Olahraga Saat Haid, Ini yang Boleh dan Tidak Boleh!

Banyak orang yang beranggapan bahwa olahraga saat haid adalah hal yang harus dihindari. Hal itu memang tidak sepenuhnya salah, namun bukan berarti olahraga dilarang saat sedang haid. Faktanya, ada beberapa jenis olahraga yang justru dianjurkan saat Anda sedang mengalami siklus bulanan ini. Selain itu, banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari olahraga saat menstruasi. 

Menstruasi

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi akibat siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini adalah proses organ reprodksi waina untuk bersiap jika terjadinya kehamilan. Hal ini ditandai dengan menebalnya dinding rahim yang berisi pembuluh darah. Siklus menstruasi pada seorang wanita diatur oleh berbagai hormon, baik hormon yang dihasilkan oleh organ reproduksi maupun kelenjar yang lain. Beberapa hormon yang ikut di dalam siklus menstruasi adalah GnRH(gonadotropin relasing hormone), LH (luteinsing hormone), FSH (folicle stimulating hormone), estrogen, dan juga progesteron.

Saat mengalami menstruasi bukan berarti anda harus berhenti melakukan kegiatan. Anda masih bisa melakukan kegiatan seperti berolahraga. Tetapi anda juga harus memperhatikan tips-tips yang dapat menunjang olahraga pada kondisi tersebut. Berikut ini adalah ragam olahraga yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan saat sedang haid.

Olahraga Saat Haid yang Diperbolehkan

Saat haid kebanyakan perempuan akan merasakan sakit pada perut. Hal ini membuat mereka malas bergerak, apalagi berolahraga. Padahal, bergerak aktif bisa mengurangi rasa sakit. Oleh sebab itu, olahraga ringan sangat dianjurkan. Anda tidak perlu berolahraga berat dengan intensitas tinggi. Cukup dengan melakukan olahraga di bawah ini, maka Anda akan merasakan manfaatnya.

Jalan Santai

Olahraga saat haid - Jogging

Olahraga ringan satu ini sangat dianjurkan dilakukan saat haid. Dengan berjalan kaki tubuh Anda akan bergerak aktif dan tidak memerlukan banyak tenaga untuk melakukannya. Anda bisa berjalan santai mengelilingi kompleks. Atau, jika malas keluar Anda bisa berjalan di dalam ruangan. Yang terpenting dalam olahraga saat haid adalah tubuhmu tetap aktif bergerak. Selain dapat mengurangi rasa sakit, berjalan kaki juga dapat memberikan manfaat lain saat haid, yaitu :

  • Memperbaiki mood saat siklus bulanan ini terjadi. Hal ini dikarenakan saat jalan santai tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang memberikan perasaan nyaman. Hormon ini juga berperan penting untuk mengurangi stress.
  • Menurunkan berat badan. Meski jalan santai merupakan olahraga sederhana dan sangat mudah, namun sangat efektif untuk menurunkan berat badan.
  • Membuat rileks karena sirkulasi oksigen lancar dan peredaran darah lebih lancar. Sehingga, Anda akan merasa lebih tenang.

Cukup berjalan santai 15 hingga 30 di pagi hari. Atau Anda bisa memanfaatkan kegiatan sehari-hari untuk ajang jalan santai.

Bersepeda

Olahraga saat haid - Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga saat haid yang sangat dianjurkan juga. Tidak hanya asyik, tapi juga menyehatkan. Saat bersepeda, kaki Anda bergerak aktif. Tapi, kamu tidak perlu melakukan banyak gerakan sulit. Dengan gerakan mengayuh, rasa sakit karena haid akan sedikit berkurang. Tidak hanya sakit pada bagian perut saja, tapi juga sakit pada bagian punggung dan kaki. Sirkulasi darah juga akan semakin lancar.

Sehingga, proses transfer nutrisi ke seluruh tubuh akan berjalan maksimal. Tubuh Anda akan semakin segar dan bugar. Otot tubuh akan semakin kencang dan lebih sehat. Olahraga ini juga sangat baik dijadikan olahraga harian, tidak hanya saat haid. Setidaknya lakukan olahraga ini selama 15 menit setiap hari.

(Baca Juga: Tips Sehat: Olahraga Apa yang Bisa Mempercepat Haid?)

Aerobik

Olahraga saat haid - Aerobik

Olahraga saat haid yang berikutnya adalah Aerobik. Aerobik merupakan salah satu cabang senam yang memiliki gerakan ringan. Aerobik sangat efektif dalam mengatasi perut kram saat haid. Gerakannya yang mudah dan sederhana, membuat sirkulasi darah lebih lancar.

Sehingga badan akan terasa ringan dan bugar. Tidak hanya itu, aerobik juga sangat ampuh untuk mengatasi linu pada badan saat sedang haid. Melakukan aerobik juga dapat membuat otot dan sendi lebih fleksibel.

 Dengan melakukan aerobik setiap hari, otot akan lebih kencang dan tubuh lebih ideal. Hal yang harus Anda ingat adalah, hindari gerakan melompat dan gerakan berat lainnya.

Yoga dan pilates

Olahraga saat haid -Yoga dan pilates

Gerakan kedua jenis olahraga ini ringan dan dapat meregangkan otot-otot yang terasa pegal. Sehingga, otot akan lebih tenang dan Anda merasa nyaman. Pilih gerakan yang sederhana saja.

Hindari gerakan sulit seperti sikap lilin, shoulder stan, dan gerakan terbalik lainnya. Sebab, gerakan demikian berisiko menyumbat pembuluh darah rahim saat siklus menstruasi. Efeknya, darah akan keluar lebih banyak setelahnya.

Olahraga Saat Haid yang Dihindari

Selain ada jenis olahraga yang dianjurkan, ada jenis olahraga harus Anda hindari. Olahraga ini dapat berisiko menyebabkan pendarahan saat menstruasi lebih parah. Bahkan, hingga peradangan.

Jika terus berlangsung lama tentunyanya dapat membahayakan kesehatan rahim Anda. Oleh sebab itu, kenali jenis olahraga yang tidak dianjurkan saat haid seperti di bawah ini :

Olahraga Berat

Olahraga saat haid - Olahraga Berat

Olahraga berat yang mengharuskan otot bekerja ekstra sangat tidak dianjurkan saat Anda sedang mengalami menstruasi. Hal ini dikarenakan otot ligamen dalam tubuh lebih kendur dari biasanya.

Jika Anda melakukan gerakan ekstrem, maka risiko cedera akan semakin tinggi. Badan Anda juga akan lebih mudah merasa sakit dan pegal-pegal. Contoh olahraga berat yang harus dihindari adalah basket, muay thai, dan sepak bola.

Berenang

Olahraga saat haid - Berenang

Berenang saat haid berisiko menyebabkan kram perut lebih parah ketika di dalam air. Kondisi tersebut akan sangat membahayakan karena Anda dapat tenggelam. Oleh sebab itu, kegiatan ini harus Anda hindari terlebih dahulu.

Jika Anda ingin berenang, maka lakukan saat darah sudah tidak deras dan perut sudah mengalami kram. Hal ini demi keamanan Anda sendiri. Selain itu, darah haid yang masih deras dapat mengotori air kolam.

Olahraga Angkat Beban

Olahraga saat haid - Olahraga angkat beban

Angkat beban mengharuskan otot tubuh Anda bekerja ekstra. Pada kondisi tertentu kegiatan ini dapat memicu kram perut saat haid semakin parah. Bahkan kegiatan ini dapat menyebabkan pembuluh darah rahim tersumbat.

Penyumbatan dapat menyebabkan pendarahan semakin hebat. Otot juga dapat mengalami cedera saat angkat beban. Oleh sebab itu, angkat beban harus benar-benar dihindari saat Anda menstruasi.

Olahraga Terlalu Lama

Olahraga saat haid - Olahraga terlalu lama

Olahraga saat haid terlalu lama, artinya otot Anda juga bekerja terlalu lama. Padahal otot saat sedang haid sangat rawan mengalami cedera. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh memaksakan diri untuk berolahraga terlalu lama.

Olahraga saat menstruasi dapat menyebabkan Anda lebih mudah lelah dan dehidrasi. Jika dipaksakan, Anda bisa tidak sadarkan diri. Parahnya lagi, Anda bisa kekurangan darah karena pendarahan juga akan meningkat.

Manfaat Olahraga Saat Haid yang Perlu untuk Diketahui

Jika Anda melakukan olahraga yang dianjurkan dengan benar, maka manfaatnya akan sangat besar. Sebab, olahraga saat sedang mengalami menstruasi memang gampang-gampang susah. 

Anda harus berhati-hati dan memilih olahraga yang paling tepat agar tidak menimbulkan risiko buruk. Berikut ini adalah manfaat yang dapat Anda peroleh saat berolahraga di waktu haid:

Mengurangi Kram Perut

Saat berolahraga peredaran darah akan lancar dan otot-otot tidak tegang, sehingga kram perut akan berkurang. Bahkan, orang yang secara rutin berolahraga setiap hari akan terhindar dari kram perut.

Tidak hanya itu, peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh juga dapat menurunkan risiko sakit kepala. Sehingga, siklus bulanan ini tidak akan menyiksa lagi.

Tubuh Lebih Rileks

Hormon endorfin dan serotonin akan meningkat saat Anda berolahraga. Kedua hormon ini berperan penting untuk menimbulkan rasa bahagia dan nyaman. Hal ini dapat langsung Anda rasakan seusai olahraga.

Perasaan Anda menjadi lebih tenang dan tubuh menjadi rileks. Berbeda jika Anda hanya berdiam diri saat mengalami menstruasi. Tentunya akan lebih stres dan sakit.

Tubuh Lebih Bugar

Peredaran yang lancar akan mengalirkan oksigen ke seluruh sel di jaringan tubuh lebih maksimal. Sehingga tubuh Anda lebih bugar dan bertenaga. Anda tidak akan merasa lemas dan kelelahan seharian.

(Baca Juga: Penting untuk Disimak! 8 Manfaat Olahraga Lompat Tali Bagi Wanita)

Siklus Haid Lancar

Nampaknya, peredaran darah yang lancar memberikan manfaat yang sangat besar pada sistem tubuh. Sebab, karena lancarnya peredaran darah siklus haid Anda juga akan lancar. 

Hal ini disebabkan sistem tubuh berjalan sangat baik. Sehingga semua fungsi dari mulai jaringan, hormon, hingga syaraf lebih baik. Hal ini memiliki dampak positif terhadap siklus haid. Sebab, siklus hormon berjalan lancar.

Tips Menjalani Olahraga Saat Haid

Selain memperhatikan jenis olahraga yang boleh dilakukan dan tidak, Anda juga harus memperhatikan hal kecil lainnya. Hal kecil ini adalah persiapan yang harus kamu lakukan sebelum dan sesudah olahraga.

Berikut ini adalah tips olahraga yang dapat Anda jadikan referensi saat berolahraga :

  • Pastikan pakaian yang Anda gunakan sudah nyaman. Sebab, saat haid Anda akan lebih sensitif dan mudah merasa tidak nyaman.
  • Gunakan pembalut yang membuat gerakan olahraga Anda nyaman. Usahakan jangan menggunakan pembalut terlalu besar dan tebal.
  • Pastikan Anda melakukan peregangan otot untuk menghindari kram dan cedera saat tengah berolahraga.
  • Mulai dengan gerakan ringan hingga tubuh Anda merasa nyaman. Kemudian, lakukan gerakan lain secara bertahap.
  • Cukupkan asupan cairan, kalau memungkinkan, Anda dapat membawa minum saat olahraga. Sebab, saat haid risiko dehidrasi sangat tinggi.
  • Jangan memaksakan. Jika sudah lelah, maka Anda harus istirahat sejenak. Atau, Anda juga bisa berhenti. Kondisi tubuh saat haid jelas berbeda jika dibandingkan dengan saat tidak haid.

Tips olahraga saat haid di atas dapat mengurangi risiko buruk berolahraga saat Anda sedang haid. Yang terpenting Anda harus mengetahui kondisi tubuh sendiri dan jangan sampai memaksakan diri. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga ini Anda harus disiplin. Pilih olahraga saat haid yang diperbolehkan dan ikuti tips-tips untuk berolahraga saat kondisi tersebut.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts