Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Jantung

Olahraga merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh tetap fit dan sehat. Namun jika anda menderita penyakit jantung anda mungkin perlu untuk memilih olahraga yang cocok untuk penderita jantung yang aman dan tepat agar tidak terjadi hal yang tidak dikehendaki. Bagi pasien yang menderita gangguan pada organ kardiovaskuler perlu untuk menjalani pengobatan dan juga mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Salah satu cara yang tepat yaitu rutin melakukan olahraga.

Bagi penderita penyakit jantung sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter tentang jenis olahraga apa yang tidak menimbulkan efek negatif pada jantung karena seperti yang kita ketahui bahwa olahraga dapat mempengaruhi kondisi tubuh terutama jantung. Oleh karena itu, anda tidak boleh sembarangan memilih jenis olahraga. Selain itu pasien yang menderita penyakit jantung harus mengetahui panduan dan tata cara yang aman dalam melaksanakan olahraga.

Ikuti langkah-langkah olahraga yang cocok untuk penderita jantung berikut ini

Tanyakan dahulu kepada dokter apakah boleh melakukan olahraga atau tidak

Pasien yang mengidap penyakit jantung tidak semuanya boleh berolahraga. Seperti contoh, bagi pasien yang baru selesai menjalani operasi bypass jantung dan angioplasti dan juga bedah jantung, mereka tidak boleh berolahraga dan harus beristirahat agar dapat mempercepat pemulihan jantung. Untuk itulah, kita perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu tentang hal ini.

Ikuti panduan yang baik dan benar dalam berolahraga

Sebelum anda melakukan olahraga yang cocok untuk penderita jantung, anda perlu mengikuti 3 aturan saat berolahraga. Yang pertama yaitu anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, yang kedua hentikan kegiatan olahraga jika anda merasakan sakit pada jantung serta pada bagian tubuh lain, dan yang terakhir anda tidak boleh terlalu memaksakan diri saat berolahraga. Hindari juga untuk mandi dengan menggunakan air panas setelah melakukan aktifitas olahraga karena dapat membuat peningkatan denyut di jantung dan juga aritmia.

Tetap pantau kondisi tubuh anda selama melakukan olahraga

Tetap awasi dan pantau kondisi tubuh anda sebelum olahraga, selama dan setelah melakukan olahraga. Anda harus menghentikan olahraga jika mengalami gejala-gejala yang tidak biasa seperti pusing, sesak nafas, dan nyeri dada.

Mulailah berolahraga dengan ringan dan tingkatkan intensitasnya

Walaupun anda merasa bersemangat saat melakukan olahraga yang cocok untuk penderita jantung, anda harus memperhatikan kondisi anda saat ini dan jangan melakukan latihan yang berat-berat untuk waktu yang lama. Akan lebih baik jika melakukan olahraga yang ringan-ringan dahulu dan dalam durasi yang singkat untuk minggu pertama lalu setelah itu tingkatkan intensitas serta durasinya secara perlahan pada minggu yang selanjutnya. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter tentang rencana olahraga yang akan anda lakukan.

(Baca Juga: Hati-Hati, Inilah 8 Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma)

Penuhi asupan nutrisi tubuh setelah berolahraga

Olahraga membuat tubuh mengeluarkan energi dan keringat yang banyak. Setelah melakukan olahraga, pastikan untuk mengganti cairan yang hilang pada tubuh dengan minum air secukupnya dan makan makanan yang menyehatkan jantung sehingga tubuh dapat pulih setelah berolahraga.

Jika anda sudah memahami hal-hal yang perlu dilakukan bagi penderita penyakit jantung sebelum berolahraga, kini kita akan mengetahui jenis olahraga yang cocok untuk penderita jantung. Berikut ini adalah daftar olahraga yang aman bagi penderita penyakit jantung.

Berjalan Kaki

olahraga yang cocok untuk penderita jantung - Berjalan kaki

olahraga yang cocok untuk penderita jantung yang satu ini merupakan yang paling murah dan tidak menghabiskan banyak energi. Anda dapat berjalan kaki ke tempat kerja, ke pasar untuk berbelanja atau berjalan keliling kompleks. Banyak penelitian yang membuktikan kalau berjalan kaki dapat mengurangi dampak penyakit jantung sebesar 31% dan mengurangi tingkat kematian karena kardiovaskuler sebesar 32%.

Jalan kaki dapat mengurangi stress dan menstabilkan tekanan darah sehingga dapat membantu menjaga kadar kolesterol anda. Hal ini dikarenakan bahwa kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menggumpal dan membentuk plak pada pembuluh darah sehingga dapat menjadi sumber terjadinya penyakit jantung.

Berenang

 olahraga yang cocok untuk penderita jantung - Berenang

Berenang merupakan salah satu cabang dari olahraga aerobik terbaik dan olahraga yang cocok untuk penderita jantung. Menurut penelitian yang dilakukan oleh U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Amerika, ditemukan fakta bahwa melakukan aktivitas berenang sekitar 2 setengah jam per minggu dapat memberikan banyak manfaat bagi jantung anda. Selain itu manfaat lain dari berenang adalah dapat mengurangi stress. 

Bersepeda

olahraga yang cocok untuk penderita jantung - Bersepeda

Olahraga yang cocok untuk penderita jantung yang selanjutnya adalah bersepeda. Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang cukup aman bagi pasien penderita penyakit jantung. Hal ini karena bersepeda dapat membantu memperkuat otot pada jantung sekaligus menurunkan denyut nadi, memperlancar proses sirkulasi darah dan juga mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh..

Bersepeda secara rutin dengan tetap memperhatikan panduan yang benar akan dapat mengurangi resiko terkena stroke dan serangan jantung di kemudian hari. Selain itu, manfaat lain yang didapat dari aktivitas ini yaitu dapat menurunkan berat badan karena lemak tubuh akan terbakar saat bersepeda.

Melakukan Olahraga Taichi

olahraga yang cocok untuk penderita jantung - Melakukan Olahraga Taichi

Taichi merupakan olahraga yang berasal dari negeri Cina sebagai cara untuk melatih kebugaran tubuh. Taichi melibatkan olahraga peregangan anggota tubuh yang ringan dan disertai dengan gerakan yang terfokus dan lambat. Taichi juga dapat melatih kemampuan anda dalam berkonsentrasi, mengatur irama tubuh serta mengendalikan pernapasan.

(Baca Juga: Yuk Simak, Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi)

Olahraga taichi ini memiliki peranan yang besar untuk mencegah serta mengurangi berbagai macam masalah kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan saat anda melakukan taichi, tubuh anda memberikan tekanan yang ringan pada otot di jantung anda.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Harvard Heart Publishing menemukan bahwa taichi merupakan olahraga yang cocok untuk penderita jantung termasuk gagal jantung. Pasalnya taichi membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, memperkuat jantung serta mengendalikan berat badan anda.

Meditasi

olahraga yang cocok untuk penderita jantung - Meditasi

Meditasi merupakan olahraga yang cocok untuk penderita jantung karena dapat mengurangi stress yang berlebihan. Stress sangat berbahaya bagi tubuh anda terutama kesehatan jantung anda. Pasalnya stress dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah. Oleh karena itu, meditasi dapat membuat emosi anda menjadi stabil. Emosi yang stabil akan membuat tubuh keluar dari mode fight or flight atau mode stress sehingga jantung akan bekerja lebih optimal.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The American Heart Association (AHA) membuktikan bahwa orang-orang yang melakukan meditasi dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung atau stroke. Meditasi sangat dianjurkan bagi penderita jantung, namun selain melakukan meditasi anda juga perlu mengatur gaya hidup dan pola makan yang benar serta melakukan olahraga secara rutin.

Meditasi memberikan efek yang positif pada psikologi seseorang. Pasalnya saat meditasi otak memproduksi sebuah hormon untuk membuat suasana hati lebih tenang sehingga stress akan berkurang. Lakukanlah meditasi secara rutin untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan jantung anda.

 

olahraga-olahraga yang cocok untuk penderita jantung diatas bisa dilakukan jika sudah melakukan konsultasi dengan orang yang lebih mengerti tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Semoga artikel diatas bermanfaat.

Selamat Membaca!

Total
11
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts