Perhatikan 3 Waktu Olahraga Yang Pas Saat Puasa Berikut Ini

Olahraga memang merupakan kegiatan positif yang selain menyegarkan juga membangun kondisi fisik dan mental selama bulan puasa. Melakukan olahraga di tempat yang tepat dapat memaksimalkan manfaat olahraga bagi kondisi fisik dan mental kita sambil menjauhkan kita dan orang-orang di sekitar kita dari virus yang berbahaya. Di saat yang bersamaan, melakukan olahraga di waktu yang tepat juga penting mengingat mengetahui waktu olahraga yang pas saat puasa dapat juga memaksimalkan manfaat kesehatan untuk kita selama bulan puasa.

3 diantara waktu olahraga yang cocok saat berpuasa akan kita bahas pada artikel ini. Uraian yang ada dapat kita jadikan referensi untuk menentukan waktu olahraga yang pas saat puasa. Berikut ini adalah 3 waktu olahraga yang pas saat puasa yang perlu kita pertimbangkan:

1. Setelah Sahur

Olahraga yang pas saat puasa - setelah sahur

Salah satu waktu olahraga yang pas saat puasa adalah melakukannya setelah sahur. Sahur biasanya pukul 2 subuh hingga setengah 5 pagi. Untuk hasil yang lebih optimal, ada baiknya kita berolahraga 1-2 jam setelah sahur. Ukuran 1-2 jam setelah sahur tergantung seberapa berat dan lengkap hidangan sahur yang kita makan. Semakin berat dan lengkap hidangan sahur, semakin panjang waktu tunggu kita untuk mencari waktu yang pas dalam berolahraga. 

Beberapa bahan makanan dan minuman sahur, seperti sayur dan buah-buahan, juga mengandung serat dalam jumlah yang banyak. Beberapa orang membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam mencerna serat yang dikonsumsi untuk hidangan sahur. 

Karena itu, pertimbangan bahan makanan ini juga berpengaruh pada kegiatan mencari waktu olahraga yang cocok di saat menjalankan puasa. Selain itu, apabila mengonsumsi obat-obatan dan suplemen bersama hidangan sahur, maka ukuran 1-2 jam tersebut dapat disesuaikan dengan anjuran yang terdapat pada kemasan obat-obatan dan suplemen.

(Baca Juga: 9 Tips Berpuasa Agar Tidak Lemas dan Tetap Fit Selama Ramadhan)

Hal positif yang dapat kita ambil apabila kita berolahraga setelah sahur adalah meningkatnya semangat kita dalam olahraga yang kita jalani dan motivasi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. 1-2 jam setelah sahur memiliki udara yang segar dengan kandungan oksigen yang lebih banyak, sehingga baik untuk kesehatan paru-paru dan pernafasan. Tidak banyak kendaraan bermotor yang melintas pada rentang jam ini dibandingkan untuk waktu olahraga yang lebih malam. Karenanya, waktu olahraga setelah sahur menjadi waktu olahraga yang paling ramah lingkungan.

Kendati demikian, peluang letih dan lesu paling besar pada waktu olahraga setelah sahur, mengingat durasi perut kosong dalam jam paling lama dibandingkan waktu olahraga yang lainnya, seperti sebelum dan sesudah berbuka. Karena itu, ketika kita memilih setelah sahur sebagai waktu olahraga yang pas, sebaiknya kita memilih olahraga yang berintensitas rendah, seperti senam ringan, jalan pagi, jogging, dan bersepeda santai yang semuanya kita lakukan dalam jarak yang pendek. 

Kita dapat melakukannya di sekitar kompleks rumah maupun di rumah kita. Saat berolahraga intensitas rendah setelah sahur, ada baiknya kita melakukan sekitar 30 menit hingga 1 jam lamanya dan batasi hanya 1 jenis olahraga intensitas ringan per harinya.

2. Sebelum Berbuka

Olahraga yang pas saat puasa - sebelum berbuka

Waktu olahraga yang pas saat puasa sebelum berbuka adalah sore hari, sekitar pukul 3 sore hingga 5 sore. Hampir sama seperti waktu olahraga setelah sahur, minimal waktu olahraga yang dilakukan sebelum berbuka idealnya dilakukan selama 1 jam. Hanya saja, jumlah maksimal waktunya untuk sebelum berbuka adalah 1,5 jam, mengingat banyaknya menu selingan yang dapat terjadi termasuk selama dan setelah berbuka puasa.

Karena setelah sahur dan sebelum berbuka adalah durasi menahan makan dan minum, pertimbangan waktu olahraga 1-1,5 jam sebelum berbuka ini tidak mempertimbangkan menu makanan dan minuman. Sebaliknya, jam dan durasi tidur siang adalah pertimbangan yang perlu kita pertimbangkan untuk waktu olahraga sebelum berbuka.

Hindari berolahraga langsung sesudah bangun dari tidur siang untuk mengijinkan tubuh meregenerasi sel-sel yang dibutuhkan untuk membangun semangat berolahraga. Sambil menunggu waktu olahraga yang pas saat puasa yang satu ini, ada baiknya kita menyelingi dengan kegiatan lain, seperti menonton TV, membaca buku, dan lainnya.

Secara umum, waktu olahraga yang dilakukan sekitar pukul 3 hingga 5 sore dan berdurasi 1-1,5 jam seperti waktu sebelum berbuka pada poin ini memiliki hal positif. Salah satu hal positif yang dapat kita ambil adalah keramaian yang membuat kita lebih dapat mengenal dunia di sekitar kita. Meski tidak memiliki kualitas udara sebaik waktu olahraga setelah sahur, waktu-waktu ini adalah waktu matahari mulai terbenam, sehingga kita dapat menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar kita sambil berolahraga.

(Baca Juga: 4 Manfaat Puasa yang Jarang Diketahui bagi Kesehatan)

Namun, ada hal negatif yang juga patut kita perhitungkan jika berolahraga sebelum berbuka. Misalnya, karena perut kosong dan waktu makan takjil, berbuka, maupun ngemil sendiri atau bersama makin dekat, biasanya godaan untuk batal puasa semakin besar, terutama yang baru pertama kali menjalankan ibadah puasa.

Sama seperti waktu olahraga yang dilakukan setelah sahur, bersepeda ringan dan jalan sehat adalah dua jenis olahraga yang dapat kita lakukan sebelum berbuka. Bedanya, kita dapat memperpanjang jarak bersepeda dan jalan. Kita pun dapat berolahraga yang sedikit lebih berat, seperti latihan ketahanan, fitness, dan lain-lain. 30 menit hingga 1 jam adalah durasi yang ideal untuk olahraga yang waktunya dilakukan sebelum sahur. Jika jalanan terlalu ramai atau terlalu banyak orang berkerumun, persingkat waktunya menjadi sekitar 15 menit saja.

3. Setelah Berbuka

Olahraga yang pas saat puasa - setelah berbuka

Berbuka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu setelah sekian lama menahan rasa lapar dan haus seharian. Karena itu, tidak heran orang mengaitkan berbuka puasa dengan makan besar dan lengkap, termasuk orang-orang yang sudah biasa berpuasa. Di masa pandemi ini pun, masih ada tempat-tempat tertentu yang menyajikan menu takjil dan berbuka gratis. Kendati demikian, jangan biarkan diri kita tergiur gratisan hingga melupakan waktu olahraga yang pas saat puasa.

Setelah berbuka adalah waktu olahraga yang pas saat puasa mengingat banyaknya energi dari makanan dan minuman takjil dan berbuka yang kita konsumsi. Mengingat berbuka identik dengan menyantap berbagai macam makanan dan minuman, maka, dua hal ini adalah yang patut kita pertimbangkan untuk menentukan waktu olahraga yang tepat bagi kita saat menjalankan puasa.

Tidak hanya soal lengkap dan banyaknya menu makanan dan minuman yang perlu kita pertimbangkan. Asupan gizi seperti yang terdapat pada kurma, sup, salad, berbagai hidangan nasi, daging, sayur-sayuran, dan sebagainya juga berperan penting. Tidak hanya dalam menentukan waktu olahraga yang pas, tetapi juga sebagai penentuan apakah waktu setelah berbuka adalah waktu olahraga yang cocok saat puasa bagi kita atau justru sebaliknya.

Waktu setelah berbuka bisa menjadi salah satu waktu olahraga yang paling ideal untuk kita lakukan saat puasa jika kita mengkonsumsi asupan gizi yang tepat sebelum berolahraga. Selain kurma dan sup, aneka daging dan menu sehat seperti menu vegetarian dan smoothie dapat menjadi pilihan konsumsi kita sebelum berolahraga.

Namun, waktu setelah berbuka juga dapat menjadi salah satu waktu olahraga terburuk untuk kita lakukan jika kita tidak mengkonsumsi gizi yang seimbang. Misalnya, mungkin kita terlalu banyak mengkonsumsi gorengan atau jenis makanan sebelum berolahraga, yang salah satu akibatnya adalah lemak tidak terserap dengan baik dalam tubuh.

(Baca Juga: 12 Hal Penting Sebagai Tips Tetap Semangat Saat Puasa)

Dibandingkan waktu setelah sahur dan sebelum berbuka, ada relatif banyak jenis olahraga yang dapat kita lakukan setelah berbuka. Tidak hanya olahraga fisik seperti bersepeda dan jalan sehat, namun, kita juga dapat melakukan olahraga mental seperti catur dan mengisi TTS. 

Kita pun dapat mengkombinasikan lebih dari 2 menu latihan olahraga. Waktu per jenis olahraganya juga tidak dibatasi 15 menit hingga 1 jam. Namun, usahakan tidak melebihi 3 jam agar dapat menyesuaikan dengan jam biologis tubuh. Jadi, waktu olahraga yang pas saat puasa mempertimbangkan banyak hal. Masing-masing waktu memiliki sisi positif, negatif, dan olahraga yang ideal untuk dilakukan. 

Tinggal kita yang menentukan waktu olahraga yang ideal untuk memenuhi kebutuhan fisik dan mental kita selama bulan puasa. Setelah membaca artikel ini dan mengetahui 3 waktu olahraga yang paling cocok saat berpuasa, siapkah kita menentukan yang mana yang lebih cocok untuk kita?

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts