Nama Merek Mobil Buatan Indonesia yang Sangat Keren di Tahun 2023

Nama Merek Mobil Buatan Indonesia yang Sangat Keren di Tahun 2023
Nama Merek Mobil Buatan Indonesia yang Sangat Keren di Tahun 2023

Nama merek mobil buatan Indonesia semakin terkenal di dunia. Banyak kendaraan roda empat buatan dalam negeri yang diminati oleh masyarakat di berbagai macam negara karena berbagai kelebihannya.

Baca juga : Mobil listrik Nissan, Ragam dan Spesifikasi

Produk yang laris di luar negeri tersebut didominasi kategori mobil Pickup, MPV hingga SUV. Saat ini perkembangan industri otomotif Indonesia memang terus meningkat dan menjanjikan dengan munculnya berbagai produk unggulan.

Hal tersebut didukung oleh banyaknya produsen yang mulai memperluas jaringan pasar mereka di mancanegara. Banyak dari masyarakat Indonesia mungkin tidak mengetahui berbagai merek mobil yang laris di mancanegara tersebut.

3 Nama Merek Mobil Buatan Indonesia yang Bisa Dipertimbangkan

3 Nama Merek Mobil Buatan Indonesia yang Bisa Dipertimbangkan
3 Nama Merek Mobil Buatan Indonesia yang Bisa Dipertimbangkan

Pada tahun 2023, sudah banyak jenis kendaraan yang berhasil diproduksi oleh anak dalam negeri. Tidak hanya dipasarkan di dalam negeri produk tersebut juga berhasil di ekspor ke luar negeri.

Umumnya hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat lebih berminat oleh produk luar negeri. Tidak hanya itu, perusahaan produsen mobil dari luar yang semakin banyak masuk ke Indonesia juga mempengaruhi kondisi tersebut.

Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk mulai mengetahui nama merek mobil buatan Indonesia. Dengan mengetahui berbagai merek tersebut, maka masyarakat bisa beralih menggunakan produk dalam negeri.

Tidak kalah dengan produk dari luar, masyarakat tidak perlu khawatir karena produk kendaraan roda empat tersebut juga memiliki spesifikasi mumpuni. Berikut ini beberapa contoh merek mobil terkenal buatan Indonesia.

Kendaraan yang berhasil diproduksi di dalam negeri tersebut tidak hanya menggunakan bahan bakar minyak saja. Beberapa dari nama merek mobil buatan Indonesia juga sudah memanfaatkan teknologi listrik pada produk mereka.

Hal tersebut membuktikan bahwa teknologi dalam negeri tidak kalah dengan berbagai produk dari negara lain. Agar semakin jelas, berikut beberapa merek mobil buatan anak dalam negeri yang tidak kalah keren.

  • Esemka

Diciptakan oleh perusahaan otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi, Esemka merupakan mobil pertama buatan Indonesia yang sangat populer. Nama Esemka diambil dari pembuatnya yaitu oleh siswa SMK.

Kendaraan tersebut lahir dalam upaya mengembangkan sektor mobil nasional. Saat ini Esemka memiliki kapasitas produksi hingga 12.000 unit/tahun, dimana dalam satu bulan dapat memproduksi 10 unit SUV dan mini truk.

Untuk komponen kendaraan sendiri, Esemka menggunakan produk yang dibuat oleh PT INKA serta Pertamina. Tidak hanya itu, proses produksi kendaraan tersebut juga konsisten memanfaatkan SDM dalam negeri.

  • AMMDes

Nama merek mobil buatan Indonesia kedua yang menembus pasar luar negeri adalah Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes. Kendaraan ini dibangun dengan fokus utama untuk memenuhi kebutuhan angkutan di pedesaan.

AMMDes di desain dengan semi offroad yang tangguh, sehingga dapat menaklukan seluruh medan di jalanan pedesaan, dimana umumnya seringkali bergelombang dan berbatu. Kendaraan ini juga menggunakan teknologi mumpuni.

AAMDes menggunakan mesin diesel 14 daya kuda yang disalurkan pada bagian penggerak roda belakang. Kemudian AMMDes juga berfokus pada bagian torsi karena fokus utamanya digunakan sebagai pengangkut barang hingga 700 kg.

Sejak pertama kali diperkenalkan, AMMDes telah berhasil terjual sebanyak puluhan ribu unit. Bukan hanya diminati oleh pasar otomotif Indonesia saja, namu AMMDes juga berhasil di ekspor ke berbagai negara.

  • Selo

Nama merek mobil buatan Indonesia berikutnya adalah Selo. Kendaraan supercar mewah seperti Lamborghini ini dirancang oleh Ricky Nelson dan pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 2013.

Selo merupakan kendaraan ramah lingkungan karena memanfaatkan tenaga penggerak motor listrik dan mampu menghasilkan daya sebesar 182tk. Mobil supercar ini bahkan bisa menempuh jarak 250 Km/Jam.

Tidak hanya itu, untuk pengisian daya, Selo hanya membutuhkan waktu selama kurang lebih empat jam. Jika kalian ingin membeli mobil supercar, maka produk dalam negeri ini dapat menjadi pilihan tepat.

Setelah mengetahui nama merek mobil buatan Indonesia yang terkenal dan banyak diminati masyarakat, kalian juga perlu mengetahui mobil buatan dalam negeri yang gagal terkenal. Kegagalan tersebut dikarenakan beberapa alasan.

Sebelum industri otomotif Indonesia berkembang menjadi semakin baik seperti sekarang, sebelumnya banyak merek kendaraan dalam negeri yang mengalami kegagalan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kendaraan tersebut.

Nama Merek Mobil Buatan Indonesia yang Gagal Meraih Kesuksesan

Sebelum mengalami kesuksesan seperti sekarang, banyak merek mobil buatan dalam negeri yang gagal mencapai kesuksesan. Berikut ini beberapa merek yang tidak bisa bertahan di industri otomotif Indonesia.

  • Maleo

Pertama kali rilis pada tahun 1993, Maleo merupakan kendaraan yang dikembangkan oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) dan bekerja sama dengan perusahaan otomotif asal Inggris, bernama Rover. 

Meskipun teknologi yang digunakan milik Rover, namun seluruh komponen murni suplai dari Indonesia. Maleo sendiri memiliki panjang 3,5 meter, 1,3 meter, serta menggunakan mesin 1200cc dengan 3 silinder.

Meskipun tercatat telah memiliki 11 rancangan mobil sampai dengan 1997, namun proyek Maleo harus diberhentikan. Gagalnya proyek tersebut dikarenakan adanya krisis moneter Indonesia pada tahun 1998.

  • Timor

Sama dengan Maleo, nama merek mobil buatan Indonesia berikutnya yang gagal mengalami kesuksesan adalah Timor. Produk ini lahir pada tahun 90an dan dikembangkan langsung oleh PT Timor Putra Nasional.

Tidak hanya itu, Timor bahkan berhasil mendapatkan dukungan langsung dari Presiden yang saat itu menjabat yaitu Soeharto. Namun, sangat disayangkan bahwa proyek Timor juga harus diberhentikan.

Pemberhentian proyek dilakukan karena adanya protes dari industri otomotif dunia seperti Eropa, Jepang, hingga Amerika Serikat. Hal tersebut juga diperparah dengan adanya krisis moneter serta turunnya Soeharto dari jabatan Presiden.

  • Tucuxi

Nama merek mobil buatan Indonesia berikutnya adalah Tucuxi. Berbeda dengan jenis lainnya, Tucuxi mengusung desain kendaraan layaknya hypercar, dimana prototype mobil tersebut diperkenalkan pada tahun 2012.

Kelebihan dari Tucuxi tidak lain baterai Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) yang digunakan serta bisa menempuh jarak hingga 200 KM/Jam. Namun, sayangnya mobil tersebut harus terhenti karena tidak lolos uji emisi.

Meskipun banyak kegagalan yang pernah dialami industri otomotif Indonesia, namun pada tahun 2023 ini negara bisa membanggakan dirinya. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya produk mobil dalam negeri yang diminati mancanegara.

Tidak hanya mancanegara, sudah seharusnya masyarakat dalam negeri juga mendukung perkembangan industri otomotif. Dengan membeli produk kendaraan dalam negeri, maka masyarakat telah mengambil peran besar.

Oleh sebab itu, terdapat berbagai alasan mengapa kalian perlu membeli kendaraan buatan Indonesia. Menggunakan produk lokal akan memberikan banyak manfaat, diantaranya akan dijelaskan berikut ini.

Alasan Mengapa Masyarakat Harus Membeli Mobil Buatan Indonesia

Alasan Mengapa Masyarakat Harus Membeli Mobil Buatan Indonesia
Alasan Mengapa Masyarakat Harus Membeli Mobil Buatan Indonesia

Sebagai warga negara yang baik, tentu harus bangga dan menggunakan produk lokal. Saat ini banyak nama merek mobil buatan Indonesia yang tidak kalah keren dan berspesifikasi mumpuni dibandingkan produk luar.

Dengan menggunakan produk lokal, maka secara tidak langsung kalian juga telah mendukung industri otomotif Indonesia semakin berkembang. Berikut ini beberapa alasan lain mengapa masyarakat perlu membeli mobil buatan Indonesia.

  • Turut Membuka Lapangan Kerja

Berbagai nama merek mobil buatan Indonesia konsisten menggunakan SDM dalam negeri untuk membuat produknya. Oleh sebab itu, dengan terus memajukan produk lokal, maka kalian juga membantu membuka lapangan pekerjaan.

Tidak hanya itu, kalian bahkan berperan besar dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Maka, ada baiknya untuk segera berpindah dengan menggunakan kendaraan buatan Indonesia.

  • Berkualitas dan Lebih Murah

Kendaraan buatan anak dalam negeri banyak yang sudah memiliki kualitas berstandar internasional. Dengan begitu, kendaraan tersebut tidak akan kalah saing apabila disandingkan dengan produk negara lain.

Bahkan beberapa produk kendaraan memiliki kualitas yang lebih baik dari produk internasional. Meskipun begitu, harga kendaraan buatan Indonesia umumnya relatif terjangkau yang kemudian menjadikan alasan utama mengapa kalian harus membelinya.

  • Membuat Produk Lokal Semakin Dikenal

Jika masyarakat Indonesia memakai kendaraan buatan anak dalam negeri, maka secara tidak langsung mereka membantu produsen agar semakin dikenal. Dengan begitu, permintaan akan mobil buatan Indonesia juga semakin meningkat.

Baca juga : Mobil Baru Dibawah 200 Juta, Jenis dan Spesifikasi

Meningkatnya permintaan akan produk kendaraan buatan dalam negeri akan membantu produsen dalam mengembangkan bisnisnya. Pada akhirnya hal tersebut juga akan membantu industri otomotif semakin maju.

Setelah mengetahui alasan mengapa masyarakat harus membeli mobil buatan Indonesia, maka kalian bisa segera mengganti pilihan kendaraan. Banyak merek mobil buatan Indonesia yang bisa kalian percaya.

Beberapa diantaranya yang telah sukses di mancanegara juga bisa dijadikan sebagai pilihan. Kesuksesan sebuah merek mobil di kancah internasional berarti membuktikan bahwa kualitas kendaraan sangat tinggi.

Kalian bisa memilih kendaraan buatan dalam negeri untuk membantu memajukan negara Indonesia. Oleh sebab itu, pilihlah segera nama merek mobil buatan Indonesia dengan produknya yang paling menarik perhatian.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts