Jenis – Jenis Olahraga Meninggikan Badan yang Sangat Ampuh

Olahraga bukan hanya membuat kita jadi sehat, tetapi dapat juga membentuk tubuh semakin ideal. Olahraga meninggikan badan banyak diterapkan orang – orang untuk mendapatkan tubuh ideal tersebut. 

Tinggi badan memang ditentukan oleh gen manusia. Tetapi olahraga dan konsumsi makanan juga menjadi faktor penentunya. Makanya, anak – anak yang masih dalam tahap pertumbuhan disarankan agar rutin berolahraga. Sehingga tinggi badan mereka cepat bertambah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tinggi badan manusia masih bisa bertambah hingga usia 30 tahun. Hanya saja, setelah mencapai usia 21 tahun, pertumbuhan tersebut semakin melambat. Tidak secepat pertumbuhan pada masa remaja.

Di Indonesia tinggi badan ideal untuk lelaki dewasa adalah sekitar 168 cm. Sedangkan tinggi badan ideal untuk perempuan dewasa sekitar 159 cm. Jika tinggi badan Anda berada di angka tersebut, berarti sudah ideal bagi orang Indonesia. 

Jika usia Anda belum mencapai 30 tahun dan masih ingin menambah tinggi badan, maka bisa melakukannya dengan berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang efektif menambah pertumbuhan tulang. Pada artikel ini kami akan merangkumnya untuk Anda.

Jenis Olahraga Meninggikan Badan Paling Ampuh

Sebenarnya semua jenis olahraga baik untuk meninggikan badan. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa gerakan tertentu bisa mempercepat pertumbuhan. Jika sejak usia muda seorang anak melakukan olahraga tersebut, maka berat badannya pasti ideal.

Walaupun gen yang diwarisi bukan gen tubuh tinggi, tetapi dengan berolahraga, tinggi badan bisa melewati batas gen tersebut. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa Anda terapkan untuk meninggikan badan.

Berenang

olahraga meninggikan badan - berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat dianjurkan untuk menambah tinggi badan. Olahraga ini sangat tepat, karena bisa membuat tulang belakang semakin kokoh. Hampir semua jenis gerakan dalam renang baik untuk memperkuat tulang.

Ketika berenang otot pada tubuh seluruhnya akan bergerak. Selain itu, tubuh juga dituntut mengapung di atas air, dengan mempertahankan bentuk sempurna. Atlet renang umumnya memiliki bentuk tubuh bagus dan tinggi ideal karena hal tersebut.

Jadi jika Anda masih berada dalam masa pertumbuhan, usahakan agar rutin berenang. Sebisa mungkin lakukan sekali dalam satu minggu, atau jauh lebih baik jika melakukannya 3 kali dalam seminggu. Pertumbuhan tulang jadi semakin cepat dan baik.

Berenang juga baik untuk melatih pernapasan dan menyehatkan jantung. Olahraga meninggikan badan ini bisa Anda lakukan dirumah jika memiliki kolam renang pribadi. Rutin berenang juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. 

(Baca Juga: Pahami Yuk, 9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga! Jangan Sampai Salah)

Basket

olahraga meninggikan badan - basket

Selain berenang, basket juga menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan untuk meninggikan badan. Dalam permainan basket, hampir seluruh pergerakan olahraga dilakukan. Mulai dari berlari, melompat, melempar, dan lainnya.

Atlet basket pada umumnya memiliki tinggi di atas rata – rata. Bahkan tidak jarang juga tinggi pemain basket mencapai 2 meter atau lebih. Makanya banyak orang menyarankan jika ingin tinggi, maka harus rajin bermain basket.

Ketika Anda melakukan lompatan dan lemparan dalam basket, lempeng tulang akan berguncang. Hal ini membuat darah bisa mengalir secara efektif ke lempeng pertumbuhan tersebut, sehingga pertumbuhan tulang jadi terangsang.

Lompatan dan aktivitas lari yang sering dilakukan saat bermain basket, sangat cocok untuk mempercepat pertumbuhan tulang. Jadi wajar jika pemain basket memiliki tinggi di atas rata – rata, karena sejak kecil mereka sudah terbiasa berlari dan melompat. 

Pull Up

olahraga meninggikan badan - pull up

Olahraga meninggikan badan yang juga dianjurkan para ahli adalah pull up, atau sering juga disebut sebagai gelantungan. Dalam olahraga ini, Anda dituntut bergelantungan di pull up bar, lalu mengangkat badan mengandalkan otot tangan. 

Jika tidak terbiasa, mungkin Anda akan kewalahan melakukannya. Karena Anda harus mengangkat seluruh badan hanya dengan otot lengan. Tetapi semakin sering Anda melakukan pull up, maka olahraga ini terasa semakin ringan.

Pull Up sendiri juga dikenal sangat efektif merangsang pertumbuhan tulang, khususnya tulang punggung. Jika Anda setiap hari melakukan 20 pull up, pasti tinggi badan menjadi ideal. Olahraga ini juga baik untuk meningkatkan stamina tubuh.

Jika Anda tidak memiliki pull up bar, maka Anda tetap bisa melakukan pull up di atas pintu kamar. Jadi tidak perlu pergi ke tempat gym untuk melakukannya. Asalkan ada benda atau pohon yang bisa dijadikan tempat bergelantungan, maka Anda sudah bisa berolahraga di sana. 

Lompat Tali

olahraga meninggikan badan - lompat tali

Lompat tali merupakan olahraga yang tergolong ringan dan sederhana, karena Anda bisa melakukannya di mana saja. Olahraga ini juga tidak menuntut banyak biaya, karena yang Anda butuhkan hanyalah tali skipping yang nyaman digunakan. 

Lompat tali juga menjadi Olahraga meninggikan badan yang sangat dianjurkan. Sama halnya dengan basket, saat Anda melompati tali tersebut, lempeng tulang juga ikut terguncang. Guncangan ini membuat aliran darah semakin deras mengalir ke seluruh tubuh.

Saat melompat, otot – otot kaki juga ikut meregang dan berkontraksi, sehingga pertumbuhan pada tulang kaki semakin cepat. Olahraga lompat tali juga sangat menyenangkan, serta bisa dilakukan kapan saja.

Lompat tali bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang kurang suka dengan olahraga berat. Atau sebelum berolahraga berat, Anda bisa melakukan lompat tali sebagai pemanasan. Dengan demikian, hasil yang didapatkan bisa semakin efektif dan mempercepat pertumbuhan tulang. 

Bersepeda

olahraga meninggikan badan - bersepeda

Bagi Anda yang gemar berpetualang atau mencari olahraga yang menyegarkan pikiran, maka bersepeda merupakan pilihan paling tepat. Bersepeda juga merupakan Olahraga meninggikan badan yang sangat ampuh. Terbukti para atlet sepeda umumnya memiliki tinggi ideal.

Saat bersepeda, kaki dituntut bekerja keras mengayuh pedal sepeda tersebut. Hal ini membuat otot kaki dan paha mendapatkan asupan aliran darah yang sangat deras. Hal ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan tulang kaki.

Selain meregangkan otot kaki, kegiatan mengayuh pedal tersebut juga membuat pernapasan semakin lancar. Paru – paru dipompa lebih keras, sehingga pasokan oksigen ke dalam tubuh semakin melimpah. 

Saat masa pandemic seperti saat ini, bersepeda merupakan kegiatan yang paling cocok dilakukan. Dari pada menggunakan transportasi umum, lebih baik menaiki sepeda, karena menjauhkan Anda dari kerumunan, serta dapat menambah tinggi badan. 

Bola Voli

olahraga meninggikan badan - Voli

Masih ada jenis Olahraga meninggikan badan lainnya yang menyenangkan dilakukan, yakni olahraga bola voli. Permainan bola besar ini, juga sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tulang. Karena ketika bermain voli, kita dituntut melompat, dan meregangkan tubuh.

Atlet voli juga umumnya memiliki tinggi badan di atas rata – rata. Karena pemain berpostur tubuh tinggi biasanya memiliki banyak keuntungan ketika bermain. Mereka bisa melewati net lebih mudah, sehingga kesempatan memenangkan permainan jadi lebih besar.

Jika Anda cukup berbakat dalam voli, maka olahraga ini sebaiknya rutin dilakukan. Bermain voli 3 kali dalam seminggu akan mempercepat pertumbuhan tulang belakang. Olahraga ini juga dapat mencegah Anda terkena penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Jika di tempat tinggal Anda ada lapangan voli, jangan ragu untuk ikut bermain. Atau Anda juga bisa gabung dengan klub peminta voli, sehingga bisa semakin rutin bermain. 

(Baca Juga: Mengenal Yoga, Trend Gaya Hidup Modern Bagi Masyarakat Perkotaan)

Yoga

olahraga meninggikan badan - Yoga

Yoga juga menjadi salah satu Olahraga meninggikan badan yang banyak direkomendasikan para ahli. Yoga tergolong olahraga ringan, serta bisa dilakukan di segala tempat setiap waktu. Yoga bukan hanya membuat badan Anda jadi lentur, tetapi juga bisa menambah tinggi badan.

Beberapa gerakan yoga membuat tulang jadi meregang, misalnya seperti pose tree pose, mountain pose, dan yang lainnya. Gerakan – gerakan ini membuat aliran darah ke lempeng tulang mengalir sempurna. Dengan demikian badan Anda bisa dibuatnya semakin tinggi.

Yoga bisa Anda lakukan setiap hari selama 30 menit. Manfaat yang dirasakan nantinya sangat banyak, mulai dari menghilangkan stres, menghilangkan nyeri pada tubuh, dan tentu saja dapat mempercepat pertumbuhan tulang.

Saat masa pandemic ini sudah banyak kelas yoga yang bisa diikuti secara online. Jadi lebih baik manfaatkan waktu luang Anda saat di rumah dengan yoga. Aliran darah nantinya semakin lancar, postur tubuh semakin baik, serta tinggi badan bisa bertambah.

Asupan Nutrisi Penting Diperhatikan

Agar pertumbuhan tinggi badan berlangsung cepat dan efektif, maka Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi. Jaga pola makan, serta konsumsi banyak protein. Asupan bernutrisi tinggi yang dibarengi dengan olahraga merupakan kunci dalam pertumbuhan.

Hindari juga makanan yang kurang sehat dan terlalu banyak lemak. Protein merupakan nutrisi paling tepat untuk menambah tinggi badan. Jika beberapa Olahraga meninggikan badan di atas Anda lakukan secara rutin, maka tinggi badan Anda pasti semakin ideal.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts