Yuk Simak Harga Mobil Listrik di Indonesia yang Sedang Trend

Mobil listrik kini sedang menjadi salah satu jenis kendaraan yang viral. Pasalnya, selain hanya menggunakan listrik, mobil ini juga dibebaskan dari biaya pajak BBM sebesar 12,5%. Bahkan hal itu ditulis di dalam Undang-undang, bahwa seluruh jenis kendaraan listrik di Indonesia tidak akan terkena pajak BBN. Itulah yang membuat harga mobil listrik di Indonesia menjadi lebih murah dibandingkan sebelumnya.

Bahkan jika dibandingkan dengan merk mobil lainnya, mobil listrik ini harganya jauh lebih murah dengan spesifikasi yang lengkap. Sehingga masyarakat Indonesia akan beralih ke mobil listrik karena selain harganya murah, mobil tersebut juga tidak akan terkena pajak BBN. Bagi masyarakat pengguna mobil listrik yang tinggal di Jakarta, juga tidak akan terkena kebijakan ganjil genap seperti yang selama ini berlaku di Jakarta.

Apabila Anda tertarik untuk membeli mobil listrik, maka Anda bisa mengecek dahulu berapa harga mobil listrik di Indonesia yang kini beredar di pasaran.

Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia dan Jenis-jenisnya

Mari kita simak ulasan tentang mobil listrik yang ada di Indonesia dan jenis-jenisnya. Berikut ini daftar harga mobil listrik di Indonesia lengkap:

1. BMW i3S

Harga mobil listrik di indonesia - BMW i3S

Jenis mobil listrik yang satu ini kecepatannya lincah dan juga praktis. Mobil BMW i3S tersebut memiliki postur yang mungil dan untuk dipakai bermacet-macetan di Ibu Kota sangat ideal. Spesifikasi lengkapnya yaitu, telah dilengkapi dengan motor listrik yang berdaya listrik 42,2 kwh.

Konfigurasi ini mampu menimbulkan tenaga yang setara dengan torsi puncak 27 Nm dan 184 idk. Jika dilihat dari segi daya tahan baterainya, maka BMW i3S ini mampu melaju hingga jarak 300 Km dalam kondisi baterai penuh. Sedangkan untuk pengisian daya listriknya hanya memerlukan waktu 39 menit saja, yaitu menggunakan fast charging dari 0-80%.

Dengan pengisian daya normal dan untuk mencapai 80% maka waktu yang dibutuhkan adalah 2 jam 45 menit. Harga yang dipasarkan dari BMW i3S ini adalah Rp.1.309 milyar.

(Baca Juga: 10 Mobil Keluarga Terbaru 2021 Dari yang Murah Hingga Mewah Plus Trik Memilihnya)

2. Hyundai Ioniq

 Harga mobil listrik di indonesia - Hyundai Ioniq

Salah satu perusahaan mobil dari Korea Selatan kini juga meluncurkan mobil listrik terbaru yaitu Hyundai Ioniq. Sedan listrik yang satu ini baru diluncurkan oleh perusahaan Hyundai. Spesifikasi yang dimiliki oleh mobil listrik Hyundai ini juga terbilang cukup baik. Walaupun mobil ini masih menjadi pendatang baru di Indonesia.

Hyundai menambahkan satu motor listrik yang dikawinkan dengan baterai lithium-ion polymer, pada bagian jantung pacunya. Besar daya baterainya yaitu 38,3 Kw. Sedangkan untuk tenaga mobilnya sendiri setara dengan torsi 295 Nm dan 134 idk. Konfigurasi listriknya telah dipadukan dengan sistem transmisi Single Speed Reduction Gear.

Untuk kondisi baterai yang telah terisi secara penuh, mobil Hyundai Ioniq ini dapat melaju hingga jarak 373 Km. Dengan menggunakan fast charging, maka waktu pengisian daya hanya membutuhkan waktu sekitar 54 menit saja. Sedangkan untuk pengisian baterai dengan waktu standar hanya 6 jam 5 menit untuk bisa sampai ke 80%.

Harga mobil listrik di Indonesia dengan merk Hyundai Ioniq ini hanya Rp.569 juta. Untuk harga mobil listrik di pasaran, mobil Hyundai ini memang yang paling terjangkau.

3. Tesla Model 3

 Harga mobil listrik di indonesia - Tesla Model 3

Pilihan berikutnya untuk mobil listrik di Indonesia yang recommended adalah Tesla Model 3. Mobil listrik yang satu ini termasuk jenis mobil listrik mewah di Indonesia. Mobil yang dipasarkan oleh Prestige Motor ini dihadirkan dengan 2 varian yaitu Long Range dan Standard Range Plus. Perbedaan antara kedua jenis varian tersebut adalah ketahanan daya baterainya masing-masing.

Kemampuan jarak tempuh pada Tesla Model 3 Standard Range Plus adalah sekitar 386 Km saja. Sedangkan jarak tempuh pada varian Long Range mencapai 499 Km. untuk pengisian daya baterainya sendiri, perlu waktu 15 menit saja dengan menggunakan fast charging. 

Menurut situs resmi dari Prestige Motor, varian Tesla Model 3 dari Standard Range Plus adalah Rp.1,5 milyar.

4. Tesla Model S

 Harga mobil listrik di indonesia - Tesla Model S

Masih di merk mobil listrik Tesla tipe lainnya, Anda juga bisa memilih mobil listrik dengan spesifikasi lengkap. Masih dipasarkan oleh Prestige Motor dan masih termasuk jenis mobil listrik mewah. Salah satu harga mobil listrik di Indonesia yang harganya tinggi tapi spesifikasinya juga lengkap dan mewah adalah Tesla Model S.

Mobil Tesla dengan model S ini sudah dilengkapi dengan baterai lithium-ion berdaya 100 kWh. Yang mampu menopang kinerja dua buah motor listrik. Konfigurasinya menghasilkan tenaga gabungan antara torsi 1073 dengan gabungan 680 idk. Tenaga besar berikutnya kemudian akan dikirim pada keempat rodanya dengan sistem transmisi otomatik.

Untuk kondisi baterai yang terisi penuh, mobil Tesla Model S akan melaju hingga dengan jarak 506 Km. Pengisian dayanya dengan memakai daya standar diperlukan waktu sekitar 9,5 jam. Prestige Motor menawarkan harga mobil listrik di Indonesia merk Tesla Model S ini seharga Rp.4,4 milyar.

(Baca Juga: 10 Perbedaan Mobil Listrik dengan Mobil Konvensional)

5. Tesla Model X

 Harga mobil listrik di indonesia - Tesla Model X

Prestige Motor juga menjual mobil listrik lainnya selain kedua tipe Tesla yang telah dibahas di atas. Model Tesla lainnya yaitu Tesla Model X dengan varian 75D. Mobil ini menjadi salah satu jenis mobil listrik SUV yang dijual secara langsung oleh Prestige Motor.

Sama dengan tipe Tesla lainnya model X yang satu ini telah dilengkapi dengan 1 buah materai dengan daya 72,4 kwh dan 2 motor listrik. Spesifikasi tersebut mampu menghasilkan tenaga yang setara dengan torsi 525 Nm dan 329 idk. Mobil mampu melaju hingga jarak tempuhnya 355 Km dengan kondisi baterai penuh.

Pengisian dayanya hanya 40 menit saja apabila menggunakan fast charging. Dan untuk pengisian daya standar diperlukan waktu sekitar 5 jam 15 menit. Harga dari Tesla Model X saat ini di pasaran yaitu Rp.2.850 milyar. 

6. Nissan Kicks e-Power

 Harga mobil listrik di indonesia - Nissan Kick-s Epower

Harga mobil listrik di Indonesia tidak selalu mahal, ada pula mobil listrik lainnya yang dibandrol dengan harga murah. Yaitu mobil listrik Nissan Kicks e-Power yang diperkenalkan oleh Nissan Indonesia. Untuk ukuran mobil listrik yang canggih, harganya sangat murah. Hanya sekitar Rp.449 juta saja, bahkan masih jauh lebih murah dari mobil listrik dengan merk Hyundai Ioniq. 

Mobil listrik yang satu ini sebenarnya masih membutuhkan bahan bakar bensin. Namun kegunaannya bukan untuk membuat mobil melaju, tetapi untuk menggerakan generatornya saja. Dan generator itulah yang nantinya akan mengisi baterai listrik agar mobil siap melaju. 

Spesifikasi Nissan Kicks ini diantaranya yaitu telah dilengkapi dengan mesin bensin HR12DE, berkapasitas 1.198 cc, 3 silinder, DOHC, CVVT. Tenaga yang dihasilkannya adalah torsi 73 Nm dan 128 hp. Apabila listriknya sudah terisi sampai penuh maka dengan otomatis mesin bensinnya pun akan mati. Penggeraknya pun akan berpindah ke mesin listrik itu hingga habis baterainya.

Daftar harga mobil listrik di Indonesia yang telah diuraikan di atas, bisa menjadi panduan tepat bagi Anda yang ingin membeli mobil listrik.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts