Rekomendasi Olahraga yang Bisa Membuat Sixpack

olahraga yang bisa membuat sixpack

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah dambaan bagi semua orang. Meskipun begitu, sebagian lainnya juga ingin memiliki badan yang proporsional dan juga sixpack. Hal inilah yang membuat mereka melakukan olahraga tambahan yang khusus membentuk otot-otot di bagian tertentu agar dapat terlihat sixpack dan berotot. Menjaga kesehatan tubuh adalah bentuk kepedulian terhadap diri sendiri. Selain itu, Anda juga akan terlihat lebih menarik jika memiliki postur tubuh yang bagus.

Akan tetapi, ternyata mendapatkan perut yang sixpack bukanlah hal yang mudah, lho. Membentuk otot perut memang cukup sulit karena banyak tertutup oleh lemak. Jika lemak yang berada di area otot perut semakin banyak, maka waktu yang dibutuhkan untuk memiliki perut sixpack akan lebih lama. Meskipun sulit, namun bukan berarti Anda tidak bisa memiliki perut sixpack. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa membuat sixpack dan bisa Anda jadikan sebagai kegiatan rutin.

Laki-laki dan perempuan membutuhkan waktu berbeda untuk bisa mendapatkan perut sixpack. Hal ini karena laki-laki mempunyai massa otot yang lebih banyak dibandingkan perempuan. Jadi, lebih mudah bagi laki-laki untuk membentuk otot perut mereka supaya sixpack. Bagi Anda yang mendambakan memiliki perut sixpack, berikut ini adalah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa membuat sixpack. Simak baik-baik, ya!

Olahraga yang Bisa Membuat Sixpack

Bicycle Maneuver

olahraga yang bisa membuat sixpack - Bicyclye Maneuver

Bicycle maneuver merupakan olahraga yang bisa membuat sixpack karena akan membuat otot perut bergerak aktif. Olahraga yang satu ini cukup mudah dilakukan karena gerakannya mirip dengan mengayuh sepeda. Agar bagian punggung Anda tidak sakit, maka sebaiknya gunakan karpet yoga. Selanjutnya, berbaring di atas karpet dan kaitkan kedua tangan di bagian belakang kepala. Arahkan lutut ke bagian dada, lalu dekatkan sikut kiri ke lutut kanan sekaligus memanjangkan kaki kiri. Lakukan cara yang sama dengan siku kanan dan lutut kiri Anda. Anda bisa mencoba sebanyak dua set untuk permulaan.

Hollow Hold

olahraga yang bisa membuat sixpack - Hollow Hold

Gerakan ini tidak hanya bisa membuat perut menjadi sixpack, tetapi juga dapat memperbaiki postur tubuh. Hollow hold menjadi olahraga yang bisa membuat sixpack dan dianggap efektif membentuk otot perut karena akan membangun kekuatan inti secara efektif. Pertama-tama, Anda harus berbaring telentang dengan perut yang dikencangkan. Kemudian dorong tangan ke bagian atas kepala, lalu rentangkan kaki sepenuhnya serta angkat kedua tangan dan kaki secara perlahan hingga hanya bagian bokong dan punggung bawah yang menyentuh lantai. Coba tahan posisi ini hingga 45 detik dan lakukan sebanyak tiga atau empat set.

(Baca Juga: Untuk Kamu yang Gak Pede Dengan Ukuran Perut, Ini Dia Jenis-jenis Olahraga yang Bikin Perut Kecil)

Russian Twist

olahraga yang bisa membuat sixpack - Russian Twist

Olahraga yang bisa membuat sixpack ini tidak membutuhkan alat apapun. Anda hanya perlu duduk di lantai dan angkat kedua kaki hingga lurus. Kemudian condongkan badan ke bagian belakang hingga tubuh bagian atas dan kaki membentuk seperti huruf V. Kuatkan bagian otot perut dan coba untuk menyeimbangkan tubuh. Coba putar tubuh ke arah kiri-kanan, begitu pula sebaliknya. Lakukan sebanyak 12 kali untuk tiga set.

Plank

olahraga yang bisa membuat sixpack - Plank

Sudah bukan rahasia lagi jika plank adalah salah satu jenis olahraga yang bisa membuat sixpack. Olahraga ini tentu sudah familiar bagi banyak orang. Jika dilakukan secara benar dan rutin, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan perut sixpack. Apabila Anda tidak berada dalam posisi yang benar, maka otot perut tidak akan terbentuk. Gerakan plank tidak hanya sekadar menumpukan siku dan kaki, tetapi juga harus memperhatikan posisi punggung dan bahu. 

Posisi plank yang benar adalah saat otot perut tetap kencang dan posisi pinggul terangkat. Agar bisa seimbang, Anda perlu membuka kaki dan siku selebar bahu. Tujuannya adalah agar punggung tidak sakit dan membuat leher menjadi tegang. Lakukan gerakan ini selama satu menit dan ulangi beberapa set.

Crunch

olahraga yang bisa membuat sixpack - Crunch

Gerakan ini juga dapat dilakukan untuk membentuk otot perut. Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu berbaring di atas matras dan tekuk lutut hingga telapak kaki berada di atas matras dan sejajar dengan lutut. Lalu letakkan tangan ke kepala belakang yang bertujuan untuk menyangga kepala maupun punggung bagian bawah. Selanjutnya kencangkan otot perut dan tarik napas. Coba angkat tubuh secara perlahan dengan posisi leher yang lurus. Buang napas dan kembali pada posisi awal. Lakukan latihan ini sebanyak satu set.

(Baca Juga: Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha Untuk Kamu yang Gak Pede Sama Penampilan)

The Mountain Climber

olahraga yang bisa membuat sixpack - The Mountain Climber

Gerakan the mountain climber akan membuat tubuh Anda seakan-akan sedang melakukan pendakian di gunung. Anda dapat memulai gerakan ini dengan memposisikan tubuh seperti sedang berancang-ancang untuk lari dan letakkan kaki ke bagian belakang. Lakukan gerakan kaki dari arah atas ke bawah dan posisi tangan yang menyangga tubuh secara bergantian. Jika dirasa terlalu sulit, Anda bisa coba untuk memposisikan tangan di kuris atau benda lain yang posisinya lebih tinggi daripada tumpuan kaki.

Kneeling Inchworm

olahraga yang bisa membuat sixpack - Kneeling Inchworm

Bagi Anda yang ingin mencoba gerakan ini, pertama-tama posisikan tubuh seperti pada gerakan the mountain climber. Kemudian beri gerakan yang sedikit memberi tekanan pada bagian perut. Kemudian posisikan tangan ke arah lutut dan coba tahan sekuat yang Anda bisa. Gerakkan tangan seperti sedang berjalan, namun tetap harus memberi tekanan pada perut. Coba lakukan gerakan kneeling inchworm ke arah depan dan belakang sebanyak yang Anda bisa. Namun, pastikan jika tangan berada dalam keadaan lurus.

Star Plank

olahraga yang bisa membuat sixpack - Star Plank

Berbeda dengan gerakan plank biasanya, star plank dilakukan dengan cara memposisikan tubuh seperti pose bintang atau X. Jadi, posisi lengan dan kaki lebih lebar daripada bahu. Saat dalam posisi plank, tangan dan kaki harus dilepaskan hingga bagian inti mulai bereaksi. Namun, pastikan jika tubuh dalam posisi benar dan tetap seimbang. Tahan selama 10 detik. Jika dilakukan secara rutin, Anda bisa coba untuk menahan tubuh hingga 30 detik.

V-Up pada Palang Pull-Up

olahraga yang bisa membuat sixpack -  -Up pada Palang Pull-Up

Anda bisa coba melakukan gerakan V-Up untuk mendapatkan perut sixpack. Caranya adalah dengan bergantung pada palang pull-up dan gunakan otot perut untuk menarik kedua kaki hingga mampu menyentuh palang. Jika sulit, cobalah setinggi yang Anda bisa. Kemudian turunkan secara perlahan. Ulang gerakan ini hingga 10 kali.

 

Headstand

olahraga yang bisa membuat sixpack - Headstand

Posisikan lengan hingga rata di lantai serta membentuk segitiga untuk bagian kepala. Kemudian angkat tubuh secara perlahan hingga mencapai posisi headstand. Jika Anda baru mencoba olahraga yang bisa membuat sixpack ini, maka sebaiknya lakukan di dekat dinding dan menjadikannya sebagai sandaran. Saat tubuh sudah dalam posisi tegak, maka condongkan bagian tubuh ke satu sisi dan sisi lainnya secara bergantian. Lakukan sebanyak lima kali pengulangan.

Demikian rekomendasi 10 olahraga yang bisa membuat sixpack dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jika dilakukan dengan rutin, maka Anda akan mendapatkan perut sixpack yang diidam-idamkan. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts