Tips dan Cara Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Cara memilih mobil sesuai kebutuhan sering digunakan pada saat akan membeli mobil untuk menghindari kesalahan. Tips yang tersedia juga sangat banyak dan dapat diterapkan sesuai kebutuhan serta pilihan Anda. Sebelumnya mobil keluarga atau yang biasa dikenal sebagai multi purpose vehicle sering dijadikan sebagai pilihan utama. 

Hal ini karena mobil keluarga memang cocok untuk dijadikan kendaraan saat akan bepergian bersama keluarga. Sehingga mobil dengan kapasitas besar dapat memuat banyak penumpang dan banyak dicari. Harga juga sangat menjadi bahan pertimbangan yang kuat dalam membeli kendaraan roda empat ini. 

Apa Saja Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Memilih Mobil?

Membeli mobil sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yaitu cash atau secara kredit dengan jangka waktu yang ditentukan. Kredit sering menjadi pilihan yang tepat untuk membeli mobil tanpa harus membayar secara penuh atau cash. Namun Anda harus bisa mengontrol pengeluaran bulanan, dan pilih mobil sesuai kebutuhan serta kemampuan Anda.  

Cara Memilih Mobil Sesuai Kebutuhan Secara Umum

Setiap orang tentunya memiliki tipe mobil idaman sendiri yang ingin dibeli. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam membeli mobil termasuk keuangan dan beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika hendak membeli atau memilih mobil baik itu secara cash atau kredit. 

  •  Tentukan Jenis dan Tipe Mobil yang akan Dibeli

Cara memilih mobil sesuai kebutuhan - Memilih mobil

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tipe dan jenis mobil yang akan Anda beli. Sebaiknya pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jika tipe kecil tidak cocok untuk kebutuhan Anda, maka tipe keluarga adalah solusinya. Anda juga perlu menentukan kembali apakah  tipe tersebut sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda. 

Anda mungkin akan merasa bingung saat menentukan jenis-jenis mobil yang ada, sehingga solusi yang tepat adalah memilih jenis mobil sesuai kebutuhan. Seperti kapasitas penumpang dalam mobil, dan juga fitur yang terdapat pada mobil tersebut untuk menghilangkan kejenuhan saat perjalanan atau berkendara. 

(Baca Juga: Ayo Menabung, Ini Dia Tips Membeli Mobil Baru Secara Cash)

Sebaiknya hindari membeli mobil city car atau mobil sedan jika Anda sering melewati jalanan yang rusak (berlubang)  dan banyak bebatuan. Hal ini penting untuk dijadikan pertimbangan, karena mobil tersebut tidak bisa terlalu sering melewati jalanan dengan kondisi seperti itu dan akan merusak kendaraan Anda. 

  • Lakukan Riset Secara Rinci dan Survey Lebih dahulu

Cara memilih mobil sesuai kebutuhan - Melakukan riset

Cara memilih mobil sesuai kebutuhan yang baik yaitu dengan melakukan riset terlebih dahulu mengenai mobil yang akan dibeli. Cari tahu segala sesuatunya untuk bisa menentukan sesuai atau tidaknya dengan kebutuhan Anda, baik itu mengenai fitur, mesin, dan desain, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan pun harus sesuai dengan keunggulan dari mobil tersebut serta anggaran finansial Anda.

Lakukan kembali riset dan observasi untuk melakukan perbandingan dengan berbagai model dan jenis mobil lainnya. Cara ini sangat baik, sehingga pada saat melakukan komparasi Anda akan mendapatkan mobil yang sesuai kebutuhan dan impian Anda. Perbandingan juga bisa dilakukan agar mendapatkan harga yang lebih baik dan menghindari terjadinya kerugian yang bisa saja terjadi akibat kurang teliti dan cermat saat membeli. 

  • Pilih Mobil yang Sesuai Kemampuan Finansial 

Cara memilih mobil sesuai kebutuhan - Memilih mobil dengan kemampuan finansial

Saat Anda memilih untuk membeli mobil tentu saja Anda sudah melakukan anggaran keuangan terlebih dahulu, dengan lebih cermat. Sehingga Anda bisa memperhitungkan kembali berapa total dana yang harus dikumpulkan untuk dapat membeli kendaraan impian. Jika masalah dana masih menyulitkan Anda, maka cara memilih mobil sesuai kebutuhan pilihlah mobil yang sesuai dengan kondisi finansial. 

Anda juga bisa menggunakan solusi lain seperti menabung, minimal setiap bulan dengan cara menyimpan 10% dari penghasilan Anda untuk ditabung. Hindari memaksakan diri untuk membeli mobil yang di luar kemampuan finansial karena akan memberatkan keuangan Anda di kemudian hari. Dengan menerapkan cara tersebut maka Anda akan tetap memiliki mobil impian walau memiliki penghasilan yang biasa saja. 

  • Kunjungi Dealer Terpercaya

Cara memilih mobil sesuai kebutuhan - Mengunjungi dealer terpercaya

Untuk bisa mendapatkan mobil impian Anda adalah dengan mendatangi dealer terpercaya yang ada di kota Anda. Jika Anda merasa kurang paham mengenai mobil, Anda bisa mengajak teman atau saudara yang lebih paham untuk membantu Anda memilih dan membandingkan antara jenis satu dengan lainnya. 

Perhatikan kondisi dan keunggulan mobil yang akan Anda beli, baik itu bekas maupun baru. Jika mobil tersebut bekas sebaiknya periksa lebih dulu kondisi terakhir mobil tersebut. Cara memilih mobil sesuai kebutuhan ini sangat perlu untuk bisa mengetahui kondisi yang jelas dan meminimalisir segala risiko yang mungkin terjadi saat Anda membelinya. 

(Baca Juga: Hindari Kerugian dengan Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas)

Namun jika mobil tersebut baru maka hal yang perlu diperhatikan hanya beberapa seperti fitur dan lainnya. Selain itu mobil baru juga tidak membutuhkan banyak biaya pemeliharaan akibat kerusakan dan hal lainnya karena mesinnya yang masih dalam keadaan bagus. Hanya perlu membandingkan jenis dan harga saja pada mobil tersebut saja. 

  • Lakukan Test Drive

Cara memilih mobil sesuai kebutuhan - Melakukan test drive

Cara ini perlu dilakukan untuk memeriksa kondisi mesin pada mobil, baik saat Anda membeli baru atau bekas. Anda harus memeriksa kondisi fisik dalam dan luar  mobil dan juga mesin mobil tersebut, pengecekan ini sebaiknya dilakukan secara menyeluruh, hingga ke bagian terkecil. Anda bisa memulainya dari bemper, jok, atap, pintu, dan sebagainya. 

Setelah dapat dipastikan bahwa kondisi tersebut baik-baik saja, maka cara memilih mobil sesuai kebutuhan yang lain adalah dengan melakukan test drive. Fungsinya yaitu untuk mengetahui apakah mesin pada mobil tersebut masih prima dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada baiknya saat Anda melakukan test drive, cobalah untuk berkendara dengan kecepatan yang rendah melalui jalur yang berbelok atau lurus. 

Jika dirasa cukup, Anda bisa menaikkan kecepatan berkendara secara langsung, hal ini bertujuan untuk menguji gerakan mobil serta manuver mobil. Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur pada mobil saat berkendara, untuk mengetahui apakah fitur tersebut berfungsi atau tidak, sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan

  • Pilih Tenor Kredit yang Sesuai

Cara memilih mobil sesuai kebutuhan - Memilih tenor yang sesuai

Jika Anda hendak membeli mobil dengan cara mencicil atau kredit, pastikan Anda memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan. Umumnya kredit mobil memiliki jangka waktu yang beragam mulai dari satu tahun hingga 10 tahun. Jika ingin memiliki cicilan yang ringan, pilihlah tenor yang panjang, namun total keseluruhan pada kredit Anda menjadi lebih besar. 

Pihak dealer juga biasanya akan memberikan referensi mengenai leasing yang dapat digunakan untuk pembiayaan cicilan. Pahami kembali mengenai aturan dan ketentuan yang yang diterapkan, pastikan Anda memilih dealer yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Lakukan juga perhitungan kredit simulasi kredit, agar dapat melihat perbedaan angka. 

Uang muka juga memiliki pengaruh besar terhadap jumlah cicilan yang akan Anda bayarkan pada setiap bulannya. Tidak ada salahnya untuk membayar uang muka yang lebih besar dari ketentuan yang telah ditetapkan, untuk menurunkan nilai kredit yang akan dibayar. Mengingat bahwa kredit merupakan cara memilih mobil sesuai kebutuhan yang sesuai dengan finansial Anda. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts