Inilah 8 Teknologi Mobil Terbaru yang Mengesankan

teknologi mobil terbaru

Teknologi mobil terbaru terus mengalami kemajuan dan perkembangan seiring dengan zaman. Beberapa teknologi merupakan perkembangan dari teknologi yang sudah ada, namun sebagian lainnya merupakan teknologi yang baru muncul. 

Setiap teknologi yang disematkan pada mobil tentu memiliki fungsinya masing-masing sehingga membuat mobil lebih mengesankan. Bagi Anda yang ingin membeli mobil, tidak ada salahnya mempertimbangkan adanya teknologi berikut.

8 Teknologi Mobil Terbaru dan Canggih

teknologi mobil terbaru

Teknologi terus mengalami perkembangan, bahkan terkadang berjalan dengan cepat karena kemampuan berpikir manusia yang tidak pernah berhenti. Hal inilah yang membuat kemajuan teknologi di dunia otomotif juga ikut berkembang pesat.

Teknologi terbaru selalu muncul dan disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan pengendara. Mobil yang kita beli dua tahun lalu sudah terlihat tua karena selalu ada teknologi baru yang muncul. 

Untuk membeli mobil dengan tepat, salah satu tips yang tidak boleh dilewatkan adalah mempertimbangkan teknologi yang disematkan. Pastikan, teknologi tersebut baru, canggih dan tentunya memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

Keberadaan teknologi canggih bisa menjadi tanda bahwa dunia otomotif mobil terus mengalami perkembangan. Bagi Anda pecinta otomotif, tentu harus mempelajari inovasi setiap teknologi yang selalu mengalami perubahan.

Lantas, bagaimana kita bisa mendapatkan teknologi mobil baru jika tidak mencari informasi mengenai teknologi tersebut? Untuk itu, mari kita simak bersama delapan teknologi mobil terbaru yang canggih dan membuat mobil makin mengesankan. 

1. Sensor Parkir

Jika Anda memiliki mobil keluaran terbaru, pasti sudah pernah merasakan bagaimana sensasi menggunakan teknologi sensor parkir ini. Sebenarnya, alat ini sudah dikembangkan sejak tahun 1970 di Italia, Jerman dan Amerika Serikat. 

Teknologi sensor parkir yang paling sukses dan dikenal banyak orang adalah versi Tony Hayes, orang Inggris. Bekerja sama dengan Blind Mobility, ia mengembangkan sensor parkir ultrasonic dengan memanfaatkan alat bantu untuk orang tuna netra. 

Sensor parkir ini kemudian dipresentasikan pada Jaguar, sayangnya alat ini tidak mendapatkan respon yang baik. Pada akhirnya, kendaraan besar yang justru menggunakan sensor parkir pertama kali, seperti tangki, truk trailer dan lainnya.

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi mobil terbaru ini mulai disematkan pada mobil modern untuk membantu pengendaranya memarkirkan mobil dengan lebih mudah, meskipun sudah ada kaca spion.

(Baca Juga: Fitur Otomotif Masa Depan Paling Dinanti Warga Dunia)

2. Autonomous Drive

Mobil bergerak sendiri tanpa dikemudikan, apakah mungkin? Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, hal tersebut mungkin saja, apalagi dengan adanya teknologi terbaru di bidang otomotif, yaitu Autonomous Drive.

Teknologi ini memungkinkan mobil untuk bergerak sendiri tanpa dikemudikan karena sudah ada beberapa sensor untuk mengatur pergerakan mobil layaknya sedang dikendarai seseorang. Sistem ini membutuhkan algoritma yang kompleks. 

Beberapa pengaturan harus dibuat terlebih dahulu, seperti arah tujuan, hambatan yang ada di depan, batas kecepatan hingga di mana jalanan yang padat. Tesla menjadi salah satu mobil yang sudah mengaplikasikan sistem ini untuk Model S.

Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang mengembangkan teknologi mobil terbaru ini, seperti Apple, Google hingga Mercedes-Benz. Masih ada banyak hal yang harus diuji terlebih dahulu untuk menciptakan teknologi yang lebih baik.

3. Pre-Collision Technology

Teknologi terbaru lain yang mengesankan adalah pre-collission sebagai sistem yang mencegah terjadinya kecelakaan atau paling tidak memaksimalkan perlindungan pengendara dan penumpang apabila kecelakaan tidak dapat dihindarkan.

Teknologi mobil terbaru ini sudah bisa Anda jumpai pada mobil keluaran Mercedes-Benz dengan nama PRE-SAFE. Sistem ini memiliki sensor yang bertugas untuk membaca kalkulasi kecepatan hingga sudut kemudi sehingga bisa mendeteksi terjadinya kecelakaan. 

Dalam waktu sepersekian detik, mobil akan mengencangkan seat belt secara otomatis. Selain itu, mobil juga akan mengatur sudut sandaran kursi dan ketinggian sandaran kepala untuk memberikan perlindungan yang lebih maksimal.

Bahkan, sistem ini juga bisa menutup sunroof dan jendela apabila dibutuhkan. Dengan begitu, pengendara dan penumpang mobil mendapatkan perlindungan yang lebih ekstra saat terjadi kecelakaan sehingga mengurangi risiko luka parah.

4. Hybrid

Meski sudah dikenal pada awal abad 20, teroboskan besar ini memang belum bisa ditandingi sampai sekarang. Toyota Prius yang rilis pada akhir era 1990-an menjadi polopor penggunaan teknologi hybrid yang tengah berkembang pada waktu itu.

Sistem ini menggunakan dua sistem penggerak yang digabungkan menjadi satu, yaitu mesin bakar konvensional dan motor listrik. Untuk mengisi ulang baterai penggerak motor listrik, Anda bisa memanfaatkan keberadaan motor konvensional.

Penggunaan dua penggerak dalam satu mobil membuat konsumsi bahan bakar dan emisi menurun drastis. Selain itu, tenaga yang dikeluarkan juga relatif besar karena setiap mesin mampu mengeluarkan output tenaga yang berbeda.

Sekarang ini, teknologi hybrid masih terus dikembangkan dalam bentuk plug-in sehingga memungkinkan baterai motor listrik bisa diisi ulang dari listrik rumah tangga. Dengan begitu, mesin konvensional menjadi lebih jarang bekerja.

5. Automatic Safety Braking System

Teknologi hebat kali ini mampu membuat jalanan lebih aman meski sebagian orang menganggap keberadaan teknologi ini terasa mengganggu karena reaksi berlebihan yang terkadang ditampilkannya. 

Sistem ini dapat mengaktifkan rem mobil apabila pengendara tidak menyadari akan adanya pejalan kaki atau hambatan lain di depannya. Kondisi ini dapat terjadi apabila mobil berjalan dengan kecepatan yang pelan, yaitu di bawah 30 kpj. 

Salah satu mobil yang sudah memiliki teknologi ini adalah Mazda CX-5. Teknologi mobil terbaru ini pernah di uji di jalanan ibu kota Jakarta dan hasilnya menunjukkan memang benar terkadang mengganggu karena adanya semburan knalpot motor.

Teknologi ini mungkin lebih cocok dengan kondisi jalanan di luar negeri yang relatif lebih tertib. Untuk jalanan yang rapi dan tertib, sistem ini akan sangat membantu namun mungkin sebaliknya bahwa sistem ini justru mengganggu di kondisi tertentu.

6. Self Leveling Suspension

Teknologi lainnya yang tidak kalah memukau adalah self leveling suspension. Sebenarnya, teknologi ini bukanlah teknologi mobil terbaru tapi produknya mengalami perkembangan dan inovasi sehingga bisa bermanfaat untuk pasar otomotif.

Kinerja suspensi mobil keluaran beberapa tahun yang lalu mungkin akan mengalami masalah saat mobil membawa barang atau penumpang di belakang. Beban yang lebih berat di belakang membuat bagian depan terangkat dan traksi roda tereduksi.

Kondisi ini menyebabkan kestabilan mobil terganggu sehingga sangat berbahaya jika terus digunakan. Namun, dengan adanya teknologi ini maka suspensi akan melawan beban tersebut dan membuat mobil tetap berada dalam posisi yang stabil.

Posisi stabil dan rata ini memungkinkan pengendalian berjalan dengan lancar dan optimal. Teknologi ini diciptakan pada tahun 1954 oleh Citroen dan kemudian digunakan pada berbagai mobil, seperti Volvo XC90 dan Range Rover.

(Baca Juga: Penting Dipahami Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Soak)

7. GPS Linked Transmission

Inilah dia teknologi mobil terbaru di dunia otomotif mobil yang sangat mencengangkan, yaitu GPS Linked Transmission. Keberadaan GPS sangat membantu mobil untuk bekerja lebih efisien karena mampu memberikan informasi mengenai posisi mobil. 

GPS yang kita gunakan sekarang ini sudah semakin canggih sehingga mobil bisa memanfaatkan GPS tersebut untuk menentukan gigi yang tepat untuk menggerakkan mobil.

Dengan adanya teknologi GPS ini, mobil sekarang menjadi semakin pintar karena bisa membaca, seperti sudut tikungan, kondisi medan di depan, hingga kecepatan mobil. Informasi ini kemudian akan diproses oleh komputer di dalam mobil. 

Pada akhirnya, komputer akan menentukan antisipasi transmisi seperti apa yang diperlukan untuk menghadapi medan di depan. Teknologi canggih ini merupakan ide dari BMW Group dan Rolls Royce Wraith merupakan pengguna pertamanya.

8. Suspension Camera

Nama teknologi mobil terbaru ini mungkin kurang tepat dengan apa yang akan kita bahas ini karena memang belum ditemukan istilah untuk teknologi yang disematkan pada Mercedes-Benz yang satu ini. 

Mercedes-Benz memiliki suspensi bernama Magic Body Control yang berguna untuk mengantisipasi bentuk medan jalan di depannya. Teknologi ini memiliki stereo camera yang terpasang di bagian depan untuk memaksimalkan fungsinya tersebut. 

Dengan adanya kamera ini, mobil mampu mendeteksi permukaan jalan dan memberikan perintah untuk mengatur suspensi agar lebih siaga. Selain itu, mobil juga mampu menyesuaikan kekerasannya sebelum melewati medan di depan. 

Tidak heran jika pengguna mobil Mercedes-Benz dengan teknologi ini merasakan jalanan yang rata, tanpa adanya guncangan. Salah satu tipe mobil yang sudah memanfaatkan teknologi canggih ini adalah Mercedes-Benz S-Class.

Teknologi yang sudah kita bahas di atas masih bisa dikembangkan di kemudian hari sesuai kebutuhan mobil pada saat itu. Jadi, pastikan Anda selalu mengetahui update tentang teknologi mobil terbaru agar bisa memiliki mobil yang mengesankan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts