Pahami Yuk, 9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga! Jangan Sampai Salah

manfaat pemanasan sebelum olahraga

Berbicara mengenai olahraga, apa hal  pertama yang terlintas dipikiran? Mungkin akan banyak orang yang menjawab sehat. Itu kenapa beberapa orang hanya fokus pada olah fisik tersebut. Tanpa melihat detail olahraga yang sebenarnya, sehingga sangat wajar jika penjelasan mengenai manfaat pemanasan sebelum olahraga diperlukan.  Pemanasan atau stretching biasanya sering dilakukan sebelum memulai melakukan gerakan tubuh yang membutuhkan kekuatan ekstra. 

Bukan hanya menjadi awal dari olahraga, pemanasan juga penting dilakukan oleh beberapa penyanyi dan dancer yang memang menggunakan tarian di atas panggung. Secara lebih detail, stretching dilakukan untuk menghasilkan kesiapan tubuh. Gerakan yang terbilang cukup sederhana, tidak membuat orang melakukannya dengan baik. Kebanyakan orang menganggap sepele pemanasan tersebut, sehingga seragakan yang dilakukan asal-asalan. 

Padahal, pemanasan mempunyai peran penting bagi Anda yang memang melakukan berbagai aktivitas fisik. Hal lain yang juga mendukung pemanasan adalah mengurangi resiko cedera. Gerakan pada stretching setidaknya, mempersiapkan otot untuk siap melakukan berbagai gerakan lagi yang akan dilakukan. Jadi, bukan hal aneh ketika dikatakan bahwa pemanasan sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. 

Deretan Manfaat Pemanasan Bagi Tubuh

Beberapa ahli menjelaskan, bahwa olahraga mempunyai dampak 30% bagi kesehatan tubuh. Sisanya yang 70% diisi oleh kemampuan Anda dalam memilih jenis makanan yang sehat. Dilihat dari persentasenya yang terbilang sedikit, bukan berarti Anda tidak melakukan olahraga sama sekali. Pasalnya, olah fisik menjadi hal krusial bagi manusia untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menghalau penyakit yang menyerang. Selain itu, olahraga juga dianggap sebagai cara termudah untuk menghilangkan stres. 

Tidak mengherankan jika kemudian, salah satu obat paling ampuh untuk tampil awet muda adalah olahraga. Setelah memahami tingkat krusial dari aktivitas tersebut. berikutnya Anda perlu memahami step dari olahraga. Jangan sampai asal berlari 1 km, tanpa mengetahui tahapan yang mesti dilakukan. Dari sekian banyak aspek yang mesti dipersiapkan, pemanasan menjadi kunci olahraga yang paling penting. Langsung saja, berikut penjelasan terkait manfaat pemanasan sebelum olahraga:

manfaat pemanasan sebelum olahraga - menjaga kelenturan tubuh

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang pertama adalah meningkatkan kelenturan tubuh. Teorinya menjadi berhubungkan, sebab tubuh yang kaku akan menimbulkan rasa nyeri saat melakukan olahraga. Apalagi, ketika Anda melakukan gerakan dengan ritme tinggi. Hal-hal semacam ini yang biasanya, menimbulkan kesalahan ataupun cedera yang membahayakan. Sampai disini, diharapkan Anda tidak perlu lagi malas untuk melakukan pemanasan. Setidaknya, pastikan otot tubuh melentur agar mampu menjalankan semua gerakan olahraga yang diperlukan. 

(Baca Juga: Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Pandemi Bersama Keluarga)

Melancarkan pernafasan

manfaat pemanasan sebelum olahraga - melancarkan pernafasan

Selanjutnya, pemanasan juga baik untuk mengatur pernafasan. Jika diperhatikan dengan baik, hampir semua gerakan pemanasan bertumpu pada pengaturan pernafasan. Nah, hal yang kurang tepat dilakukan adalah pemula yang melakukan olahraga berat secara langsung. Padahal, olahraga cukup dilakukan bertahap. Selain itu, Anda juga perlu memastikan pernafasan berjalan dengan benar. Jangan sampai karena terlalu memaksakan diri, Anda malah sesak nafas dan sulit melanjutkan olahraga.

Menghindari stres

manfaat pemanasan sebelum olahraga - menghindari stres

Para ahli telah menjelaskan, bahwa olah fisik menjadi alternatif paling mudah untuk melatih mental yang sehat. Sumber lain menyebutkan, menambah waktu pemanasan lebih lama meningkatkan mood seseorang dalam berolahraga. Disini, Anda akan mulai rileks dan menikmati kegiatan tersebut dengan hati yang lebih senang. Cara sederhana ini tentu perlu dimaksimalkan dengan baik, sebab olahraga mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik dan mental Anda. 

manfaat pemanasan sebelum olahraga - menurunkan resiko cedera

Manfaat pemanasan sebelum olahraga yang perlu dipahami adalah mengurangi resiko cedera. Hal ini terjadi karena pemanasan membentuk memenuhi nutrisi lebih besar ke otot. Kemampuan tersebut otomatis, membantu tubuh mengurangi rasa nyeri saat melakukan gerakan olahraga yang cukup berat. Stretching bertambah penting, sebab gerakan ini akan mengurangi serta membantu menyembuhkan saat terjadi cedera otot. Pada intinya, olahraga mesti dilakukan dengan langkah tepat untuk menghasilkan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Menstabilkan fungsi jantung

manfaat pemanasan sebelum olahraga - menstabilkan fungsi jantung

Irama detak jantung yang berlebih, saat berolahraga mesti diperhatikan dengan benar. Pasalnya, detak jantung yang terlalu cepat, ketika olahraga akan menimbulkan beberapa efek kurang baik bagi tubuh. Nah, untuk mengurangi risiko tersebut. Biasanya, para atlet diharuskan untuk melakukan pemanasan secara maksimal. Hal itu dikarenakan manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah menstabilkan detak jantung. Sekali lagi, lakukan setiap gerakan dengan benar karena kesalahan olahraga biasanya disebabkan oleh seseorang itu sendiri. 

Peningkat stamina

manfaat pemanasan sebelum olahraga - meningkatkan stamina

Pemanasan menjadi gerakan yang paling ampuh untuk mengendorkan otot serta tendon. Efek dari kemampuan itu, berdampak pada pengurangan kelelahan otot dan memperbaiki aliran darah dalam tubuh. Misalnya saja, bagi Anda yang ingin meningkatkan ritme olahraga. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah pemanasan karena gerakan ini, bakal membantu Anda dalam menjaga kebugaran. Poin yang pasti terjadi adalah Anda tidak akan merasa kelelahan yang berlebih, sebab aliran oksigen akan berjalan dengan baik melalui darah. Bukankah Anda memahami pentingnya hal itu dalam olahraga? Jika iya, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. 

Membantu sirkulasi darah

manfaat pemanasan sebelum olahraga - membantu sirkulasi darah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah membantu oksigen mengalir dengan baik melalui darah. Selain itu, meningkatkan aliran darah ke otot. Hal ini memberi efek positif untuk tubuh, sebab aliran darah yang lancar akan mengurangi risiko nyeri saat olahraga. Bahkan manfaat yang dihasilkan oleh gerakan pemanasan lebih kompleks karena terhubung pada jantung dan tekanan darah itu sendiri. Maka dari itu, sudah saatnya Anda mulai mempraktikan pemanasan dengan benar. 

(Baca Juga: Memaksimalkan Manfaat Olahraga Di Pagi Hari Yuk!)

Berkurangnya rasa sakit

manfaat pemanasan sebelum olahraga - mengurangi rasa sakit

Aspek lain yang tidak kalah penting lainnya adalah manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah untuk mengurangi rasa sakit. Jika diperhatikan lebih detail, fungsi pemanasan yang satu ini masih terkait dengan poin-poin sebelumnya. Pasalnya, fokus yang dihasilkan disini adalah kemampuan atau kesiapan otot untuk berolahraga. Apabila otot mulai kendur, maka secara bersamaan tubuh akan semakin mudah melakukan berbagai gerakan fisik. Selain itu, hal tersebut terjadi karena ditunjang oleh peningkatan aliran darah yang memenuhi pasokan ke otot. Secara tidak langsung, aktivitas tersebutlah yang akan berperan dalam mengurangi rasa sakit saat olahraga. 

manfaat pemanasan sebelum olahraga - menurunkan kolesterol

Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang terjadi pada aliran darah yang membuat penderitanya cukup kewalahan. Pasalnya, dampak tertinggi dari kolesterol mampu menyerang jantung dan struk. Sedangkan bentuk dari kolesterol sendiri adalah lemak jahat yang menghambat peredaran darah ke tubuh. Biasanya, dokter akan menyarankan pasien untuk diet sehat dan olahraga. Nah, hubungan kolesterol dengan pemanasan cukup penting karena secara tidak langsung, manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah menstabilkan detak jantung. Selain itu, gerakan pemanasan juga mempunyai efek baik karena dalam mencegah pengerasan pembuluh arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Jadi, lakukan olahraga secara rutin dan pilih konsumsi sehat untuk kesehatan tubuh itu sangat penting.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts