Jenis – Jenis Olahraga yang Bisa Memperlancar BAB dan Manfaatnya

olahraga yang bisa memperlancar BAB

Ada banyak jenis olahraga, namun olahraga yang bisa memperlancar BAB dapat membantu mengatasi sembelit pada seseorang. Susah buang air besar merupakan salah satu hal masalah pencernaan yang sering kali terjadi, baik pada usia dewasa dan anak-anak. Saat sembelit melanda, maka Anda akan mencari berbagai solusi untuk mengatasinya, salah satunya dengan membeli obat di apotek.

Namun ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sulit buang air tersebut, yaitu dengan makan buah-buahan, memperbanyak konsumsi air putih dan makanan sehat lainnya. Selain itu Anda juga bisa memperlancar BAB dengan cara melakukan olahraga khusus yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Ada banyak hal yang menyebabkan Anda sembelit atau susah BAB, di antaranya adalah kurang beraktivitas atau olahraga. Saat tubuh kurang melakukan kegiatan yang aktif dan cenderung menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Melakukan banyak aktivitas dipercaya mampu menjaga saluran cerna pada tubuh seseorang. 

 

Manfaat Olahraga untuk Saluran Cerna 

Saluran cerna yang baik akan membantu melancarkan BAB dan meminimalisir terjadinya penyakit yang mengganggu pencernaan. Seperti yang Anda ketahui bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh agar selalu sehat. Manfaat lainnya dari olahraga yang bisa memperlancar BAB adalah menjaga sistem pencernaan seperti halnya berikut ini. 

 

Membantu menstimulasi kontraksi pada otot usus untuk memindahkan feses dengan cepat. 

Dapat mengurangi waktu bergeraknya makanan pada usus besar, serta membatasi cairan yang diserap dari feses ke tubuh. 

Membantu meningkatkan aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Saat aliran darah ke perut lancar maka lambung akan meningkatkan produksi enzim pencernaan. Sehingga usus akan mudah berkontraksi dan memudahkan feses bergerak menuju anus untuk dibuang. 

Meningkatkan nafsu makan, pada saat mengalami kenaikan nafsu makan maka frekuensi pergerakan usus dan meningkatkan dorongan untuk BAB. 

Menstabilkan produksi hormon progesteron penyebab susah buang air,  jika hormon progesteron ini berkurang dalam tubuh maka akan membantu melancarkan gerakan makanan yang berada pada usus. 

Olahraga dapat melatih pernafasan dan detak jantung yang stabil, sehingga dapat merangsang kontraksi usus yang natural. Kontraksi otot yang terjadi pada usus akan lebih efektif untuk memperlancar buang air besar. 

(Baca Juga: Untuk Kamu yang Gak Pede Dengan Ukuran Perut, Ini Dia Jenis-jenis Olahraga yang Bikin Perut Kecil)

Macam – Macam Olahraga yang Baik untuk Pencernaan.

Susah buang air besar dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut yang tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas Anda. Ada banyak jenis olahraga yang bisa memperlancar BAB dan menjaga kesehatan saluran cerna pada tubuh Anda. Gerakan olahraga tersebut juga sangat mudah dilakukan dan tidak sulit, namun mampu dijadikan solusi saat sulit BAB. 

⦁ Kardio 

 olahraga yang bisa memperlancar BAB - kardio

Olahraga Kardio dipercaya mampu melatih pernafasan, detak jantung dan menstimulasi otot serta saraf agar dapat bekerja dengan baik. Kardio juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi perasaan  depresi, dan membuat pola makan menjadi lebih teratur. Terlebih jika Anda mengonsumsi air putih yang cukup saat tengah rutin melakukan Kardio.

Kardio sendiri merupakan olahraga yang bisa dilakukan kapan saja, seperti berenang, zumba dan joging. Jika Anda adalah orang yang sibuk bekerja dan sulit melakukan olahraga seperti berenang atau zumba, maka cobalah untuk sering berjalan dengan cepat. Anda bisa melakukannya saat berjalan ke kantor, atau saat melakukan rutinitas di luar ruangan. 

Hal yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan Kardio adalah dengan melakukan pemanasan seperti berjalan selama lima menit dengan gerakan santai. Kedua lakukan jalan selama 30 menit dengan waktu atau tempo yang lebih cepat dari sebelumnya. Ketika Anda sudah hampir mencapai waktu ke-30 menit turunkan kecepatan berjalan seraya melakukan stretching. 

  • Cat and Cow 

olahraga yang bisa memperlancar BAB - Cat and Crow

Olahraga yang bisa memperlancar BAB ini bisa dilakukan di rumah kapan saja Anda ingin melakukannya. Gerakannya simple seperti bayi yang tengah merangkak, dengan tangan dan lutut dan menempel di matras atau lantai. Ketika sedang dalam posisi seperti cat cobalah untuk membuang nafas secara perlahan, sementara pada gerakan cow lakukan penarikan nafas dengan perlahan. 

Ulangi gerakan tersebut secara bergantian, dan seterusnya hingga 10x atau lebih, sesuai kemampuan Anda. Lakukan gerakan cat and cow secara rutin untuk membantu Anda mengatasi masalah pada pencernaan. Anda bisa melakukannya setiap hari dengan pengulangan gerakan yang mencapai 10 kali cat and cow. 

  • Yoga 

olahraga yang bisa memperlancar BAB - Yoga

Salah satu gerakan olahraga yang bisa meningkatkan fungsi saluran pencernaan  yang bermasalah. Beberapa posisi pada yoga dapat membantu menggerakan makanan menuju saluran pencernaan dengan cepat dan membersihkan perut dari kotoran. Adapun pose-pose tersebut yaitu supine twist, seated spinal twist, wind relieving pose dan child pose. 

Gerakan-gerakan tersebut dapat berfungsi untuk memijat dan merangsang saluran pencernaan. Sehingga pindahnya feses melalui usus lebih terbantu, dengan melibatkan pengerasan otot perut. Namun ada baiknya jika Anda melakukan yoga dengan diawasi secara langsung oleh pelatih agar tidak ada kesalahan dalam melakukan gerakan. 

(Baca Juga: Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha Untuk Kamu yang Gak Pede Sama Penampilan)

  • Deep Squat 

olahraga yang bisa memperlancar BAB - Deep Squat

Gerakan deep squat termasuk salah satu olahraga yang bisa memperlancar BAB yang banyak dilakukan karena bisa dilakukan di rumah dan mudah. Gerakan ini dimulai dengan berjongkok dan posisi jarak kaki dan kiri lebih terbuka lebar. Usahakan agar lutut dan kaki berada sejajar atau membentuk vertikal, posisi lutut sedikit melebihi pergelangan kaki. 

Anda dapat membebankan bobot tubuh ke arah belakang, ke sisi bokong seraya sedikit mengarah ke bawah. Jika masih awal akan terasa berat, Anda dapat memanfaatkan bangku pendek untuk membantu Anda menopang tubuh yang dipusatkan ke arah bokong. Melatih otot gluteal Anda untuk bisa meredam berat badan Anda sekaligus menahan lutut. 

  • Supine Twisting 

olahraga yang bisa memperlancar BAB - Supine Twisting 

Di mulai dengan berbaring di atas matras atau lantai rumah Anda, dengan menekuk kaki seperti pada gerakan wind relieving yaitu dengan satu kaki. Pada gerakan kedua Anda bisa mendorong kaki yang ditekuk ke segi seberangnya. Jika kaki kanan yang Anda tekuk maka dorong ke arah kiri dan pertahankan posisi tersebut. 

Lakukan olahraga yang bisa memperlancar BAB ini secara bergantian dari sisi kaki kiri ke kaki kanan dan seterusnya. Sementara posisi pundak harus tetap menempel pada matras atau lantai Anda. Anda bisa melakukan olahraga ini kapan saja saat waktu senggang untuk mencegah timbulnya masalah sembelit. 

  • Jump Squat 

olahraga yang bisa memperlancar BAB - Jump Squat

Olahraga yang bisa memperlancar BAB yang terakhir adalah Jump Squat. Jump squat masih termasuk dalam jenis olahraga yoga, namun jika Anda ingin melakukannya sebagai olahraga khusus untuk melancarkan sistem pencernaan tanpa harus melakukan gerakan yoga secara banyak. Jump squat ini memiliki manfaat yang baik dalam membantu melancarkan gerakan peristaltik saat BAB dan juga mengatasi sembelit yang sering terjadi. 

Gerakannya sendiri sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja setiap harinya. Pertama Anda perlu memulai gerakannya dengan merenggangkan kedua kaki Anda secara bergantian. Lakukan gerakan olahraga yang bisa memperlancar BAB ini sebanyak 10 sampai 15 kali per harinya, sesuai keinginan Anda untuk mengatasi masalah yang terjadi pada pencernaan. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts