Untuk Kamu yang Gak Pede Dengan Ukuran Perut, Ini Dia Jenis-jenis Olahraga yang Bikin Perut Kecil

Olahraga yang Bikin Perut Kecil

Melakukan olahraga yang bikin perut kecil menjadi alternatif bagi siapapun yang mengalami masalah dengan lingkar perutnya. Sering kali, memiliki perut yang buncit menjadi suatu masalah bagi banyak orang, baik pria maupun wanita. Memiliki perut buncit tidak hanya dapat mengurangi rasa kepercayaan diri, namun juga dapat meningkatkan risiko mengalami berbagai penyakit. Perut buncit bisa disebabkan karena terjadinya penimbunan lemak di area perut. Penimbunan lemak ini dapat terjadi ketika kapasitas kalori yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi melewati batas maksimal jumlah kalori yang dibakar menjadi energi oleh tubuh.

Bukan hanya itu, penyebab lain dari timbulnya perut buncit yaitu karena kebiasaan yang cenderung kurang sehat. Misalnya, seperti sering begadang, jarang olahraga, rutin mengkonsumsi junk food, sering minum alkohol dan lain-lain. Selain itu, perut buncit juga dapat dialami oleh orang-orang yang mengalami stress berat, menopause, dan berbagai kondisi medis tertentu.

Apabila dibiarkan berlarut-larut, maka bisa jadi ukuran perut dapat semakin membesar. Hal ini tentu akan mengakibatkan berat badan menjadi meningkat. Sehingga, risiko mengalami berbagai penyakit seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, hipertensi bisa semakin besar. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk menjaga tubuh agar tetap ideal, salah satunya yakni dengan melakukan olahraga yang bikin perut kecil. Selain bisa menurunkan berat badan, beberapa jenis olahraga berpotensi besar untuk mengecilkan perut.

Olahraga yang Bikin Perut Kecil dan Rata

Wajarnya, ukuran lingkar pinggang atau perut tidak lebih dari 80 cm untuk wanita dan 90 cm untuk pria. Apabila ukuran lingkar perut melebihi jumlah tersebut, maka anda bisa mengecilkannya dengan melakukan olahraga. Beberapa olahraga yang bisa anda lakukan diantaranya sebagai berikut:

Berenang

olahraga yang bikin perut kecil - Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang bikin perut kecil. Olahraga yang satu ini sangat direkomendasikan oleh para pakar kesehatan untuk dilakukan oleh orang yang mengalami kelebihan lingkar perut.

Berenang sangat baik dilakukan karena mampu membakar lemak di dalam tubuh secara berangsur-angsur. Tidak hanya itu, berenang juga dapat membantu anda untuk memelihara kekuatan tulang dan otot.

Supaya perut yang buncit bisa diminimalisir, maka sebaiknya lakukan berenang kurang lebih selama 30 menit. Tidak perlu dilakukan setiap hari karena anda bisa melakukannya sebanyak tiga kali dalam seminggu. Namun, yang perlu diingat adalah lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk ke kolam renang.

(Baca Juga: Hati-Hati, Inilah 8 Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma)

Bersepeda

olahraga yang bikin perut kecil - Bersepeda

Olahraga yang bikin perut kecil salah satunya yaitu bersepeda. Tentunya, bersepeda bisa dilakukan di tempat-tempat terbuka atau di dalam ruangan (sepeda statis). Tentunya, baik bersepeda di dalam atau di luar ruangan sama-sama memberikan manfaat yang baik untuk mengecilkan perut.

Alangkah lebih baik jika bersepeda dilakukan saat pagi atau sore hari. Tentunya, hal ini berpotensi untuk meredakan stress dan meningkatkan mood anda. Tentu saja, imbasnya akan baik pada kesehatan jangka panjang.

Jogging

olahraga yang bikin perut kecil - Jogging

Lari santai atau jogging termasuk salah satu aktivitas olahraga yang bikin perut kecil. Olahraga ini menjadi favorit banyak orang karena tidak memerlukan modal untuk melakukan. Dengan berlari-lari kecil di sekitar perumahan, tentu hal ini akan semakin praktis untuk dilakukan.

Anda hanya perlu berlari santai selama 30 menit setiap 3 kali dalam seminggu. Cara ini terbilang simpel, namun tetap berpengaruh besar untuk mengurangi lingkar perut Anda.

Latihan Interval

olahraga yang bikin perut kecil - Latihan Interval

Latihan interval merupakan olahraga kardio dengan intensitas tinggi yang dilakukan selama 10 – 30 menit. Dengan melakukan olahraga ini, maka kalori anda dapat terbakar sebanyak 25 – 30 kalori per menitnya.

Bukan hanya kalori, olahraga yang bikin perut kecil ini jika dilakukan secara rutin dapat membakar lemak di perut. Sehingga, risiko penyakit kronis seperti diabetes dan sakit jantung bisa lebih diminimalisir.

Sit up

olahraga yang bikin perut kecil - Sit Up

Olahraga yang bikin perut kecil berikutnya yaitu dengan melakukan sit up. Tentunya, aktivitas kebugaran yang satu ini sangat efektif untuk membakar lemak di perut. Selain itu, olahraga yang satu ini dapat memberikan postur tubuh yang seimbang untuk anda. Manfaat lain jika melakukan sit up secara rutin yakni dapat meningkatkan kesehatan pernapasan.

Anda tidak harus melakukan sit up di pusat kebugaran karena selama ada ruang yang nyaman untuk melakukannya, maka anda bisa sit up di mana saja dan kapan saja. Jika memiliki matras, maka gunakanlah matras. Jika tidak punya, cukup lakukanlah di atas lantai. Sehingga, olahraga yang bikin perut kecil ini dapat dilakukan secara praktis dan santai.

(Baca Juga: Yuk Simak, Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi)

Zumba dan Senam Aerobik

olahraga yang bikin perut kecil - Zumba dan Aerobik

Di masa sekarang, zumba dan senam aerobik tidak hanya dilakukan oleh wanita, melainkan juga laki-laki. Ada banyak kelas senam aerobic atau zumba yang bisa anda ikuti. Meskipun harus mengeluarkan biaya, akan tetapi hal ini sangat relevan dengan hasil yang akan anda dapatkan.

Hal ini karena senam aerobic atau zumba sangat bermanfaat untuk membakar kalori serta mengecilkan lingkar perut. Selain itu, kedua jenis aktivitas kebugaran ini juga sangat baik untuk memperkuat tulang dan sendi, meredakan stress dan meningkatkan kualitas mood.

Yoga dan Pilates

olahraga yang bikin perut kecil - Yoga dan Pilates

Ada banyak jenis gerakan pilates dan yoga yang bisa Anda lakukan di rumah. Berbagai jenis gerakan tersebut terbukti ampuh untuk mengecilkan perut. Pastinya, manfaat yang bisa Anda peroleh dari olahraga ini bukan hanya perut yang kecil, melainkan juga tubuh yang sehat, energi yang banyak dan kualitas tidur yang meningkat.

Selain melakukan di rumah, Anda juga bisa melakukannya di berbagai kelas pusat kebugaran. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan berolahraga sendirian, namun bersama peserta kebugaran lainnya.

Plank

olahraga yang bikin perut kecil - Plank

Olahraga yang bikin perut kecil selanjutnya adalah plank. Bisa dibilang, olahraga yang satu ini sangat baik dilakukan ketika menjelang tidur. Pasalnya, plank sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak di perut dan dialokasikan menjadi otot. Tentunya, plank bisa dilakukan tanpa harus menggunakan berbagai alat. Anda hanya perlu melakukan gerakan plank di kasur/di atas matras olahraga.

Langkah pertama, silahkan melakukan tengkurap di atas matras. Posisikan tubuh menyerupai saat sedang sit up. Kemudian, angkat tubuh hingga bertumpu pada jari kaki dan lengan. Selanjutnya, tarik bagian paha dalam dan bokong. Tarik pula bagian pusar ke arah dalam. Selanjutnya, pastikan agar punggung Anda tetap dalam posisi rata dan lurus. Ciptakan posisi senyaman mungkin untuk kepala anda. Pertahankan posisi ini hingga 30 detik dan rasakan sendiri manfaatnya.

 

Demikianlah penjelasan singkat terkait jenis-jenis olahraga yang bikin perut kecil. Tentunya, anda bisa memilih beberapa jenis olahraga yang sudah dijelaskan di atas untuk memperoleh tubuh yang sehat dan ideal. Pastikan agar Anda melakukannya secara berkala agar hasil yang didapatkan bisa memuaskan. Imbangi pula dengan pola hidup yang sehat seperti tidur yang cukup, konsumsi sayur dan buah, serta hindari makan-makanan junk food.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts