Mengenal Olahraga Kardio, Jenis-jenis dan Manfaatnya

olahraga kardio

Olahraga kardio menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Melakukan kegiatan tubuh berupa olahraga memang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. 

Apalagi untuk Anda yang jarang beraktivitas fisik, dengan melakukan olahraga ini bisa memberikan kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan bisa dilakukan dengan mudah dimanapun dalam waktu singkat juga bisa.

Teruntuk Anda yang sangat sibuk, meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas ini sangatlah membantu kebugaran tubuh Anda. Olahraga memang dikenal sebagai kegiatan yang dapat membantu membakar lemak dan kalori.

Tidak hanya itu, berolahraga juga akan membantu Anda bisa merasakan tubuh yang lebih fit sehingga bersemangat dalam beraktivitas. Dengan berolahraga Anda bisa memberikan kesempatan organ tubuh untuk tetap sehat.

Berbagai jenis olahraga bisa Anda coba lakukan untuk sehari-hari. Salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat dan bisa dilakukan dengan mudah baik menggunakan alat atau tidak adalah latihan kardio.

Mengenal Olahraga Kardio yang Menyehatkan Tubuh

olahraga kardio - jogging

Kegiatan kardio juga disebut dengan aerobik. Jenis olahraga ini merupakan aktivitas tubuh yang bisa memicu detak jantung dan memompa darah dengan lebih cepat sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik.

Tentunya sudah diketahui bahwa otot memerlukan gerak dan dilatih agar tetap dalam keadaan sehat dan kuat. Misalkan bisa melakukan kegiatan push up secara rutin agar otot tubuh dapat terlatih.

Sama halnya dengan trisep dan otot dada, jantung merupakan otot yang memerlukan olahraga agar tetap kuat. Kardio atau cardio merupakan singkatan dari Cardiovascular yang berhubungan dengan jantung serta pembuluh darah.

Latihan kegiatan kardio yang bisa Anda lakukan secara rutin akan membantu organ tubuh secara keseluruhan terasa lebih segar. Hal ini dikarenakan sistem cardiovascular mempengaruhi bagian otot lainnya.

Jika sistem kardiovaskular dalam keadaan kuat, berarti distribusi oksigen di dalam tubuh akan semakin lancar juga. Hal ini membantu sel untuk membakar lebih banyak lemak saat melakukan olahraga ataupun bersantai.

Latihan kardio menjadi jenis latihan yang menggerakkan otot besar di dalam tubuh untuk berlatih dalam beberapa waktu. Bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung menjadi lebih tinggi 50 persen dari biasanya.

(Baca Juga: Jenis – Jenis Olahraga Meninggikan Badan yang Sangat Ampuh)

Jenis-jenis Olahraga Kardio tanpa Alat Olahraga

olahraga kardio - zumba

Berbagai jenis kardio dapat dilakukan dengan mudah tanpa memerlukan alat olahraga. Jenis olahraga ini diantaranya adalah berikut ini: 

Lompat tali

Lompat tali menjadi latihan kardio yang bisa dilakukan dengan sangat murah. Hal ini dikarenakan Anda bisa melakukan lompat tali dimanapun, seperti di rumah, tempat gym ataupun saat traveling. Hanya melakukannya dalam 20 menit, Anda sudah bisa membakar sebanyak 220 kalori.

Anda bisa melakukannya dengan melakukan gerakan lompat tali selama 10-30 detik dan beristirahat selama 10 detik. Kemudian, gerakan ini dilakukan sebanyak 10 kali atau lebih juga bisa.

Jogging

Jenis kedua yang bisa dilakukan dengan mudah ialah jogging. Tentunya jenis olahraga ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, bahkan bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di dalam ruangan.

Tentunya jogging memiliki perbedaan dengan lari. Bisa dilihat dari gerakan yang dilakukan lebih sedikit terjadinya tekanan sehingga cocok untuk Anda yang sering mengalami permasalahan di bagian lutut.

Olahraga tangga

Rekomendasi olahraga kardio ketiga yang bisa dilakukan ialah olahraga tangga. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan oleh Anda yang memiliki lemak berlebih di bagian paha, meskipun membutuhkan cukup energi untuk melakukannya.

Zumba

Zumba menjadi olahraga keempat yang bisa dicoba. Konsep kegiatan ini yang menyenangkan menjadi populer di kalangan wanita ataupun pria. Kegiatan ini bisa dilakukan selama 60 sampai 90 menit.

HIT

HIT atau High Intensity Interval Training juga bisa dilakukan untuk membakar lemak tubuh. HIT dapat membantu dalam memaksimalkan pembakaran lemak dan bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Jenis-jenis Olahraga Kardio dengan Alat Olahraga

olahraga kardio - Treadmill

Jika sebelumnya membahas kegiatan kardio tanpa alat, maka olahraga ini juga bisa dilakukan menggunakan alat olahraga. 

Treadmill

Jenis pertama ialah treadmill yang merupakan olahraga tradisional paling sering digunakan. Mesin olahraga ini bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan, mengencangkan tubuh bahkan meningkatkan kapasitas kardiovaskular. Paling ampuh digunakan untuk membakar kalori pada kemiringan 2-3 persen.

Sepeda Statis

Jenis kedua yang bisa dilakukan ialah sepeda statis. Cara penggunaannya layaknya sepeda pada umumnya, tetapi Anda bisa mengatur intensitas olahraga yang dilakukan sehingga lebih susah dari sepeda biasa.

Rowing

Jenis alat olahraga kardio ialah rowing digunakan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Alat ini mampu membantu Anda membakar kalori mencapai 840 kalori per jamnya dengan mengkoordinasikan antara kaki dan tangan.

Elliptical

Elliptical juga bisa membantu Anda dalam melakukan kegiatan kardio. Terutama bagi Anda yang bermasalah di bagian lutut dan pinggang, maka mencoba alat olahraga aerobik ini sangat dianjurkan.

Tidak hanya itu, elliptical juga dapat membantu melatih tubuh bagian atas dan bawah melalui pegangan tuas. Anda bisa mengatur resistance atau beban melalui layar elliptical dengan sangat mudah.

Kettlebell

Jenis terakhir yang direkomendasikan adalah kettlebell. Jenis olahraga ini bisa dilakukan dengan mudah karena tidak memerlukan ruangan besar. Berat pada kettlebell membantu membentuk otot tubuh.

Berbagai gerakan bisa dilakukan menggunakan kettlebell seperti swings, squats dan lunges. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa membakar kalori sebanyak 1200 hanya dalam waktu 20 menit.

(Baca Juga: Pahami Yuk, 9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga! Jangan Sampai Salah)

Olahraga yang Mudah Dilakukan di Rumah

olahraga kardio - Jumping Jacks

Berbagai jenis olahraga kardio juga bisa dilakukan dari rumah saja. Jenis pertama ialah burpee yang menggerakkan seluruh tubuh untuk membakar kalori. Olahraga ini bisa membakar 100 kalori dalam 10 menit.

Squat Jump

Kegiatan kardio yang mudah dilakukan lainnya yaitu squat jump. Squat jump berfungsi untuk melatih kekuatan otot, terutama pada bagian kaki. Olahraga ini memerlukan persendian yang kuat.

Kickboxing

Kickboxing bisa menjadi pilihan olahraga mudah dilakukan di rumah. Kegiatan ini bisa membakar lebih dari 100 kalori dalam waktu 10 menit. Kegiatannya berupa memukul, menendang dan kegiatan sejenis lainnya.

Jumping Jacks

Jumping jacks juga bisa Anda lakukan untuk kegiatan kardio. Gerakan ini bisa dilakukan berulang-ulang selama 10 menit dan mampu membakar 100 kalori. Jumping jacks juga bisa dilakukan tanpa memerlukan peralatan.

Jika Anda gemar menari, maka olahraga melalui gerakan tarian juga bisa membantu membangun otot tubuh. Jika Anda menginginkan kegiatan menari yang lebih terstruktur, maka dapat memanfaatkan tutorial.

Jika sebelumnya disebutkan kardio bisa dilakukan dengan jogging, maka Anda juga bisa melakukannya dengan jogging di tempat. Tentunya kegiatan kardio ini bisa dilakukan di rumah dengan lebih mudah.

Manfaat Olahraga Kardio yang Perlu Diketahui

olahraga kardio - manfaat kardio

Berbagai aktivitas kardio yang Anda lakukan tentunya memberi banyak manfaat. Berikut diantaranya: 

Manfaat olahraga kardio pertama ialah mampu menurunkan berat badan melalui pembakaran kalori yang terjadi saat beraktivitas.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat yang pasti didapatkan ialah mampu meningkatkan kesehatan jantung. Jantung juga tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah jika bisa melakukan kegiatan kardio secara rutin.

Meningkatkan metabolism tubuh

Manfaat ketiga dari olahraga kardio adalah mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Jika Anda berhasil melakukannya secara rutin, maka bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar karena metabolisme terjaga dengan baik.

Meningkatkan kapasitas paru-paru

Meningkatkan kapasitas paru-paru menjadi manfaat berikutnya. Kegiatan kardio juga membantu dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan. Usahakan pilih olahraga yang membuat Anda bersemangat agar bisa konsisten dalam melakukannya.

Mencegah beberapa penyakit

Melakukan kegiatan kardio juga membantu mencegah berbagai penyakit. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa dikurangi resikonya seperti serangan jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Menaikkan mood

Melakukan aktivitas kardio juga membantu dalam menaikkan mood. Hal ini dikarenakan Anda melepaskan hormon seperti hormon serotonin dan dopamin. Peningkatan hormon bisa meringankan gejala depresi, kecemasan dan kelelahan.

Membantu tidur lebih baik

Manfaat berikutnya yang bisa diperoleh ialah membantu waktu tidur menjadi lebih baik. Melakukan kegiatan kardio akan membuat Anda lebih mudah beristirahat sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.

Mengurangi tingkat stress

Bagi Anda yang sering mengalami stres, maka dengan melakukan kegiatan kardio mampu menguranginya. Anda tidak perlu melakukannya dalam durasi lama, meluangkan beberapa waktu akan mengurangi stres secara alami.

Memperkuat daya tahan tubuh

Kegiatan kardio akan memperkuat daya tahan tubuh. Jika kegiatan ini rutin dilakukan, dapat meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih menjadi komponen penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Berbagai jenis kegiatan kardio dapat membantu Anda dalam mengurangi berat badan, membakar kalori dan manfaat lainnya. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah menjadi manfaat utama olahraga kardio.

Total
7
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts