Yuk Ikuti Berbagai Olahraga untuk Meninggikan Badan dengan Mudah

olahraga untuk meninggikan badan

Olahraga untuk meninggikan badan bisa Anda lakukan jika memang diperlukan. Setiap orang memang dilahirkan dengan tinggi yang berbeda-beda, tentunya hal ini disebabkan oleh berbagai faktor.

Terlahir dalam keluarga yang cenderung tinggi, maka Anda berpeluang memiliki postur tubuh yang tinggi juga. Hal ini dikarenakan faktor genetik dibawa dari orang tua berperan penting dalam menentukan tinggi badan.

Tidak jarang juga mereka yang memiliki orang tua berbadan tinggi tetapi dirinya sendiri tidak tinggi. Bahkan, orang tuanya yang memiliki postur tubuh kurang tinggi juga sulit memiliki postur tubuh tinggi.

Jika Anda tidak mencapai tinggi tubuh yang diharapkan pada usia tertentu, bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Misalkan, Anda memiliki pola makan yang sehat dan rutin melakukan olahraga untuk meninggikan badan.

Ketika Anda dalam masa pertumbuhan, maka untuk proses peningkatan tinggi badan masih berperan penting. Meskipun Anda sudah mencapai titik tumbuh tinggi, dengan melakukan kegiatan tertentu bisa menambah tinggi badan.

Jenis-jenis Olahraga untuk Meninggikan Badan

Melakukan olahraga dalam meninggikan badan bisa dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan. Berikut olahraga meninggikan badan: 

Bermain basket

olahraga untuk meninggikan badan - bermain basket

Jenis pertama yang biasanya banyak penggemar ialah permainan basket yang cenderung berlari dan melompat dalam kegiatannya.

Jika bermain basket, maka Anda akan konstan berlari dan melompat yang membuat lempeng pertumbuhan mengalami guncangan. Hal ini akan memperlancar aliran darah dan merangsang pertumbuhan secara lebih maksimal.

Berenang

olahraga untuk meninggikan badan - berenang

Rekomendasi olahraga kedua yang bisa dilakukan ialah berenang. Saat Anda melakukan gerakan renang, maka seluruh otot tubuh akan ikut bergerak. Anda akan mengambang secara horizontal ketika berada di dalam air.

(Baca Juga: Mengenal Olahraga Kardio, Jenis-jenis dan Manfaatnya)

Bersepeda

olahraga untuk meninggikan badan - bersepeda

Bersepeda bisa dijadikan pilihan untuk meninggikan badan. Tidak hanya berperan meningkatkan stamina tubuh, bersepeda juga bisa membuat Anda menjadi lebih tinggi karena bagian bawah tubuh akan bekerja keras.

Hal ini memicu aliran darah ke bagian lutut dan paha menjadi lebih banyak. Bersepeda juga akan membuat paru-paru bekerja keras untuk memasok darah agar oksigen bisa disebarkan ke seluruh tubuh.

Sepakbola

olahraga untuk meninggikan badan - sepakbola

Bagi Anda yang menyukai olahraga lapangan, maka bermain sepakbola juga dapat meninggikan badan. Sepakbola melakukan aktivitas utama berupa berlari yang mampu mendukung tubuh untuk mengalami pertambahan tinggi.

Yoga

olahraga untuk meninggikan badan - yoga

Yoga juga bisa Anda pilih untuk meningkatkan tinggi badan. Berbagai gerakan memanjangkan dan meregangkan tubuh saat memutar otot dan tulang bisa membantu dalam menumbuhkan tinggi hingga beberapa meter.

Lompat tali

olahraga untuk meninggikan badan - lompat tali

Olahraga mudah yang juga bisa dilakukan ialah lompat tali. Melompat memanjang akan membantu tubuh untuk meregang dan berkontraksi. Tentunya hal ini akan membantu Anda dalam meninggikan badan.

Pull up

olahraga untuk meninggikan badan - pull up

Anda juga bisa melakukan jenis olahraga bergelantung seperti pull-up atau chin-up. Latihan ini akan membantu Anda dalam meluruskan dan memanjangkan tulang belakang tubuh secara alami.

Gerakan Sebelum Tidur Membantu Meninggikan Badan

Olahraga untuk meninggikan badan juga bisa Anda lakukan melalui gerakan kecil sebelum tidur. Berikut diantaranya:

Mountain pose

Gerakan pertama yang bisa dilakukan ialah mountain pose, sebuah gerakan mudah bahkan Anda tidak sadar melakukannya.

Gerakan ini sangat mudah untuk dilakukan, Anda bisa memulainya dengan berdiri tegak. Setelah itu, Anda bisa mensejajarkan tangan ke samping telinga, posisikan kepala keatas dan tahan hingga 60 detik.

Triangle pose

Gerakan lainnya yang bisa dicoba ialah triangle pose. Gerakan ini bisa membantu Anda meninggikan badan, memperkuat otot paha, lutut dan kaki. Selain itu, juga bisa membuat tubuh terasa lebih lentur.

Cobra pose

Cobra pose bisa dijadikan olahraga untuk meninggikan badan sebelum tidur. Gerakan ini menyerupai kobra dengan posisi kepala terangkat. Posisinya juga mudah dilakukan dengan tidur tengkurap.

Cat cow pose

Gerakan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah cat cow pose yang sangat mudah dilakukan. Anda bisa memulainya dari posisi badan merangkak dan mensejajarkan kedua lutut dengan tangan di bawah bahu.

Anda dapat memulai gerakan dengan buang napas dan mengencangkan bagian perut ke posisi melengkung. Tarik napas dan dan tekan bagian dada serta tulang ekor menjauh dan melengkungkan tulang punggung.

Table top pose

Table top pose gerakan yang bisa dilakukan meskipun dikatakan cukup sulit. Anda bisa memulainya dengan duduk di matras, meluruskan kaki selebar pinggul dan tangan diletakkan pada salah satu sisi pinggul.

(Baca Juga: Dampak Olahraga Berlebihan yang Tidak Banyak Diketahui Orang)

Cara Meninggikan Badan Usia 20 Tahun

Meskipun Anda sudah berusia 20 tahun ke atas, dengan melakukan beberapa gerakan olahraga untuk meninggikan badan bisa dilakukan. Anda akan tetap mengalami pertumbuhan tinggi badan meskipun sudah habis masa pertumbuhan.

Meregangkan tangan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah meregangkan tangan lurus ke atas. Cara ini akan membantu Anda dalam melenturkan tulang dan memperbaiki postur tubuh serta membuat pertumbuhan tulang lebih panjang.

Melenturkan kaki

Anda juga bisa melenturkan kaki dengan menendang ke depan. Gerakan ini membuat otot kaki meregang dan berkontraksi sehingga memicu pertumbuhan tulang kaki dan sangat direkomendasikan untuk Anda berusia 20 tahun.

Pose warrior

Pose warrior juga bisa dicoba untuk meregangkan otot kaki. Hal ini akan memicu pertumbuhan otot dan tulang kaki. Cara melakukannya juga mudah, cukup berdiri dengan kedua kaki direntangkan.

Gerakan Mencium lutut

Gerakan mencium lutut sambil berdiri juga bisa sebagai alternatif olahraga untuk meninggikan badan. Gerakan ini akan melenturkan tulang bagian belakang sehingga merangsang pertumbuhan tulang dengan baik.

Gerakan basic leg stretch

Gerakan basic leg stretch juga bisa dilakukan untuk meregangkan punggung dan kaki secara maksimal. Gerakan ini bisa diawali dengan posisi duduk dan membuka kaki selebar-lebarnya selama 1-2 menit.

Skipping 

Gerakan yang paling mudah dan umum dilakukan ialah skipping. Permainan masa kecil ini tentunya sudah tidak asing lagi karena bisa merangsang pertumbuhan tulang kaki secara otomatis.

Faktor dari Pertumbuhan Tinggi Badan

Kebiasaan baik melakukan olahraga untuk meninggikan badan memang membantu pertumbuhan tinggi badan. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan seseorang yang berbeda-beda.

Factor genetik

Hal pertama yang mempengaruhi tentunya faktor genetik atau keturunan. Misalkan kedua orang tua memiliki tubuh tinggi ideal, maka kemungkinan besar anaknya akan memiliki tubuh tinggi, begitu juga sebaliknya.

Faktor genetik ini tidak bisa diubah, namun bisa dimaksimalkan dengan melakukan aktivitas tertentu. Misalkan, dengan melakukan olahraga dan memperhatikan pola makan agar memperoleh gizi seimbang.

Asupan gizi

Faktor kedua yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan ialah asupan gizi yang diperoleh. Asupan yang lengkap dan bergizi seperti protein, kalsium, fosfor dan vitamin D dapat membantu pertumbuhan tulang.

Asupan gizi tersebut dapat diperoleh dari berbagai makanan hewani ataupun nabati. Misalkan daging merah, ikan, tahu, tempe, kacang-kacangan, termasuk juga makanan laut juga dianjurkan untuk pertumbuhan tinggi yang seimbang.

Stimulasi lingkungan

Faktor lainnya yang bisa mempengaruhi ialah stimulasi lingkungan seperti kebiasaan olahraga dan pola tidur. Tulang perlu distimulasi dengan melakukan gerakan olahraga untuk meninggikan badan sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan.

Hormon pertumbuhan bertanggung jawab atas pertumbuhan tulang di seluruh anggota tubuh. Anda dapat melakukannya dengan kegiatan olahraga seperti atletik, yoga, lompat tali, basket dan jenis olahraga lainnya.

Mengoptimalkan Olahraga untuk Meninggikan Badan

Melakukan olahraga meninggikan badan juga perlu diseimbangkan dengan hal lainnya agar mendapatkan hasil yang optimal. Berbagai bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pertumbuhan secara alami.

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah mengkonsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi tidak bisa terlepas dari pertumbuhan tinggi badan. Anda perlu membatasi makanan yang mengandung gula dan lemak berlebih.

Jika Anda suka tidur larut malam, maka kurangilah sejak sekarang. Hal ini dikarenakan kurang tidur bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan. Tidur yang cukup akan melepas hormon pertumbuhan manusia.

Ketika Anda merencanakan program pertumbuhan tinggi badan melalui olahraga, maka lakukanlah dengan maksimal. Selain meningkatkan tinggi badan, maka tulang akan menjadi lebih kuat dan menghindari risiko osteoporosis.

Memperbaiki postur tubuh juga bisa dilakukan untuk meningkatkan tinggi badan. Misalkan, berlatih untuk berdiri dengan tegak sehingga postur tubuh Anda tidak bungkuk akibat cara berdiri atau cara duduk yang salah.

Melatih tubuh dengan latihan beban atau angkat berat juga bisa mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan. Kegiatan ini tentunya perlu dilakukan dengan intensitas tepat menghindari aktivitas berlebihan.

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah minum suplemen dengan hati-hati. Mengkonsumsi suplemen bisa membantu meninggikan badan dengan catatan mengkonsumsinya dalam takaran sesuai dan berhati-hati.

Memiliki postur tubuh tentunya menjadi impian banyak orang. Banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika ingin memiliki tubuh tinggi, mulai dari kebiasaan baik hingga melakukan olahraga untuk meninggikan badan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts