Yuk Simak, Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi – Sebagai wanita, menstruasi menjadi salah satu kondisi yang selalu dialami pada setiap bulannya. Menstruasi sendiri terkadang datang membawa beberapa kondisi turunan seperti tubuh terasa pegal, rasa malas yang tiba-tiba menyelimuti, kram pada perut, bahkan sampai mood atau suasana hati yang naik turun. Oleh sebab itu, ketika sedang mengalami menstruasi, maka salah satu yang harus dilakukan adalah menjaga stamina tubuh dan melakukan hal-hal positif untung mengurangi bahkan melupakan hal-hal yang kurang mengenakkan. Salah satunya adalah olahraga.

Namun, tidak semua jenis olahraga dianjurkan untuk dilakukan pada saat kondisi wanita sedang menstruasi. Sebab, terdapat beberapa olahraga yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi. Apa sajakah jenis olahraga tersebut? Berikut pembahasannya.

Berikut Adalah Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi

Latihan Kardio

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Latihan Kardio

Olahraga yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi yang pertama adalah latihan kardio. Banyak orang menggemari aktivitas menyehatkan bernama latihan kardio ini. Akan tetapi, ternyata olahraga satu ini tidak dianjurkan untuk wanita-wanita yang sedang berada pada masa menstruasi. Latihan kardio lebih direkomendasikan pada wanita pasca menstruasi sebab ketika dilakukan saat menstruasi, melakukan latihan kardio hanya dapat menguras tenaga saja. Terlebih ketika sedang menstruasi, biasa seorang wanita akan mengalami yang namanya mudah lemas sehingga olahraga ini tidak terlalu direkomendasikan. Lantas, bagaimana dengan yang sudah biasa melakukan olahraga tersebut? Jika sudah biasa melakukan latihan kardio, maka ketika menstruasi cukup kurangi waktu latihannya saja. Jangan terlalu lama seperti yang dilakukan pada hari-hari normal. Hal tersebut demi menjaga keamanan dan kenyamanan energi saat menstruasi.

(Baca Juga: Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha Untuk Kamu yang Gak Pede Sama Penampilan)

Angkat Beban

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Angkat Beban

Bagi sebagian wanita, berlatih beban atau melakukan olahraga mengangkat beban menjadi hobi atau bahkan kesenangan tersendiri. Namun, angkat beban menjadi salah satu olahraga yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi. Seorang wanita dianjurkan untuk tidak melakukan olahraga satu ini. Kenapa demikian? Ketika seorang wanita berada pada kondisi menstruasi dan dirinya melakukan olahraga berat yang salah satunya adalah angkat beban, maka dapat meningkatkan sakitnya kram di perut dan bahkan bisa menimbulkan ketidak nyamanan yang luar biasa. Akan tetapi, jika keinginan melakukan olahraga angkat beban tidak dapat terelakkan, maka bisa saja melakukannya tetapi dengan catatan jangan terlalu lama. Jika bisa, kurangi beban yang biasa diangkat ketika berada pada kondisi biasa. Dengan demikian, dampak dari olahraga satu ini pada seorang wanita yang sedang mengalami kondisi menstruasi tidak terlalu terasa.

Gerakan Yoga Shoulder Stands

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Gerakan Yoga Shoulder Stand

Olahraga yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi yang selanjutnya adalah beberapa gerakan dari yoga. Salah satunya adalah shoulder stands. Meskipun pada kebanyakan wanita nebjadikan yoga sebagai aktifitas mingguan atau bulanan mereka, namun, usahakan jangan melakukan gerakan satu ini ketika sedang berada pada kondisi menstruasi. Shoulder Stands yang dilakukan seorang wanita yang sedang menstruasi dapat menyebabkan aliran darah haid terhenti dan tidak teratur. Akibatnya, haid yang semulanya aman-aman saja menjadi tidak teratur. Sedangkan, kondisi haid yang tidak teratur terkadang memicu kekhawatiran tersendiri bagi seorang wanita sebab kondisi atau fase menstruasinya berubah dari biasanya.

Head Stands

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Head Stands

Selain shoulder stands terdapat gerakan yoga lainnya yang sebaiknya juga dihindari ketika seorang wanita sedang menstruasi. Yaitu head stands. Sama halnya dengan shoulder stands, olahraga yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi bernama head stands ini juga dapat menyebabkan darah haid berhenti belum pada masanya. Bahkan, dapat pula menimbulkan menstruasi-menstruasi berikutnya menjadi tidak teratur. Oleh sebab itu, jika sedang melakukan yoga saat menstruasi, maka hindari gerakan-gerakan yang tidak dianjurkan sebab dapat mengakibatkan kondisi yang tidak mengenakkan.

Plough Pose

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Plough Pose

Selanjutnya, terdapat gerakan olahraga yang termasuk juga sebagai salah satu gerakan yoga yakni bernama plough pose sebagai gerakan yang tidak direkomendasikan untuk dilakukan saat menstruasi. Plough pose juga dapat membuat darah menstruasi yang keluar menjadi tidak teratur. Bahkan, menyebabkan darah menstruasi berhenti belum pada masanya. Sama seperti kedua gerakan yoga di atas yang sudah disebutkan, plough pose juga bisa membuat fase menstruasi seorang wanita menjadi tidak teratur. Jadi, hindari juga gerakan yoga satu ini jika ingin menstruasi tetap teratur dan lancar.

Gerakan Tertentu dalam Menari

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Gerakan Tertentu Dalam Menari

Gerakan  tertentu dalam menari menjadi salah satu olahraga yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasiBagi sebagian wanita, menari sudah menjadi suatu kebiasaan untuk menjaga kebugaran di dalam tubuh. Namun, ternyata tidak semua gerakan tari atau dance dianjurkan untuk dilakukan. Terutama saat keadaan menstruasi. Pada kondisi sakit punggung dan kram berat pada perut, usahakan hindari gerakan-gerakan tari yang justru bisa menambah rasa sakit tersebut. Salah satunya adalah garakan upside down atau membalikkan tubuh. Dengan melakukan gerakan tersebut, dipercaya dapat membuat ketidaknyamanan saat menstruasi menjadi meningkat dan memicu kram yang lebih dahsyat. Oleh sebab itu, lakukan gerakan tari yang ringan-ringan saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

(Baca Juga: Ikutin Yuk, 8 Tips Menjadi Atlet Berprestasi dan Membanggakan)

Lari Maraton

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Lari Maraton

Siapa yang tidak tahu olahraga satu ini. Banyak acara-acara seperti festifal di kota, ulang tahun suatu kota, dan lainnya terkadang mengadakan lomba lari maraton yang digemari banyak orang. Tidak terkecuali untuk wanita. Eits, tunggu dulu, jika seorang wanita berada pada kondisi normal atau pasca menstruasi, maka boleh-boleh saja mengikuti kegiatan olahraga lari maraton ini. Namun, jika seorang wanita sedang berada pada keadaan menstruasi terlebih 1-4 hari sedang berjalan kondisi menstruasinya, maka lebih dianjurkan untuk mengurungkan niatnya dalam mengikuti lari maraton ini.

Olahraga lari maraton masuk sebagai salah satu olahraga yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi sebab olahraga satu ini dapat memicu lelah berlebih. Sedangkan, kita semua juga tahu bahwa seorang wanita yang sedang menstruasi, tanpa melakukan olahraga berat pun terkadang dirinya menjadi mudah lelah dan lemas. Oleh sebab itu, jika ingin melakukan olahraga lari, sebaiknya lakukan yang ringan-ringan saja ketika sedang menstruasi. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi hal-hal yang kurang mengenakkan.

Berenang

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi - Berenang

Olahraga yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi selanjutnya adalah berenang. Sebenarnya, boleh-boleh saja ketika seseorang hendak berenang saat menstruasi. Namun, terdapat beberapa kejadian yang menunjukkan bahwa sebaiknya seorang wanita mengurungkan niatnya untuk berenang terlebih dahulu ketika sedang menstruasi. Salah satunya adalah pada seorang wanita yang sering merasakan kram di perut saat menstruasi. Kondisi yang seperti ini tentu akan membahayakan dirinya jika kram yang ia rasakan juga terjadi di tengah-tengah kolam renang. Bahkan, dapat memicu rasa nyeri yang luar biasa ketika olahraga renang ini dipaksakan untuk tetap dilakukan. Oleh sebab itu, berenang menjadi olahraga yang dianjurkan untuk dilakukan pasca menstruasi, bukan saat sedang berada pada kondisi menstruasi.

Itulah beberapa olahraga yang tidak boleh dilakukan pada saat menstruasi. Jika menginginkan kondisi badan tetap fit namun tergolong aman saat menstruasi, maka lakukan saja olahraga ringan dan hindari olahraga-olahraga yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts