Manfaat Olahraga Renang untuk Kesehatan Tubuh

thumbnail manfaat olahraga renang - manfaat olahraga renang

Sudah tahukah Anda bahwa manfaat olahraga renang sangat banyak dan bagus untuk kesehatan tubuh? Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari karena seru dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Renang adalah salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk melatih kekuatan otot tubuh. Tidak hanya itu, menurut beberapa penelitian, olahraga berenang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Berenang secara rutin juga dipercaya mampu menambah tinggi badan serta menurunkan berat badan secara signifikan. Dengan beragam manfaat yang ditawarkan oleh olahraga jenis ini, tidak heran jika berenang sangat digemari banyak orang.

Manfaat berenang memang tidak perlu diragukan lagi. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat dari melakukan olahraga renang, simak ulasan berikut :

7 Manfaat Olahraga Renang yang Perlu Diketahui

Berenang secara rutin dan dilakukan dengan benar ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya seperti berikut ini :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat paling penting dari rutin berenang adalah mampu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru dengan lebih baik. Berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh karena asupan oksigen yang lebih lancar.

Baca Juga : Yuk Ikuti Berbagai Olahraga untuk Meninggikan Badan dengan Mudah

Berenang secara rutin tidak hanya baik untuk kesehatan jantung. Olahraga ini juga berfungsi memelihara organ tubuh serta mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Membangun Masa Otot

Manfaat olahraga renang selanjutnya adalah membangun masa otot. Berenang mendorong semua otot dalam tubuh untuk bergerak melawan tekanan air. Hal ini berguna untuk meningkatkan kelenturan dan membangun masa otot tubuh.

Agar hasil lebih maksimal, lakukan olahraga renang secara rutin dengan gerakan yang benar. Dengan cara ini, masa otot akan lebih mudah terbentuk sehingga bentuk tubuh juga akan menjadi lebih bagus.

3. Menurunkan Berat Badan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika rutin berenang dipercaya mampu menurunkan berat badan. Hal inilah yang membuat banyak orang memilih olahraga renang ketika tengah menjalankan program diet agar bisa menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Berenang selama kurang lebih 1 jam mampu membakar kalori sebesar 500 – 650. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini sangat ampuh untuk menurunkan berat badan secara signifikan dalam beberapa minggu.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menurut sebuah penelitian, orang yang rutin berenang memiliki kualitas tidur lebih baik. Berenang membuat hampir seluruh otot tubuh bergerak ketika melakukan gerakan renang. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Manfaat olahraga renang ini sangat bagus untuk penderita insomnia. Oleh sebab itulah, orang yang mengalami gangguan tidur disarankan untuk rutin melakukan olahraga berenang.

5. Meringankan Radang Sendi

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit radang sendi, tidak ada salahnya menggunakan olahraga renang sebagai terapi untuk penyembuhan. Berenang dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan pada sendi.

Tidak hanya baik untuk penderita radang sendi, berenang juga baik dilakukan oleh penderita osteoporosis. Berenang mampu menurunkan risiko penyakit esteoporosis semakin memburuk dan menurunkan rasa sakit akibat nyeri sendi.

6. Meringankan Saraf Kejepit

Saraf kejepit merupakan kondisi dimana ada salah satu saraf pada bagian punggung yang terjepit di antara bantalan tulang. Kondisi ini membuat penderitanya menjadi kesulitan bergerak akibat rasa sakit yang ditimbulkan.

Siapa sangka, manfaat olahraga renang selanjutnya ternyata bisa meringankan saraf kejepit. Berbagai gerakan yang dilakukan ketika berenang mampu membuat otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih rileks dan santai.

7. Mengurangi Stress

Bagi Anda yang tengah memiliki beban pikiran cukup banyak, cobalah untuk berenang. Menurut beberapa penelitian, olahraga renang cukup efektif untuk mengurangi stress dan membuat mood menjadi lebih baik.

Ketika berenang, otot-otot tubuh akan melemas dan menjadi lebih rileks. Hal ini membuat mood menjadi lebih baik karena meningkatnya hormone bahagia dalam tubuh. Hasilnya Anda akan terhindar dari stress.

Manfaat dari melakukan olahraga renang akan maksimal jika dilakukan dengan benar dan secara teratur. Akan tetapi jika Anda hanya melakukan renang secara jarang-jarang, jangan harap berbagai manfaat di atas bisa didapatkan.

Trik Mendapatkan Manfaat Berenang dengan Maksimal

Berenang memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Akan tetapi manfaat olahraga renang akan lebih maksimal jika dilakukan dengan benar. Selain agar manfaatnya lebih maksimal, berenang dengan benar juga mengurangi risiko cidera.

Salah satu trik jika ingin manfaat berenang lebih maksimal adalah gunakan pakaian khusus renang yang nyaman dan pas untuk tubuh. Dengan pakaian yang pas dengan tubuh, gerakan renang akan lebih akan lebih maksimal sehingga otot tubuh juga akan lebih bekerja.

Selain baju renang, jangan lupa gunakan kacamata renang. Cara ini untuk mencegah mata perih karena kandungan klorin dalam air kolam renang. Dengan begitu Anda bisa berenang lebih bebas dan nyaman.

Untuk menghindari cidera, penting sekali untuk melakukan pemanasan sebelum berenang. Anda bisa melakukan gerakan ringan untuk meregangkan otot tubuh agar tidak mengalami kram. Dengan melakukan pemanasan, manfaat olahraga renang juga akan lebih maksimal.

Untuk menghindari risiko dehidrasi dan kelelahan selama berenang, ada baiknya sediakan dan konsumsi air minum di sela-sela berenang. Dengan cara ini, kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi meskipun Anda berenang dalam waktu yang cukup lama.

Setelah selesai berenang, jangan langsung pergi meninggalkan kolam renang dan melakukan aktivitas lainnya. Akan tetapi selalu usahakan untuk menutup sesi olahraga renang dengan pendinginan. Hal ini untuk membuat otot kembali rileks setelah berenang.

Manfaat olahraga renang akan lebih maksimal jika dilakukan secara rutin dan teratur. Anda bisa berenang setidaknya 3 kali dalam seminggu jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari olahraga yang dilakukan.

Macam-macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Olahraga renang memiliki banyak jenis dan gaya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Setiap jenis gaya, memiliki manfaat masing-masing. Di antaranya seperti berikut ini :

1. Gaya Dada atau Katak

Gaya dada atau katak merupakan jenis gaya renang yang paling sering digunakan. Gaya ini dilakukan pada posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air kemudian dikombinasikan dengan gerakan kaki dan tangan.

Baca Juga : Memahami Waktu Olahraga yang Baik Sesuai Aktivitas Anda

Gaya dada disebut juga dengan gaya katak karena gerakannya mirip katak yang tengah berenang. Gaya ini memiliki berbagai manfaat olahraga renang di antaranya seperti menghilangkan stress, menjaga kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan.

2. Gaya Bebas

Gaya bebas merupakan teknik berenang dengan gerakan menelungkupkan badan di mana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air. Saat melakukan gaya ini, pastikan wajah dan pAndangan mata tetap ke depan.

Teknik renang dengan gaya bebas ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaatnya antara lain seperti menambah tinggi, melatih masa otot, dan memperkuat pernapasan jika dilakukan dengan benar dan secara rutin.

3. Gaya Punggung

Gaya punggung merupakan teknik berenang yang merupakan kebalikan dari gaya bebas. Gaya berenang ini dilakukan dengan posisi punggung menghadap ke air atau posisi tubuh telentang. Cara ini bisa Anda lakukan saat ingin berenang dengan santai.

Manfaat olahraga renang dengan gaya punggung bisa membuat tubuh menjadi lebih lentur. Hal ini karena semua anggota tubuh bergerak saat Anda berenang dengan gaya tersebut. Di bandingkan dengan gaya bebas, berenang dengan gaya punggung lebih mudah bernapas.

4. Gaya Kupu-kupu

Seperti namanya, gaya kupu-kupu merupakan teknik berenang dengan mengepakkan kedua sayap layaknya kupu-kupu yang tengah terbang. Gerakan ini sebenarnya salah satu jenis gaya yang cukup sulit dilakukan akan tetapi memiliki banyak manfaat.

Berenang dengan gaya kupu-kupu memiliki banyak manfaat salah satunya adalah bisa membuat tubuh menjadi lebih langsing karena mampu membakar 150 kalori dalam 10 menit. Tidak hanya itu gaya ini juga bermanfaat untuk melatih otot lengan agar lebih kencang.

Berenang memiliki banyak manfaat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Akan tetapi jika ingin manfaat berenang bisa maksimal, pastikan lakukan dengan benar dan secara teratur. Dengan begitu berbagai manfaat olahraga renang akan bisa Anda rasakan untuk kesehatan tubuh.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts