Daftar Pemain Bola Terbaik di Indonesia yang Membanggakan

pemain bola terbaik di Indonesia

Kita punya banyak daftar pemain bola terbaik di Indonesia yang memiliki talenta terbaik di dunia olahraga. Tentunya, para pemain sepak bola ini bukan hanya berasal dari satu daerah saja, melainkan berasal dari multiwilayah. Mengingat, Indonesia merupakan Negara kepualauan yang terdiri dari banyak suku dan ras, maka tidak heran jika para pemain sepak bola tanah air kita mempunyai banyak karakteristik sesuai wilayah aslinya.

Terlepas dari keberagaman suku dan ras tersebut, hal ini bukan menjadi penghalang untuk Timnas Indonesia dalam menyuguhkan performa terbaik pada tiap penampilannya. Bahkan, Timnas Indonesia sempat dijuluki sebagai Macan Asia karena kepiawaiannya di masa lalu dalam mencetak goal di berbagai kompetisi. Tidak hanya di Indonesia, Di luar Indonesia pun banyak sekali pemain pemain bola bertalenta dengan segudang prestasi. Bahkan Pemain pemain tersebut mempunyai banyak sekali penghargaan yang di dapatkan dan semoga pemain pemain bola tanah air pun bisa mengikuti jejak pemain bola dengan banyak penghargaan tersebut. 

Pemain Bola Terbaik di Indonesia

Tentunya, hal ini tidak lepas dari para pemain sepak bola yang memiliki kompetensi yang unggul pada salah satu cabang olahraga bola ini. Maka dari itu, agar kita tidak lupa akan prestasi dan gemilaunya karir para pemain bola di masa lalu, mari simak informasi mengenai daftar pemain bola terbaik di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

Boaz Solossa

pemain bola terbaik di Indonesia - Boaz Solossa

Boaz Solossa menjadi salah satu pemain legendaris yang dimiliki sepak bola tanah air. Nama Boaz mulai naik daun saat ia beserta timnya berpartisipasi dalam kejuaraan Piala Tiger 2004.

Attacker yang saat ini berusia 34 tahun tersebut telah mencurahkan segenap profesionalitasnya bersama Persipura Jayapura. Maka tidak heran jika Boaz sampai dijuluki dengan sebutan  “The One Club Icon”.

(Baca Juga: Intip 8 Pemain Bola dengan Penghargaan Terbanyak)

Bambang Pamungkas

pemain bola terbaik di Indonesia - Bambang Pamungkas

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Bambang pamungkas? Pria berusia 39 tahun ini masih aktif dalam bermain sepak bola, bahkan hingga sekarang. Tentunya, Bambang Pamungkas telah menorehkan banyak prestasi sepanjang sejarah persepakbolaan tanah air.

Mengutip dari laman suara.com (19/12/20), Bambang telah mencetak 38 gol untuk Timnas Indonesia. Selain itu, pria yang pernah melebarkan sayap Persija Jakarta ini juga telah menduduki posisi sebagai kapten Timnas Indonesia sebanyak 85 kali di sepanjang karirnya. Tidak cukup sampai di situ, bahkan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menyematkan gelar “The Legend” kepada Bambang.

Alberto Goncalves

pemain bola terbaik di Indonesia - Alberto Goncalvez

Sejak kemunculannya di dunia sepak bola tanah air, Goncalves sering berpindah-pindah klub setelah satu musim bergabung. Namun, menjelang penghujung karirnya, Ia memilih menetap dan setia kepada satu klub.

Pemain yang memiliki tinggi 1,75 m tersebut juga menduduki peringkat keenam sebagai pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak di Liga Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, pencapaiannya tersebut terhitung dari awal karirnya di tahun 2009 dengan perolehan 149 gol.

Cristiano Gonzales

pemain bola terbaik di Indonesia - Cristiano Gonzales

Cristiano Gonzales menjadi salah satu pemain bola yang cukup eksis di dunia maya. Tidak hanya tampan, Gonzales juga memiliki segudang talenta di dunia sepakbola. Tentunya, pemain yang saat ini berdomisili di Yogjakarta ini sering mengharumkan nama bangsa di masa kejayaannya.

Hal ini terbukti bahwa sepanjang tahun 2010-2015, Gonzales tampil gemilang di lini depan Timnas Indonesia. Ia pun menjadi pemain agresif dengan tendangan bola yang tajam.

Meskipun pernah gagal memberikan prestasi utama bagi Timnas Indonesia, paling tidak Gonzales pernah berkontribusi menjadikan Timnas sebagai runner up di ajang Piala AFF 2010. Secara keseluruhan, performa Gonzales patut diacungi jempol karena memberikan profesionalisme yang tinggi di dunia sepakbola ini.

Ponaryo Astaman

pemain bola terbaik di Indonesia - Ponaryo Astaman

Ponaryo Astaman juga masuk ke dalam jajaran pemain bola terbaik di Indonesia. Hal ini tidak dipungkiri karena sejak awal debutnya sebagai pemain, Ponaryo telah menunjukkan potensinya dalam bermain sepakbola dengan sangat cakap.

Ponaryo adalah mantan gelandang kreatif yang pernah dimiliki oleh Timnas Indonesia. Ia pernah mencetak gol terbaik dan spektakuler sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia. Terbukti bahwa golnya dibangun dengan sangat spektakuler, salah satunya saat Timnas Indonesia menghadapi Timnas Qatar di ajang Piala Asia 2004.

Dikarenakan gol yang dicetak oleh Ponaryo tersebut, Timnas Indonesia berhasil menyabet kemenangan dengan skor talak 2-1. Dengan kapabilitas yang dimilikinya, tidak heran jika Ponaryo memperoleh julukan sebagai “The Milestone Man”.

Firman Utina

pemain bola terbaik di Indonesia - Firman Utina

Siapa yang tidak kenal dengan Firman Utina? Nama yang satu ini tentu sudah familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Pemain bola terbaik di indonesia ini cukup sering menyabet gelar juara di level klub nasional.

Bahkan ketika berlaga di ajang Piala AFF 2010, pemain gelandang ini dinobatkan sebagai “Most Valuable Player”. Firman pun berhasil memperoleh gelar Piala Indonesia back-to-back di pertengahan tahun 2000-an. Sebelum akhirnya, ia memenangkan kejuaraan di Liga Indonesia untuk kali pertamanya di tahun 2012 bersama Sriwijaya.

(Baca Juga: Daftar Pemain Bola Terbaik Liga Eropa Selama 10 Tahun Terakhir)

Osvaldo Haay

pemain bola terbaik di Indonesia - Osvaldo Haay

Osvaldo Haay adalah seorang atlit yang masih muda, namun telah banyak menorehkan prestasi di dunia sepakbola. Terbukti bahwa ia mampu membawa Timnas U-23 ke final SEA GAMES pada 2019.

Bisa dibilang, Osvaldo menjadi pemain potensial yang dimiliki oleh Indonesia pada kompetisi tersebut karena mampu bermain dengan sangat cemerlang. Bahkan, pria kelahiran 22 tahun silam ini juga sukses menjadi mood boster karena meraih top skor turnamen di Persebaya Surabaya.

Witan Sulaeman

pemain bola terbaik di Indonesia - Witan Sulaeman

Witan Sulaeman menjadi kebanggaan Timnas U-19 saat berkompetisi di Eropa. Bbisa dibilang, pemain kelahiran 2001 ini berhasil memperoleh pencapaian yang tinggi sepanjang tahun 2020. Pasalnya, Witan menjadi pemain yang memiliki kontribusi paling besar untuk Timnas U-19 karena mampu memimpin tiga parameter statistik yang sangat penting dalam permainan.

Fadil Sausu

pemain bola terbaik di Indonesia - Fadil Sausu

Fadil Sausu menjadi pemain bola berpengaruh di dunia sepakbola Indonesia. Di usianya yang ke 34 tahun, Fadil mampu menjadi salah satu pemain potensial yang dimiliki Bali United di Liga Indonesia 2019.

Salah satu pemain bola terbaik di indonesia ini menyandang posisi kapten Bali United tersebut dinilai sangat mampu menjadi salah satu kandidat pelatih bagi pemain Timnas Indonesia. Hal ini didukung dengan pengalaman Fadil yang pernah memperkuat posisi Timnas Indonesia di tahun 2017.

Evan Dimas

pemain bola terbaik di Indonesia - Evan Dimas

Evan Dimas menjadi salah satu nama pemain yang sangat bersinar di dunia sepakbola tanah air. Ia menjadi tenar setelah memberikan kontribusi besar untuk Timnas U-19 di Kejuaraan Piala AFF 2013. Tidak tanggung-tanggung, Evan sukses mencetak gol sebanyak lima kali pada saat itu.

Jika dikalkulasi secara keseluruhan, Evan telah mengumpulkan 30 penampilan dan berhasil mencetak 12 gol bersama dengan Timnas U-19. Tidak berhenti sampai di situ, Evan juga melanjutkan prestasinya bersama Timnas U-22. Terbukti bahwa ia telah mencetak 8 gol dalam 31 laga.

Selain itu, bersamaan dengan pemain senior, Evan mampu mencetak gol sebanyak empat kali dalam 24 penampilannya di lapangan hijau.

 

Itu dia penjelasan mengenai daftar pemain bola terbaik di Indonesia yang membanggakan. Tentunya, masih banyak pemain bola berbakat yang tidak bisa disebutkan satu persatu pada kesempatan kali ini. Pastinya, kepiawaian mereka dalam meraih prestasi di ajang kejuaraan nasional maupun internasional sangat patut untuk diapresiasi. Mereka bukan sekadar pemain sepakbola, namun telah menjelma menjadi pahlawan olahraga bagi Negara Indonesia.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts