10 Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah – Pandemi Covid-19 menyebabkan aktivitas masyarakat menjadi terganggu,termasuk olahraga. Sebagian masyarakat yang gemar berolahraga di luar rumah, kini harus menyiasati untuk tetap membakar kalori meskipun hanya di rumah saja. Olahraga harus tetap dilakukan guna menjaga ketahanan tubuh supaya terhindar dari serangan berbagai penyakit. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengisi waktu luang, hal ini juga membuat kesehatanmu lebih terjaga. Olahraga bisa meningkatkan imunitas yang sangat berguna untuk melindungi tubuh dari virus corona. 

Berbagai macam olahraga sederhana dapat kamu lakukan di rumah dan merupakan kegiatan yang memberikan manfaat besar untuk tubuh. Menjaga kesehatan dengan tetap berolahraga secara teratur tetap bisa kamu lakukan meskipun sedang dalam masa karantina mandiri seperti sekarang ini. Dan berikut adalah beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah

 

Berikut Olahraga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah:

 1. Push Up

Push Up

Olaharaga yang bisa kamu lakukan di rumah  yang petama adalah Push Up. Push up adalah gerakan yang sudah dikenal oleh orang banyak. Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan stamina, membakar kalori, membangun kekuatan tubuh, serta meningkatkan kebaikan mental. Cara melakukannya dengan cara berbaring di lantai dan kamu bisa meletakan telapak tangan di samping dadamu. Tekuk siku kamu sedikit, lalu dorong tubuh kamu ke atas hingga lengan kamu lurus, lalu perlahan turunkan tubuh kamu kembali.

(Baca Juga: Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung)

 

2. Naik Turun Tangga

Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah Selama Masa Pandemi

Naik turun tangga dapat menjadi pilihan olahraga untuk kamu yang bosan selama menjalani masa karantina mandiri di rumah. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali sesuai dengan kemauan kamu. Kamu bisa melakukan hal ini selama 15-20 menit setiap harinya. Dengan melakukan olahraga ini  secara rutin, kamu bisa mendapatkan tubuh yang sehat karena naik turun tangga bisa membakar kalori dengan sangat efektif.

 

3. Superman Atau Superwoman

Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah Selama Masa Pandemi

Gerakan ini sangat mudah untuk dilakukan siapapun, termasuk untuk kamu yang mempunyai riwayat sakit punggung bagian bawah. Kareba kegiatan selama social distasncing kamu terlalu banyak duduk, gerakan ini dapat membantu kamu untuk memperkuat punggung bagian atas dan bawah. Kamu hanya perlu berbaring di matras atau lantai dengan kaki dan tangan terlentang di depan kamu. Lalu kamu bisa mengangkat kedua lengan dan kaki kamu secara bersamaan setinggi mungkin. Istirahat sebentar, lalu turunkan dan ulangi dengan lengan dan kaki yang berlawanan. Jika gerakan ini sudah kamu rasa ringan, coba untuk mengangkat kedua lengan dan kaki kamu secara bersamaan.

 

4. Hula Hoop

Hula Hoop

 Hula Hoop yang identik dengan permainan anak-anak juga dapat menjadi alternatif olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah. Bahkan, dengan itu kamu bisa melakukan kegiatan ini bersama anak-anak. Sehingga kegiatan ini akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Walau terlihat sederhana, ternyata Hula Hoop memiliki efek yang sangat luar biasa. Hula Hoop memiliki manfaat membentuk pinggul yang indah bagi wanita. Selain itu, bagi pria olahraga sederhana ini dapat memperkuat stamina bagian bawah tubuh.

 

5. Jumping Jack

Jumping Jack

Olaharaga yang bisa kamu lakukan di rumah  selanjutnya adalah Jumping Jack. Jumping Jack merupakan gerakan kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Gerakan ini bisa membuat kondisi jantung dan ototmu lebih kuat ,dan sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Gerakan ini banyak mengandalkan lompatan yang bisa membantu membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik. Gerakan ini juga mampu meminimalisir stres akibat aktivitas yang hanya dilakukan di rumah. 

 

6. Yoga

Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah Selama Masa Pandemi

Melakukan yoga merupakan salah satu solusi untuk sehat. Kamu bisa melakukan beberapa gerakan sederhana seperti tree pose, cat-cow, dan mountain pose. Salah satu penelitian mengatakan bahwa kita setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga yang mudah. Kamu juga bisa mengajak anak untuk mengikuti yoga dengan mudah, walaupun tidak sempurna. Hal ini bisa menjadi kebahagiaan tersendiri menjalani kegiatan bersama dengan buah hati. 

 

7. Jogging

Jogging

Jogging atau berlari bukan hanya bisa dilakukan di luar rumah. Kamu bisa melakukan jogging atau lari di dalam rumah menggunakan treadmill. Jogging merupakan kegiatan yang sangat mudah untuk dilakukan karena hanya diperlukan kekuatan otot kaki. Manfaat dari jogging sendiri adalah memperkuat kekebalan tubuh serta melenturkan otot-otot yang tegang karena kurang olahraga. Jika tidak mempunyai treadmill, kamu bisa melakukannya di sekitar rumah atau hanya mengelilingi komplek tanpa perlu ke pusat olahraga yang ramai. 

 

8. Plank

Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah Selama Masa Pandemi

Gerakan yang sangat mudah di lakukan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Jika kamu melakukannya dengan rutin, gerakan ini bisa membantu meregangkan otot-otot kaki. Gerakan ini sendiri juga bisa menambah tinggi badan, meningkatkan definisi otot,serta membantu mengurangi sakit punggung.

 

9. Peregangan Kobra

Peregangan Kobra

Olaharaga yang bisa kamu lakukan di rumah yang terakhir adalah Squat. Gerakan yang mirip dengan ular kobra ini sangat bermanfaat untuk berbagai macam penyakit. Peregangan ular cobra ini bisa mengurangi stres pada otot punggung dan tulang belakang. Untuk melakukannya kamu hanya perlu tengkurap dengan kaki lurus dan kedua tangan berada di samping bahu. Kemudian kamu tarik tubuh bagian atas hingga lengan lurus menopang tubuh dan kedua kaki tetap dalam posisi lurus di lantai. 

(Baca Juga: 7 Cara Membuat Budgeting Pribadi Secara Praktis Dan Mudah)

 

10. Squat

Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah Selama Masa Pandemi

Dengan melakukan gerakan ini bisa membantu otot dan persendian bawah menjadi lebih baik, sehingga bisa menambah tinggi badan kamu. Gerakan dasar ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu cukup berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu, lalu kamu turunkan badan secara perlahan dengan menggunakan otot perut.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk olaharaga yang bisa kamu lakukan di rumah? Kamu bisa mencobanya dirumah dan kesehatan kamu akan terjaga jika kamu rutin melakukan olahraga. Tetap pakai masker dan jaga jarak ya. Dan buat kamu yang ingin mencari referensi tentang finansial kamu bisa mengunjungi https://brunoretailleau.net/

Stay Safe!

Total
7
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts