Ultimate Frisbee, Olahraga Ekstrim Seru Wajib Dicoba

olahraga ekstrim seru

Ultimate frisbee adalah salah satu olahraga ekstrim seru yang sekarang memiliki banyak penggemar di dunia. jika sebelumnya Anda sudah mengenal permainan frisbee, maka ultimate ini memiliki beberapa perbedaan.

Biasanya memang frisbee dimainkan bersama keluarga dengan suasana santai. Cakram yang dilempar kemudian ditangkap pemain lain. Memang sangat menyenangkan sekali dimainkan bersama teman dan keluarga.

Namun jika berbicara dengan ultimate frisbee, lebih baik Anda mempersiapkan tubuh terlebih dahulu. Ini adalah jenis olahraga ekstrim dimana kontak fisik tidak dapat dihindarkan oleh pemainnya.

Memang sebagai salah satu jenis permainan ekstrem, ultimate memerlukan banyak jumlah pemain. Peraturan yang berlaku juga sangat ketat untuk menjaga keselamatan pemainnya dari terjadinya cedera.

Di Indonesia sendiri popularitas dari permainan tersebut memang belum terlalu besar. Hal tersebut karena kebiasaan bermain frisbee kurang terlalu populer disini. Namun di negara lain popularitas dari ultimate frisbee memang cukup meroket.

Bahkan kompetisi internasional sering digelar dengan total hadiah besar. Apabila Anda tertarik untuk mengenal lebih dalam tentang olahraga ini maka akan dibahas secara total. Jadi jika ada teman yang mengajak bermain Anda sudah mengerti.

Perlu disadari bahwa adanya olahraga ekstrim seperti ini tidak lepas dari hobi biasa. Sejarah ditemukannya jenis tersebut juga banyak perdebatan siapa yang pertama mengawalinya. Jadi akan dicantumkan sumber yang sudah dibukukan.

Sejarah Olahraga Ekstrim Seru, Ultimate Frisbee

Permainan ini lebih dikenal dengan nama ultimate. Karena memang memerlukan kondisi tubuh yang ultimate dalam memainkannya. Seseorang dituntut memiliki kelincahan tinggi agar sukses menjadi atlet di cabangnya.

Awal ditemukannya ultimate menurut catatan sejarah adalah di tahun 1968. Pada awal perkembangannya tidak ada wasit untuk mengatur jalannya permainan. Aturan yang dibuat juga sangat fleksibel.

Memang terbentuknya permainan ini awalnya mengandalkan sifat sportif dari para atletnya. Jadi penggunaan wasit dan hakim garis sebisa mungkin dihindari. Selama dua dekade olahraga tersebut mengalami beberapa perubahan.

Mulai dari penyesuaian aturan permainan, hingga perubahan ukuran lapangan. Pada era perkembangan di tahun 1968 peraturan dasar masih sama dengan american footbal. Penentuan poin juga tidak jauh berbeda.

Namun banyaknya pemain cedera di olahraga ekstrim seru tersebut memaksa federasi menerapkan peraturan lebih ketat. Pada tahun 1980 wasit lapangan dan hakim garis digunakan.

(Baca Juga: Mengenal Yoga, Trend Gaya Hidup Modern Bagi Masyarakat Perkotaan)

Kontak fisik antar pemain juga diminimalisir agar cedera dapat dikurangi. Kecepatan dalam bermain meningkat dengan adanya aturan baru ini. Kecepatan dan keakuratan lebih diutamakan daripada kekuatan fisik.

Mulai tahun tersebut jumlah atlet cedera di setiap pertandingan perlahan menurun. Jumlah atlet dan peminta juga meningkat karena standar keamanan sudah diperbarui. Jadi atlet muda mulai muncul dan mencoba game ekstrem ini.

Di eropa sendiri ultimate masuk dalam kategori olahraga ekstrim. Aturan yang dipakai juga mengacu pada federasi ultimate amerika. Jadi di akhir tahun 1990 peraturan dari permainan sudah paten di seluruh dunia.

Kompetisi antar negara juga rutin digelar setiap tahun. Banyak negara berpartisipasi dalam kompetisi internasional. Di olimpiade sendiri rencananya ultimate akan masuk kategori khusus pada tahun 2024.

Sarana dan Prasarana Wajib Olahraga Ekstrim Seru Ultimate

Terdapat sarana dan prasarana wajib ketika menyelenggarakan olahraga ini. Berikut ini adalah rincian perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan ultimat. Standar yang diikuti sesuai dengan asosiasi ultimate amerika.

Lapangan

olahraga ekstrim seru - lapangan

Panjang lapangan dari ultimate adalah 100 meter dengan rincian, 64 meter panjang field zone, dan 2 kali 23 meter end zone dari setiap tim. Lebar lapangan sendiri sepanjang 37 meter.

Terdapat garis yang memisahkan antara playing field dan end zone agar pemain mudah mengidentifikasi arena permainan. Di tepi lapangan juga terdapat garis batas dan hakim garis untuk menjaga.

Disc

 olahraga ekstrim seru - Disc

Piringan atau disc yang digunakan memiliki ukuran diameter 10.77 inch. Sedangkan berat dari cakram sebesar 175 gram. Cakram ini akan dibawa pemain menuju end zone agar mendapatkan poin.

Menurut peraturan baru, cakram yang sudah berhasil tertangkap seorang pemain tidak boleh direbut. Jadi kontak fisik ketika cakram sudah berhasil tertangkap tidak diperbolehkan untuk memitigasi cedera.

Pemain

olahraga ekstrim seru - pemain

Jumlah pemain menurut regulasi berjumlah 7 orang dalam satu tim di dalam lapangan. Masing-masing tim boleh menurunkan pemain dengan jumlah kurang dari standar tersebut, tentu saja akan lebih sulit.

Pergantian pemain tidak dibatasi, namun hanya dapat dilakukan setiap terjadinya perubahan skor. Jika ada pemain cedera di tengah pertandingan tidak bisa langsung diganti dan menunggu perubahan skor.

Memang olahraga ini tidak memerlukan terlalu banyak persiapan. Jika bermain bersama teman seperti biasa setidaknya setiap tim terdiri dari dua orang pemain. Jadi cukup mudah untuk dimainkan kapan saja.

Cara Mendapat Poin di Olahraga Ekstrim Seru Ultimate

olahraga ekstrim seru - cara mendapatkan poin

Masing-masing tim tentu saja memiliki tujuan mencetak poin terbesar. Menurut peraturan skor kemenangan dapat dibatasi 7, 10, hingga 15 poin. Jadi tim yang pertama kali berhasil mencetak skor tersebut dinyatakan sebagai pemenang.

Cara mendapatkan poin dalam permainan ini cukup mudah. Lakukan lemparan cakram secara akurat agar rekan satu tim bisa menangkapnya di end zone milik lawan. Tim lawan dapat menangkap cakram di end zone miliknya sendiri dan tidak berbuah poin.

Memang terdengar mudah, hanya dengan melempar secara akurat saja seseorang bisa memperoleh angka. Namun perlu diingat, durasi maksimal memegang cakram adalah 10 detik.

Apabila pemain memegang cakram lebih lama dari 10 detik akan dikenakan pinalti. Kemudian tim lawan berhak mendapatkan cakram tersebut di posisi terakhir. Jadi olahraga ekstrim seru ini menuntut kecepatan dari pemainnya.

Untuk mencegah terciptanya angka, tim bertahan boleh melakukan berbagai macam gangguan seperti bermain basket. Namun tidak diperbolehkan melakukan kontak fisik pada pemain yang memegang disc tersebut.

Peraturan ini memang baru diaplikasikan pada tahun 1980 karena terlalu banyak pemain cedera jika kontak fisik terhadap pemegang diperbolehkan. Jadi ultimate modern tetap keras, namun tidak pada pemegang disc.

(Baca Juga: Jenis – Jenis Olahraga Meninggikan Badan yang Sangat Ampuh)

Strategi Serangan Ultimate, Olahraga Ekstrim Seru

Meta yang berjalan pada kompetisi modern adalah adu kecepatan dan akurasi lemparan. Seorang pelempar profesional dapat secara akurat menargetkan dari titik pertahanan hingga area end zone lawan.

Strategi serangan dari setiap tim tentu saja bervariasi. Secara garis besar pola serangan dibagi menjadi tiga yaitu pola serangan sayap, tengah, dan short passing. Ketiga strategi tersebut tentu saja membutuhkan komposisi pemain berbeda.

Untuk strategi serangan sayap dibutuhkan pelempar bagus di sektor belakang dan penangkap gesit dalam permainan olahraga ekstrim seru ini. Strategi ini terdengar mudah namun paling sulit diaplikasikan.

Pola serangan tengah tidak membutuhkan lemparan terlalu akurat karena target serangan ada di dua titik. Pelempar pertama memberikan disc di sektor tengah playing field, receiver harus segera menangkapnya dan kembali melempar ke sektor end zone lawan.

Tipe strategi ini paling umum diterapkan tim pemula karena tidak memerlukan keakuratan dan kecepatan tinggi. Jadi bagi tim pemula strategi tersebut dapat diaplikasikan lebih mudah dibandingkan serangan sayap.

Strategi olahraga ekstrim baru yang sekarang populer adalah short passing. Dalam satu serangan passing dapat dilakukan berkali-kali. Mengandalkan lemparan pendek dan receiver cepat strategi tersebut sangat efektif.

Dibutuhkan kecepatan lari dan keakuratan lemparan jarak pendek jika ingin menerapkan strategi ini. Namun peluang serangan berhasil terblokir oleh lawan cukup besar karena jarak lemparan terlalu pendek.

Strategi Bertahan Ultimate, Olahraga Ekstrim Seru

 

Strategi pertahanan dalam olahraga ini lebih kompleks dan bervariasi. Pertahanan pertama dalam permainan adalah pull. Ini dilakukan saat awal permainan dan melempar cakram selama mungkin di udara.

Tujuannya adalah agar barisan pertahanan siap dengan posisi masing masing. Pull juga mampu dijadikan sebagai serangan cepat jika memiliki pelempar bagus. Strategi ini masuk dalam kategori teknik profesional.

Strategi pertahanan kedua adalah force, tujuannya adalah memaksa pelempar lawan untuk melemparkan cakram ke arah yang diinginkan. Teknik ini akan sangat efisien jika memiliki pemain bertahan dengan postur besar.

Man to man atau marking adalah strategi paling simpel dalam olahraga ini. Setiap pemain bertahan memiliki tugas untuk menjaga satu lawan. Jadi pertahanan dengan pola ini tergolong aman dan merata.

Kemudian ada strategi poaching yaitu dengan sengaja mengosongkan sektor tertentu agar lawan melempar ke arah tersebut. Saat lemparan sesuai prediksi maka pemain bertahan akan langsung berlari masuk sektor tersebut.

Memang strategi poaching cukup berbahaya dilakukan dan membutuhkan atlet cepat. Kemampuan melompat tinggi juga dibutuhkan karena dalam strategi poaching pertarungan udara akan sering terjadi.

Ketika tim lawan memiliki penyerang dengan kecepatan tinggi pertahanan cup biasanya dilakukan. Strategi ini mengandalkan tiga orang pemain sekaligus untuk mengepung pelari potensial dari tim lawan.

Akibatnya ruang gerak dari pelari tersebut dapat dibatasi secara lebih efektif. Biasanya taktik seperti ini dilakukan ketika tim lawan menggunakan pola serangan sayap jadi pencegahan poin akan mudah dilakukan.

Berbagai informasi tersebut sudah cukup digunakan untuk mulai bermain ultimate frisbee. Bagi Anda yang berminat mencoba olahraga ekstrim seru tersebut dapat segera mencobanya bersama teman.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts