Mobil Matic Atau Manual Mana yang Lebih Unggul?

Penggemar otomotif kerap berdebat soal lebih unggul mana mobil matic atau manual. Keduanya saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat baik sebagai kendaraan pribadi maupun untuk kebutuhan lainnya. Jika ditanya soal jenis transmisi mana yang lebih unggul, mungkin sulit menemukan jawaban akurat, karena kedua jenis transmisi tersebut menghadirkan keunggulan masing – masing. Penggemar matic pasti menganggap bahwa mobil matic jelas lebih unggul.

Demikian juga sebaliknya dengan penggemar mobil jenis manual. Yang penting diketahui adalah bukan jenis mana yang paling unggul. Tetapi jenis transmisi mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Sebelum memilih mobil matic atau manual, sangat penting mencermati kendaraan yang nyaman bagi penggunanya. Karena jika kendaraan tersebut cocok dengan kebutuhan, maka produktivitas semakin meningkat nantinya. Fungsi utama kendaraan adalah membuat kehidupan jadi lebih mudah.

Jadi daripada berdebat tentang mobil mana yang paling unggul, lebih baik Anda pahami karakteristik masing – masing kendaraan tersebut. Setelah mengetahui karakteristiknya masing – masing, maka Anda bisa menjatuhkan pilihan nantinya.

Kelebihan yang Dimiliki Mobil Matic

Mobil matic atau manual - kelebihan mobil matic

Di daerah perkotaan kendaraan dengan transmisi otomatis tersebut lebih banyak disukai karena cocok dengan kebutuhan jalanan kota. Jika dilihat dari segi keunggulannya, maka beberapa keunggulan berikut bisa ditemukan pada mobil matic.

  • Jauh Lebih Mudah Mengemudikannya

Jika dicermati dari kemudahan mengemudikan mobil matic atau manual maka jawabannya jelas matic. Pengendara tidak perlu mempelajari banyak hal untuk mengendarainya. Cukup kuasai rem dan gas, maka sudah bisa melaju dengan mudah.

Untuk kendaraan sehari – hari, maka transmisi otomatis ini lebih cocok digunakan. Masyarakat perkotaan khususnya dengan mobilitas cukup tinggi, pasti lebih memilih kendaraan yang nyaman untuk dikemudikan. 

(Baca Juga: Fitur Otomotif Masa Depan Paling Dinanti Warga Dunia)

  • Kaki Lebih Santai Serta Tidak Cepat Pegal

Perseneling otomatis yang diterapkan dalam kendaraan ini membuat pengemudi bisa tetap santai dan tidak lelah saat berkendara. Anda tidak perlu melakukan perpindahan gigi, jadi walaupun berkendara untuk jarak jauh, tidak membuat kaki cepat pegal nantinya.

Pada mobil manual, pengemudi harus rutin melakukan perpindahan gigi, dan hal tersebut jelas sangat merepotkan. Beberapa pengendara tidak mau repot dengan hal ini, jadi memilih transmisi otomatis dianggap lebih tepat. 

  • Tetap Aman untuk Jalanan Terjal

Dengan adanya transmisi otomatis ini pengendara pemula semakin percaya diri membawa kendaraan tersebut ke segala jenis jalanan. Mobil matic tetap mudah dibawa pada tanjakan. Meskipun mobil berhenti di tengah tanjakan, Anda tidak usah khawatir mobil mundur.

Jika ditanya soal lebih aman mobil matic atau manual, maka jelas matic lebih aman. Pada jalanan tanjakan mesin akan otomatis menahan ban agar tetap diam, sehingga mobil tidak mundur ke belakang dan membahayakan pengendara di belakang. 

  • Tetap Nyaman Saat Jalanan Macet

Jalanan macet merupakan hal yang sangat menyebalkan, dan kejadian ini sering terjadi di area kota. Dengan kehadiran persneling otomatis tersebut, pengendara tidak perlu lagi khawatir dengan jalanan macet.

Matic jauh lebih enak dikendarai saat jalanan macet, karena cukup menginjak rem dan gas saja. Hal ini juga lah yang membuat kendaraan ini lebih disukai orang – orang kota dibanding orang luar kota. 

Kekurangan yang Dimiliki Mobil Matic

Mobil matic atau manual - kekurangan yang dimiliki mobil matic

Walaupun memiliki beberapa keunggulan, tetap saja mobil yang menggunakan gigi otomatis ini memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan ini penting Anda cermati, sehingga tidak salah membuat pilihan. Beberapa kekurangan dari transmisi otomatis adalah sebagai berikut.

  • Membutuhkan Perawatan Intens dan Menguras Banyak Biaya

Salah satu alasan mengapa penggemar otomotif mengurungkan niat membeli mobil matic adalah karena perawatannya jauh lebih intens. Jika kendaraan Anda matic, maka harus dirawat sebaik mungkin. Oli mesin juga harus diganti setiap bulannya.

Umumnya biaya perawatan untuk kendaraan ini jauh lebih tinggi dibanding yang manual. Selain itu belum banyak mekanik yang paham menangani matic. Jadi jika Anda ingin membelinya, maka harus siap mengeluarkan biaya yang lebih tinggi. 

  • Bahan Bakar Lebih Boros

Perputaran otomatis yang diterapkan pada mobil ini juga berdampak pada tingginya konsumsi bahan bakarnya. Jika ditanya tentang pemborosan mobil matic atau manual maka sudah pasti matic lebih boros karena konsuminya besar.

Meskipun saat ini mobil modern sudah dilengkapi teknologi penghemat bahan bakar, tetap saja konsumsi bahan bakarnya tinggi. Selain itu bahan bakar dengan oktan rendah tidak cocok digunakan untuk mesin. Jadi pengeluaran juga semakin besar untuk bahan bakarnya. 

  • Rem Lebih Cepat Habis

Pada mobil manual terdapat engine break yang mampu mengendalikan lajunya kendaraan. Pada kendaraan otomatis, engine break tidak dimuat. Jadi saat mobil melewati turunan, maka kendali sepenuhnya terletak dalam rem.

Hal ini membuat rem pada kendaraan ini biasanya jauh lebih cepat habis dibanding dengan mobil manual. Jika rem sedang dalam kondisi kurang baik, maka bisa membahayakan pengendara nantinya. 

(Baca Juga: Yuk Pahami, Tips membeli mobil bekas untuk pemula)

  • Harga Onderdil Relatif Mahal

Kendaraan dengan transmisi otomatis masih tergolong baru di Indonesia. Saat ini mobil manual masih lebih banyak digunakan oleh masyarakat. Dari sisi ketersediaan onderdilnya , jauh lebih banyak yang manual dibanding matic.

Jadi tidak heran jika harga untuk sparepart kendaraan matic tersebut masih tergolong mahal dan sulit didapatkan. Selain itu tingkat kelangkaan onderdilnya juga cukup tinggi. Mobil matic tersebut biasanya menuntut pengeluaran yang lebih banyak. 

Lebih Murah Mobil Matic Atau Manual?

Mobil matic atau manual - lebih murah mobil matic atau manual

Jika bicara tentang harga dari kedua jenis mobil ini, maka cukup sulit menentukan mana yang paling murah dan mana yang paling mahal. Saat ini banyak hal yang menjadi faktor penentu harga suatu mobil, jadi harus dipertimbangkan dari segala segi untuk menentukannya. Harga menjadi salah satu pertimbangan penting saat hendak memilih mobil. Pastinya para pengendara ingin mendapatkan harga yang layak untuk kendaraan impian mereka. Beberapa pengamat menilai bahwa harga matic relatif mahal lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil manual sejenis.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa mengendarai matic jauh lebih nyaman dibanding manual. Hal ini membuat banyak masyarakat tertarik untuk memilikinya. Saat ini permintaan untuk matic jauh lebih tinggi dibanding manual. Permintaan yang tinggi tersebut tentu saja membuat harganya semakin naik. Selain itu produsen otomotif juga saat ini lebih fokus pada pengembangan fitur dan teknologi transmisi otomatis tersebut.

Sehingga kedepannya diharapkan mobil matic semakin unggul dan mampu menyaingi mobil dengan persneling tersebut. Mobil pabrikan terbaru umumnya sudah menerapkan teknologi irit bahan bakar, serta lebih mudah dalam hal merawatnya. Jika dilihat dari harga jualnya, mobil matic atau manual saat ini relative mahal, bergantung pada kondisi kendaraan tersebut. Jadi dengan melihat perbandingan tersebut, Anda bisa menentukan pilihan dengan cermat. 

Alasan Mobil Manual Tetap Digemari Banyak Orang

Meskipun saat ini kendaraan dengan transmisi otomatis lebih banyak diproduksi, tetap saja banyak penggemar otomotif yang menjatuhkan pilihan pada mobil manual. Beberapa hal berikut menjadi alasannya.

  • Perawatan Lebih Praktis dan Mudah Dilakukan

Bagi Anda memiliki waktu luang sempit untuk merawat roda empat tersebut, maka transmisi manual paling tepat untuk dipilih. Mobil manual perawatannya jauh lebih sederhana dan tidak banyak biaya. Jadi pengeluaran Anda untuk merawat kendaraan tersebut jelas semakin hemat.

Mesin pada mobil manual umumnya jauh lebih bandel. Jadi misalnya Anda lupa melakukan service, hal tersebut tidak memberikan dampak signifikan para performa mesin. Pengendara juga tidak perlu terlalu sering mengganti oli karena daya tahannya sangat baik.

  • Akselerasi Mobil Mudah 

Dari segi akselerasi mobil matic atau manual, maka transmisi sistem manual tersebut jauh lebih baik. Dari segi kepuasan berkendara juta yang manual sangat unggul. Anda secara bebas nantinya bisa mengendalikan kopling gas secara bergantian, sehingga kenyamanan berkendara bisa diatur.

Dengan adanya sistem engine brake, maka mobil tersebut dapat melakukan pengereman otomatis di berbagai medan turunan. Jadi Anda tidak perlu terlalu dalam menekan rem, karena mesin akan menghambat laju kendaraan di area turunan. 

  • Meningkatkan Skill Berkendara

Mengendarai mobil yang menggunakan persneling tentu membutuhkan skill khusus, terutama dalam hal mengendalikan kopling tersebut. Biasanya orang yang bisa mengendarai mobil manual, punya skill berkendara jauh lebih baik dibanding pengendara lain.

Jika Anda mahir mengendarai mobil manual, maka sudah pasti bisa membawa mobil matic tersebut ke jalan raya. Sedangkan tahu membawa matic belum tentu tahu cara mengendarai mobil manual. Jadi jika ingin belajar mobil, lebih dianjurkan belajar manual.

Terlepas dari setiap kelebihan atau kekurangannya, pilihannya tentu ada pada tangan Anda. Baik matic maupun manual sama – sama memiliki kelebihan tersendiri. Sebelum memilih mobil matic atau manual sebaiknya pilih yang sesuai kebutuhan dan budget Anda.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts