Ketahui Beberapa Teknik Dasar Sepak Bola yang Benar

thumbnail teknik dasar sepak bola - teknik dasar sepak bola

Semua cabang olahraga pasti akan terkait dengan yang namanya teknik, tidak terkecuali sepak bola. Sebab dalam menekuni suatu olahraga itu pasti akan terdapat suatu trik agar bisa melakukan beberapa gerakan dengan benar berdasarkan.

Sehingga diperlukan suatu tata cara mengenai gerakan yang sesuai agar dapat menghasilkan suatu gerakan yang benar. Sepak bola tentunya menekankan penggunaan cara tersebut agar membuat semua aplikasi dapat melakukan olahraga tersebut dengan baik.

Sebab jika tidak menggunakan cara gerakan yang benar akan menimbulkan beberapa dampak. Baik itu bisa membuat cedera pada diri sendiri ataupun orang lain, bahkan bisa membuat Anda menyalahi aturan olahraga tersebut.

Meskipun gerakan-gerakan pada sepak bola itu sudah cukup umum diketahui, tentu tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa pihak yang tidak mengetahuinya. Karena itulah bagi Anda seorang pemula diwajibkan untuk mengetahui beberapa gerakan dasar dalam sepak bola.

Teknik Dasar Sepak Bola Mengoper

Mengoper atau bisa dikatakan sebagai memberikan passing kepada teman merupakan salah satu gerakan cukup mendasar yang harus dikuasai oleh semua pemain. Hal ini dilakukan untuk bisa terus menyambungkan bola pada penguasaan tim kita.

Baca Juga : Bermacam Cabang Olahraga Atletik yang Paling Banyak Ditekuni Atlet

Tetapi perlu diketahui bahwa dalam melakukan operan itu ternyata ada gerakan dasar yang benar untuk dilakukan. Jika masih belajar tentang sepakbola dan belum mengetahui tentang cara melakukan operan, maka ketahuilah dengan simak informasi berikut.

1. Mengoper Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Dalam melakukan umpan atau passing terhadap teman se tim ternyata bisa dilakukan dengan beberapa opsi berdasarkan gerakan dasarnya. Salah satu cara mengoper paling mendasar ialah dengan memanfaatkan kaki bagian dalam.

Langkah awalan untuk melakukan gerakan ini bisa dilakukan dengan cara meletakkan harga tumpuan sejajar posisi di samping bola. Setelah itu persiapkan kaki sepak dengan membentuk sudut 90 derajat antara kaki tumpuan.

Tari kaki sepak ke belakang dan ayunkan ke depan untuk melakukan passing. Sentuhkan kaki bagian dalam dalam melakukan trik ini.

2. Passing Menggunakan Kaki Bagian Luar

Teknik passing selanjutnya yang sering digunakan oleh para pemain bola selain menggunakan kaki bagian dalam yaitu memanfaatkan kaki bagian luar. Mengenai persiapannya juga cukup mirip dan hampir sama.

Yakni Anda hanya perlu meletakkan kaki tumpu sejajar dengan bola lalu membentuk kaki sepak dengan kaki tumpuan selebar 30 derajat. Tarik kaki lalu ayunkan ke arah bola dengan menggunakan kaki bagian luar sampai melihat posisi bola saat menyentuhnya.

Teknik Dasar Tembakan dalam Sepak Bola

Apabila ingin memenangkan suatu pertandingan sepak bola maka tidak akan bisa apabila hanya mengadakan kemampuan operan. Sebab dibutuhkan kemampuan sebagai finishing agar memungkinkanmu dapat mencetak angka.

Mencetak angka dalam sepak bola itu bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu dengan melakukan shooting dan heading. Untuk shooting pastinya akan memanfaatkan kemampuan kaki sedangkan heading mengandalkan kemampuan kepala untuk finishing.

1. Shooting / Tembakan

Gerakan ini merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh semua pemain sepak bola bahkan bagi pemain lini belakang sekalipun. Sebab trik ini merupakan salah satu alternatif agar bisa mendapatkan angka dari lawan.

Kata sederhana dari shooting itu merupakan tendangan yang dimunculkan oleh seorang pemain yang mengarah ke gawang lawan. Apabila berhasil masuk ke dalam gawang maka akan dinyatakan sebagai gol yang sah.

Bagaimana proses untuk melakukan trik ini? Untuk gerakannya hampir mirip dengan bagaimana melakukan operan atau passing. Hanya saja di sini Anda perlu mengumpulkan tenaga lebih besar, lalu mengayunkan kaki dan menyentuhkan punggung kaki ke bagian tengah bola.

Cara itu merupakan panduan bagi pemula, tetapi bagi pemain profesional dapat memvariasikannya dengan cara memindahkan bagian lain dari bola selain titik tengahnya. Karena dengan memberikan putaran pada bola akan memberikan efek lengkungan pada lintasannya.

2. Heading / Sundulan

Ada alternatif lain agar bisa mencetak gol ke gawang lawan selain menggunakan tembakan kaki. Yakni Anda bisa mencoba menggunakan sundulan.

Sundulan merupakan sentuhan bola menggunakan bagian kepala saat melambung di udara. Mengenai langkah-langkahnya, cobalah untuk melompat saat bola hampir sampai di area Anda.

Setelah tepat berada di atas Anda dan posisi badan tengah melayang berada di dekat bola, jemput dengan mengayunkan kepala ke arah bola untuk mendorongnya. Bagian kepala yang dijatuhkan bola tersebut adalah bagian dahi.

Teknik Dasar untuk Dribbling pada Sepak Bola

Bagaimana apabila Anda berada di kondisi teman tim sudah dijaga oleh lawan dan jalur opernya sudah dipotong? Apakah Anda akan diam saja menunggu teman terbuka? Tentu saja tidak. Disinilah pentingnya keterampilan dribble pada seorang pemain.

Dimana dribbling menjadi salah satu kemampuan penting dalam sepak bola untuk bisa menggiring bola ke arah pertahanan lawan. Sehingga pemain dengan kemampuan tripping yang tinggi akan memungkinkan mereka bisa melewati musuh tanpa kesulitan.

Lalu bagaimana penerapan dari teknik ini agar bisa dilakukan dengan benar sesuai panduan dasarnya? Kami menyajikan informasi singkat mengenai tata cara dalam menerapkan trik di atas, jadi langsung saja simak informasi berikut ini.

Pertama-tama ialah berdiri menghadap lurus ke depani dengan menginjak bola dengan satu kaki. Langkah ini dilakukan sebagai awalan. Selanjutnya bisa dilakukan dengan merenggangkan ke samping kedua tangan Anda.

Teknik ini dapat dilancarkan dengan memulai menggiring atau mendorong bola ke depan menggunakan punggung kaki. Agar dapat menjaga keseimbangan dan juga kecepatan saat menggiring, maka pusatkan berat badan pada kaki tumpuan yang tidak digunakan untuk menggiring.

Menggiring dengan memanfaatkan kaki bagian punggung akan memberikan kelebihan kepada Anda untuk memfokuskan kecepatan dribble tanpa hambatan. Kekurangannya ialah kurang efektif apabila manfaatkan untuk mengecoh lawan.

Baca Juga : Senam Lantai, Sejarah Hingga Berbagai Gerakannya

Harus diketahui bahwa mengenal kategori atau trik dalam melakukan dribble itu tidak hanya terbatas menggunakan punggung kaki saja. Sebab ada beberapa variasi yang membuat dribel tersebut harus menggunakan kaki bagian dalam dan luar sesuai dengan kondisi.

Teknik Menerima/Menghentikan Passing

Sepak bola merupakan suatu pertandingan olahraga yang melakukan koordinasi dari kerjasama tim. Sehingga hal ini akan membuat terjadinya sirkulasi perpindahan bola antara pemain satu dengan pemain lainnya. Hal tersebut dapat dilakukan melalui passing atau operan.

Sehingga agar hal tersebut dapat berjalan dengan lancar, maka Anda wajib menguasai beberapa teknik seperti passing, dribble, dan menerima passing. Meskipun terlihat muka, ternyata dalam menerapkan penghentian atau penerimaan bola hasil passing itu tidaklah mudah.

Ada cara bagi pemain dalam menerima passing. Semua itu tergantung dari kondisi bagaimana kekuatan pada passing tersebut. Untuk passing lembut atau pelan, biasanya beberapa orang hanya perlu mengunci tempat mereka tanah dan membuka kaki bagian luar agar bisa menginjak bola.

Ada juga cara khusus untuk bisa menerima passing yang kuat. Hal ini harus dilakukan dengan metode yang tepat agar bola tersebut tidak memantul menjadi liar. Pertama-tama ialah sejajarkan posisi badan dengan arah passing.

Setelah itu ulurkan kaki bagian dalam ke arah bola. Selanjutnya Anda kita mencegah menarik kaki ke belakang saat bola tersebut mulai menyentuh kaki. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mereduksi daya benturan dengan kaki.

Lalu bagaimana cara agar bisa menghentikan bola liar di udara? Konsepnya hampir sama dengan bagaimana menerima passing bola kuat, hanya saja penggunaan badan yang menjadi perbedaannya. Untuk menerima bola lambung maka bisa dilakukan dada.

Terapkan teknik tersebut dengan mencoba menarik dada ke belakang ketika bola tersebut mulai menyentuh dada. Tujuannya pun juga sama seperti menggunakan kaki sebelumnya yaitu untuk mereduksi adanya benturan bola dengan anggota tubuh.

Di Indonesia, dapat dikatakan sebagai fakta bahwa olahraga sepak bola merupakan salah satu guru paling populer dan familiar bagi masyarakat. Hal ini ditandai dengan begitu banyaknya orang yang bisa melakukan olahraga ini.

Tetapi belum tentu mereka semua bisa menerapkan beberapa gerakan dasar yang benar pada sepak bola. Sebab penggunaan hal tersebut sangat penting untuk mempengaruhi banyak hal dalam pertandingan.

Sehingga perlu disadari bahwa penguasaan berbagai gerakan dasar dalam sepak bola itu sangat penting untuk dilakukan. Pastinya agar bisa menguasai beberapa teknik tersebut secara penuh maka diperlukan adanya latihan

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts