Untuk Anda Para Pecinta MotoGP, Berikut Daftar Sirkuit Balapan MotoGP Terbaik di Dunia

sirkuit balapan motogp

Saat kita menonton rider bersaing di sirkuit balapan motogp, terasa begitu ketat dan memacu adrenalin. Apalagi kecepatan sangat tinggi ditambah banyak tikungan tajam. Tidak jarang terjadi tabrakan atau saling senggol.

Hal ini terasa wajar karena masing-masing pembalap harus mencari celah melewati lawan. Apalagi beda 0,1 detik saja dapat merubah jalannya tabel klasemen. Meski tidak juara, tetap ingin meraih posisi bagus.

Sirkuit Balapan MotoGP di Asia

Asia sendiri sudah dikenal sebagai tempat yang disukai para rider karena cuacanya. Selain itu budaya dan sambutan para fans begitu besar sehingga tambah semangat. Tidak heran menjadi favorit banyak orang.

1. Jepang

sirkuit balapan motogp - jepang

 

Arena atau sirkuit balapan motogp terbaik Asia mungkin kita bisa sematkan pada Jepang. Arena balapan ini sendiri disebut sebagai Motegi. Lebih terkenal karena asal dari Yamaha, Honda sampai Suzuki.

Motegi sendiri pertama kali masuk seri sejak tahun 1999. Waktu itu sebenarnya masih dibangun atas nama Honda dengan panjang 4,8 km. Motegi cukup disenangi karena dilengkapi tikungan dan trek bagus.

2. Qatar

sirkuit balapan motogp - Qatar

 

Qatar sudah termasuk paling disukai oleh penonton karena sensasi cukup berbeda. Terutama karena dilangsungkan waktu malam hari. Tujuan utamanya menghindari cuaca siang atau sore yang masih terlalu panas.

Pembalap akan bersaing di Dohail yang terletak dekat Doha. Dengan panjang lintasan mencapai 5,4 km tambah cantik dengan lampu terangnya. Disini Valentino Rossi dan Casey Stoner pernah 4 kali menang.

(Baca Juga: Terbesar dan Sangat Meriah, Inilah Turnamen Balapan Otomotif Terbaik dan Terbesar Dunia)

3. Asia Tenggara

sirkuit balapan motogp - Asia Tenggara

 

Untuk Asia Tenggara tidak kalah dengan negara lain. Misalnya Sepang di mana sudah menjadi arena MotoGP sejak tahun 1999. Ukuran lintasan sampai 5,5 km dengan luas lebih dari 2300 hektar.

Sementara itu sekarang sudah ditambah dengan Thailand di mana punya International Circuit of Chang. Mungkin Indonesia bakal menyusul tidak lama lagi. Apalagi sekarang sudah punya sirkuit Sentul dan Mandalika.

4. Australia

sirkuit balapan motogp - Australia

 

Sirkuit balapan motogp Australia pasti tidak asing bagi kalangan penggemar. Apalagi namanya cukup panjang yakni Phillip Island Circuit. Pertama kali gabung MotoGp tahun 1997 dan masih berjalan sampai sekarang. 

Terlebih Phillip Island Circuit memang sangat ikonik menurut fans ataupun pengamat. Disini sering terjadi momen besar bagi para rider. Terutama pembalap lokal asal Australia sendiri yaitu Casey Stoner.

Arena Race MotoGP Wilayah Eropa

Untuk wilayah eropa, ada Spanyol karena dikenal dengan 3 buah arena. Misalnya Jerez dimana sangat terkenal di antara yang lain. Apalagi sudah dibangun sejak 1986 sehingga maksimal sampai sekarang.

Selain itu ada Aragon atau Catalunya yang tidak kalah menjadi favorit para rider. Terutama karena banyak pembalap berasal dari Spanyol. Selain itu ada Valencia, dimana memiliki arena Ricardo Tomo. 

Negara tetangganya Portugal sebenarnya tidak mau kalah dari Spanyol. Hasilnya mereka mengikutkan Portimao Algarve Circuit untuk tambahan seri. Sebenarnya dari segi cuaca maupun tikungan baik kualitasnya.

Lalu wilayah Eropa juga masih punya sirkuit balapan motogp Prancis ikonik yakni Le Mans. Pasti bagi penggemar sudah tahu cara bacanya. Terkenal berkelas dan sering terjadi perebutan gelar juara. 

Jerman dan Belanda juga wajib kita pertimbangkan sebagai negara motoGP terbaik. Jerman sendiri terkenal dengan Sachsenring di mana sudah bergabung sejak 1998. Lalu kalau belanda punya sirkuit Assen.

Meski bukan negara besar Finlandia dan San Marino mampu menjadi penyelenggara MotoGP. Finlandia dilengkapi dengan Kymi Ring circuit. Sementara itu San Marino yang sudah terkenal punya Sirkuit Misano. 

Selanjutnya ada juga Austria dan Italia yang sudah berpengalaman banyak. Khusus untuk Italia memiliki Mugello dengan panjang 5,2 km. Termasuk sudah modern dan disukai oleh rider tua ataupun muda. 

Terakhir yakni Inggris dengan Silverstone yang dianggap besar. Apalagi seringkali ada rider kuda hitam mampu masuk ke podium juara. Selain untuk gelaran MotoGP, Silverstone juga sukses menyelenggarakan F1.

(Baca Juga: Fitur Otomotif Masa Depan Paling Dinanti Warga Dunia)

Balapan di Sirkuit Benua Amerika

Benua Amerika masih memiliki Amerika Serikat sebagai penyelenggara nomor satu. Terlebih dulu dikenal punya Circuit of The Americans. Tapi mungkin fans atau penggemar lebih sering mendengarnya sebagai Austin.

Terbilang begitu megah meski kita hanya menonton dari televisi saja. Apalagi mampu menampung sampai lebih dari 120 ribu penonton sekaligus. Tidak jarang banyak orang lokal selalu mengisi penuh bangku penonton.

Selain itu Amerika Serikat masih punya sirkuit bagus lainnya seperti Indianapolis. Bahkan sering menjadi pilihan untuk kegiatan balapan lainnya. Fitur keamanan maupun fasilitas pendukung di dalamnya lengkap.

Untuk sirkuit balapan motogp benua Amerika rasanya kita tidak boleh melupakan Argentina. Negara tersebut memiliki Termas de Rio Hondo. Meski namanya sulit tapi cukup ikonik karena lama menjadi arena balap.

Sayangnya pada tahun 2021 sempat mengalami musibah karena terbakar. Bahkan kebakaran tersebut sampai membuat 80% fasilitas utamanya hangus. Mungkin Termas de Rio Hondo akan beristirahat sementara waktu.

Selain itu sebenarnya ada peluang negara lain seperti Brasil ikutan menjadi seri. Apalagi mereka sudah memiliki Rio Motorpark di Rio de Janeiro. Bahkan sudah sering dijadikan venue balap kendaraan lain. 

Sebenarnya flashback beberapa tahun lalu Chile dan Meksiko sempat juga ingin menjadi venue. Tapi sayangnya belum ada tindak lanjut lagi. Bahkan masih menjadi wacana yang sudah tidak muncul ke permukaan. 

Syarat Arena Racing Kualitas Internasional

Syarat pertama agar sebuah venue balapan dapat diterima oleh Dorna yakni Layout. Dorna sendiri merupakan badan penyelenggara MotoGP. Mereka punya kuasa tinggi dalam berjalannya kejuaraan tersebut.

Balik lagi ke Layout, paling utama adalah lebar trek, di mana minimal 12 m. Selain itu panjang lintasan tidak boleh terlalu pendek, minimal 3,5 km. Dibedakan berdasarkan Grade atau golongan.

Selanjutnya bakal dilihat dan melalui proses cek sama orang berpengalaman. Terutama cek apakah sistem drainase yang digunakan sudah bagus. Sama sekali tidak boleh ada genangan air meski hujan.

Sebuah sirkuit balapan motogp berkualitas juga wajib dilengkapi jenis tikungan terbaik. Pasti harus dibuat dengan menarik supaya persaingan lebih ketat. Tapi tidak boleh meninggalkan kaidah keamanan di dalamnya.

Sampai sekarang jumlah maksimal sebuah tikungan pada arena hanya 10 saja. Apalagi sudah ditambah dengan trek lurus yang cukup panjang. Ditambah lagi perlu mempertimbangkan berapa banyak kemiringan disana.

Pada bagian tingkat kemiringan jalan terbilang penting untuk dijalankan. Terutama sirkuit yang bagus itu harus punya 5% kemiringan dari panjang lintasan. Tujuannya menghilangkan air waktu hujan.

Perlu diketahui trek lurus berguna demi menilai bagus tidaknya venue balap. Waktu melakukan start, harus dilengkapi jarak 200 m. Selain itu pada bagian lain, minimal trek lurus adalah 250 m.

Trek lurus ini sendiri sangat menyenangkan untuk kita tonton karena kecepatannya maksimal. Sementara itu sering menjadi kesempatan rider menyalip lawan. Terlebih jika memiliki mesin atau motor dengan kualitas lebih tinggi.

Jaminan Keamanan Sebuah Trek MotoGP

Pertama setiap sirkuit itu sudah dilengkapi sama kru Marshal berpengalaman. Mereka bakal ditempatkan pada beberapa area rawan. Marshal bakal mengabarkan pada tim apakah race berjalan bagus atau tidak.

Sementara itu untuk alat keamanan pada sebuah trek mungkin dilengkapi dengan airfence. Di mana bakal ditempatkan pada bagian pinggir lintasan. Didalamnya berisi udara sehingga benturan bakal lebih minim.

Dalam menghindari terseret terlalu jauh, rider bakal dibekali keamanan berupa gravel. Kita pasti tidak asing karena tampilan mirip kerikil. Sengaja diletakkan bahkan cukup dalam supaya kerjanya maksimal.

Sebuah sirkuit balapan motogp juga wajib dilengkapi sama area Run-Off. Sebenarnya berguna supaya rider yang terjatuh bisa melanjutkan balapan. Nantinya juga bakal dibantu sama regu Marshal pada pos tersebut.

Selanjutnya, tentu wajib dan harus ada tim pemadam kebakaran yang berjaga. Namanya senggolan antar pembalap bisa menghasilkan kecelakaan besar sampai kebakaran. Bahkan jika trouble seperti korsleting terjadi.

Hal ini kurang lebih sama ambulan dan regu medis yang sudah standby paling lama. Pastinya jika ada salah satu pembalap mengalami kecelakaan, dapat diberi pertolongan pertama supaya tidak terlalu parah.

Terakhir pastinya sebuah venue race harus dilengkapi dengan keamanan berupa kamera dan manusia. Kalau kamera tentu supaya menyimpan kejadian yang terjadi. Keamanan manusia, tentu petugas seperti polisi.

Dengan banyaknya syarat atau ketentuan sebuah arena, pasti dapat dijamin tingkat keamanannya. Maka dari itu rider tetap nyaman saat melaju dengan kecepatan tinggi. Terlebih sirkuit balapan motogp sudah melewati tes.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts