Hati-Hati, Inilah 8 Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma – Jika Anda atau keluarga Anda ada yang menderita asma, inilah artikel bermanfaat mengenai olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma. Pasalnya penderita asma sebenarnya bukan sama sekali tidak boleh melakukan olahraga. Bahkan mereka tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga, agar menjaga tubuh selalu sehat, fit dan berat badan seimbang. 

Akan tetapi ada beberapa olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma. Ini karena jika dipaksakan, justru akan memicu asma menjadi kambuh atau bahkan semakin parah. Karena itu sangat dianjurkan bagi Anda untuk menghindari beberapa olahraga ini, karena jika dipaksa untuk dilakukan justru akan sangat membahayakan bagi keselamatan diri Anda sendiri.

Meski begitu seperti disebutkan diatas, bukan berarti penderita asma tidak boleh untuk melakukan olahraga sama sekali. Bahkan tetap dianjurkan untuk melakukan, meski dengan intensitas berbeda dan juga sesuai dengan petunjuk dokter. Beberapa olahraga yang disarankan untuk penderita asma seperti jalan santai, yoga, berenang, senam dan golf boleh dilakukan oleh Anda.

(Baca Juga: Yuk Simak, Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi)

Hanya saja Anda tentu tidak boleh untuk memaksakan diri. Selain itu perhatikan intensitasnya, jangan terlalu berat dan membuat Anda kelelahan. Sangat disarankan juga untuk melakukan olahraga di tempat terbuka atau bahkan di alam, agar Anda bisa menghirup udara yang bersih dan melegakan. 

Jika ada olahraga yang baik untuk penderita asma, tentu ada juga workout yang sebaiknya dihindari. Lalu apa sajakah olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma? Berikut ini 8 diantaranya yang harus Anda ketahui:

Olaharaga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma

Sepakbola

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma - Sepakbola

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa pemain sepakbola sekelas David Beckham dan Frank Lampard adalah penderita asma. Lampard mengaku ia memiliki penyakit asma lantaran keturunan dari sang ayah. Sedangkan Beckham pernah terlihat menggunakan inhaler, saat ia sedang merumput untuk LA Galaxy di tahun 2009 silam. Sepakbola memang jadi salah satu olahraga yang sebaiknya dihindari oleh penderita asma. Aktivitas olahraga yang mengharuskan pemainnya untuk berlari secara terus menerus selama kurang lebih 90 menit, membuat sepakbola menjadi olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan oleh penderita asma. Lalu bagaimana dengan Beckham dan Lampard? Keduanya tentu memiliki dokter pribadi dan dokter klub yang selalu siap siaga di pinggir lapangan, untuk melakukan pertolongan pertama jika asma yang diderita keduanya kambuh.

Bola basket

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma - Bola Basket

Selain sepakbola, bola basket juga jadi olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma. Basket memang jadi olahraga yang tak kalah populer dibandingkan dengan sepakbola. Namun rupanya olahraga yang satu ini juga sangat pantang dilakukan oleh penderita asma. Seperti sepakbola, basket juga mengharuskan pelakunya untuk berlari selama beberapa waktu tertentu, dan dengan sedikit waktu saja untuk beristirahat. Ini buruk untuk penderita asma karena mereka akan sulit mengatur ritme nafasnya. Sebenarnya, basket masih boleh untuk dilakukan hanya saja penderita asma yang melakukan olahraga ini harus sering-sering mengambil waktu untuk beristirahat.

Bersepeda gunung

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma - Bersepeda Gunung

Sejatinya bersepeda masih boleh dilakukan oleh penderita asma, asalkan Anda melakukannya dengan santai. Bersepeda dengan intensitas tinggi seperti sepeda gunung dan sepeda balap, tidak dianjurkan sama sekali bagi mereka yang menderita asma. Ini karena saat Anda bersepeda dengan intensitas tinggi, maka anda akan dipaksa untuk bernafas lebih kuat dan kencang dibandingkan biasanya. Karena itulah hindari aktivitas bersepeda yang berat, dan beralihlah dengan sepeda santai sembari menikmati udara segar di pagi hari.

Lari jarak jauh atau maraton

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma - Lari Jarak Jauh atau Maraton

Penderita asma sebenarnya masih boleh loh untuk melakukan jogging ringan di pagi hari. Yang merupakan bagian dari olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma adalah lari jarak jauh atau maraton. Kedua olahraga ini bisa sangat berbahaya jika dipaksa untuk dilakukan oleh penderita asma. Aktivitas berlari yang tanpa henti dengan intensitas sangat tinggi, bisa sangat buruk bagi kondisi asma Anda. Karena itu Anda sebaiknya menghindari maraton dan lari jarak jauh, serta menggantinya dengan jogging ringan secara rutin saja. 

Ski es

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma - Ski Es

Bagi Anda penderita asma yang berniat berlibur ke negara-negara subtropis selama musim dingin, sebaiknya tahan diri untuk tidak melakukan olahraga ski. Ya siapa sih yang tak ingin merasakan berpacu adrenalin dengan ber-ski saat berkunjung ke negara empat musim?. Namun rupanya ski di salju sebaiknya jadi aktivitas yang wajib dihindari, jika Anda adalah seorang penderita asma. Olahraga yang terbilang berat ditambah dengan udara yang cukup dingin selama musim salju, bisa berakibat fatal bagi penderita asma karena bisa mengeringkan saluran pernafasan mereka. Akan tetapi Anda masih boleh kok untuk bermain salju, namun hindari untuk ber-ski ya.

(Baca Juga: Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha Untuk Kamu yang Gak Pede Sama Penampilan)

Tenis

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma - Tenis

Salah satu olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma adalah tenis, terutama tenis lapangan. Tenis mengharuskan atletnya untuk berlari mengejar bola, namun dalam waktu yang cepat dan singkat. Hal ini bisa memberikan beban yang berlebihan pada paru-paru penderita asma, sehingga bisa sangat berbahaya bagi kondisi mereka. Sebenarnya Anda masih boleh melakukan tenis, hanya saja tidak dengan intensitas yang tinggi. Anda juga sangat disarankan untuk sering-sering beristirahat dan mengatur nafas, saat melakukan olahraga yang satu ini.

Circuit Training

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma - Circuit Training

Olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma berikutnya adalah Circuit Training. Inilah olahraga yang sedang trend di kalangan milenial saat ini. Bagaimana tidak Circuit Training adalah olahraga dengan intensitas tinggi yang bisa dilakukan dalam waktu singkat, hanya dalam beberapa menit saja. Akan tetapi Circuit Training sangat tidak dianjurkan oleh mereka yang memiliki asma. Seperti disebutkan diatas, Circuit Training ini termasuk olahraga dengan intensitas tinggi yang akan memacu nafas dan jantung Anda dengan sangat cepat. Ini karena diharapkan dalam waktu yang singkat, akan banyak lemak terbakar banyak dengan jenis olahraga ini. Meski sangat cocok bagi mereka yang tak punya banyak waktu untuk olahraga, Circuit Training adalah pilihan buruk bagi mereka yang menderita penyakit asma.

Interval Training

Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Asma - Interval Training

Olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma yang terakhir adalah Interval Training. Seperti circuit training, Interval Training adalah olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma, bahkan sangat dianjurkan untuk dihindari dan tidak dilakukan sama sekali. Ini karena interval training masuk ke dalam kategori High-intensity interval training (HIIT). Ini adalah olahraga yang dilakukan dalam waktu singkat, namun dipercaya sangat efektif untuk membakar lemak. Orang biasanya melakukan interval training selama 7-10 menit, namun itu sudah sangat efektif untuk membuat nafas kepayahan dan badan terasa lelah. Karena itulah interval training yang tergolong sebagai olahraga berat ini sebaiknya Anda hindari, jika tak ingin asma kembali kambuh.

Jika penderita asma ingin berolahraga, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pilih olahraga ringan namun lakukan secara rutin
  • Sesuai dengan petunjuk dokter
  • Sering mengambil jeda untuk istirahat dan tidak memaksakan diri 
  • Bukan jenis olahraga dengan intensitas tinggi

Menderita asma bukan berarti Anda tidak boleh melakukan aktivitas olahraga. Hanya saja sebaiknya tahu mengenai olahraga yang tidak boleh dilakukan penderita asma, agar asma yang Anda derita tidak kembuh dan justru membahayakan diri Anda sendiri.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts