Daftar Pemain Bola Terbaik Liga Eropa Selama 10 Tahun Terakhir

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa – Liga Eropa merupakan sebuah liga yang banyak diikuti oleh pengamat sepak bola di seluruh dunia. Liga ini merupakan salah satu liga internasional tertua di dunia. Tidak hanya itu, banyak klub besar dan pemain terkenal berpartisipasi di dalam liga tersebut. Artikel ini akan membahas beberapa pemain bola terbaik Liga Eropa, terutama dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Pemain-pemain yang mendapatkan titel pemain terbaik adalah mereka yang mampu menunjukkan performansi baik sepanjang berlangsungnya liga. Bisa jadi pemain yang mendapatkan titel tersebut bukan berasal dari tim yang memenangkan liga tersebut. Pemain tersebut juga tidak harus berkewarganegaraan Eropa untuk mendapatkan penghargaan ini.

Berikut merupakan daftar pemain yang memperoleh penghargaan tersebut dari tahun 2011-2020:

1. Lionel Messi

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa - Lionel Messi

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa yang pertama adalah Lionel Messi. Lionel Messi merupakan seorang pemain berkebangsaan Argentina. Di saat memenangkan titel pemain terbaik dalam Liga Eropa pada musim 2010-2011, Messi merupakan pemain untuk Barcelona. Posisi Messi di dalam tim adalah sebagai seorang penyerang. Meskipun begitu, pengamat sepak bola menganggapnya sebagai salah satu pemain lini depan yang serba bisa. Hal ini dikarenakan Messi mampu mengemban berbagai macam posisi depan, seperti pertahanan.

Terdapat beberapa kemampuan utama yang membuat permainan Messi bersinar. Keterampilannya dalam menggiring bola merupakan salah satu hal yang membuatnya berhasil menyabet gelar pemain bola terbaik Liga Eropa. Pemain lain akan kesulitan untuk merebut bola ketika sudah berada dalam kuasa pemain ini. Keterampilannya dalam menendang bola juga tidak perlu diragukan lagi. Selain tingkat akurasi tendangan Messi yang tinggi, tendangannya juga memiliki kekuatan yang besar.

2. Andrés Iniesta

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa - Andres Inesta

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa berikutnya adalah Andres Inesta. Iniesta adalah seorang pemain sepak bola kelahiran Spanyol. Saat masih menjadi anggota Klub Sepak Bola Barcelona, ia memperoleh gelar pemain terbaik pada musim Liga Eropa 2011-2012. Gelar ini sebelumnya dijabat oleh rekan satu timnya, yaitu Lionel Messi. Pada tahun 2018, Iniesta menyatakan diri pensiun dari olahraga sepak bola karena usianya yang sudah beranjak menuju kepala empat. Namun begitu, kualitas permainannya tetap dipuji oleh penggemar sepak bola di seluruh dunia.

(Baca Juga: Intip 8 Pemain Bola dengan Penghargaan Terbanyak)

Peran pertama yang dia ambil dalam tim pada awal mula kariernya adalah pemain pertahana di lini tengah. Namun, hal tersebut segera berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Hingga akhir karirnya Iniesta berperan sebagai penyerang tengah tim. Kekuatan paling besar dalam permainannya adalah pacing. Iniesta mampu mengontrol kecepatan permainannya sesuai dengan tempo yang dibutuhkan. Ia disebut sebagai salah satu pemain lini tengah terbaik di dunia karena kecakapannya.

3. Franck Ribéry

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa - Frank Ribery

Ribéry merupakan pemain yang menempati posisi winger atau sayap tim. Ia adalah pemain berkebangsaan Prancis. Pada musim 2012-2013, Ribéry mendapatkan gelar sebagai pemain bola terbaik Liga Eropa menggantikan Iniesta. Pada saat itu, ia menjadi salah satu pemain dari klub Jerman yang cukup besar, yaitu Bayern Munich. Pengamat menilai kemampuannya untuk bekerja sama dengan rekan timnya membuat performa Ribéry sangat baik. Ia terutama memiliki

kerja sama yang baik dengan Arjen Robben yang juga menduduki posisi winger di Bayern Munich. Ribéry memang tidak memiliki tinggi badan yang impresif, yaitu hanya 170 cm. Namun, hal ini tidak menjadikan masalah untuknya. Secara kekuatan fisik, pengamat menilai bahwa Ribéry memiliki nilai yang cukup tinggi. Ia mampu mempertahankan energi selama bermain. Keterampilan yang paling penting yang dimiliki oleh pemain ini adalah menggiring dan mengoper bola. Tingkat akurasi yang berhasil ditunjukkannya sangat tinggi.

4. Luka Modrić

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa - Luka Modric

Modrić merupakan seorang atlet sepak bola yang biasa menempati lini tengah permainan. Ia merupakan seorang pemain kebangsaan Kroasia. Pada musim 2017-2018, Modrić memperoleh penghargaan sebagai pemain bola terbaik Liga Eropa karena kinerjanya yang sangat baik di dalam pertandingan-pertandingan di liga tersebut. Saat itu, pemain ini sedang bermain untuk klub sepak bola unggulan Real Madrid. Untuk mendapatkan gelar ini, Modrić mengalahkan pemain unggulan lainnya yaitu Ronaldo.

Sebagai seorang pemain tengah Modrić tidak terlalu sering berperan dalam menyerang. Namun, kontrolnya di dalam permainan berperan besar untuk memberikan tim keunggulan. Secara teknis, keterampilan terbesar pemain ini adalah melakukan passing yang akurat. Kemampuan menggiring bolanya juga sangat baik. Pengamat juga menyatakan bahwa ia merupakan salah satu pemain yang memiliki kondisi mental stabil di lapangan. Hal ini terkait dengan kemampuannya dalam mengontrol emosi dan membuat keputusan.

5. Cristiano Ronaldo

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa - Cristiano Ronaldo

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa selanjutnya adalah Cristiano Ronaldo. Cristiano Ronaldo merupakan pemegang rekor untuk pemilik gelar pemain bola terbaik Liga Eropa terbanyak dalam karirnya hingga saat ini. Gelar tersebut diperolehnya pada musim 2013-2014, 2015-2016, dan 2016-2017. Kesemua prestasi tersebut diperoleh oleh pemain berkebangsaan Portugal ini ketika ia masih bermain untuk klub Real Madrid. Hingga saat ini, pemain yang menduduki posisi sebagai pemain lini depan ini termasuk salah satu pemain terbaik dunia dengan rekor gol di berbagai liga.

Secara fisik, Ronaldo memiliki keunggulan yang cukup baik. Ia memiliki tinggi badan yang cukup menjulang yaitu 185 cm dan stamina yang ditunjukkan sangat baik di lapangan. Ronaldo juga sangat baik dalam melakukan serangan-serangan seperti tendangan jarak jauh karena tingkat presisi dan kekuatan tendangannya cukup tinggi. Secara mental, ia juga cukup memiliki kelebihan terutama dalam hal ketekunan dan pengambilan keputusan.

(Baca Juga: Ini Dia, 9 Tips Sukses Menjadi Pesepakbola Profesional)

6. Virgil van Dijk

Pemain belakang biasanya kurang menjadi sorotan jika mendiskusikan mengenai performanya di dalam pertandingan. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi van Dijk. Pemain berkebangsaan Belanda ini memperoleh gelar pemain terbaik di dalam Liga Eropa pada musim 2018-2019 karena posisinya sebagai center back atau pemain tengah belakang. Penghargaan tersebut diperolehnya saat bermain untuk klub Liverpool. Tentunya gelar tersebut tidak sembarangan disematkan pada pemain ini.

Virgil van Dijk memiliki badan yang cukup tinggi yaitu 193 cm. Hal ini berpengaruh terhadap ketangkasannya dalam bermain. Namun, meskipun ketangkasannya memiliki nilai sedang, ia mampu mencapai bola yang melambung tinggi dengan lebih mudah. Staminanya pun cukup baik. Pengamat juga menilai bahwa van Dijk merupakan salah satu pemain yang sangat tekun di lapangan.

7. Robert Lewandowski

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa - Robert Lewandowski

Pemain Bola Terbaik Liga Eropa yang terakhir adalah Robert Lewandowski. Saat ini, Lewandowski sepertinya sedang menjadi pemain emas di Eropa. Ia merupakan seorang pemain kebangsaan Polandia yang mendapatkan penghargaan sebagai pemain bola terbaik Liga Eropa pada musim liga 2019-2020. Pemain ini bermain untuk klub Bayern Munich di saat memperoleh penghargaan tersebut. Sebuah hal yang menurut pengamat merupakan hal unik dari pemain ini adalah kualitas permainannya yang sangat baik seiring dengan berjalannya waktu.

Posisi Lewandowski di dalam tim adalah sebagai seorang striker. Ia memiliki tinggi badan 184 cm. Berdasarkan kemampuan fisiknya, pengamat menilai bahwa ia memiliki stamina yang sangat baik dan kebugaran tubuh yang baik pula. Secara teknis, ia unggul di dalam tendangan penalty. Selain itu, finishing dan first touch-nya juga dinilai apik oleh pengamat. Agresivitas Lewandowski juga sangat tinggi yang menjadikannya cocok sebagai seorang striker.

Itulah beberapa pemain yang masuk ke dalam pemain terbaik liga eropa. Dan untuk kamu yang ingin mencari referensi tentang bisnis dan keuangankamu bisa mengunjungi situs BFinance.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts