Fitur Otomotif Masa Depan Paling Dinanti Warga Dunia

Mobil masa depan

Bila kita melihat perkembangan otomotif masa depan, kemungkinan bakal semakin maju. Apalagi banyak perusahaan bersaing mengeluarkan inovasi terbaru. Pasti tidak membutuhkan waktu lama agar dapat dipakai oleh semua warga dunia.

Apalagi namanya transportasi atau kendaraan bakal dibutuhkan sampai kapan saja. Jika ada yang lebih maju dan memudahkan kegiatan, pasti bakal dipilih. Terlebih lagi kalau tampilan serta fitur didalamnya super lengkap.

Alat Otomotif Masa Depan Pada Mobil

Melihat begitu besarnya persaingan, saat ini sudah muncul beberapa alat atau fitur penting. Baik yang memang sudah bisa dipakai ataupun dalam masa percobaan. Patut kita tunggu karena bakal diproduksi massal.

1. Ban Elastis

Ban elastis

Fitur otomotif masa depan pertama yakni munculnya ban elastis yang dikembangkan NASA. Saat ini umumnya memakai karet kuat dan memiliki motif. Supaya dapat bekerja didalamnya ada ban dalam dan udara.

Ban elastis ini sama sekali tidak membutuhkan udara supaya bekerja maksimal. Apalagi dibuat dari bahan berupa memory alloy. Jika dipakai sangat kuat bahkan untuk menampung beban berat atau medan berbahaya.

(Baca Juga: Yuk Simak Harga Mobil Listrik di Indonesia yang Sedang Trend)

2. Sensor

Otomotif masa depan -Sensor

Sekarang sedang zamannya teknologi apapun memakai sensor dalam segala macam bidang. Termasuk untuk parkir kendaraan roda empat. Nantinya lebih mudah karena tidak perlu dilakukan sendiri sehingga mobil tetap aman. 

Begitu juga pada bagian sensor yang melihat kerusakan mesin pada kendaraan. Tentu fungsinya berbeda karena mendeteksi error dengan cepat. Maka dari itu bisa diperbaiki lebih detail sehingga kerusakan tidak parah.

3. Indikator Digital

Otomotif masa depan Indikator masa depan

Pada semua komponen otomotif masa depan kemungkinan bakal memakai indikator digital. Saja. Misalnya saja pada bagian speedometer untuk melihat tingkat kecepatan. Begitu juga indikator untuk menunjukan berapa sisa bahan bakar.

Kita tinggal klik untuk akses semua tombol seperti pada smartphone touchscreen. Penggunaan teknologi semacam ini membuat pekerjaan jauh lebih efisien. Selain itu mampu menghindari kerusakan penggunaan yang umum terjadi.

4. Gir Efektif

Gir Efektif

Bagian gir yang dibuat lebih efektif sebenarnya melihat kekurangan zaman sekarang. Terlebih umum dipakai dalam berbagai komponen pada sebuah kendaraan sehingga bekerja keras. Misalnya pada bagian transmisi, setir sampai mesin.

Teknologi yang lebih maju membuat gir telah dibuat lebih sederhana dari sebelumnya. Bukan hanya dari fungsi tapi bobotnya jauh lebih ringan. Meski begitu tetap kuat dan awet tapi lebih terjangkau.

 Pelindung Kaca yang Paling Aman

Mencegah penuaan dini - Pelindung kaca paling aman

Pada bagian perlindungan pada bagian kaca sebenarnya masih menjadi perencanaan bagi banyak peneliti. Terutama jika menginginkan fungsi yang lebih maksimal. Terutama tetap kuat tapi cantik sebagai tambahan aksesoris kendaraan. 

Saat ini sudah ditambah dengan banyak fitur, misalnya dapat menghindari gangguan berkendara berupa anti serangga. Tentu bakal dilengkapi lapisan epoxy. Hasilnya meski ada serangga tertabrak, tidak menempel atau mengotori kaca.

Apalagi kendaraan berupa otomotif masa depan bakal dilengkapi tampilan menawan. Pasti tidak mau terganggu karena adanya hewan seperti serangga muncul pada kaca. Proses pembersihan lebih mudah sehingga hemat.

Kita kemungkinan juga bisa melihat adanya display menarik pada bagian kaca. Fitur ini sudah dikenalkan dan disebut sebagai Active Window Display. Kalau kita lihat dari tampilannya, memang seperti di film.

Fungsinya sebenarnya sangat bagus karena mampu menunjukan informasi yang kita perlukan. Misalnya mau mencari alamat dengan maps, dijamin lebih mudah. Ditambah lagi ada pemutar lagu yang bisa diaktifkan pakai suara.

Selanjutnya kita mungkin bisa melihat kendaraan anti peluru setiap mobil. Memang kalau untuk sekarang sebenarnya sudah umum muncul. Tapi kalau dari segi harga masih cenderung mahal, belum diminati orang biasa.

Mungkin dengan penelitian dari perusahaan besar, bisa dibuat lebih murah tapi kualitasnya sama. Tapi sebelum diluncurkan pasti perlu proses uji coba di mana harus sangat ketat. Apalagi demi keamanan pengendara.

Mobil Listrik dengan Sistem Otomatis

Mencegah penuaan dini - Mobil Listrik

Saat ini kemunculan mobil listrik sudah menjadi kabar gembira bagi banyak orang. Terlebih keunggulan seperti tampilan lebih menarik atau futuristik begitu disukai. Apalagi ramah lingkungan sehingga tidak membuat bumi rusak. Sebelumnya banyak perusahaan sudah melaksanakan uji coba demi mengeluarkan produk mobil listrik mereka. Meski tidak semuanya bagus, tapi menghasilkan feedback baik. Hasilnya bakal sangat ditunggu oleh masyarakat dunia internasional.

Contoh paling besar yakni dilakukan oleh Tesla dalam penelitian tersebut. Di mana owner yakni Elon Musk selaku pimpinan, memperhatikan perkembangan teknologi otomotif. Beliau sangat rajin melakukan inovasi demi kehidupan manusia. Produk kendaraan otomotif masa depan seperti ini bahkan sudah banyak yang pesan secara langsung. Bahkan hal ini telah dilakukan sejak masih dalam proses pembangunan. Tentu membuktikan kalau antusiasme penggemar besar.

Terlebih banyak sekali fitur yang kemungkinan bakal disematkan untuk tambahan menu. Misalnya saja Autonomous Vehicles di mana bisa membuat kendaraan berjalan tanpa pengemudi. Meski begitu tetap aman dalam segala rintangan.

(Baca Juga: 10 Perbedaan Mobil Listrik dengan Mobil Konvensional)

Autonomous Vehicles sendiri termasuk mewah untuk dimasukkan pada sebuah mobil. Maka dari itu perlu rancangan khusus terutama mempertimbangkan kondisi suatu wilayah. Inilah alasan kenapa produk tersebut harus diprogram dengan benar.

Selanjutnya kita juga bisa melihat Driver Override System pada mobil listrik. Untuk gunanya kurang lebih sama dengan Autonomous Vehicles. Tapi bedanya bakal dipakai khusus menghindari benturan atau kecelakaan saat dipakai.

Driver Override System bakal mendeteksi kalau kita bakal terbentur atau tidak. Mungkin melalui proses tambahan uji coba, bisa menghindari kecelakaan secara tepat. Terutama mengurangi kecepatan sampai rem mendadak yang aman.

Keamanan dan Pelacak Tingkat Tinggi

Mobil masa depan

Untuk keamanan super tinggi sebenarnya bukan hanya menghindari kecelakaan saja. Tapi berhubungan sama pencurian yang mungkin terjadi suatu hari. Untuk pencegahan, Future Technology mampu membuat keamanan terjamin terus.

Misalnya saat kita mau melakukan pelacakan jarak jauh dari pencuri. Kita bisa menggunakan fitur yang disebut Comprehensive Vehicle Tracking pada mobil. Sudah dijual secara terpisah dari kendaraan sehingga bisa dipesan.

Kemungkinan untuk setiap otomotif masa depan bakal dipasang teknologi ini. Pencurian kendaraan roda dua maupun roda empat masih sering terjadi. Ribuan kasus malahan hilang tanpa sebab dan penyelesaian.

Selanjutnya ada Remote Vehicle Shutdown yang mampu sekaligus menangkap pencuri. Sesuai namanya bisa mematikan dari jarak yang sangat jauh meski puluhan kilometer. Memang belum banyak dipakai secara umum di dunia.

Kebanyakan dipakai hanya di Eropa atau Amerika karena budaya sampai kebutuhannya. Memang berguna karena lebih efektif dibanding mencari GPS. Jika tercuri, mobil langsung berhenti sehingga pencuri tidak dapat keluar.

Selanjutnya ada proteksi untuk pengendara lainnya yakni pendeteksi kesehatan. Pasti masih umum terjadi pengemudi kehilangan kesadaran waktu berkendara. Tujuannya menghindari kecelakaan buruk karena isu penyakit yang mungkin saja muncul.

Fitur berguna ini sendiri disebut sebagai Active Health Monitoring. Sudah lama dikembangkan oleh Ford agar dapat bekerja secara maksimal setelah diluncurkan. Nantinya teknologi tersebut bakal dikenakan pada bagian sabuk pengaman.

Supercar Maju dan Personalized Car

Mencegah penuaan dini - Super Car

Mungkin kalau berbicara tentang Supercar, zaman sekarang sudah ada. Tapi untuk supercar terbaru versi modern pasti berbeda baik dari segi fitur maupun tampilannya. Apalagi paling tidak bakal dilengkapi 4 silinder. Sekarang umumnya hanya 6 silinder, meski begitu memang terbilang sangat cepat. Bahkan tidak bisa dikalahkan saat adu di jalanan dengan kendaraan lain. Tidak heran diminati konglomerat sampai artis papan atas Hollywood.

Produk otomotif masa depan berupa supercar tersebut punya kekuatan 600 tenaga kuda. Ditambah lagi dilengkapi sama mesin jauh lebih kecil sehingga jauh lebih ringan. Hasilnya tidak memakan tempat pada rangka. Keunggulan lainnya yakni dilengkapi sama proses pembakaran bahan bakar lebih cepat. Tapi tidak boros jika dibanding produk supercar saat ini. Tidak perlu menunggu lama, kemungkinan muncul tahun 2021 ke atas.

Selain itu produk seperti personalized car sepertinya juga bakal diluncurkan. Sesuai namanya bakal dibuat berdasarkan karakter pengguna atau pembeli. Dengan kata lain kita bisa memperoleh secara custom sendiri dengan mudah. Disini besar kemungkinan pengguna bakal memperolehnya langsung pada perusahaan besar. Personalized car sendiri bisa memilih merk atau kekuatan yang diinginkan. Begitu juga pada bagian visual bagian dalam maupun luar.

 

Keuntungan memakai personalized car adalah hanya dikeluarkan satu saja. Limited edition karena hanya cocok untuk satu orang pengguna. Kemungkinan cukup mahal, tapi aman serta tidak mudah untuk dicuri. Tentu dengan banyaknya fungsi serta masa percobaan, jika dilihat dari segi harga dijamin mahal. Tapi jika ditemukan bahan atau proses produksi lebih simple, mungkin produk otomotif masa depan lebih terjangkau.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts