Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha Untuk Kamu yang Gak Pede Sama Penampilan

v

Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha – Tidak bisa dipungkiri, memiliki paha yang ramping membuat orang lebih percaya diri. Namun, paha sering kali sulit untuk dikecilkan. Meskipun sudah diet, seringkali paha tidak mengalami perubahan signifikan. Dibutuhkan olahraga yang bisa mengecilkan paha untuk mewujudkan kaki yang lebih ramping.

Berikut Adalah Deretan Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha

Squat

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Squat

Olahraga yang satu ini memang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, manfaatnya begitu banyak, termasuk untuk mengencangkan sekaligus mengecilkan paha. Olahraga ini juga termasuk praktis karena dapat dilakukan di manapun termasuk di dalam ruangan seperti kamar. Untuk melakukan gerakan yang tepat untuk mengecilkan paha, ikuti langkah berikut ini.

  • Ambil posisi tegak, buka kaki selebar bahu.
  • Rentangkan tangan di depan dada
  • Coba kencangkan otot bagian perut, setelah itu tarik napas
  • Tekuk kedua tungkai, kemudian dorong bokong ke belakang hingga posisi setengah duduk, lakukan secara perlahan.
  • Lakukan selama 30 kali atau selama 3 set

(Baca Juga: 9 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Menambah Berat Badan)

Lunges

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Lunges

Olahraga yang bisa mengecilkan paha selanjutnya adalah lungers. Cara melakukannya yakni ambil posisi berdiri secara tegak, posisikan satu kaki ke depan kemudian tekuk lutut hingga lutut kaki yang satunya akan menyentuh ke bagian lantai. Kembali pada posisi awal dan lakukan gerakan tersebut sebanyak sepuluh kali secara berulang. Lakukan langkah yang sama untuk kaki yang sebelahnya.

Fire hydrant

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Fire Hydrant

Berbeda dengan dua olahraga sebelumnya, olahraga yang satu ini memiliki gerakan yang cukup mudah dilakukan. Posisikan tubuh dalam posisi merangkak. Tangan dan lutut dibuka selebar bahu. Pastikan untuk tetap menjaga posisi bagian pinggul, tarik satu kaki ke arah belakang, luruskan.  Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, jika sudah kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan tersebut dengan langkah yang sama sebanyak 15 kali.

Leg lift

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Leg Lift

Olahraga kali ini adalah leg lift. Berguna untuk mengencangkan paha, lebih tepatnya pada bagian dalam. Untuk mulai melakukan gerakannya, pertama siapkan matras terlebih dahulu. Kemudian berbaring di atasnya, letakan tangan di samping tubuh. Angkat kaki dalam sudut 45 derajat, kemudian rapatkan kakinya. Tahan posisi ini selama 15 detik. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali.

Olahraga yang satu ini sangat praktis dan mudah di lakukan di rumah. Jika tidak memiliki matras, kamu bisa berbaring di kasur pun tak masalah.

Naik turun tangga

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Naik Turun Tangga

Olahraga yang bisa mengecilkan paha tidak harus dilakukan di gym tapi di tangga rumah pun bisa. Caranya juga mudah dan praktis, apalagi olahraga ini juga tak membutuhkan peralatan apalagi biaya yang mahal.

Caranya mudah, kamu hanya perlu naik dan turun tangga seperti biasa. Yang menjadi pembeda adalah kamu perlu melangkahi 2 anak tangga sekaligus. Sedangkan untuk turun tangga bisa dilakukan seperti biasanya. Ulangi selama beberapa kali. Lakukan latihan ini secara rutin, dengan begitu paha akan kencang dan mengecil.

Bersepeda

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Bersepeda

Olahraga yang satu ini bukan hanya untuk mengecilkan namun juga mengencangkannya. Paha yang kecil namun kendur tentu tampak kurang apik dipandang. Ini sebabnya penting untuk menjaga kekencangan bagian paha. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan bersepeda. Olahraga yang bisa mengecilkan paha ini memang memiliki fokus pada bagian betis dan paha sehingga menjadikan otot pada dua bagian tersebut terbentuk dan lebih kencang.

Lompat tali

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Lompat Tali

Olahraga yang satu ini dikenal sebagai salah satu latihan untuk mengurangi berat badan. Bagi kamu yang memiliki paha yang besar, lompat tali juga bisa menjadi solusinya.  Pasalnya, lompat tali dapat membakar lemak pada bagian paha secara efektif. Lakukan secara rutin selama 20 sampai 30 menit. Lingkar paha akan mengecil nantinya.

 

Lari

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Lari

Baik jogging atau lari merupakan olahraga yang mudah untuk dilakukan namun memberi banyak manfaat, termasuk untuk mengecilkan bagian paha. Olahraga yang satu ini bahkan selalu menjadi latihan yang disarankan untuk mengurangi berat badan.

(Baca Juga: 8 Rekomendasi Sepatu Bola Murah dengan Kualitas Super, Ada Incaranmu?)

Alasan mengapa lari menjadi olahraga yang bisa mengecilkan paha adalah karena banyak bergerak menggunakan kaki. Nantinya lemak yang ada di area bokong, betik, dan pada akan terbakar dan ukurannya menjadi lebih kecil.

Jump Squat

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Jump Squat

Jika tadi membahas tentang squat, kini saatnya membahas tentang jump squat. Pasalnya, olahraga yang bisa mengecilkan paha satu ini. Teknik yang digunakan memang mirip dengan squat. Pembedanya yakni jika jump squat menggunakan lompatan yang kan lebih melelahkan dan sedikit lebih sulit untuk dilakukan.

Untuk lebih memudahkan, berikut gerakan yang perlu kamu lakukan untuk mengecilkan paha dengan olahraga yang satu ini.

  • Lebarkan kaki sampai sejajar bahu.
  • Posisikan kedua tangan di bagian samping badan.
  • Jika posisi sudah diatur, turunkan badan perlahan layaknya posisi pada squat.
  • Selanjutnya, loncat hingga setinggi mungkin. Ketika turun, posisikan tubuh tetap berada dalam posisi squat kembali.
  • Ulangi gerakan tersebut setidaknya selama 20 kali sehari. Dengan begitu, pada akan kecil dan kencang.
  • Disarankan untuk berhati-hati selama melakukan gerakan ini, terutama ketika kaki menapakan kembali ke permukaan. Pastikan posisikan tubuh dengan nyaman dan jangan terlalu memaksakan sehingga tidak terjadi cedera.

Bridge Butterfly

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Bridge Butterfly

Olahraga yang bisa mengecilkan paha yang satu ini cocok untuk kamu yang cukup malah bergerak. Namun, meskipun dilakukan dalam posisi berbaring, bridge butterfly juga efektif untuk mengecilkan paha. Selain berguna untuk bagian paha, olahraga tersebut juga bermanfaat untuk membentuk otot perut.

Tak perlu khawatir, gerakannya simple sehingga mudah untuk dipraktekan. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Baringkan tubuh di atas matras
  • Posisikan tangan di samping badan, selanjutnya bagian kaki ditekuk sedikit lalu angkat bokong perlahan
  • Lakukan gerakan tadi pada kaki yang satunya lagi. Pastikan bagian bokong tetap pada posisi terangkat selama proses gerakan dilakukan.

Criss-cross Scissors

olahraga yang bisa mengecilkan paha - Criss-cross Scissors

Tak kalah dengan olahraga yang bisa mengecilkan paha lainnya, Criss-cross Scissors juga merupakan gerakan yang dapat membantu paha menjadi lebih kecil. Cara melakukannya juga cukup sederhana, tahapannya pun sedikit. Berikut langkah-langkahnya:

  • Posisikan tubuh berbaring di atas matras
  • Luruskan kaki dan angkat kedua kaki sedikit dari atas matras
  • Lakukan gerakan kaki secara menyilang layaknya gunting.
  • Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan gerakan ini adalah pastikan punggung bagian bawah agar tetap menempel di matras. Tujuannya supaya cedera punggung dapat dihindari. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dan lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Plié squat

Olahraga yang bisa mengecilkan paha - Plie Squat

Olahraga yang bisa mengecilkan paha selanjutnya yakni plié squat. Olahraga yang satu ini memang dikenal dapat membuat ukuran paha menjadi mengecil. Untuk melakukannya, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Posisikan tubuh layaknya sedang melakukan squat, namun bagian ujung jari kaki arahkan sedikit ke bagian luar
  • Lakukan gerakan turun naik seperti halnya orang yang tengah melakukan gerakan balet.
  • Pastikan bagian kaki tidak dalam berdiri tegak tekita tubuh kembali naik.

Cukup mudah bukan? Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga. Dengan begitu risiko kram dan cedera dapat diminimalisir.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts