Inilah 6 Daftar Mobil Tesla Termahal dan Spesifikasinya

mobil tesla

Anda mungkin sudah familiar dengan mobil Tesla yang sedang menjadi bahan perbincangan masyarakat ini. Sebagai perusahaan otomotif yang berpusat di California, Amerika Serikat, tesla berhasil memproduksi sejumlah mobil listrik.

Meski perusahaan berpusat di luar negeri, tapi penggemar Tesla berasal dari berbagai negara, termasuk di Indonesia. Tidak heran jika daftar mobil yang dikeluarkan Tesla selalu menjadi incaran bagi para penggemar otomotif mobil. 

Daftar Mobil Tesla dengan Harga Mahal

Dulu, perusahaan ini bernama Tesla Motors dan kini berubah menjadi Tesla, Inc. dengan spesialisasi pembuatan baterai penyimpanan energi, komponen mesin elektrik, perangkat isi ulang baterai hingga pembuatan mobil listrik itu sendiri. 

Mobil pertama Tesla bahkan sudah menggunakan full electric, bukan lagi hybrid yang tengah dikembangkan perusahaan otomotif lainnya. Tidak heran jika Tesla tidak memiliki mobil dengan motor berbahan bakar karena sudah menggunakan listrik.

Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk, JB Straubel, Martin Eberhard, Ian Wright dan Marc Tarpenning ini tengah mengembangkan fasilitas produksi di San Carlos, California, Taiwan, dan Inggris. 

Berdiri sejak Juli 2003, Elon Musk ditunjuk sebagai CEO, sedangkan JB Straubel sebagai CTO. Tesla memiliki dealer resmi pertama kali di Los Angeles, AS pada April 2008 dan kemudian membuka dealer kedua di Menlo Park, California.

Setelah dealer kedua, Tesla kemudian mendirikan sejumlah dealer lainnya di berbagai negara. Ada daftar mobil Tesla termahal yang dijadikan incaran bagi penggemar Tesla dan berikut ulasan lengkap mengenai spesifikasi mobil dari Tesla.

1. Tesla Roadster

mobil tesla - Tesla Roadster

Konsep mobil ini pertama kali dikenalkan pada publik pada Juli 2006 yang kemudian dinamai Tesla Roadster. Sambutan masyarakat sangatlah positif sehingga Tesla meluncurkan 100 unit pertama Tesla Roadster dan sudah terjual dalam 3 pekan. 

Penjualan berikutnya dilakukan pada Oktober 2007 dan berhasil mencatat pesanan mencapai 200 unit. Selanjutnya, pada Mei 2008, pesanan Tesla Roadster terus bertambah hingga 600 unit karena memang pecinta mobil Tesla yang banyak.

Tesla Roadster memiliki beberapa keunggulan yang membuat banyak orang tertarik, seperti kecepatan yang mencapai 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 4 detik. Selain itu, kecepatan maksimal 201 km/jam bisa ditempuh tanpa suara. 

Baterai yang terpasang pada Tesla Roadster mampu lama, bahkan mobil dapat melaju sampai 345 km. Kesuksesan Tesla Roadster ini membuat perusahaan Tesla meluncurkan versi terbaru pada Januari 2009, yaitu dengan Tesla Roadster Sport.

Pada saat itu, mobil Tesla dijual dengan harga USD 128.500 atau setara dengan Rp 1,9 miliar dengan kurs dolar ke rupiah sekarang. Meski dijual dengan harga mahal, keunggulan yang dimiliki Tesla Roadster mampu membayarnya.

(Baca Juga: Yuk Simak Harga Mobil Listrik di Indonesia yang Sedang Trend)

2. Tesla Model S

mobil tesla - Tesla Model S

Perusahaan Tesla selalu melakukan inovasi untuk menghasilkan produk baru di segmen mobil listrik dengan sukses. Untuk memuaskan para penggemarnya, Tesla kemudian meluncurkan produk terbarunya yang bernama Tesla Model S.

Mobil yang diluncurkan pada tahun 20212 dan memiliki nama Whitestar ini menawarkan pilihan lain di segmen Audi A6 atau BMW Seri 5. Kehadiran mobil Tesla ini menjadi kompetitor dengan mobil yang memiliki penjualan cukup unggul di AS.

Kemunculan mobil ini bahkan mendapatkan apresiasi dari Arnold Schwarzenegger sebagai Gubernur Negara Bagian California karena mobil ini dianggap bisa menekan polusi udara di AS.

Inilah salah satu keunggulan mobil keluaran Tesla yang menggunakan motor listrik sehingga polusi yang berasal dari kendaraan bermotor dapat berkurang. Tidak heran jika peluncuran mobil ini mendapatkan sambutan positif dari berbagai pihak.

Mobil yang dijual dengan harga USD 57.400 atau Rp 848 jutaan ini memiliki beberapa keunggulan, seperti daya baterai yang bisa diisi dengan sumber listrik di rumah. Pengisian baterai ini harus menggunakan charger khusus.

3. Tesla Model X

mobil tesla - Tesla Model X

Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 dan pengiriman unit Tesla Model X dilakukan mulai 2 tahun kemudian. Jika kita lihat dari luar, mobil ini memiliki bentuk atau konsep sebagai mobil SUV, tapi dengan kecepatan luar biasa. 

Mobil Tesla Model X ini mampu melaju 0-100km/jam hanya dalam waktu 2,6 detik saja. Kecepatan yang mengagumkan, bukan? Mobil ini menggunakan mesin Dual Motor All-Wheel Drive berkualitas karena memiliki kekuatan 75 kWh.

Mesin yang digunakan Tesla Model X tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 329 hp dan torsi 525Nm. Jadi, meskipun tampilan mobil ini layaknya mobil SUV, tapi tidak perlu diragukan lagi kecepatan dan kekuatan dari mesin yang digunakan. 

Keunggulan lain yang dimiliki Tesla adalah mobil mampu melaju sejauh 523 km dalam sekali isi daya baterai. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar membuat Anda tidak perlu mengisinya berulang kali karena sekali pakai bisa mencapai jarak jauh.

4. Tesla Model 3

mobil tesla - Tesla Model 3

Mobil Tesla Model 3 dijual ke publik pada Juli 2017 dengan klaim sebagai mobil listrik paling murah dibanding mobil keluaran Tesla lainnya. Mobil ini didesain dengan konsep mobil sedang dan menggunakan Dual Motor pada roda belakang.

Ada tiga varian Tesla Model 3 yang dihadirkan, yaitu Standard Range Plus, Long Range dan Performance. Ketiga tipe mobil tersebut memiliki perbedaan mendasar pada kapasitas baterai di mana tipe Standard Range bisa digunakan sejauh 409 km.

Berbeda dengan tipe Long Range di mana baterai mobil bisa digunakan sejauh 560 km, sedangkan kemampuan baterai untuk tipe Performance mampu digunakan untuk melaju sejauh 531 km sebelum nantinya baterai harus diisi kembali. 

Meski dari kemampuan baterai tipe Performance terlihat kurang dari tipe Long Range, tapi Tesla Model 3 tipe Performance memiliki keunggulan lainnya, yaitu kemampuan akselerasi 0-100km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik.

Anda bisa memilih sendiri tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keunggulan mana yang ingin Anda nikmati dari mobil Tesla Model 3. Mobil ini dijual dengan harga sekitar Rp 1,5 miliar. 

5. Tesla Model Y

mobil tesla - Tesla Model Y

Berikutnya, Tesla memproduksi mobil berjenis crossover bernama Tesla Model Y. Mobil yang dipasarkan sejak Maret 2020 ini disebut-sebut sebagai penyempurna Tesla Model 3 jadi tidak heran jika keduanya memiliki desain yang mirip.

Model berdesain sedan ini memiliki peningkatan dalam hal kapasitas penumpang di mana Tesla Model Y dapat digunakan oleh 7 orang. Peningkatan ini sangatlah berguna bagi mereka yang ingin mengajak keluarga jalan-jalan bersama Tesla.

Selain itu, kapasitas baterai juga ditingkatkan sehingga mobil Tesla mampu bertahan sejauh 482 km dalam sekali pengisian daya. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pengisian baterai berulang kali karena kapasitas baterai yang semakin besar.

Bukan hanya itu, Tesla Model Y juga memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu hanya 3,5 detik saja. Dengan kemampuan ini, Tesla Model Y memiliki kemampuan jauh di atas rata-rata crossover bermesin bensin.

Untuk bisa membawa pulang mobil ini, Anda harus merogoh kocek cukup dalam karena Tesla Model Y dijual dengan harga mulai dari US$ 41.990 atau setara dengan Rp 594 juta. 

(Baca Juga: 10 Perbedaan Mobil Listrik dengan Mobil Konvensional)

6. Tesla Cybertruck 

mobil tesla - Tesla Cybertruck

Mobil Tesla terbaru yang menyita perhatian banyak orang adalah Cybertruck. Mobil ini memiliki spesifikasi yang sangat menarik karena menjadi pickup truk dengan tenaga baterai dan motor listrik pertama yang diluncurkan secara massal.

Apalagi jika kita lihat dari eksterior mobil maka akan terlihat bagaimana uniknya desain Tesla Cybertruck. Mobil ini memiliki desain yang berbeda dari mobil keluaran Tesla lainnya dan bagi Anda pecinta otomotif nyentrik, mobil ini pilihannya.

Tesla Cybertruck dibuat dalam tiga tipe, yaitu Single Motor (motor listrik tunggal), Dual Motor (dua motor listrik) dan Tri Motor (tiga motor listrik). Varian tertinggi mobil ini mampu melaju sejauh 800 km dalam sekali pengisian daya baterai.

Bukan hanya dari kapasitas baterai yang besar, mobil ini juga memiliki kekuatan super karena mampu menopang beban hingga 1,5 ton dan menarik beban hingga 6,3 ton. Kekuatan yang jarang kita temui dari mobil keluaran Tesla.

Sayangnya, mobil dengan kekuatan yang tangguh ini belum bisa kita jumpai di Indonesia karena pasalnya Tesla Cyber truck diperkirakan akan mendarat di Indonesia pada tahun 2022, jadi bersabarlah untuk menunggu. 

Anda bisa menyiapkan dana yang dibutuhkan terlebih dahulu agar nantinya bisa membeli Tesla Cybertruck saat mobil tiba di Indonesia. Menurut kabar, mobil ini akan dijual dengan harga sekitar Rp 2miliar on the road Jakarta.

Setiap mobil keluaran Tesla tentu memiliki daya tarik tersendiri namun Anda harus memperhatikan spesifikasi dan harga mobil jika ingin membelinya. Setelah itu, bersiaplah untuk terpana dengan kecepatan dan ketangguhan mobil Tesla.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts