9 Olahraga yang Tepat Saat Puasa yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Olahraga yang tepat saat puasa

Puasa Ramadhan memang menjadi suatu kewajiban, namun bukan berarti berpuasa menjadi waktu untuk bermalas-malasan. Selama puasa tubuh memang tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Meskipun sedang lapar dan haus, namun aktivitas harus tetap berjalan seperti biasa termasuk masalah olahraga. Olahraga ketika berpuasa tidak membuat tubuh menjadi lemas berlebihan. Malah bila dilakukan dengan benar, olahraga yang tepat saat berpuasa bisa membantu menjaga tubuh tetap bugar dan fit. 

Kunci utama berolahraga ketika berpuasa adalah pilih waktu yang tepat. Bila biasanya anda bisa berolahraga kapan saja, namun ketika berpuasa olahraga harus diatur dengan cermat. Olahraga ketika berpuasa sebaiknya dilakukan beberapa waktu sebelum berbuka puasa sehingga setelah selesai berolahraga, tubuh bisa langsung mendapatkan energi dan cairan. 

Selain waktu olahraga yang tepat, pemilihan jenis olahraga juga harus diperhatikan. Tidak semua olahraga bisa dilakukan ketika berpuasa utamanya olahraga dengan intensitas tinggi. Meskipun anda merasa fisik cukup kuat untuk melakukan olahraga seperti biasanya, namun sebaiknya pilih yang tidak terlalu berat. Berikut ini beberapa pilihan olahraga yang tepat saat puasa.

Olahraga yang Tepat Saat Puasa yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Bersepeda

Olahraga yang tepat saat puasa - Bersepeda

Bersepeda kini menjadi salah satu olahraga yang sedang tren. Siapa sangka bila olahraga ini juga cocok dilakukan ketika berpuasa. Olahraga yang satu ini membantu membakar 400 hingga 1000 kalori tubuh. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, anda harus bersepeda dengan teknik yang tepat yaitu pilih ukuran sepeda yang cocok dengan postur tubuh, posisi tubuh yang benar ketika bersepeda, hingga irama kayuhan yang ideal yaitu sekitar 60-80 putaran per meter. 

Selain membantu membakar kalori, bersepeda juga membantu mengurangi nyeri haid pada wanita hingga mencegah pembentukan sel kanker. Bersepeda juga membantu tubuh menghasilkan hormon endorphin yang membantu menurunkan stress dan meningkatkan mood. Bahkan bersepeda membantu tubuh agar tidak lemas selama berpuasa karena olahraga ini membantu tubuh mengontrol oksigen yang masuk sehingga tubuh tetap bugar. 

Anda bisa bersepeda pada sore hari menjelang berbuka puasa. Tidak perlu bersepeda terlalu jauh, anda bisa bersepeda keliling kompleks. Bila tidak memungkin anda juga bisa mencoba sepeda statis di gym. 

(Baca Juga: Tips Agar Puasa Tidak Pusing dan Cara Mengatasinya)

Jogging

Olahraga yang tepat saat puasa - Jogging

Salah olahraga yang tepat saat puasa adalah jogging. Olahraga yang satu ini sebaiknya dilakukan menjelang berbuka puasa selama 30 menit saja. Agar tidak dehidrasi atau kelelahan, anda bisa berlari dengan ritme santai dan ringan saja. Sebaiknya sebelum jogging awali dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan agar tekanan darah dan detak jantung tidak kaget. Olahraga Jogging ini juga termasuk efektif untuk menurunkan berat badan. Untuk membakar kalori, anda bisa menggunakan interval latihan 2-5 menit untuk 1 kali sesi. Meskipun begitu, durasi jogging tidak bisa sama antara satu orang dengan lainnya. Anda perlu memperhatikan kondisi tubuh dan berhentilah ketika sudah dirasa lelah. 

Jalan santai

Olahraga yang tepat saat puasa - Jalan santai

Kalau jogging menurut anda masih terlalu berat, anda bisa melakukan jalan santai sebagai alternatif olahraga ketika berpuasa. Jalan santai cocok bagi anda yang jarang berolahraga dan tidak kuat dengan olahraga yang intens. Meskipun hanya jalan kaki, anda harus mengkombinasikan teknik berjalan agar mendapatkan manfaatnya. Yaitu dengan jalan santai strolling serta jalan cepat atau power walking. Anda bisa memilih salah satu teknik atau mengkombinasikan keduanya tergantung dengan kekuatan tubuh masing-masing. 

Yoga

Olahraga yang tepat saat puasa - Yoga

Olahraga ringan yang juga cocok dilakukan ketika berpuasa adalah yoga. Olahraga yang satu ini tidak menguras terlalu banyak energi seperti jogging atau jalan kaki, namun gerakan yoga tetap bisa menjaga kebugaran tubuh. Anda bisa memilih pose atau gerakan yoga yang tidak terlalu susah. Durasi latihan yoga ketika berpuasa cukup 15-30 menit dan dilakukan menjelang berbuka puasa. Jangan lupa fokus dengan teknik pernapasan karena bisa membantu menambah suplai oksigen ke dalam tubuh. 

Bowling

Olahraga yang tepat saat puasa - Bowling

Olahraga yang tepat saat puasa adalah bowling. Bowling termasuk dalam olahraga yang condong ke permainan. Bermain bowling membantu tubuh rileks dan berstamina meski tanpa mengeluarkan banyak energi. Anda bisa bermain bowling sambil ngabuburit menunggu waktu buka puasa bersama keluarga. Sayangnya bowling hanya bisa dilakukan di tempat-tempat khusus seperti mall atau tempat khusus bowling. 

Angkat beban

Olahraga yang tepat saat puasa - Angkat Beban

Berbicara latihan beban, sebagian besar orang berpikir bila olahraga yang satu ini membutuhkan tenaga ekstra. Padahal bila cermat mengatur beban, olahraga yang satu ini cocok dilakukan ketika berpuasa. Agar tidak membuat tubuh terlalu lelah, anda bisa memilih beban yang ringan saja dengan gerakan yang halus agar tidak mencederai otot. Sama halnya dengan jenis olahraga yang lain, sebaiknya lakukan latihan angkat beban ketika sore hari atau menjelang berbuka puasa. 

Renang

Olahraga yang tepat saat puasa - Renang

Meskipun banyak kontroversi tentang berenang ketika berpuasa, namun olahraga yang satu ini cukup efektif membakar lemak. Anda bisa berenang dengan berhati-hati agar air tidak tertelan dan membatalkan puasa. Berenang bisa dilakukan ketika sore hari atau menjelang berbuka puasa dengan rentang waktu sekitar 30-45 menit saja. Hindari berenang terlalu intens karena olahraga ini juga membutuhkan energi tubuh yang cukup besar. Berenang ini menjadi olahraga favorit bagi mereka yang tidak suka bermandi keringat ketika berolahraga dan tubuh tetap segar. 

(Baca Juga: 10 Olahraga Yang Sehat Untuk Rahim agar Cepat Dapat Momongan)

Stretching

Olahraga yang tepat saat puasa -Stretching

Stretching atau peregangan ringan juga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat saat puasa. Olahraga yang satu ini tidak mempunyai aturan khusus sehingga anda bisa melakukannya sesuai dengan kemampuan tubuh. Beberapa pilihan peregangan yang bisa dilakukan adalah squat jump, bench dips, hingga push up. Anda bisa memilih olahraga yang dirasa ringan dan sesuai dengan kemampuan tubuh. Stretching bisa dilakukan sore hari sebelum berbuka puasa selama kurang lebih 10 menit saja. 

Selain melonggarkan otot-otot yang kaku, stretching juga membantu menurunkan kecemasan dan stress. Bila dilakukan secara rutin, stretching bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh hingga memperbaiki kualitas tidur. Olahraga ini juga sangat fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja termasuk di dalam rumah. 

Naik turun tangga

Olahraga yang tepat saat puasa - Naik turun tangga

Tidak banyak yang berpikir bila naik turun tangga bisa menjadi olahraga yang tepat saat puasa. Sama halnya dengan berjalan, naik turun tangga juga membantu membakar kalori tubuh dan meningkatkan kebugaran. Faktanya dalam sepuluh menit naik turun tangga, tubuh bisa membakar 178 kalori. 

Olahraga naik turun tangga ini harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Bila tidak naik turun tangga bisa menyebabkan kecelakaan seperti patah tulang kaki, dislokasi sendi, radang sendi, dan cedera lainnya. Lakukan olahraga naik turun tangga tetap dalam batas normal agar bisa merasakan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kapan sebaiknya berolahraga ketika berpuasa?

Ketika berpuasa memang tidak bisa berolahraga kapanpun kita mau. Bila biasanya anda berolahraga siang hari, kini harus menghindari waktu-waktu tersebut karena bisa menyebabkan tubuh dehidrasi dan kelelahan. Lalu kapan sebaiknya berolahraga ketika berpuasa?

Setelah sahur

Sebagian besar orang mungkin lebih memilih tidur setelah sahur ketimbang berolahraga. Padahal waktu setelah sahur ini tepat untuk menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh. Meskipun begitu anda baru bisa berolahraga 2 jam setelah makan sahur agar tubuh bisa mencerna makanan dengan baik. 

Sebelum berbuka puasa

Sebelum berbuka puasa menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Berolahraga di waktu ini bisa membantu mencegah dehidrasi akibat olahraga. Lakukan olahraga setidaknya 60 menit sebelum waktu berbuka. Selain itu, pilih jenis olahraga yang ringan dan tidak menyebabkan tubuh dehidrasi atau kelelahan. Berolahraga sesaat sebelum berbuka puasa dianggap menjadi waktu yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Setelah berbuka puasa

Bila ingin melakukan olahraga dengan intensitas berat, waktu yang terbaik adalah setelah berbuka puasa. Setelah berbuka, tubuh mendapatkan asupan energi sehingga bisa berolahraga lebih keras. Namun sebaiknya sebelum berolahraga tunggu minimal 2 jam setelah makan untuk menghindari hernia diafragma. 

Selain memilih jenis olahraga yang tepat saat puasa serta waktu yang terbaik, anda juga harus memperhatikan asupan makanan. Agar puasa tetap bertenaga dan olahraga tetap berjalan lancar, sebaiknya pilih makanan yang bergizi seimbang. Penuhi juga asupan cairan tubuh agar tidak dehidrasi setelah berolahraga. Setelah berolahraga, pastikan untuk istirahat yang cukup untuk menghindari tubuh menjadi terlalu lelah. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts