Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Pandemi Bersama Keluarga

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi

Sampai saat ini imbauan untuk tetap dirumah masih terus disosialisasikan, untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Walau begitu, menjaga kesehatan tetap terus dilakukan salah satunya adalah berolahraga. Anda bisa memilih olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi, supaya metabolisme tetap lancar dan daya tahan tubuh tetap maksimal. 

Berikut ini daftar sejumlah olahraga yang dianjurkan untuk terus dilakukan di rumah, baik sendiri maupun bersama keluarga tercinta. Tak perlu biaya mahal, cukup dengan menggunakan alat yang ada di rumah dan luangkan waktu Anda untuk melakukannya secara rutin setiap hari.

Berikut Adalah Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Pandemi

Senam Aerobik

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Aerobik

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi yang pertama adalah Senam Aerobik. Senam yang satu ini tidak membutuhkan peralatan apapun, Anda cukup mengikuti gerakan dari video atau tutorial yang Anda miliki. Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi ini bisa dilakukan oleh anak-anak dengan memilih aerobik khusus anak-anak, begitu juga dengan orang dewasa hingga lansia.

Jika Anda punya instruktur senam sendiri, ajaklah dia untuk melakukan olahraga bersama lewat video conference bersama teman-teman Anda. Jadi suasana senam jadi lebih bersemangat dan kegiatan olahraga jadi lebih menyenangkan. 

Untuk melakukan olahraga ini, Anda bisa mulai dengan pemanasan terlebih dahulu untuk melenturkan otot. Apalagi bagi yang selama ini jarang olahraga.

Bersepeda 

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Bersepeda

Saat ini, bersepeda sudah menjadi salah satu olahraga yang dilakukan banyak orang. Bukan saja karena manfaatnya tapi juga dari segi keamanannya. Anda tinggal bersepeda bersama keluarga keliling komplek perumahan dengan durasi 30 menit, pastikan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Dengan bersepeda, otot kaki perut hingga tangan akan bergerak aktif, dan membantu membakar kalori lebih baik. Olahraga ini juga dianjurkan untuk berbagai usia, karena bisa meminimalisir resiko berbagai jenis penyakit seperti jantung, diabetes, sesak nafas, dan banyak yang lainnya.

Yoga

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Yoga

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi berikutnya adalah Yoga. Merupakan olahraga sederhana namun mampu membantu membakar lemak secara efektif, terutama lewat gerakan-gerakan yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Memang untung pemula tak bisa sembarangan melakukannya, harus didampingi profesional. 

Untungnya saat ini sudah banyak tutorial yoga sederhana yang bisa diterapkan sendiri. Tapi Anda tetap harus fokus, hati-hati, dan rutin melakukannya supaya manfaat olahraga relaksasi ini bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan. Diantaranya membantu melancarkan saluran pernafasan, vitalitas meningkat dan tentunya membuat metabolisme tubuh jadi lebih lancar. 

(Baca Juga: 10 Olaharaga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah)

Kardio

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Kardio

Adalah olahraga membakar lemak yang biasanya dilakukan di pusat kebugaran, dengan menggunakan alat treadmill. Kalau Anda punya alatnya sendiri di rumah, tinggal pakai dan rutinkan sebagai olahraga di pagi hari. Fungsinya adalah membakar lemak tubuh sehingga metabolisme semakin lancar. 

Tapi kalau Anda tak punya peralatannya, bisa menggunakan alat yang ada di rumah dan menjadikannya properti kardio rumahan. 

Cocok juga untuk membantu Anda yang sedang diet untuk menyukseskan program penurunan berat badan tersebut walaupun hanya dari rumah saja. 

Lompat Tali

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Lompat Tali

Ini adalah olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi, apalagi di rumah. Anda tinggal menggunakan skipping untuk membantu melompat hingga keluar keringat. Fungsi dari olahraga ini selain membakar lemak, juga membuat otot tangan dan kaki menjadi lebih kuat. 

Soal durasi, bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kemampuan Anda melompat. Bisa dimulai dengan durasi 15 menit selama beberapa kali seminggu, kemudian meningkat menjadi 30 menit dan rutin setiap hari. Pastinya akan terasa perbedaan signifikan pada kekuatan tubuh dan daya tahan yang Anda punya.

Menari

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Menari

Siapa bilang menari hanya menjadi salah satu kesenian, ternyata juga bisa jadi salah satu olahraga yang menyehatkan. Ketika menari mengikuti irama lagu, tangan dan kaki hingga kepala akan bergerak aktif. Alhasil, kondisi otot akan jadi lebih sehat dan membantu proses pembakaran lemak dengan lebih cepat.

Anda bisa memilih jenis tarian dengan tempo pelan untuk pemanasan, kemudian lanjutkan dengan tarian dengan tempo cepat untuk menjadi bagian olahraga pembakar lemak yang juga disarankan oleh ahli kesehatan hingga WHO sebagai olahraga yang cocok untuk dilakukan saat pandemi.

Jumping Rack

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Jumping Rack

Olahraga ini cukup dilakukan dengan melompat dengan posisi kaki lebar ke samping, begitu juga dengan tangan. Ujung tangan dan kaki bersentuhan di udara, untuk memaksimalkan hasil olahraga ini.

Jumping rack disarankan untuk berbagai usia karena memiliki manfaat untuk meminimalisir resiko dari penyakit jantung. Selain itu juga membantu penguatan otot di beberapa bagian tubuh, seperti bahu, paha, bokong, dan betis.

Push Up dan Sit Up

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Push up

Dua olahraga ini juga bisa jadi alternatif olahraga di rumah saat pandemi, karena membantu menambah fleksibilitas otot dan tulang. Kemudian memperkuat otot bagian perut, juga membantu Anda untuk memperbaiki postur dari tubuh agar lebih proporsional dan kuat.

Push up dilakukan dengan cara, tubuh menghadap lantai dalam kondisi lurus, kemudian tangan dijadikan tumpuan gerakan naik dan turun dengan kecepatan yang bisa disesuaikan. Sedangkan sit up yaitu posisi terlentang, lutut ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Kemudian, kedua tangan Anda letakkan di bawah kepala dan mulailah untuk dorong kepala menuju lutut sambil menarik nafas.

Plank

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Plank

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi berikutnya adalah Plank. Mirip dengan push up, namun tumpuan Anda ada pada sisi tangan hingga siku. Diam pada posisi tersebut selama beberapa menit, sambil tarik nafas dan hembuskan secara perlahan. Olahraga ini juga memberikan manfaat kesehatan, terutama untuk otot perut, tangan dan juga kaki.

Renang

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Renang

Buat Anda yang punya kolam renang pribadi di rumah, jangan lupa untuk memanfaatkannya untuk berenang. Karena olahraga yang satu ini juga sangat membantu menjaga kesehatan tubuh dan bisa dilakukan di rumah saja. Semua bagian tubuh akan bergerak selama Anda berenang, sehingga otot akan menjadi rileks.

Selain itu dengan berenang, pernafasan juga jadi lebih lancar dan Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit mulai dari jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga flu. Sebab daya tahan tubuh akan lebih lancar. Terutama jika selain berolahraga dibarengi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat.

(Baca Juga: Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha Untuk Kamu yang Gak Pede Sama Penampilan)

Lari

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi - Lari

Olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi yang terakhir adalah Lari. Cukup dengan lari pagi keliling rumah, bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berlari, lemak juga akan terbakar secara alami. Tinggal Anda memperhitungkan durasi lari, kecepatan lari, yang disesuaikan dengan kondisi tubuh dan denyut nadi Anda sebelum berolahraga. Agar, hasilnya akan lebih maksimal.

Optimalkan Olahraga Dengan Cara Ini

Supaya olahraga jadi lebih memberi manfaat, Anda harus memperhitungkan beberapa hal. Mulai dari usia, jika Anda mengajak buah hati di bawah 5 tahun untuk ikut olahraga maka durasinya akan berbeda dengan olahraga orang dewasa, begitu juga untuk anak usia 5-17 tahun dan lansia.

Selain itu, olahraga tidak harus memaksakan diri. Lakukan senyaman tubuh Anda, mulailah dari durasi yang pendek namun rutin kemudian lanjutkan dengan durasi sedang hingga durasi lama dengan gerakan yang lebih kompleks. Sehingga tubuh tidak terkejut dengan kegiatan olahraga yang dilakukan.

Sudah siap untuk tetap sehat di rumah selama pandemi? Coba praktekkan olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi di atas. Lalu lihatlah perubahan yang terjadi pada tubuh Anda, dimana kesehatan akan terjaga dan kemampuan beraktivitas akan lebih maksimal.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts