Negara Produsen dan Konsumen Mobil seluruh Dunia

Produsen dan konsumen mobil sampai sekarang masih terus dibicarakan oleh warga dunia. Terutama melihat sering munculnya tipe terbaru suatu merek terkenal. Bahkan tidak butuh waktu lama dalam merilis produk kendaraan.

Sebenarnya hal ini bagus jika memang kita butuhkan untuk kegiatan sehari-hari. Tapi dengan semakin banyaknya produksi, maka jumlahnya tidak terkendali. Bahkan pada beberapa negara memiliki pembelian jumlah mobil terlalu banyak.

Daftar Produsen dan Konsumen Mobil Asia

produsen dan konsumen mobil

Asia sudah terkenal memiliki pabrikan atau brand besar sehingga menguasai dunia. Mereka memiliki keunggulan dari segi suku cadang paling lengkap. Selain itu proses pemasaran sangat cerdik sehingga membuat konsumen tertarik.

1. Jepang

Untuk produsen dan konsumen mobil pertama yakni Jepang. Tidak salah lagi karena negeri matahari terbit memiliki banyak merek terkenal. Ditambah lagi dipasarkan ke seluruh dunia dengan harga bersahabat.

Terlaris mungkin Toyota karena sudah melakukan pemasaran atau penjualan dalam skala internasional. Bahkan sudah pernah memiliki pendapatan lebih dari 270 miliar dollar amerika. Bukti besar kalau Toyota diminati dunia.

Selain itu kalau wilayah Asia sebenarnya penjualan tertinggi masih Honda. Terlebih selalu masuk 5 besar dengan banyak varian disukai. Paling banyak masuk ke pasaran asia tenggara termasuk Indonesia.

Meski punya banyak pabrikan, bukan berarti penjualan lokal cukup besar. Hal ini disebabkan karena orang Jepang asli menyukai transportasi umum yang sudah sangat maju. Bahkan membuat biaya hidup lebih murah .

2. Tiongkok

Tiongkok sebenarnya belum dapat bersaing dalam produksi internasional. Tapi sampai sekarang sudah mulai mencoba mencari peluang pasar supaya dapat bersaing. Apalagi terkenal sangat murah ditambah mudah didapatkan pembeli.

Tiongkok terkenal sebagai produsen dan konsumen mobil paling terjangkau di antara yang lain. Beberapa merek terkenal dari Tiongkok yakni Wuling dan DFSK. Masih sulit bersaing sama Jepang atau Amerika.

3. Korea Selatan

Korea Selatan tidak boleh ketinggalan dalam daftar ini. Apalagi sebelumnya sudah terkenal dengan produk SUV compact dengan kualitas nomor satu. Sampai sekarang pabrikan dikenal seperti KIA dan Hyundai masih berkembang.

KIA sendiri pernah menjadi sponsor klub sepakbola asal Spanyol yaitu Atletico Madrid. Sementara itu Hyundai disukai warga lokal karena kualitasnya. Terlebih antara KIA maupun Hyundai memiliki desain serta kekuatan bagus.

(Baca Juga: Mengenal Jenis Asuransi Untuk Mobil Serta Manfaatnya)

Pembuat Mobil Eropa dan Amerika

produsen dan konsumen mobil - pembuatan mobil eropa dan amerika

Jerman, sangat mendunia dalam urusan dunia otomotif, baik bagian luar maupun dalamnya. Semua produk rilisan asal Jerman terkenal sangat classy dan mahal. Maka dari itu cocok untuk pejabat atau artis.

Salah satu merek terbaik pastinya Volkswagen di mana paling terkenal berkualitas tinggi. Apalagi sekaligus sebagai owner supercar seperti Porsche, Lamborghini sampai Bugatti, Wolfsburg. Tidak heran keuntungan mencapai 250 miliar euro.

Produsen dan konsumen mobil tersebut masih punya banyak pabrikan besar lainnya. Contoh paling mudah seperti Daimler, Audi, BMW sampai Mercedes Benz. Bisnis sangat sukses bahkan untuk beberapa tahun ke depan.

Negara Eropa lainnya mungkin dari Inggris di mana punya merek seperti Jaguar. Tapi memang tidak sebesar Jerman dan terbilang sulit menyaingi untuk sekarang. Maka dari itu sedang berusaha bangkit kembali.

Selain itu ada Perancis dimana sudah dikenal karena punya basis penggemar kuat. Kita dapat mengambil contohnya dari pabrikan Peugeot. Banyak orang bilang kalau sudah suka, sulit berpindah ke lainnya.

Untuk benua Amerika, pastinya Amerika Serikat masih begitu mendominasi dibanding Kanada atau Meksiko. Terlebih jumlah warga banyak dan terus bertambah. Kebutuhan kendaraan meningkat karena kemudahan pembelian untuk warga lokal. 

Beberapa mobil yang terkenal dari Amerika Serikat yakni Ford dengan produk SUV. Lalu ada Chevrolet yang sebenarnya berasal dari General Motors, populer bukan hanya di Amerika tapi sampai Eropa.

Amerika Serikat juga masih bangga dengan produk Jeep yang berasal Ohio, apalagi menjadi sponsor klub sepakbola Juventus. Tapi paling viral sepertinya Tesla karena terkenal membangun produk otomotif futuristik masa depan.

Kebutuhan Kendaraan Dunia Sangat Besar

produsen dan konsumen mobil - Kebutuhan kendaraan dunia sangat besar

Perkembangan dunia membuat kebutuhan barang semakin besar termasuk kendaraan sehari-hari. Apalagi pada beberapa negara alat transportasi umum belum maksimal kerjanya. Orang merasa bakal lebih efektif memakai kendaraan pribadi.

Saat ini banyak alasan kenapa mobil banyak dibutuhkan dibanding transportasi umum. Misalnya karena dilengkapi sama teknologi canggih dan terbaru. Maka dari itu orang penasaran ingin punya sendiri kendaraan tersebut.

Apalagi jika sudah ditambah sama fitur keamanan yang sudah sangat terjamin. Pada setiap kendaraan memang dilengkapi fitur keamanan untuk pengendara. Tujuan utamanya demi menghindari risiko kecelakaan sehingga semakin turun.

Alasan selanjutnya kenapa produsen dan konsumen mobil berkembang yakni kebutuhan keluarga. Bukan hanya buat bekerja, tapi bepergian bersama keluarga tercinta. Jadi, pemilik tidak perlu menyewa milik orang lain.

Ditambah lagi pembelian bisa dijadikan investasi kalau kita jual di masa depan. Terlebih siapapun butuh, terutama jika punya sejarah panjang. Jangan dianggap remeh karena bahkan model tahun 90-an masih laku.

Pembelian mobil sendiri dirasa dapat menghindari masalah cuaca yang tidak menentu. Pastinya kalau naik transportasi umum terhadang hujan atau panas sehingga mengganggu. Apalagi jika memakai motor cuaca terasa lebih buruk.

Dengan adanya penjualan mobil bekas merajalela, selanjutnya pasti bisa memudahkan pembeli. Tapi kekurangannya polusi dapat memburuk terus. Ditambah lagi terlalu banyak pengguna jalanan sehingga terlalu padat menyebabkan macet.

Perkembangan Penduduk Meningkatkan Penggunaan Kendaraan

produsen dan konsumen mobil - perkembangan penduduk sangat meningkat

Menurut penelitian, perkembangan umat manusia bakal tetap besar bahkan 100 tahun kemudian. Jika pada semua negara tidak memiliki transportasi umum bagus, rakyat lebih pilih beli. Kemacetan jalan pasti selalu terjadi.

Bahkan sekarang ada beberapa negara punya kepadatan pengguna kendaraan terbesar. Misalnya saja San Marino, 1130 mobil untuk 1000 orang. Benar-benar terlalu melebihi, apalagi banyak penduduk Italia pindah ke San Marino.

Masih di Eropa yakni ada, Liechtenstein, di mana setiap 740 mobil untuk 1000 orang. Persentase apabila dihitung pasti besar karena termasuk kecil wilayahnya. Tapi Liechtenstein punya catatan kecelakaan cukup kecil.

Banyak produsen dan konsumen mobil juga suka dengan Monaco. Wilayah kerajaan tersebut paling tidak dilengkapi 660 kendaraan roda dua setiap 1000 orangnya. Punya persentase bakal menurun tahun selanjutnya.

Sama seperti San Marino atau Liechtenstein yakni Luksemburg. Termasuk kecil tapi setiap 1000 orang, 650 punya mobil. Berbeda sama Islandia, punya warga hanya 300 ribuan, tapi kendaraan mencapai 240 ribu.

Negara besar konsumen lainnya yakni Italia yang sudah dikenal sebagai awal mulai berbagai supercar terkenal. Selain itu karena alasan pekerjaan, kebutuhan warga menjadi sangat besar. Terlebih populasi Italia tergolong tinggi.

Selanjutnya yakni Puerto Rico di mana termasuk wilayah kepulauan dengan kepadatan kendaraan rapat. Sangat disayangkan pengendara lokal punya kebiasaan buruk. Menurut catatan banyak terjadi kecelakaan maupun pelanggaran aturan jalan.

(Baca Juga: Mobil Matic Atau Manual Mana yang Lebih Unggul?)

Besarnya Kegunaan Produksi Limbah Otomotif

produsen dan konsumen mobil - produksi limbah otomotif

Selain dipakai untuk kebutuhan utama setiap harinya, masih banyak kegunaan kendaraan roda empat. Misalnya saja saat sudah rusak masih banyak manfaatnya. Akan dipakai sebagai limbah produksi barang lain.

Tidak heran jika rusak berat karena kecelakaan tetap dapat dijual. Meski menuju ke tempat rongsokan, bakal diberi harga murah tapi menguntungkan untuk penjual. Maka dari itu tidak perlu membuangnya percuma.

Misalnya saja pada bagian mesin terutama besi di mana dapat dibuat menjadi barang lain. Tapi sebelumnya bakal dilelehkan agar mudah dibuat benda lain. Contohnya paku lempengan besi untuk pintu gerbang.

Selain itu produsen dan konsumen mobil yang punya kendaraan rusak, dapat dipakai bagian kacanya. Nantinya pecah separah apapun bakal dilelehkan kembali. Hasilnya bisa dibuat fiberglass untuk smartphone.

Sementara itu bagian ban aus masih boleh dipakai dalam kegiatan lain. Bahkan jika dijual cukup menguntungkan karena bakal dipakai sebagai bahan pembakaran aspal. Aspal lebih kuat sehingga membutuhkan ban bekas.

Lalu kalau bagian oli bekas, juga cukup berguna meski bukan produk baru. Umumnya dapat dipakai untuk engsel supaya tidak bersuara waktu dibuka. Jadi, Anda sama sekali tidak perlu beli baru.

Terakhir yakni bagian jok dimana umumnya kalau rusak langsung dibuang. Tentu hal ini disayangkan karena sebenarnya masih dapat dimodifikasi kembali menjadi barang berguna. Misalnya dibuat sebagai kursi gaming keren.

Kalau melihat tren maupun perkembangan zaman, bisa saja bertambah perusahaan produsen dunia. Apalagi tidak mau kalah terus dari negara yang lebih maju. Dapat ditunggu produsen dan konsumen mobil terbanyak selanjutnya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts