi hari.

Bagi mereka yang sulit untuk berolahraga bisa jadi mungkin karena mereka tidak cukup termotivasi sehingga sulit pula menyediakan waktu untuk berolahraga. Mungkin saja olahraga tidak masuk ke ranah prioritas mereka sehingga olahraga menjadi hal kesekian yang terabaikan.

Untuk mereka yang terbiasa aktif bergerak atau berolahraga tentunya memiliki skala prioritas terhadap performa tubuh mereka sendiri.  Bicara mengenai kesehatan pasti tidak mungkin lepas dari istilah olahraga. Selain mengatur pola makan sehat, tentunya orang yang ingin berolahraga harus memilih jenis dan kapan ia akan melakukan olahraga. Waktu olahraga bisa disesuaikan dengan aktivitas utama seseorang. 

Misalkan anda bekerja dari pagi hari sampai sore hari, maka olahraga bisa anda lakukan sebelum berangkat kerja atau setelah pulang dari kerja. Nah pilihan waktu ini tentu juga akan membawa manfaat yang beragam untuk tubuh kita. Misalkan anda ingin berolahraga di sore hari, atau di pagi hari bahkan malam hari juga tidak masalah. 

(Baca Juga: Mau Tubuh Tetap Fit? Ikutin Yuk Gerakan Olahraga HIIT Cardio yang Mudah Dilakukan di Rumah)

Kita ambil contoh mengenai olahraga di pagi hari. Banyak jurnal kesehatan yang  menyebutkan manfaat olahraga di pagi hari meskipun secara penelitian medis belum ada yang benar-benar membahas soal waktu pilihan anda untuk berolahraga ini. Namun bukan berarti berolahraga di waktu selain di pagi hari tidak membawa manfaat ya. Anda bisa mengatur jadwal anda senyaman dan sebisa anda.  Yang penting olahraga, yang tidak sehat ya kalau anda tidak meluangkan waktu untuk olahraga.

Kali ini kita akan membahas manfaat olahraga di pagi hari. Kira-kira apa saja ya? mari kita kulik satu- persatu dan pastikan anda melakukannya ya:

1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Baik

manfaat olahraga di pagi hari - Tubuh menjadi lebih baik

Biasanya kalau tidur anda cukup dan berkualitas maka bangun pagi pun tidak sulit dan tubuh akan terasa segar. Tetapi ada kalanya pula ketika kita terlanjur atau terpaksa untuk tidur larut malam karena ada pekerjaan atau usai pesta hingga menjelang pagi.

Biasanya ketika anda terpaksa begadang hingga larut malam, maka olahraga di pagi hari bisa membantu anda untuk membuat tubuh anda terasa lebih baik, selain membuat tubuh anda terasa lebih segar dan fit. Karena sungguh kurang tidur itu akan menimbulkan banyak masalah kesehatan yang serius. Oleh sebab itu kurangi aktivitas kamu di malam hari agar bisa beristirahat dengan cukup.

2. Membuat Diri Menjadi Lebih Fokus

manfaat olahraga di pagi hari - Fokus

Manfaat olahraga di pagi hari adalah sebagai latihan memfokuskan diri terhadap suatu hal. Kita akan bisa fokus dengan baik jika diawali dengan olahraga yang tepat. Fokus adalah masalah buat kebanyakan orang, apalagi ketika banyak sekali problematika hidup yang kita pikirkan. Ketika kita bermasalah dengan fokus kita bisa memanfaatkan olahraga untuk membuat diri kita focus.

3. Memperbaiki Mood

manfaat olahraga di pagi hari - memperbaiki mood

Berolahraga telah terbukti memperbaiki mood untuk banyak orang.  Nah buat kamu yang sering mengalami mood swing bisa jadi karena kamu kurang aktif bergerak. Ayo rasakan manfaat olahraga di pagi hari untuk mendapatkan mood yang lebih baik dan kamu akan siap menghadapi hari-harimu. Tidak perlu durasi yang panjang, cukup lakukan 10 menit namun dengan bersungguh-sungguh dan fokus. Maka semua hormon dan enzim dalam tubuhmu pun kan turut bergembira dan otomatis, mood mu akan selalu menjadi lebih baik.

4. Menurunkan Berat Badan

manfaat olahraga di pagi hari - menurunkan berat badan

Buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan atau sedang menjalani pola makan tertentu, olahraga akan sangat membantu tubuhmu beradaptasi terhadap perubahan. Termasuk mengontrol hormon nafsu makan. ketika sedang berdiet ada banyak sekali hal yang terjadi dalam tubuh kita, semua terkait hormon, enzim dan proses kimiawi yang terjadi tanpa kita ketahui.

Olahraga sendiri ibaratkan memanaskan mesin. Tubuh kita seumpama mesin yang kalau mendapatkan performa yang terbaik hasilnya adalah tubuh kita menjadi sehat. Manfaat olahraga di pagi hari yang luar biasa adalah tubuh kita akan melepaskan dan meningkatkan hormon kenyang sehingga kita bisa lebih bisa mengontrol nafsu makan.

5. Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

manfaat olahraga di pagi hari - kualitas tidur menjadi lebih baik

Next, manfaat olahraga di pagi hari adalah membuat kualitas tidur anda lebih baik. Mengapa bisa terjadi demikian? Hal ini terjadi karena tubuh menjadi lebih aktif dan berenergi sepanjang hari. Tubuh kita yang sel-selnya aktif ini melepaskan hormon Melatonin di malam hari sehingga malamnya anda akan lebih cepat tertidur dan pulas. Tugas si hormon Melatonin ini adalah untuk tidur nyenyak, jadi olahraga membantu untuk mengaktifkannya.

(Baca Juga: 9 Cara Memulai Pola Hidup Sehat Di Era Milenial, Yuk Lakukan)

6. Mengontrol Tekanan Darah

manfaat olahraga di pagi hari - tekanan darah

Bagi anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tentu bisa diatasi dengan olahraga juga. Manfaat olahraga di pagi hari tentu terkait erat dengan bisa terkontrolnya tekanan anda sehingga menjadi stabil seharian. Ketika olahraga terjadi maka tubuh kita pun akan membuat aliran darah yang lancar dan jantung akan memompa darah dengan lebih baik. Jadi jangan khawatir bagi anda penderita hipertensi atau tekanan darah rendah. Berolahraga lah di pagi hari untuk membantu sirkulasi darah di tubuh anda.

7. Menghilangkan Stress

manfaat olahraga di pagi hari - menghilangkan stress

Menghilangkan stress adalah manfaat olahraga di pagi hari yang lain. Anda pasti sudah pernah mendengar suatu hormon yang namanya hormon Kortisol. Ini adalah hormon yang mengontrol stress dan kecemasan kita. Dengan berolahraga, maka  hormon ini akan bisa diminimalisir kehadirannya.

Nah, trik agar anda termotivasi untuk olahraga di pagi hari tentunya bisa dengan mengajak  kawan baik anda yang melakukan hal yang sama, atau  anda tinggal putar kanal Youtube dan memilih aneka ragam jenis olahraga yang menyenangkan untuk diikuti. Tak hanya bisa dengan menonton Youtube. anda juga bisa mengajak anjing atau kucing anda untuk berjalan-jalan. Selain sehat pastinya peliharaan juga turut senang karena diajak aktif oleh anda. Bagi anda yang sulit bangun pagi, anda bisa siasati dengan tidur lebih awal dan memasang alarm agar anda bisa bangun di waktu yang anda inginkan.

Hal ini akan mencegah anda tergesa-gesa dan akhirnya niat olahraga menjadi gagal karena waktunya tidak sempat. Jangan lupa pula menyiapkan alat olahraga anda sebelum tidur sehingga anda bisa langsung memakainya begitu anda bangun dan tidak pusing mencari-cari. akan sangat menyebalkan mencari sepatu olahraga di pagi hari saat anda masih mengantuk dan malas. Kalau itu terjadi, dijamin, acara olahraga anda lagi-lagi akan gagal total.

Itu tadi adalah manfaat olahraga di pagi hari yang menyehatkan tubuh dan pikiran kita. namun kita juga perlu memikirkan bagaimana untuk melakukan olahraga tersebut. karena banyak sekali orang yang mengerti manfaat tapi belum mau melakukannya. Yuk semangat olahraga.

Total
116
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts