Sebelum Beli Mobil Baru, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu!

Sebelum Beli Mobil Baru, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu!
Sebelum Beli Mobil Baru, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu!

Ketika ingin beli mobil baru, biasanya ada rasa ragu yang berkecamuk seperti masalah budget dan pilihan mobil. Sebenarnya, membeli mobil dalam kondisi baru menjadi keputusan sangat tepat untuk diambil. 

Baca Juga: Olahraga Tekanan Darah Tinggi, Dapat Menurunkan Tekanan Darah Anda!

Dibandingkan dengan membeli mobil bekas, membeli mobil yang baru memiliki berbagai macam keuntungan, selain itu pilihan mobil baru juga begitu banyak sehingga Anda bisa dengan bebas melakukan pemilihan. 

Kelebihan Beli Mobil Baru Dibanding Bekas

Membeli mobil yang baru memiliki berbagai macam kelebihan, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

  • Puas dengan kualitas mobil

Ketika memiliki mobil baru, tentu saja rasanya akan sangat menyenangkan. Hal ini disebabkan karena barang baru bisa mempengaruhi psikologi seseorang sehingga merasa lebih puas dan tenang. Ketika membeli barang baru, kita mengetahui dengan baik. 

Seperti apa kualitas mobil karena belum pernah dipergunakan, sehingga tidak ada kerusakan mobil karena sebuah kejadian. Selain itu, mobil baru juga akan membuat Anda menjadi semakin lebih puas karena terdapat jaminan kualitas. 

  • Terdapat fasilitas servis gratis

Ketika beli mobil baru, Anda bisa memperoleh fasilitas gratis service. Fasilitas ini untuk beberapa kali layanan serta dengan batas waktu tertentu. 

Service gratis ini tentu saja diberikan oleh semua produsen mobil sehingga Anda tidak perlu khawatir. Biasanya service gratis ini terdiri dari service ringan serta penggantian mesin. 

  • Terdapat masa garansi mobil

Kelebihan lainnya ketika memilih mobil baru ialah garansi dari produsen. Tentu pemberian garansi ini begitu menguntungkan untuk kita sebagai pembeli. Jaminan garansi ini terdiri dari garansi bodi mesin, garansi mesin hingga suku cadang. 

  • Premi asuransi murah

Seperti barang mahal lainnya, mengasuransikan mobil menjadi hal yang wajib. Namun bedanya, untuk mobil baru, harga yang dimiliki lebih murah bila dibandingkan dengan mobil lama atau mobil bekas. Hal ini disebabkan karena kemungkinan kerusakan pada mobil baru jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil lama. 

Tips Beli Mobil Baru Agar Tidak Salah Pilih

Saat pergi ke dealer untuk melakukan pembelian mobil, tentu saja Anda membutuhkan persiapan khusus. Berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan:

  • Cek harga pasaran

Di era yang sudah canggih seperti saat ini, kita bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah dari internet, termasuk di dalamnya informasi harga mobil. 

Anda bisa mencari tahu harga pasaran mobil yang nantinya dibeli dari internet, tentu saja tujuannya agar Anda tidak memperoleh harga yang lebih tinggi dibanding dengan harga standar pasaran. 

  • Membaca review mobil

Bukan hanya melihat harga, namun Anda juga harus membaca review mobil. Testimoni ini berasal dari pengguna atau pecinta otomotif. Anda harus memahami kelebihan dan kekurangan sebelum beli mobil baru tersebut. 

  • Perhitungkan biaya service dan bensin mobil

Ketika melakukan pembelian, sebenarnya kita bukan hanya harus mempertimbangkan harga beli, namun Anda juga harus mempertimbangkan hal lainnya seperti biaya pemeliharaan.

Pada dasarnya setiap mobil mempunyai biaya tambahan berbeda-beda. Hal ini bergantung dari faktor irit bensin serta service suku cadang dari mobil. 

  • Pilih mobil sesuai dengan kebutuhan

Ketika Anda sudah menginjakkan kaki di showroom, Anda bisa langsung menanyakan mengenai masalah mobil, seringnya sales akan menawarkan mobil lain. 

Ketika sales menawarkan mobil lain lebih baik jangan goyah. Hindari memilih mobil dengan fitur yang tidak digunakan contohnya Anda memilih mobil jip padahal tinggal di perkotaan. 

  • Pilih waktu yang tepat untuk melakukan pembelian

Pada dasarnya ada waktu yang tepat untuk membeli mobil. Anda bisa membeli mobil ketika akhir tahun atau ketika terdapat pameran mobil. 

Anda juga bisa menawar harga mobil lebih rendah dari budget yang Anda miliki, sehingga sisa budget bisa digunakan untuk melakukan modifikasi. 

Pertimbangan Kredit untuk Beli Mobil Baru

Sebelum Beli Mobil Baru, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu!_Pertimbangan Kredit untuk Beli Mobil Baru
Pertimbangan Kredit untuk Beli Mobil Baru_Sebelum Beli Mobil Baru, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu!

Jika belum memiliki uang cash untuk membeli mobil, Anda bisa membelinya dengan cara kredit. Namun ada beberapa pertimbangan sebelum melakukan kredit mobil. Berikut berbagai macam pertimbangan yang harus Anda lakukan, seperti:

  • Pilih mobil yang murah

Meskipun membeli dengan cara kredit, namun Anda bisa membeli kendaraan dengan harga murah. Pembelian mobil nantinya bisa melibatkan uang dengan jumlah sangat banyak, oleh sebab itu pertimbangkan dengan baik. 

  • Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Ketika ingin kredit mobil, menyesuaikannya dengan kondisi keuangan menjadi hal yang sangat penting. Lebih-lebih jika Anda memiliki anak dengan usia sekolah, sehingga akan memerlukan banyak biaya. 

Ketika membeli mobil, berbagai macam hutang lain juga harus dipertimbangkan seperti KPR atau kredit kendaraan lain sekarang ini. 

  • Lakukan simulasi dengan baik

Sebelum membeli mobil, lakukan simulasi terlebih dahulu. Simulasi bisa membantu Anda untuk memberi gambaran keuangan serta kemampuan bayar cicilan mobil yang nantinya diambil. 

Anda dapat melakukan simulasi dengan cara melakukan perhitungan jumlah tabungan sekarang ini dan sesuaikan dengan perbandingan persentase penghasilan setiap bulan. 

  • Lakukan perbandingan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan seseorang ketika beli mobil baru dengan cara mencicilnya adalah tidak melakukan perbandingan. Padahal, kita harus cermat ketika akan membeli mobil. 

Lebih-lebih nantinya pembelian ini akan melibatkan uang dengan jumlah begitu besar. Oleh sebab itu lakukan perbandingan dengan baik. 

  • Ambil cicilan yang tepat

Ada begitu banyak leasing yang dapat dijadikan pilihan. Anda harus pintar serta jeli untuk melakukan perhitungan serta perbandingan antara satu leasing dengan lainnya. Jangan memilih uang muka rendah karena nantinya bunga menjadi sangat besar. 

Prosedur Beli Mobil Baru yang Harus Diketahui

Ketika sudah memantapkan niat untuk membeli mobil yang baru, prosedur harus dilakukan bukan hanya langsung bayar. Namun ada beberapa prosedur yang harus diketahui, seperti:

  • Menyiapkan uang muka pembayaran

Sama dengan melakukan pembelian mobil dengan cara kredit, membeli mobil dengan cara cash juga harus menyiapkan DP. Namun, DP hanya dibutuhkan ketika mobil yang Anda beli masih inden. Selain DP, Anda juga harus memberikan uang tanda jadi. Sehingga, Anda bisa memilih salah satunya. 

  • Memperoleh surat pemesanan kendaraan

Setelah melakukan pembayaran tanda jadi atau DP, Anda nantinya akan memperoleh surat pemesanan kendaraan. Surat ini biasanya akan diberikan bila konsumen sudah memutuskan untuk melakukan pembelian. 

Dalam surat tersebut terlampir berbagai macam informasi saat beli mobil baru. Informasi yang diberikan seperti warna mobil, tipe mobil, harga hingga tanggal pembelian. Biasanya, dealer akan memberikan aksesoris pada konsumen. 

Biasanya, di dalam surat ini juga dilampirkan mengenai apa saja aksesoris gratis yang nantinya diberikan pada Anda. Ketika dibuatkan SPK, tentu saja Anda harus membacanya dengan mendetail. 

Karena nantinya SPK akan dibubuhi dengan tanda tangan pembeli mobil dan pihak dealer. Anda juga bisa menanyakan tentang pembatalan, karena tidak jarang terdapat calon pembeli yang melakukan pembatalan pemesanan. 

  • Unit dikirim pada konsumen

Jika sudah selesai, nantinya Anda hanya perlu menunggu unit dikirim. Unit yang telah dipesan nantinya dikirim oleh pihak dealer bila tipe yang Anda inginkan ready stock. 

Bila unit yang Anda ingini belum ada, konsumen akan diminta menunggu, biasanya pengiriman akan dilakukan 7 hari sesudah konsumen memesan. 

Beberapa Pilihan Mobil Baru untuk Milenial

Beberapa Pilihan Mobil Baru untuk Milenial_Sebelum Beli Mobil Baru, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu!
Beberapa Pilihan Mobil Baru untuk Milenial_Sebelum Beli Mobil Baru, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu!

Jika sudah yakin beli mobil baru, ada beberapa mobil yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Berikut beberapa rekomendasi yang dapat menjadi pertimbangan seperti:

  • Toyota Agya

Jika Anda memiliki budget terbatas namun ingin mobil dalam keadaan baru, Toyota Agya bisa menjadi pilihan. Toyota Agya memiliki spesifikasi yang cukup menarik. Toyota Agya dibanderol dengan harga Rp 153 jutaan. 

  • Honda Brio

Honda Brio memiliki harga Rp 249 hingga Rp 173 jutaan. Honda Brio tentu saja memang bukan pilihan paling murah, namun Honda Brio memiliki tampilan yang menarik.

Untuk masalah keselamatan, Anda juga tidak perlu meragukan Honda Brio ini. Honda Brio bahkan menjadi mobil paling laris tahun lalu. 

  • Daihatsu Sirion

Pilihan mobil lainnya untuk milenial adalah Daihatsu Sirion. Jika Anda memiliki budget Rp 200 jutaan, Daihatsu Sirion merupakan pilihan yang tepat. 

Daihatsu Sirion memiliki harga Rp 201 jutaan hingga Rp 216 jutaan. Daihatsu Sirion memiliki dimensi yang cukup panjang dan besar, selain itu Daihatsu Sirion juga memiliki kabin yang lapang serta mesin mumpuni. 

  • Toyota Avanza

Pilihan mobil lainnya adalah mobil sejuta umat, Toyota Avanza. Toyota Avanza bisa dikatakan sebagai mobil budget minim. Toyota Avanza memiliki harga Rp 200 jutaan. 

Toyota Avanza mempunyai varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Toyota Avanza memiliki tampilan yang cukup segar dengan upgrade yang menawan. 

Baca Juga: Perkembangan Teknologi Mobil Listrik yang Ramah Lingkungan

Itu dia beberapa hal yang perlu dipertimbangan dengan matang sebelum memilih untuk membelinya. Beli mobil baru dengan pertimbangan yang tepat hasilnya tidak akan pernah mengecewakan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts